everpro

Arti Transit dalam Pengiriman Barang, Ini Penjelasannya!

Menurut KBBI, arti transit adalah tempat singgah. Dalam pengiriman barang sedang transit artinya paket berada di gudang tempat singgah sementara sebelum melanjutkan perjalanan proses pengiriman. Simak penjelasan lengkap tentang transit berikut ini.
transit

Sedang mencari arti transit dalam kegiatan kirim barang? Berikut penjelasan kata transit dalam berbagai konteks, khususnya pengiriman barang.

Dalam kegiatan mengirim barang, terdapat berbagai istilah untuk menjelaskan suatu proses, kondisi, maupun nama barang atau tempat.

Biasanya istilah tersebut menggunakan bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris. Salah satu istilah yang menjelaskan proses pengiriman barang adalah transit.

Kata ini sering terdapat dalam status pengiriman. Lalu apa arti transit?

Simak penjelasan selengkapnya dengan membaca artikel ini hingga selesai ya.

Arti Transit

transit
Sumber: google.com

Melansir dari Cambridge Dictionary, sebagai kata benda pengertiannya adalah:

“The movement of goods or people from one place to another.” 

Dalam Bahasa Indonesia artinya adalah perpindahan barang atau manusia dari satu tempat ke tempat lain.

Sedangkan sebagai kata kerja arti kata ini adalah:

Everpro

“To pass through or across a place, an area, or a country on the way to somewhere else.”

Adapun dalam Bahasa Indonesia artinya untuk melewati atau melintasi tempat, daerah, atau negara dalam perjalanan ke tempat lain.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), transit artinya tempat singgah atau lintasan barang dagangan.

Jadi, kata ini merupakan istilah yang menggambarkan suatu tempat untuk melakukan perpindahan atau pergerakan dari satu tempat ke tempat tujuan. 

Baca juga: Ketahui! Shipper Artinya dalam Kegiatan Logistik

Transit Artinya dalam Berbagai Konteks

tempat singgah
Sumber: pexels.com

Kata ini bisa memiliki arti yang berbeda tergantung dari konteks penggunaannya. Namun, secara umum arti kata ini adalah tempat singgah, berikut adalah artinya dalam berbagai konteks:

  • Penerbangan

Perpindahan atau pergantian pesawat penerbangan dalam perjalanan dari satu tujuan ke tujuan yang lain. 

Biasanya tempat singgah dalam penerbangan terjadi saat penumpang harus mengubah pesawat di bandara transit untuk melanjutkan perjalanannya, bisa juga menunjukkan periode waktu sebelum melanjutkan perjalanan ke tujuan akhir.

  • Astronomi

Dapat menggambarkan suatu pergerakan planet atau benda lain dalam tata surya yang melewati depan bintang tertentu.

  • Kesehatan

Menggambarkan suatu perpindahan pasien dari satu tempat ke tempat lainnya, misalnya dari rumah sakit ke rumah sakit lainnya yang memiliki peralatan lebih lengkap. 

Jika terdapat kata kolon, mengutip dari Alodokter, kata ini artinya waktu dalam memproses makanan melewati saluran pencernaan mulai dari mulut sampai ke usus besar atau kolon.

  • Pengiriman Barang

Tempat singgah berkaitan erat dengan aktivitas pengiriman barang. Kata ini menggambarkan paket berada di suatu tempat singgah untuk sementara sebelum melanjutkan ke lokasi tujuan.

Adanya tempat singgah ini biasanya berguna untuk mengelompokkan paket yang berasal dari berbagai lokasi pengirim untuk lanjut mengirimkan paket yang telah dikelompokkan tersebut ke tujuannya masing-masing.

Apa Itu Transit Paket dalam Pengiriman Barang?

transit
Sumber: google.com

Kata tempat singgah sering terdapat dalam status pengiriman barang. Adapun arti dari transit paket adalah barang atau paket sedang berada di tempat singgah sementara yang lokasinya lebih dekat dengan lokasi tujuan.

Biasanya tempat singgah ini berupa gudang atau hub tergantung bagaimana pihak jasa pengiriman menyebutkannya. 

Misalnya, arti sedang transit dalam status pengiriman barang yang menggambarkan kondisi paket berada di tempat singgah untuk pengelompokkan berdasarkan lokasi tujuan.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata ini dalam status pengiriman serta artinya:

  • Sedang transit: status ini sering muncul saat melakukan pelacakan paket. Adapun artinya adalah paket berada di tempat singgah baik itu gudang atau hub sebelum lanjut ke proses pengiriman sesuai lokasi tujuan. 
  • Paket telah dikirim dari gudang transit: artinya paket sedang dalam pengiriman setelah sebelumnya berada di gudang tempat singgah sementara. Jadi, barang atau paket telah dikirim dari tempat singgah sebelumnya ke lokasi tujuan.
  • In transit artinya sedang berada di tempat singgah atau gudang sebelum melanjutkan ke proses pengiriman selanjutnya. Status ini mengindikasikan barang sedang dalam perjalanan dan berada di tempat singgah sementara baru akan lanjut ke lokasi tujuan.

Penjelasan Alur Pengiriman dari Gudang Tempat Singgah

transit
Sumber: pexels.com

Setelah mengetahui apa arti transit dan contoh penggunaanya dalam status pengiriman, maka akan lebih mudah untuk mengerti fungsinya.

Adapun fungsi dari tempat singgah secara umum adalah sebagai tempat untuk menyimpan barang sementara sebelum melanjutkan perjalanan ke tujuan akhir. 

Dalam kegiatan logistik atau pengiriman barang, gudang transit merupakan salah satu tempat yang selalu ada. Fungsi dari gudang ini adalah sebagai tempat penyimpanan sementara untuk menunggu proses pengiriman ke tempat lainnya. 

Biasanya gudang ini berguna sebagai tempat pengelompokkan paket berdasarkan tujuan yang sama. Kemudian lanjut mengirimkan hasil pengelompokkan tersebut sesuai tujuannya.

Adapun alur atau tahapan pengirimannya adalah sebagai berikut:

  • Penjual atau pengirim mengatur waktu penyerahan dan pengiriman paket sesuai jasa ekspedisi pilihan
  • Pihak jasa ekspedisi telah menerima paket dari pengirim untuk lanjut ke proses pengiriman
  • Barang telah sampai ke gudang transit pertama. Pada tahap ini, akan melanjutkan proses pengiriman jika sudah memasuki waktu operasional.
  • Saat melanjutkan proses pengiriman, maka status berubah menjadi paket telah dikirim dari gudang transit. Artinya barang pesanan sedang dalam perjalanan ke tujuan sesuai alamat yang tertera pada paket.
  • Paket tiba di gudang yang lokasinya dekat dengan alamat penerima.
  • Terakhir, paket dalam perjalanan oleh kurir ke alamat penerima dari gudang terdekat.

Baca juga: Tentative Artinya Adalah: Pengertian dalam Berbagai Konteks

Jadi, itulah penjelasan arti transit dalam aktivitas pengiriman barang yang sering anda temui pada status pengiriman.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak berbagai artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait