everpro

Perlu Tau! Arti Shipping pada Jasa Pengiriman

Shipping

Dalam melakukan transaksi jual beli online biasanya istilah shipping selalu menjadi informasi yang di cari.

Namun banyak hal yang belum banyak orang ketahui tentang istilah ini pada jasa pengiriman barang.

Oleh karena itu, yuk simak info selengkapnya di bawah ini:

Apa Arti Shipping?

Mengutip dari kamus bahasa inggris ke bahasa Indonesia, shipping artinya pengiriman.

Sehingga arti dari shipping adalah proses pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain. Dalam konteks e-commerce, ini biasanya berarti bahwa barang yang di beli oleh pelanggan telah di kirim dari gudang atau toko ke alamat pengiriman pelanggan.

Dalam logistik, ini berarti bahwa barang telah di teruskan dari satu tempat ke tempat lain, baik melalui jalur darat, laut, atau udara.

Shipping juga dapat di gunakan dalam industri perdagangan lainnya, termasuk industri shipping, yang menangani kapal dan kontainer yang dikirim dari pelabuhan asal ke pelabuhan tujuan.

Baca juga: Penting! Istilah Account Receivable dalam Bisnis 2023

Karakteristik Shipping

Shipping
Sumber: Pexels.com

“Shipping” dapat di terapkan dalam berbagai karakteristik, di antaranya:

Everpro
  • E-commerce

Dalam konteks e-commerce, “shipped” di gunakan untuk menunjukkan bahwa barang yang di beli telah di kirim ke alamat pengiriman pelanggan.

  • Logistik pada Shipping

Sedangkan logistik, “shipped” di gunakan untuk menunjukkan bahwa barang telah di teruskan dari satu tempat ke tempat lain, baik melalui jalur darat, laut, atau udara.

  • Software development

Namun dalam pengembangan perangkat lunak, “shipped” di gunakan untuk menunjukkan bahwa sebuah produk atau fitur telah di terbitkan dan tersedia untuk di gunakan oleh pengguna.

  • Pop culture

Di dalam konteks ini “shipped” di gunakan untuk menunjukkan dukungan atau harapan dari para penggemar akan hubungan romantis dari 2 karakter.

  • Shipping Industry

Di industri shipping, “shipped” di gunakan untuk menunjukkan bahwa kapal atau kontainer telah berangkat dari pelabuhan asal menuju pelabuhan tujuan.

Status Shipping

Arti dari status shipping adalah informasi tentang posisi atau keadaan barang yang sedang di kirim dari satu tempat ke tempat lain. Status ini biasanya dapat di lihat oleh pelanggan atau pengirim melalui nomor pelacakan yang di berikan oleh jasa ekspedisi atau toko online. 

Beberapa contoh status shipping yang umum di gunakan adalah:

  • Pending: Barang masih dalam proses pengiriman dan belum sampai di tujuan.
  • In Transit: Barang sedang dalam perjalanan menuju tujuan.
  • Out for delivery: Barang sudah siap di kirimkan ke alamat penerima.
  • Delivered: barang sudah di terima oleh penerima barang
  • Returned to sender: Barang di kembalikan ke pengirim karena tidak dapat di terima oleh penerima atau alamat pengiriman salah.
  • On Hold : Barang di tahan oleh pihak ekspedisi karena kendala yang di alami
  • Cancelled : Barang di batalkan oleh pengirim atau penerima
  • Delayed : Barang mengalami keterlambatan dalam proses pengiriman
  • Delivered to agent : Barang sudah sampai di agen ekspedisi di tujuan
  • Incomplete address : Alamat pengiriman tidak lengkap

Setiap jasa ekspedisi atau toko online memiliki status shipping yang berbeda-beda, sehingga pelanggan harus memeriksa dengan seksama untuk mengetahui status pengiriman barang mereka.

Shipped Pada Jasa Pengiriman, Pentingkah?

Shipping
Sumber: Pexels.com

Aplikasi shipped dalam e-commerce sangat penting karena ini adalah proses yang menghubungkan toko online dengan pelanggan. Beberapa aplikasi dari shipped dalam e-commerce antara lain:

  • Pemesanan barang: Setelah pelanggan memesan barang dari toko online, barang tersebut akan di kirim ke alamat pengiriman pelanggan.
  • Tracking pengiriman: Pelanggan dapat melacak status pengiriman barang mereka melalui nomor pelacakan yang di berikan oleh toko online.
  • Pengembalian dan pengembalian dana: Jika pelanggan tidak puas dengan barang yang di terima, mereka dapat mengajukan pengembalian barang atau pengembalian dana melalui proses yang di tentukan oleh toko online.
  • Pengiriman Internasional : e-commerce juga menyediakan layanan pengiriman barang ke luar negeri, sehingga pelanggan dapat memesan barang dari toko online yang berada di negara lain.
  • Pengiriman dengan jasa ekspedisi : e-commerce juga bekerja sama dengan berbagai jasa ekspedisi untuk memberikan opsi pengiriman yang lebih cepat dan aman.
  • Pemantauan ketersediaan barang: e-commerce juga menyediakan sistem yang memantau ketersediaan barang di gudang atau toko, sehingga pelanggan dapat mengetahui kapan barang yang di pesan akan tersedia.
  • Sistem pembayaran : e-commerce juga menyediakan sistem pembayaran yang aman dan mudah di gunakan untuk membayar barang yang di pesan.
  • Sistem pengiriman yang fleksibel: e-commerce juga menyediakan beberapa opsi pengiriman yang fleksibel, seperti pengiriman hari yang sama atau pengiriman pada hari yang di tentukan oleh pelanggan.

Baca juga: Ketahuilah! Istilah Bisnis 2023 : Benchmarking adalah

Aplikasi Shipped pada Jasa Pengiriman

Shipped dalam jasa ekspedisi di Indonesia di gunakan untuk proses pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain di dalam negeri. Beberapa aplikasi shipped pada jasa ekspedisi di Indonesia antara lain:

  • Pengiriman Barang melalui Jalur Darat, Laut, atau Udara

Jasa ekspedisi di Indonesia menyediakan berbagai pilihan pengiriman barang melalui jalur darat, laut, atau udara sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

  • Tracking Pengiriman

Pelanggan dapat melacak status pengiriman barang mereka melalui nomor pelacakan yang di berikan oleh jasa ekspedisi.

  • Pengiriman Barang yang Memerlukan Handling Khusus

Jasa ekspedisi di Indonesia juga menyediakan pengiriman barang yang memerlukan handling khusus, seperti barang berbahaya atau barang yang memerlukan pendingin.

  • Pembayaran dan Faktur 

Tak hanya itu jasa ekspedisi di Indonesia menyediakan sistem pembayaran dan faktur yang aman dan mudah digunakan.

  • Pemantauan Ketersediaan Barang

Perlu dinketahui jasa ekspedisi di Indonesia juga menyediakan sistem yang memantau ketersediaan barang di gudang atau toko, sehingga pelanggan dapat mengetahui kapan barang yang di pesan akan tersedia.

  • Sistem Pengiriman yang Fleksibel

Ada beberapa opsi pengiriman yang fleksibel, seperti pengiriman hari yang sama atau pengiriman pada hari yang ditentukan oleh pelanggan.

  • Operasional yang Terintegrasi 

Jasa Ekspedisi juga menyediakan operasional yang terintegrasi dengan jasa pengiriman domestik dan internasional untuk mempermudah proses pengiriman barang.

Apa itu Shipping Fee?

Shipping fee adalah biaya yang di bebankan kepada pelanggan untuk mengirim barang dari satu tempat ke tempat lain. Biaya ini biasanya di tentukan berdasarkan berat, ukuran, dan jarak pengiriman barang.

Pada konteks e-commerce, shipping fee di kenakan untuk mengirim barang dari toko atau gudang ke alamat pengiriman pelanggan. 

Dalam industri shipping, shipping fee di kenakan untuk mengirim kapal atau kontainer dari pelabuhan asal ke pelabuhan tujuan. 

Shipping fee dapat juga di kenakan oleh jasa ekspedisi untuk mengirim barang melalui jalur darat, laut, atau udara.

Dalam kesimpulannya, shipping memainkan peran penting dalam menghubungkan toko online dengan pelanggan, memastikan barang yang di beli sampai ke tangan pelanggan dengan baik dan tepat waktu. Dengan memahami proses shipping dan mengelola shipping fee dengan baik, toko online dapat meningkatkan pengalaman belanja pelanggan dan memastikan bisnis mereka berjalan dengan lancar.

Sekian informasi yang bisa di sampaikan kali ini, nantikan artikel informatif dan inspiratif lainnya di Everpro.id!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait