everpro

Ketahuilah! Istilah Bisnis 2024 : Benchmarking adalah

Dalam bisnis banyak berbagai istilah bahasa yang anda harus ketahui salah satunya mengenai benchmarking.

Karena sebagai pelaku usaha sendiri terkadang tidak tau arti yang sebenarnya benchmark.

Tak hanya pelaku usaha, para penulis artikel pun banyak yang belum secara tepat mendefinisikannya.

Kebanyakan orang mengartikan benchmark sebagai arti kata mencontoh, mengikuti, dan lain-lain.

Yuk kita pahami sesuai informasi yang akurat di bawah ini mengenai definisi yang sebenarnya :

Definisi : Benchmarking dalam Dunia Bisnis

benchmarking adalah
Sumber : Pexels.com

Benchmarking artinya “pembanding”, namun menurut salah satu tokoh dunia yang bernama Hamid Noori dan Russel Radford, Benchmark adalah “a benchmark is a standard or point of reference by which something can be measured or judged”.

Yang artinya adalah sebuah patokan yang memiliki standar atau titik referensi dimana sesuatu dapat diukur atau dinilai.

Untuk lebih memahami maka pahamilah jenis-jenisnya dibawah ini :

Baca juga : Penting! Istilah Bisnis : Arti Sponsorship yang Sebenarnya

Jenis – Jenis Benchmarking 

Terdapat empat jenis benchmark yaitu : 

  • Internal Benchmark

Benchmark yang satu ini merupakan suatu perbandingan operasi perusahaan di antara fungsi-fungsi dalam organisasi itu sendiri. 

Praktik benchmark bentuk sederhana dan yang paling mudah untuk di terapkan

  • Competitive Benchmarking

Suatu upaya yang membandingkan kinerja perusahaan dengan kompetitor atau pesaingnya.

Fungsi competitive benchmarking yaitu untuk memposisikan perusahaan terhadap pesaing, yang bisa di lihat dari kualitas produk/layanan, harga, market share, dan lain-lain

  • Industry Benchmarking

Benchmarking yang dil lakukan oleh industri, hal ini di lakukan untuk mengetahui seberapa jauh pencapaian program yang telah di implementasikan perusahaan.

Contoh Benchmark di bidang industry yaitu ketika anda menjadi sales atau bagian marketingnya industri bagian ritel produk, anda mengetahui data industri yang menunjukkan rata-rata visitor.

Rata-rata visitor ke brand website adalah 1.000.000 visitor per bulan.

Kemudian anda bandingkan dengan brand website anda, berapakah selisih perbandingannya ?

Jika sangat jauh dan begitu banyak selisihnya maka anda perlu menata ulang strategi content marketing anda.

  • Generic Benchmarking

Generic merupakan sebuah upaya mempelajari proses sebuah kinerja yang perusahaan lain, seperti mempelajari distribusi pasokan alat bangunan untuk mengetahui cara mengontrol manufaktur motor listrik.

Baca juga : ETA Adalah: Istilah Logistik & Perbedaannya dari ETD

Pembentukan Tim Benchmarking

benchmarking adalah
Sumber : Pexels.com

Melakukan benchmarking tidaklah sendirian, anda perlu sebuah beberapa tim, yang nantinya bisa berjalan dengan lancar.

Berikut beberapa tim yang bisa di bentuk untuk benchmark : 

  • Tim Pemimpin

Pemimpin sangat di butuhkan salah sebuah benchmark, dimana para pemimpin di sini harus mampu menentukan tujuan dan membuat komitmen dalam organisasinya, menentukan target, dan membuat budget.

  • Tim Persiapan

Benchmarking perlu di siapkan sematang mungkin, untuk itulah di perlukan analisa yang terinci dalam hal menentukan partner dan menerima serta menganalisa laporan hasil kunjungan.

Tak hanya itu, benchmark juga perlu merancang perbaikan yang dapat di lakukan.

  • Tim Kunjungan

Tim kunjungan sangat di perlukan untuk pengecekan secara langsung dan melaporkan hasil pengamatannya kepada Tim Persiapan.

Tips Sukses dalam Benchmarking

Bagi anda yang baru pertama kali melakukan bench marking maka anda perlu banyak belajar dan memahami kondiri perusahaan anda.

Keberhasilan benchmark anda akan menentukan masa depan bisnis anda juga.

Berikut Hal Yang Menentukan Keberhasilan adalah:

  • Tentukan dengan cermat masalah apa yang akan di Benchmark
  • Tentukan kembali orang-orang yang dapat menangani benchmark dengan tepat.
  • Uraikanlah dengan jelas permasalahan benchmark yang akan di hadapi sehingga semua tim mengerti harus bagaimana melaksanakan perannya.
  • Pilihlah partner yang sesuai
  • Pastikan Informasi dan komunikasi yang lancar serta senantiasa melanjutkan proses perencanaan yang telah di buat.

Sekian istilah bisnis yang disampaikan. Nantikan artikel yang bermanfaat dan inspiratif lainnya di Everpro.id!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya