Penting! Istilah Bisnis : Arti Sponsorship yang Sebenarnya

Tak jarang banyak para pendiri event yang pada akhirnya membutuhkan sponsorship untuk memeriahkan event yang akan di laksanakannya.

Event yang akan di buat biasanya merupakan event yang cukup besar dan pastinya memerlukan biaya yang begitu banyak.

Namun dengan adanya kerjasama dengan sponsor maka pengeluaran biaya pada event tersebut akan lebih hemat di bandingkan tanpa bantuan sponsor.

Apa yang dimaksud sponsorship?

Sponsorship
Sumber : Pexels.com

Sponsorship adalah bantuan berupa produk dan atau layanan yang di berikan perusahaan kepada pihak tertentu sebagai ganti promosi suatu merek.

Meskipun keduanya terlihat seperti satu hal yang sama, namun terdapat perbedaan mendasar antara sponsor dan sponsorship.

Sponsor adalah orang atau pihak yang mendanai sebuah sponsorship.

Sedangkan sponsorship merupakan kegiatan pemberian dana untuk membiayai suatu kegiatan.

Namun ada istilah lainnya yaitu sponsor utama adalah sponsor yang memberikan kontribusi lebih dari 80% dari keseluruhan anggaran penyelenggaraan acara.

Untuk memenuhi keseluruhan anggaran yang di butuhkan, panitia berhak menerima bantuan tambahan berupa sponsor pendamping dan sponsor partner.

Baca juga : Harus Tau ! Inilah Arti Gestun dalam Dunia Bisnis yang Sebenarnya

Tugas Utama Sponsorship

Tugas utama menjadi sponsorship yaitu mampu menyukseskan kampanye Periklanan sebuah perusahaan.

Tak hanya itu, sponsorship juga harus mendukung Strategi Pemasaran yang telah di tetapkan oleh perusahaan untuk menunjukkan tanggung jawab sosial.nya.

Tipe-tipe sponsor

Berbagai tipe dalam sponsorship yaitu adanya :

  • Sponsor utama : Perusahaan yang bersedia menjadi sponsor utama pastinya akan memberikan dukungan dana maupun bantuan secara penuh dalam kegiatan
  • Sponsor umum : Perusahan ini hanya sebagai pendukung secara umum dan biasanya hanya menyumbang 50% dari bantuan dana yang diberikan oleh semua sponsorship.
  • Sponsor resmi : Perusahaan yang akan mendukung secara resmi sesuai perjanjian kedua belah pihak dengan adanya perjanjian secara tertulis.
  • Sponsor teknis : Sponsor yang hanya membantu secara teknis dalam sebuah event.
  • Sponsor berpartisipasi : Sponsor yang berpartisipasi hanya saat event di adakan saja.

Ada beberapa manfaat yang diperoleh ketika melakukan sponsor perusahaan pada suatu event tertentu seperti meningkatkan citra positif brand atau produk. Masyarakat akan menganggap brand memiliki kepedulian sosial dan tanggap akan lingkungan sekitar.

Baca juga : Arrival Artinya Dalam Istilah Pengiriman Barang

Bagaimana cara mencari Sponsorship ?

Sponsorship
Sumber : Pexels.com
  • Carilah dengan berbagai sumber sponsor yang sesuai dengan sasaran pengunjung Anda, misalkan anda membuat event yang bertemakan tentang kesehatan, maka carilah sponsor perusahaan tentang minuman sehat seperti PocariSweet.
  • Lalu catat daftar sponsor yang potensial dan akan mendukung event anda.
  • Tentukan tipe sponsor yang anda butuhkan di setiap bidang dalam event anda.
  • Buat penawaran yang menarik dan kerjasama yang saling menguntungkan.
  • Buat proposal yang menarik dan berbagai ketentuan yang mudah di pahami.
  • Tentukan deadline dan persyaratan yang akan di jadikan sebagai bentuk kerjasama selama event berlangsung.
  • Buat jadwal pertemuan dan lakukan presentasi proposal dengan penuh percaya diri sehingga meyakinkan sponsor untuk bisa terlibat aktif selama event berlangsung.

Berikut daftar +20 perusahaan swasta dalam negeri dan beberapa sponsor global lainnya yang bisa anda jadikan sebagai referensi dalam event anda :

  • PT Anugerah Utama Multifinance
  • PocariSweet
  • Teh Botol Sosro
  • PT Central Omega Resource TBK
  • Walking Drum
  • Coca Cola
  • Gulavit
  • Medika Plaza
  • Enesis
  • Indosat Ooredoo Hutchison Powered By Ericsson
  • MS Glow for Men
  • Bank Artha Graha International
  • PT BMW Indonesia
  • Erafone
  • Electronic City
  • Bank DKI
  • Discovery Hotel
  • J Water
  • Paprika
  • Grab
  • Realme

Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi untuk anda. Sampai jumpa di artikel lainnya yang inspiratif hanya di Everpro !

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya