everpro

Panduan Penggunaan WhatsApp Business Fitur Multiple Users

Ketahui cara efektif menggunakan WhatsApp business dengan fitur multiple users! Dapatkan panduan lengkap untuk meningkatkan kolaborasi tim dan efisiensi bisnis Anda dalam artikel Ini. 

WhatsApp Business telah menjadi alat komunikasi yang sangat populer bagi lembaga dan pemilik bisnis untuk berinteraksi dengan audience atau pelanggan mereka. 

Dengan fitur-fitur yang terus diperbarui, WhatsApp Business terus meningkatkan pengalaman pengguna dan memberikan kemudahan dalam mengelola komunikasi bisnis. 

Salah satu fitur yang sangat berguna adalah Multiple Users, untuk menghubungkan beberapa pengguna ke satu akun WhatsApp Business. 

Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang penggunaan fitur tersebut.

Baca Juga : Auto Text WhatsApp: Pengertian, Keuntungan & Cara Membuat

Apa itu Fitur Multiple Users dalam WhatsApp Business?

WhatsApp Business Multiple Users
Sumber: Freepik.com

Fitur multiple users merupakan program yang mengijinkan beberapa pengguna atau anggota tim untuk mengakses dan mengelola akun  Business yang sama. 

Dengan fitur ini, pemilik bisnis dapat mengatur akses dan peran, sehingga memungkinkan kolaborasi yang lebih efisien dalam menjawab pesan, mengelola kontak, dan mengatur pesan promosi. 

Dengan kombinasi fitur Multiple Users dan template pesan WhatsApp , bisnis dapat mengoptimalkan komunikasi internal dan eksternal mereka melalui platform WhatsApp, meningkatkan efisiensi, dan menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Cara Mengaktifkan Fitur Multiple Users di WhatsApp Business

Untuk mengaktifkan fitur multiple user di akun WhatsApp Business, hanya dapat diakses oleh 2 orang di perangkat yang berbeda. Namun, bagi Anda yang berlangganan WhatsApp API, tidak ada batasan jumlah pengguna yang dapat mengaksesnya.

1. Fitur Multiple User di WhatsApp Business

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur tersebut di WhatsApp Business, baik pada perangkat Android maupun iOS:

  • Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp Bisnis di perangkat Android atau iOS Anda.
  • Buka aplikasi WhatsApp Bisnis dan masuk ke akun Anda.
  • Di halaman utama, ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas untuk membuka menu.
  • Pilih “Pengaturan” atau “Settings” dari menu tersebut.
  • Di menu Pengaturan, cari opsi “Akun” atau “Account” dan ketuknya.
  • Di menu Akun, cari opsi “Tambahkan pengguna” atau “Add user” dan ketuknya.
  • Aplikasi WhatsApp Bisnis akan meminta Anda untuk mengonfirmasi tindakan tersebut. Ketuk “Tambahkan” atau “Add” untuk melanjutkan.
  • Setelah itu, Anda dapat memilih apakah ingin mengaktifkan multiple user dengan menggunakan nomor telepon baru atau nomor yang sudah ada di perangkat Anda.
  • Jika Anda memilih nomor telepon baru, ikuti langkah-langkah untuk membuat akun WhatsApp Bisnis baru.
  • Jika Anda memilih nomor yang sudah ada, pilih nomor telepon yang ingin Anda tambahkan sebagai pengguna baru.
  • Setelah Anda menyelesaikan proses tersebut, pengguna baru akan ditambahkan ke WhatsApp Bisnis Anda dan dapat mengakses akun tersebut.

2. Fitur Multiple User di WhatsApp API 

Whatsapp Business Multiple users
Sumber: Everpro.id

Sedangkan untuk langkah-langkah untuk menggunakan WhatsApp Business API dengan fitur multiple users Anda perlu aplikasi lain untuk mengatur para admin.

  • Pertama Everpro Funnel adalah mitra partner resmi WhatsApp Business API yang berasal dari Bandung.
  • Untuk melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager, siapkan data seperti nama perusahaan, URL website, industri, daerah operasional, dan informasi lainnya.
  • Pilih nomor telepon yang akan didaftarkan sebagai akun WhatsApp API dan lengkapi profil WhatsApp API dengan informasi bisnis Anda.
  • Setelah itu, login ke Chat Panel WA Rotator Everpro untuk memulai penggunaan WhatsApp dengan multiple users.

Baca Juga : Iklan Landing Page Tidak Convert? Pakai Tracking Nomor WA dari Everpro!

Manfaat Fitur Multiple Users untuk Bisnis

Berikut adalah beberapa poin penjelasan terkait manfaat  menggunakan fitur multiple users di WhatsApp Business:

1. Distribusi Leads yang Praktis

Dengan fitur ini, kamu dapat dengan mudah mengatur distribusi leads yang masuk ke nomor-nomor admin melalui dashboard Everpro. Tidak perlu repot membagikan nomor admin kepada semua anggota tim.

2. Kolaborasi Tim

Fitur ini memungkinkan anggota tim untuk melihat dan merespons pesan secara real-time. Hal ini memungkinkan kolaborasi yang lebih efisien dalam menangani pesan dan tanggapan pelanggan, menghindari pesan yang terlewatkan atau tertunda.

3. Meningkatkan Profesionalitas

Dengan menggunakan fitur multiple users, kamu dapat meningkatkan profesionalitas dalam menjalankan bisnis melalui WhatsApp Business. Semua anggota tim dapat bekerja secara terorganisir dan memberikan tanggapan yang konsisten kepada pelanggan.

4. Efisiensi dalam Merespons Pelanggan

Dengan anggota tim yang dapat bekerja bersama dalam menangani pesan, respons terhadap pelanggan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mempercepat proses konversi.

5. Pengelolaan yang Terpusat

Melalui dashboard Everpro, kamu dapat mengelola semua pesan dan aktivitas komunikasi dengan mudah. Fitur ini memberikan pengelolaan yang terpusat dan membantu menjaga kelancaran operasional bisnis.

Baca Juga : Iklan Landing Page Tidak Convert? Pakai Tracking Nomor WA dari Everpro!

Layanan Everpro Funnel 

Dengan berlangganan  fitur WA Rotator, sehingga Anda dapat dengan mudah mengatur distribusi leads yang masuk ke nomor-nomor admin melalui dashboard Everpro. Coba gunakan WhatsApp Business Multiple Users untuk pengalaman yang lebih praktis dalam mengelola proses distribusi leads.

DAFTAR SEKARANG

Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya