everpro

8 Cara Membuat Deskripsi Produk yang Memikat Serta Contohnya

deskripsi produk

 Bagaimana cara membuat deskripsi produk yang menarik? Simak cara membuat dan contoh deskripsi produk yang menarik untuk tingkatkan penjualan.

Saat menjalankan bisnis online, baik itu melalui marketplace, website, maupun media sosial terdapat banyak hal yang menunjang terjadinya transaksi penjualan. 

Salah satunya adalah dengan menuliskan deskripsi produk yang baik dan jelas. Karena deskripsi produk berfungsi untuk memudahkan calon pembeli mendapatkan informasi terkait produk. 

Hal tersebut juga berguna untuk memikat dan meyakinkan calon pembeli untuk membeli produk. Lantas bagaimana cara menuliskan informasi produk yang baik untuk menarik minat calon pembeli?

Tak perlu bingung, baca artikel ini sampai tuntas dan temukan contoh deskripsi produk yang menarik.

Baca juga: Holding Adalah: Pengertian Hingga Contoh Perusahaannya

Tips Membuat Deskripsi Produk yang Menarik

deskripsi produk
Sumber: pexels.com

Deskripsi produk adalah suatu informasi yang menjelaskan produk, mulai dari spesifikasi, kelebihan, cara menggunakannya, dan lain-lain.

Dengan membuat deskripsi produk untuk barang yang dijual secara online, penjual dapat mengenalkan produk dengan lebih spesifik. 

Selain itu, pembeli menjadi lebih mudah mempertimbangkan apakah produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya atau tidak. 

Everpro

Maka dari itu, pastikan anda selalu membuat deskripsi yang jelas. Berikut adalah tips menulis deskripsi produk yang baik:

Mengenali Target Konsumen

Tips pertama dalam menuliskan deskripsi produk adalah dengan mengenali target konsumen anda. Caranya adalah dengan memahami buyer persona atau karakter konsumen.

Karakteristik target konsumen yang perlu anda pahami yaitu seperti interest, umur, seberapa sering mengunjungi situs atau media sosial bisnis anda, dan lain sebagainya.

Dengan memahami target konsumen, anda bisa menggunakan gaya bahasa yang tepat untuk membangun komunikasi serta lebih menarik untuk dibaca. 

Menulis Informasi yang Lengkap dan Jelas

Setelah memahami gaya bahasa apa yang tepat sesuai dengan target konsumen, hal penting selanjutnya adalah dengan menuliskan deskripsi yang lengkap dan jelas.

Adapun informasi yang perlu anda tuliskan dalam deskripsi produk yaitu seperti:

  • Spesifikasi atau fitur
  • Kelebihan atau keunggulan produk
  • Kelengkapan produk
  • Garansi produk (jika ada)
  • Ketersediaan warna

Bisa juga menambahkan jasa pengiriman serta waktu memproses pesanan. Dengan informasi yang jelas dan meyakinkan, tentu calon konsumen tak akan ragu membeli produk tersebut.

Berfokus pada Manfaat Produk

Manfaat produk adalah sesuatu yang konsumen dapatkan dengan menggunakan produk tersebut. 

Anda bisa saja menuliskan fitur dan spesifikasi bahan premium terkait produk, namun hal tersebut menjadi percuma ketika calon pembeli tidak melihat manfaat dari produk tersebut.

Maka dari itu, dalam menuliskan fitur dan keunggulan informasikan juga apa manfaat yang bisa konsumen rasakan dengan menggunakan produk tersebut.

Memberikan Sentuhan Emosional

Deskripsi produk yang menarik adalah yang mampu memberikan sentuhan emosional, sehingga lebih berkesan.

Terdapat berbagai cara untuk memberikan pesan yang berkesan dalam penulisan deskripsi, salah satunya adalah melalui story telling.

Story telling tak hanya dengan menceritakan proses pembuatan produk, bisa melalui hal-hal sederhana namun membuat orang sadar dan relevan dengan apa yang mereka rasakan.

Jadi maksud menggunakan storytelling dalam deskripsi produk tak hanya membuat cerita untuk produk, tapi membuat produk yang bercerita.

Menggunakan Kata-kata yang Mudah Dipahami

Penulisan deskripsi yang baik adalah informasi terstruktur dan mudah calon konsumen pahami. Dalam marketplace anda bisa membuat deskripsi dengan struktur sebagai berikut:

  • Menuliskan deskripsi per poin agar lebih mudah dibaca
  • Menempatkan informasi penting di awal paragraf
  • Penulisan yang singkat, padat, dan jelas

Menggunakan Kata Kunci SEO

Tips selanjutnya adalah penggunaan kata kunci SEO yang sangat penting dalam deskripsi produk. Karena hal ini dapat memudahkan calon konsumen untuk menemukan produk tersebut di mesin pencari.

Gunakan Bahasa yang Natural dengan Kosakata Variatif

Tata bahasa dan intonasi merupakan faktor penting yang dapat memikat calon pembeli melalui deskripsi produk.

Dengan menggunakan kosakata variatif dan natural, membuat deskripsi menjadi lebih komunikatif dan tidak kaku. Hindari penjelasan dalam deskripsi yang berbelit, agar pembaca tidak bosan.

Pastikan anda memilih kosakata yang mudah dipahami dan tidak monoton. 

Memastikan Teks Mudah Di-Skimming

Mengutip informasi dari situs Nielsen Norman Group, hanya 16% pengunjung website yang membaca deskripsi kata per kata.

Setelah masuk, pengunjung biasanya hanya melakukan skimming atau membaca sekilas untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Oleh karena itu, perlu menuliskan deskripsi secara efektif. Adapun hal yang bisa anda lakukan agar teks lebih mudah di skimming yaitu sebagai berikut:

  • Menggunakan ukuran font yang berbeda antara judul dan deskripsi.
  • Membuat paragraf yang ringkas dan informatif.
  • Menuliskan informasi per poin dengan bullet points atau numbering.

Contoh Deskripsi Produk Menarik

contoh deskripsi produk
Sumber: pexels.com
  • Matchamu 

contoh deskripsi produk
Sumber: tokopedia.com

Contoh deskripsi produk yang menarik pertama adalah dari produk Matchamu – Sakura Latte. Cara pengemasan Informasi dalam deskripsi ini ialah dengan menjelaskan spesifikasi dan manfaat yang jelas dalam setiap paragraf dan per poin.

Kemudian terdapat juga kelebihan dalam format checklist, sehingga lebih mudah dibaca. Penulisan deskripsi juga cukup ringkas dan langsung menunjukkan poin keunggulan dan manfaat produk.

  • Squawking Stress Chicken

contoh deskripsi produk
Sumber: google.com

Banyak hal menarik yang terdapat dari contoh deskripsi produk ini. Pertama, terdapat subheadline yang memikat dengan sensasi humor yaitu “menghilangkan stres sembari membuat orang lain stres.”

Terlebih, penjelasan dalam deskripsi ini menggunakan kalimat pendek, jelas per poin, dan mudah dibaca pada setiap poinnya.

  • Deskripsi Pakaian dari Chubbies

contoh keterangan barang
Sumber: wisepops.com

Seperti contoh sebelumnya yang menggunakan humor dalam subheadline, deskripsi produk pakaian ini juga menggunakan gaya bahasa humor dengan teknik storytelling.

Audiens seakan-akan membaca deskripsi tentang membuat baju dari waffle, namun juga mendapatkan informasi kualitas bahan yang terasa lembut seperti waffle.

Jika brand anda memungkinkan gaya komunikasi yang lucu, maka gunakanlah. Karena humor dapat meredakan stress saat membeli. Jadi selama masih dalam batas wajar, gunakan saja.

  • Sila Tea – Larasati

contoh deskripsi produk
Sumber: tokopedia.com

Teh yang bercerita, itulah jenis deksripsi yang produk ini gunakan. Pada paragraf awal terdapat informasi seputar profil rasa, manfaat, serta mood yang anda bisa anda rasakan.

Kemudian terdapat juga tea story, yang menjadi latar belakang nama dari produk teh ini serta membawa audiens meresapi apa yang dapat mereka rasakan ketika minum teh Larasati.

Baca juga: Penting! Brand Equity Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

  • Ponds

contoh keterangan barang
Sumber: google.com/niagahoster

Contoh yang terakhir adalah dari salah satu produk Ponds, yaitu eye cream. Keunggulan dari deskripsi ini adalah penggunaan kosakata yang variatif. 

Tak lupa mereka juga menambahkan fitur dan manfaat yang bisa pengguna dapatkan dengan memakai eye cream ini.

Demikian penjelasan mengenai deskripsi produk dan contoh terbaiknya yang bisa menjadi referensi anda.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Baca juga berbagai artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?