Email Marketing: Pengertian, Strategi Khusus, Manfaat

email marketing

Sering mendapatkan email informasi maupun promosi dari perusahaan tertentu? Nah, itu namanya email marketing sebagai salah satu strategi digital marketing.

Berikut ini, Everpro akan merangkum seputar email dalam marketing yang perlu Anda ketahui untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, selamat membaca ya!

Apa Itu Email Marketing?

email marketing
Sumber: google.com

Apa itu email marketing menurut HubSpot, yaitu pesan yang berisi informasi maupun promosi mengenai produk atau jasa. Sebagian orang menganggap pesat tersebut sebagai spam, namun sebenarnya terdapat peluang besar jika Anda memanfaatkannya dengan baik.

Walaupun sering dijadikan sebagai salah satu strategi menarik hati pelanggan, sebetulnya jenis marketing ini berbeda dari yang lainnya, lho!

Sudah mulai penasaran untuk mengetahui cara memikat hati pelanggan? Yuk, mari simak artikel ini hingga tuntas untuk mendapatkan jawabannya.

Baca Juga: Ingin Belajar Digital Marketing? Berikut Bahasan Lengkapnya!

Pengertian Email Marketing dan Penerapan Strategi Khusus

email marketing
Sumber: google.com

Pengertian email marketing merupakan penyampaian informasi ataupun promosi suatu produk dengan cara memanfaatkan media digital sebagai salah satu strategi marketing dan sudah ada sejak tahun 1978. Serta bisa menghasilkan total pendapatan sebesar 13 juta dollar USD, jika dalam rupiah saat ini bisa mendapatkan sebesar Rp194 juta. Penerapan Strategi khusus tersebut seperti:

  • Mengenal Kebiasaan Calon Pelanggan

Mencari tahu persona calon pelanggan adalah poin utama sebelum menentukan jenis campaign. Anda harus melakukan analisis mengenai hal apa saja yang mereka sukai, lalu setelah itu cobalah untuk memahami selera mereka.  

  • Mengelompokkan Calon Pelanggan

Apabila Anda sudah mengenal kebiasaannya, lanjut dengan mengelompokkan calon pelanggan. Pengelompokkan berdasarkan usia, minat, lokasi tempat tinggal, dan sebagainya. Email yang akan mereka terima disesuaikan dengan daftar kelompok tersebut. 

Everpro
  • Menentukan Jenis Campaign

Penentuan jenis campaign Anda berkaitan dengan profil pengelompokan calon pelanggan. Apabila jenis campaign sudah tepat, hal selanjutnya tentukan jadwal pengiriman email.

Perlu Anda ingat, sedari awal untuk memberitahu jenis informasi yang akan mereka dapatkan dan seberapa sering email tersebut akan mereka terima.

  • Melakukan Metode A/B Testing

Ketika campaign sudah berjalan, Anda bisa mengukur keberhasilan campaign. Jika Di sini Anda bisa menggunakan cara mengukur keberhasilannya dengan cara melakukan metode A/B testing

Manfaat Email Marketing Adalah

email marketing
Sumber: google.com

Manfaat email marketing adalah bisa membangun hubungan jangka panjang calon pelanggan dengan biaya marketing yang murah.

  • Jenis marketing ini memang sedikit tradisional, namun teknik lebih tepat untuk bisa membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan
  • Mengutip hasil penelitian WBR Digital, bahwa tingkat keberhasilannya untuk akuisisi pelanggan baru mencapai 81% dan social media marketing hanya 51%.
  • Menurut Studi Direct Marketing Association, jika mengirim email seharga 1$ berpotensi mendapatkan keuntungan 40$.
  • Segala aktivitas digital, semua orang wajib menggunakan email atau nomor telepon sebagai salah satu syarat dan ketentuan. Bahkan sebuah studi menunjukkan data bahwa saat ini ada 3,8 miliar pengguna email sehingga 40 kali lebih efektif daripada social media.

Baca Juga: 5 Contoh Email Marketing Terbaik Untuk Menarik Minat Audiens

Demikian penjelasan mengenai email dalam marketing yang bisa membantu perkembangan bisnis Anda. Nantikan artikel berkualitas lainnya dari Everpro ya! Pastinya selalu memberikan manfaat bagi perkembangan bisnis Anda.

Selain itu, nikmati kemudahan dengan pengiriman paket melalui aplikasi Everpro yang menyediakan 15+ ekspedisi, pick up paket, bonus Cashback 30%, GRATIS biaya return, pencairan dana COD 1 hari, akses laporan aktivitas penjualan, sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi.

Yuk, Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?