Everpro

Mengenal Lebih Jauh Tentang Enabler Tokopedia, Aplikasi Pengelola Toko!

Apa itu Enabler Tokopedia? Apa saja manfaatnya untuk seller di Tokopedia? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Berkembangnya teknologi dan ekonomi digital di Indonesia telah menciptakan berbagai inovasi dalam berbisnis. Salah satunya adalah enabler yang berfungsi sebagai perantara atau jembatan antara brand atau bisnis dengan platform ecommerce.

Salah satu contohnya adalah Enabler Tokopedia. Tapi masih gak yakin apa itu enabler dan bagaimana cara kerjanya? Yuk, kita bahas lebih dalam. Simak sampai habis ya!

Apa itu Enabler Tokopedia?

Everpro
Sumber: google.com

Enabler adalah dalam konteks ecommerce, lebih tepatnya di lingkungan Tokopedia, adalah pihak ketiga yang berperan penting dalam menghubungkan penjual atau brand dengan pelanggan. 

Enabler Tokopedia mendukung berbagai aspek penting dari operasi ecommerce, mulai dari manajemen stok, general operation model, hingga customer service.

Selain itu, enabler juga memiliki peran dalam memaksimalkan penjualan dan nilai ekonomi dari sebuah brand di Tokopedia. 

Banyak perusahaan besar, seperti Reckitt Benckiser, telah bekerja sama dengan enabler untuk membantu mereka mengoperasikan official store di platform tersebut.

Baca juga: Peran Ecommerce Enabler Sebagai Kunci Keberhasilan Bisnis

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Enabler Tokopedia?

 

enabler tokopedia
Sumber: pexels.com

Menggunakan Enabler dapat memberikan keuntungan untuk kamu sebagai penjual, lho. Pengin tahu apa saja keuntungan jika menggunakan Enabler pada Tokopedia?

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan penjual jika menggunakan enabler Tokopedia:

1. Mengelola Stok dan General Operation Model

Pertama, enabler dapat membantu mengelola stok dan general operation model. Kamu tidak perlu khawatir tentang operasional sehari-hari karena enabler telah menyiapkan sistem yang efisien dan terintegrasi.

2. Memberikan Jasa Customer Service

Kedua, enabler Tokopedia juga menawarkan jasa CS yang gercep. Ini berarti, enabler mampu menangani pertanyaan dan keluhan pelanggan secara cepat dan efisien, yang tentunya akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan reputasi brand kamu.

3. Menghemat Waktu 

Ketiga, dibandingkan dengan melakukan semua operasional sendiri, bekerja sama dengan enabler memungkinkan kamu fokus pada core business, yaitu mengembangkan produk dan strategi bisnis. Setelah memiliki enabler, kamu bisa lebih leluasa melakukan hal-hal lain yang penting bagi pertumbuhan bisnis.

Selain itu kamu juga menikmati beberapa keunggulana seperti berikut:

  • Terhubung ke lebih dari 1 aplikasi atau sistem penjualan (maks. 5 aplikasi
  • Berpindah dari satu layanan ke layanan lain dengan mudah
  • Melacak riwayat integrasi dan permintaan integrasi dari pihak ketiga
  • Menerima atau menolak permintaan integrasi dari pihak ketiga
  • Mengelola hak akses yang dapat dikelola oleh pihak ketiga
  • Menonaktifkan sementara fitur integraasi

Untuk menggunakan layanan API, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar melalui link http://developer.tokopedia.com/register. Setelah itu, tim Tokopedia akan menilai bisnis kamu berdasarkan data perusahaan yang kamu masukkan saat proses pendaftaran.

Bagaimana Cara Memilih Enabler Tokopedia yang Terbaik?

enabler tokopedia
Sumber: pexels.com

Tidak semua enabler Tokopedia memiliki kualitas dan pelayanan yang sama. Oleh karena itu, penjual harus berhati-hati dalam memilih enabler Tokopedia yang terbaik. 

Memilih enabler yang tepat untuk bisnis kamu adalah langkah penting dalam strategi e-commerce kamu. Berikut Langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk memilih enabler Tokopedia:

1. Mengidentifikasi Kebutuhan Bisnis kamu

Sebelum memilih enabler, kamu harus mengidentifikasi apa saja kebutuhan bisnis kamu. Apakah kamu membutuhkan bantuan dalam manajemen stok, customer service, digital marketing, atau bahkan keseluruhan operasional? Jika kamu tahu apa yang kamu butuhkan, kamu akan lebih mudah menemukan enabler yang paling cocok.

2. Melakukan Penelitian

Ada banyak enabler Tokopedia di luar sana yang dapat membantu kamu mengembangkan bisnis. Setiap enabler memiliki spesialisasi dan kelebihan mereka sendiri. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk melakukan penelitian dan membandingkan berbagai enabler untuk menemukan yang terbaik untuk bisnis kamu.

3. Memeriksa Reputasi dan Track Record

Reputasi dan track record enabler sangat penting. Cari tahu sebanyak mungkin tentang sejarah mereka, apakah mereka pernah bekerja dengan brand atau bisnis yang mirip dengan kamu, dan bagaimana hasil kerja mereka. Hal ini bisa kamu lakukan dengan membaca ulasan atau testimoni dari klien sebelumnya, atau dengan berbicara langsung dengan klien mereka.

4. Memahami Layanan yang Ditawarkan

Setiap enabler menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari manajemen stok, layanan pelanggan, digital marketing, dan lainnya. Kamu harus memahami sepenuhnya apa saja layanan yang ditawarkan oleh enabler dan bagaimana layanan tersebut bisa mendukung bisnis kamu.

5. Menyelaraskan Dengan Tujuan Bisnis kamu

Enabler yang kamu pilih harus dapat mendukung dan menyelaraskan diri dengan tujuan bisnis kamu. Misalnya, jika tujuan kamu adalah meningkatkan kepuasan pelanggan, maka enabler yang memiliki keahlian dalam customer service dan customer relationship management bisa menjadi pilihan yang tepat.

6. Berkomunikasi dengan Tim Tokopedia

Tim Tokopedia memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana enabler bekerja. Mereka bisa membantu kamu menemukan enabler yang paling cocok dengan kebutuhan dan tujuan bisnis kamu.

Memilih enabler yang tepat bisa sangat mempengaruhi kesuksesan bisnis kamu di Tokopedia. Oleh karena itu, penting untuk memilih dengan bijak dan berhati-hati. Ingat, enabler terbaik untuk bisnis kamu adalah yang bisa memenuhi kebutuhan kamu dan membantu kamu mencapai tujuan bisnis kamu.

Baca juga: Kenapa Harus Pakai Jasa Upload Produk ke Marketplace? Ini Alasannya!

Rekomendasi Enabler Tokopedia

Everpro
Sumber: pexels.com

Rekomendasi untuk enabler Tokopedia yang bisa menjadi pilihan penjual adalah Everpro. Apa sih Everpro itu? Everpro adalah sebuah platform yang menyediakan solusi untuk para pebisnis online untuk mengembangkan usaha. 

Everpro memiliki layanan canggih dan lengkap yang dapat membantumu dalam hal berikut:

  1. Mengelola dan mengirim orderan melalui kurir Reguler, Instan, hingga Kargo (COD & non-COD).
  2. Mengelola dan mengoptimasi performa toko-mu di Marketplace secara menyeluruh.
  3. Memberikan akses, edukasi, layanan akun FB & Google Ads Account.
  4. Memberikan edukasi intensif mengenai bisnis dan akses ke ratusan winning product terkurasi.
  5. Memperluas relasi melalui kegiatan-kegiatan di Komunitas Belajar Bisnis Everpro.

Layanan yang dapat kamu gunakan untuk membantu kamu yaitu Marketplace Enabler. Marketplace Enabler adalah sebuah layanan dari Everpro untuk para penjual di Marketplace dengan tujuan mengembangkan serta mengoptimasi toko penjual di Marketplace.

Layanan ini juga cocok sama kamu yang tidak sempat untuk mengurus toko kamu. Jadi tunggu apalagi? Dengan Everpro Marketplace Enabler semua masalahmu akan teratasi. Hanya dengan sekali daftar, tokomu dapat langsung di-improve sama Everpro biar making untung!

Benefit Everpro Marketplace Enabler Untuk Tokopedia

Emang Everpro Marketplace Enabler bakal bantuin apa aja sih? Everpro bisa memberimu banyak bantuan dan manfaat, lho seperti berikut ini:

  • Optimasi toko
  • Jasa CS yang cepat & tuntas
  • Toko gampang dicari pembeli
  • Performa iklan terbaik
  • Memaksimalkan penjualan dengan campaign terbaru
  • Bantu kamu pilih langkah bisnis yang tepat

Tunggu apalagi? Ayo daftar Everpro Marketplace Enabler sekarang dan rasakan manfaatnya!

Daftar Sekarang

Kesimpulan

Jadi, enabler Tokopedia adalah mitra yang sangat berharga bagi bisnis kamu, terutama jika kamu beroperasi di platform e-commerce.

Mereka membantu kamu mengatasi tantangan operasional sehari-hari, meningkatkan layanan pelanggan, dan pada akhirnya, memperkuat posisi brand kamu di pasar.

Ingat, memilih enabler bukan hanya tentang mencari yang terbaik, tetapi juga tentang mencari yang paling cocok dengan kebutuhan dan tujuan bisnis kamu. Jadi, lakukan riset kamu, bicarakan dengan tim Tokopedia, dan temukan enabler yang tepat untuk bisnis kamu.

Seiring berjalannya waktu, peran enabler semakin penting dalam dunia e-commerce. Dengan dukungan yang tepat, bisnis kamu dapat tumbuh dan berkembang di era digital ini. Selamat berbisnis!

Nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya