Peran Ecommerce Enabler Sebagai Kunci Keberhasilan Bisnis

ecommerce enabler

Apakah Anda sudah tahu peran penting ecommerce enabler bagi bisnis online? Jika belum, mari cari tahu selengkapnya melalui artikel Everpro.

Di dunia bisnis digital, peningkatan minat masyarakat terhadap online shopping menjadi peluang bagi pertumbuhan industri ecommerce.

Kata tersebut mungkin sudah tidak asing lagi untuk beberapa orang, namun masih banyak yang belum mengetahui keunggulannya dalam bidang bisnis online.

Kali ini, Everpro membahas informasinya secara ringkas dan jelas bagi Anda yang sedang mencari referensi. Selamat membaca!

Pengertian Ecommerce Adalah

ecommerce enabler
Sumber: google.com

Dua kata dari electronic dan commerce merupakan singkatan e-commerce. Jadi secara harfiah, ecommerce adalah proses penjualan, pembelian, serta pembayaran barang melalui jaringan internet atau online.

Bagi sebagian orang mungkin sudah sering melakukan transaksi ecommerce seperti membayar tagihan PLN dan PDAM, pembelian e-tiket transportasi, hingga perbankan. Perlu Anda ketahui bahwa dalam ecommerce memiliki jenis-jenis transaksi yang berbeda.

4 Jenis Transaksi Ecommerce

  • B2B (Business to Business)
  • B2C (Business to Customer)
  • C2B (Customer to Business)
  • C2C  (Customer to Customer)

3 Pengertian Ecommerce Menurut Para Ahli

1) Kotler dan Amstrong

Ecommerce merupakan suatu saluran online untuk menjangkau seseorang melalui perangkat komputer. Pada umumnya, saluran online tersebut digunakan para pelaku usaha dalam menjalankan aktivitas bisnis.

2) Kalakota dan Whinston

Menurut Kalakota dan Whinston, ecommerce merupakan kegiatan online shopping dan transaksi jual beli secara digital menggunakan jaringan internet.

3) Loudon

Pengertian ecommerce yaitu proses transaksi penjualan elektronik dengan bantuan perangkat komputer, antara penjual dari perusahaan dan pembeli dari perusahaan lain.

Everpro

Setelah Anda mengetahui pengertian ecommerce secara umum, pengertian ecommerce menurut para ahli, dan 4 jenis transaksi ecommerce. Mari simak lebih detail mengenai ecommerce enabler.

Pengertian Ecommerce Enabler Adalah

ecommerce enabler
Sumber: google.com

Secara sederhana, ecommerce enabler adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa untuk membantu persiapan bisnis Anda menuju penjualan berbasis ecommerce

Penyedia jasa tersebut memiliki panggilan sebagai enablers, mereka memberikan solusi one-stop  dalam strategi bisnis digital bagi brand Anda.

Tak hanya membantu persiapan dan strategi, namun membantu bisnis Anda untuk terus mengikuti peluang besar pada setiap platform ecommerce enabler.

3 Cara Kerja Ecommerce Enabler

ecommerce enabler
Sumber: google.com

1. General Operation Model

Pada cara kerja pertama ini, jasa enablers akan mengelola toko online Anda dari sisi brand hingga proses penjualan berbasis ecommerce.

Biaya kegiatan promosi dari toko online ditanggung oleh perusahaan Anda sendiri, keuntungan yang diperoleh dalam bentuk fee dengan komisi penjualan.

2. Distribution Model

Pada model cara kerja distribusi yaitu, memastikan metode pengiriman produk berjalan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan para konsumen.

Pihak enablers bekerjasama dengan jasa ekspedisi dan cargo untuk mendistribusikan produk Anda secara aman hingga tiba ke lokasi pelanggan.

3. Content Service Model

Terakhir, pihak enablers memiliki tim teknik advertising yang  secara efektif dan efisien melakukan manajemen akun dan pemasaran online bisnis Anda.

Layanan ini menawarkan perencanaan, solusi, dan melaksanakan perencanaan tersebut guna produk atau jasa Anda lebih dikenal dan diminati secara luas.

6  Keunggulan Jasa Ecommerce Enabler 

ecommerce enabler
Sumber: google.com
  • Memberikan Konsultasi Brand

Jasa enablers terdiri dari sekumpulan orang yang berpengalaman bertahun-tahun dan memiliki keahlian hebat di industri marketing dan technology.

Setiap klien, dapat melakukan diskusi umum sampai mendalam dan mencari solusi bersama mengenai perkembangan bisnisnya di pasar online.

  • Mengoperasikan Toko Online

Mungkin terlihat mudah ketika mendengar cara mengoperasikan toko online, namun kenyataannya banyak pelaku usaha merasa kewalahan setelah menjalankannya.

Di sinilah keunggulan jasa enablers yang membantu Anda dalam menjalankan aktivitas pengoperasian toko online mulai dari mendesain toko hingga pemesanan.

  • Menyediakan Customer Service

Selain operasional toko online, pihak enablers menyediakan layanan customer service oleh tim yang berpengalaman di bidangnya. Guna kelancaran komunikasi antara pihak penjual dan pembeli.

Layanan customer service yang baik, menciptakan brand menjadi pilihan utama dan para pelanggan akan melakukan pemesanan kembali di toko Anda.

  • Mengelola Pemasaran Digital

Perencanaan pemasaran digital mencakup media sosial, iklan berbayar, sampai copywriting. Apakah Anda dapat melakukan kegiatan tersebut secara bersamaan dalam waktu yang sama?

Tenang, ecommerce enabler solusinya! Mereka menyediakan tim spesialis yang membantu Anda dalam mengelola pemasaran digital secara menyeluruh.

  • Menjalankan Campaign Marketing

Tahukah Anda rahasia sukses para pebisnis yang mendapatkan omset berlipat-lipat? Jika belum tahu, rahasianya di iklan berbayar melalui media sosial.

Cara ini terbilang efektif karena dapat menjangkau audiens berdasarkan demografi hingga perilaku sehari-harinya, dan kampanye akan dilakukan oleh pakar teknisnya.

Baca juga: Pilihan Terbaik 3 Jasa Digital Marketing Professional

  • Merancang Desain Produk

Desain produk yang menarik, secara tak sadar dapat mempengaruhi psikologi konsumen sehingga mereka ingin memiliki produk atau jasa Anda.

Peran enablers merancang skema warna, tata letak, banner sampai tampilan desain produk guna membuat produk Anda lebih menarik perhatian konsumen.

Apa Itu Ecommerce Indonesia?

ecommerce enabler
Sumber: google.com

Ecommerce Indonesia yaitu aktivitas perdagangan berbasis digital yang memanfaatkan internet guna terjadinya transaksi jual beli online.

Pada tahun 2022, Indonesia memimpin traffic ecommerce di Asia Tenggara dalam aktivitas belanja online menggunakan ponsel pintar atau smartphone.

Berdasarkan penelitian iPrice bahwa Indonesia memiliki jumlah konsumen ecommerce terbanyak yaitu 94% dari sebelumnya 81% di tahun 2016 sampai 2017.

Hal tersebut dapat terjadi karena Indonesia lebih percaya diri dalam melakukan aktivitas belanja melalui sistem pembayaran mobile pada kehidupan sehari-harinya.

5 Ecommerce Indonesia Dengan Pengunjung Terbanyak

ecommerce enabler
Sumber: google.com

Pada kuartal I pada tahun 2022, e-commerce Indonesia dengan jumlah pengunjung terbanyak masih dipimpin oleh Tokopedia dan Shopee.

Persaingan antara kedua ecommerce ternama ini semakin ketat bersaing, terlihat dari hasil data rata-rata pengunjung setiap bulannya.

1) Tokopedia

Alasan konsumen memilih Tokopedia yaitu menyediakan beragam produk kebutuhan mulai dari fashion sampai berbagai makanan minuman. Rata-rata jumlah pengunjung mencapai 135 juta setiap bulannya.

2) Shopee

Survei menunjukkan data bahwa konsumen senang dengan harga produk terjangkau dan gratis ongkos kirim. Kategori produk Shopee yang bermacam-macam, mendatangkan pengunjung ssetiap bulan sebanyak 127 juta.

3) Bukalapak

Terkenal sebagai lapak online bagi para pelaku UMKM, Bukalapak memiliki banyak pengunjung sebesar 34 juta setiap bulannya. Selain itu, memiliki lebih dari 6 juta merchant dari berbagai macam produk.

4) Lazada

Berdasarkan survei, alasan utama konsumen memilih Lazada karena reputasi baik dan harga terjangkau. Setiap bulannya, Lazada berhasil mendapatkan 30 juta pengunjung yang tertarik pada produk elektronik dan fashion.

5) Blibli

Berdasarkan hasil data, Blibli memiliki jumlah mitra hingga 16 ribu toko yang berada lebih dari 300 kota. Selain itu, jumlah pengunjung setiap bulan mencapai 19 juta yang banyak mencari produk fashion, elektronik, sampai makanan minuman.

Baca juga: 10 Jenis Contoh E Commerce Terpilih yang Banyak Pengunjung

Demikian penjelasan peran ecommerce enabler sebagai kunci keberhasilan bisnis online. Kini Anda dapat mengelola dan mengoptimalkan bisnis online menuju persaingan pemasaran digital yang semakin ketat setiap harinya.

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi. Terima kasih sudah membaca! Nantikan juga artikel Everpro berkualitas lainnya, yang pastinya membantu perkembangan bisnis Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?