everpro

Estimasi Pengiriman Kargo Berapa Lama? Simak Disini!

Estimasi pengiriman kargo – Seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan infrastruktur yang semakin merata ke seluruh wilayah Indonesia, akses untuk menjangkau beberapa wilayah semakin mudah.

Terlebih dengan semakin mudahnya koneksi internet bagi masyarakat umum, semakin mendorong peningkatan yang signifikan dalam perubahan industri logistik baik di dalam maupun di luar negeri.

Seringkali pelanggan yang ingin mengirim barang tidak tahu harus menghubungi siapa atau bagaimana mencari jenis jasa pengiriman yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

Oleh karena itu, sebagai seorang shipper, perlu Anda ketahui apakah jenis pengiriman yang dibutuhkan akan bergantung pada faktor-faktor terutama yang berkaitan dengan jenis barang yang ingin Anda kirim.

Lantas, berapa lama estimasi pengiriman kargo? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Estimasi Pengiriman Kargo, Ini Perbedaan Cargo dan Ekspedisi Reguler!

Estimasi Pengiriman Kargo
Sumber: googel.com/bersosial

Sebelum membahas tentang berapa lama estimasi pengiriman cargo, alangkah baiknya untuk mengertahui terlebih dahulu antara pengiriman lewat cargo dengan ekspedisi reguler.

Apa perbedaan antara pengiriman kargo dan pengiriman reguler atau pengiriman? Berikut ini adalah perbedaan antara Kargo dan ekspedisi berdasarkan waktu pengiriman, harga pengiriman dan volume dan berat kargo.

1. Ekspedisi Reguler

Hal khusus yang perlu kamu perhatikan adalah jenis, berat, dan jumlah barang yang ingin Anda kirim. Pengiriman ekspedisi biasanya untuk mengirimkan barang dalam satuan yang relatif ringan dalam jumlah yang sedikit.

Ekspedisi reguler adalah jenis yang paling sering pelanggan pribadi pilih dengan kebutuhan pengiriman kecil karena tidak ada berat minimum untuk mengirimkan barang.

Biasanya ditujukan untuk pengiriman barang berukuran kecil hingga menengah, pengiriman ini sering digunakan oleh para penjual toko online dalam mengirimkan barang kepada konsumennya.

Contoh jenis barang yang sering dikirim melalui ekspedisi adalah pakaian, makanan, dokumen, barang rumah tangga, dan kebutuhan sehari-hari.

2. Pengiriman Kargo

Berbeda dengan ekspedisi, pengiriman kargo lebih ditujukan untuk barang berat dan partai besar dengan berat minimal yang telah ditentukan oleh pihak kargo, misalnya 10 kg atau 50 kg untuk kargo tertentu.

Oleh karena itu, kargo sering digunakan untuk pengiriman barang-barang besar seperti mobil, sepeda motor, bahan industri, atau barang pindahan rumah.

Beberapa penjual grosir online dapat menggunakan kargo untuk mengirim barang ke reseller/distributor mereka. Hingga muncul istilah cargo yaitu FTL (Full Than Truck Load) dan LTL (Less Than Truck Load).

Berapa Lama Estimasi Pengiriman Kargo? Ini Penjelasannya

Estimasi Pengiriman Kargo
Sumber: googel.com/bersosial

Ada beberapa hal yang menjadikan estimasi pengiriman kargo berbeda-beda, berikut ini adalah faktor yang memengaruhi berapa lama pengiriman cargo.

1. Waktu Pengiriman (Urgensi)

Seringkali durasi waktu pengiriman menjadi pertimbangan utama untuk pengiriman barang. Untuk beberapa item yang penting untuk pengiriman cepat atau ekspres, seperti makanan atau bahan yang mudah rusak, pengiriman ekspedisi menyediakan beberapa pilihan layanan, seperti regular, kilat/express, atau same-day-service.

Untuk pengiriman cepat pihak ekspedisi akan memproses barang melalui jalur udara dengan pesawat agar lebih cepat sampai di alamat tujuan.

Jika Anda membutuhkan pengiriman reguler, tentu Anda bisa memilih layanan standar dengan harga yang pasti lebih murah daripada layanan ekspres. Ini sedikit berbeda untuk pengiriman kargo.

Karena sebagian besar kargo menggunakan transportasi darat berupa truk (untuk dalam pulau) dan kapal (untuk luar pulau), maka waktu pengiriman menjadi lebih lama dari pengiriman ekspedisi reguler.

Untuk kargo layanan reguler, durasi waktu pengiriman antara 3 hingga 15 hari. Beberapa kargo menyediakan layanan pengiriman udara.

Tetapi biaya yang dikenakan akan lebih mahal dibandingkan dengan pengiriman kargo reguler.

Oleh karena itu, jika ingin mengirimkan barang berukuran besar/berat lebih dari 10 kg dan ingin menggunakan jasa cargo, sebaiknya rencanakan pengiriman lebih baik dengan mempertimbangkan informasi durasi perjalanan yang diberikan oleh pihak cargo.

2. Harga/Anggaran Pengirim

Anggaran pengirim tentu menjadi aspek khusus sebelum memutuskan jasa pengiriman mana yang ingin Anda putuskan. Perhitungan biaya ekspedisi dan kargo sedikit berbeda.

Seperti yang sudah kita ketahui, ekspedisi melakukan pengiriman barang dengan biaya per kilo (minimal 1kg). Semakin berat barang Anda, semakin mahal harganya.

Pemikiran lain adalah dimensi atau volume barang Anda barang ringan dengan volume besar akan dikenakan perhitungan biaya volume yang lebih mahal dari perhitungan berat aslinya.

Ekspedisi reguler menyediakan berbagai jenis layanan dengan harga yang bervariasi, tergantung pada kecepatan pengiriman yang diharapkan. Semakin cepat waktu pengiriman, semakin mahal harganya.

Contoh supplier ekspedisi reguler adalah JNE, TIKI, J&T. Berbeda dengan ekspedisi, kargo menggunakan perhitungan biaya lain. Cargo menghitung biaya pengiriman berdasarkan berat minimum yang ditentukan.

Jika Anda mengirim barang berat (rata-rata lebih dari 10 kg), biaya per kilonya pasti lebih murah daripada ekspedisi biasa.

Namun, jika Anda mengirim barang dengan berat minimum melalui kargo, Anda tetap akan dikenakan biaya sesuai dengan berat minimum tersebut.

Jika Anda sudah mengetahui ekspedisi mana yang ingin Anda pilih, bacalah cara berikut ini untuk memastikan pengiriman Anda dapat dilakukan dengan lancar.

Estimasi Pengiriman Kargo Berapa Lama? Perhatikan Ini saat Mengirim Barang

Estimasi Pengiriman Kargo
Sumber: googel.com/bersosial

Untuk melakukan pengiriman barang tentu banyak hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa langkah dan pedoman untuk pengiriman barang.

1. Pengepakan

Untuk memastikan keamanan dan kondisi barang dalam perjalanan, pengemasan yang baik dan sama adalah penting. Untuk ekspedisi pengiriman dengan bobot ringan/sedang, kemasan bisa sama dengan jenis barangnya. Kemasan plastik atau paper bag aman untuk pakaian atau barang yang tidak mudah pecah.

Untuk barang pecah belah, makanan, atau barang rumah tangga, Anda bisa mengemasnya dengan kardus dan bubble wrap untuk menambah keamanan.

Untuk pengiriman kargo, Anda dapat mengemas barang dengan karton atau jumbo bag plastik. Jangan lupa untuk selalu menutup paket Anda dengan penutup plastik agar tidak basah, terutama di musim hujan.

2. Datang ke kantor cabang ekspedisi

Mencari kantor agen ekspedisi seperti JNE, TIKI, atau J&T lebih mudah karena sebarannya lebih merata dan sudah mencakup wilayah kecil dan kota.

Anda dapat dengan mudah menemukan lokasi agen terdekat untuk menjatuhkan paket Anda di kantor. Beberapa kantor agen juga menyediakan layanan penjemputan paket ke alamat yang ditentukan.

Sedangkan untuk kantor cabang kargo tidak tersebar di sekitar ekspedisi biasa. Pengirim umumnya harus mengirimkan barang ke kantor cabang yang sesuai.

Layanan penjemputan hanya berlaku untuk kantor-kantor tertentu saja karena tidak semua kantor memiliki armada yang tepat untuk memasuki kawasan pemukiman.

3. Cek nomor resi

Setelah mendaftar untuk pengiriman, pastikan Anda mendapatkan bukti pembayaran dan pengiriman. Untuk ekspedisi pengiriman, nomor resi yang tertera sangat berguna untuk mengetahui status barang yang anda kirim mulai dari awal sampai paket tiba ke alamat tujuan.

Beberapa ekspedisi menyediakan layanan asuransi opsional yang dapat Anda tentukan apakah barang yang Anda kirim adalah barang berharga.

Pengiriman Kargo Berapa Hari?

Untuk mengetahui berapa lama pengiriman cargo tentu perlu memperhatikan faktor yang mempengaruhinya, seperti pada pembahasan sebelumnya.

Estimasi pengiriman kargo memang lebih lama dari reguler, karena pengiriman kargo menangani barang yang berukuran besar dalam jumlah banyak.

Lama pengiriman cargo adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengirim barang melalui jasa pengiriman kargo.

Jasa pengiriman kargo biasanya digunakan untuk mengirim barang berukuran besar, berat, atau banyak dalam jumlah partai.

Jasa pengiriman kargo menggunakan berbagai jenis transportasi, seperti truk, kapal, kereta api, atau pesawat tergantung pada tujuan dan jenis barang yang dikirim.

Lama pengiriman cargo berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor, seperti jarak antara asal dan tujuan pengiriman, jenis layanan yang dipilih, kondisi cuaca, lalu lintas, atau hal-hal lain yang tidak terduga. Secara umum, lama pengiriman cargo antara 3 hingga 15 hari.

Berikut ini adalah perkiraan lama pengiriman cargo berdasarkan jenis layanan dan jalur transportasi yang digunakan:

Untuk mengetahui lama pengiriman cargo secara lebih akurat, kamu bisa menghubungi jasa pengiriman kargo yang kamu pilih dan menanyakan estimasi waktu pengiriman sesuai dengan alamat asal dan tujuan kamu.

Kamu juga bisa melacak status pengiriman barang kamu melalui nomor resi yang jasa pengiriman kargo tersebut berikan.

Demikian informasi tentang lama pengiriman cargo yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat!

Anda juga bisa membaca artikel menarik tentang pengiriman cargo dan jasa ekspedisi yang menyediakan layanan kargo  di sini.

Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!

Benefit Everpro Shipping

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket anda kapan saja
  • Bonus Cashback 30%
  • Pencairan Dana COD Cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan
  • Sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga! Klik tombol di bawah ini ya!

Daftar Sekarang

Picture of Rizky Syahaqy

Rizky Syahaqy

Rizky Syahaqy, merupakan SEO Content Writer di Blog Everpro yang fokus pada konten bisnis, jasa ekspedisi, dan kurir. Sebelumnya saya merupakan lulusan dari Universitas Islam Negeri Bandung jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik. Setelah lulus, saya bekerja di dunia kepenulisan selama 1 tahun, yakni menjadi wartawan di sebuah media berita. Namun sejak masih kuliah saya aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang jurnalistik dan kepenulisan selama 3 tahun. Bahkan semasa kuliah saya sudah bekerja sebagai penulis lepas di berbagai media berita dan penyiar radio. Oleh karena itu saya memiliki kemampuan yang baik dalam menulis dan mencari sumber yang kredibel untuk sebuah tulisan yang saya buat. Semoga yang saya sajikan dapat bermanfaat untuk semua yang membacanya.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya