everpro

Cari Tahu Yuk! Inilah Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Apa saja faktor pendorong dari perdagangan internasional? dan apa saja manfaat dari perdagangan internasional? Simak artikel ini untuk mengetahui penjelasan lengkap terkait perdagangan internasional!

Perdagangan antar negara merupakan sebuah aktivitas ekonomi yang sangat penting dan memiliki beberapa manfaat untuk negara yang turut andil dalam perdagangan tersebut.

Aktivitas ini dapat juga disebut sebagai perdagangan internasional. Aktivitas ekonomi dengan melakukan ekspor dan impor antarnegara. Perdagangan ini bertujuan untuk meningkatkan standar ekonomi dari suatu negara.

Perdagangan internasional dapat disimpulkan sebagai transaksi dagang barang dan jasa antara subyek ekonomi suatu negara dengan negara lain.

Adapun pada perdagangan internasional dapat melibatkan beberapa pihak seperti warga negara biasa, perusahaan ekspor, perusahaan impor, perusahaan industri bahkan perusahaan negara.

Perdagangan internasional ini terjadi karena beberapa alasan seperti terdapat perbedaan potensi sumber daya alam, sumber daya modal, sumber daya manusia, dan kemajuan teknologi antar negara.

Nah, menarik kan? Jika Anda ingin tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang perdagangan internasional, Anda dapat simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Ini Cara Memasarkan Produk ke Luar Negeri, Mudah & Cuan!

Manfaat dari Perdagangan Internasional

faktor pendorong perdagangan internasional
Sumber: google.com

Bahasan pertama yang kami akan berikan yaitu manfaat dari perdagangan internasional. Aktivitas perdagangan antar negara ini ternyata memiliki manfaat yang lebih dari yang kita bayangkan, lho.

Apa saja sih manfaatnya? kok suatu negara harus melakukan perdagangan internasional? mari kita simak apa saja manfaat dari perdagangan internasional.

  • Mendapatkan Barang yang Tidak dapat Negara Tersebut Produksi

Manfaat pertama dari melakukan aktivitas ekonomi ini adalah negara akan mendapatkan barang yang tidak dapat negara tersebut produksi.

Setiap negara memiliki perbedaan yang cukup mencolok seperti kondisi geografi, iklim, tingkat penguasaan teknologi dan lain sebagainya yang menjadi faktor yang mempengaruhi perbedaan hasil produksi.

  • Menjangkau Pasar yang Luas

Selanjutnya, dengan melakukan perdagangan internasional dapat menjadi salah satu faktor untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Hal ini sangat penting bagi produsen barang maupun jasa.

Dengan adanya pasar internasional ini, membuat produsen dapat menjangkau pasar yang luas untuk memasarkan produk mereka.

  • Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Salah satu manfaat yang sangat penting bagi suatu negara ketika melakukan perdagangan internasional yaitu dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di suatu negara.

Dengan melakukan perdagangan internasional dengan cara ekspor barang, maka pendapatan dari suatu negara tersebut akan meningkat dan akan memiliki dampak positif kepada pertumbuhan ekonomi.

  • Berbagi Teknologi Terbaru

Dengan melakukan perdagangan suatu negara dapat mendapatkan ilmu terkait teknologi terbaru dari negara lain. Hal ini sangat bermanfaat bagi suatu negara untuk terus berinovasi dalam bidang teknologi.

  • Mendapatkan Manfaat dari Spesialisasi

Salah satu tujuan melakukan perdagangan internasional adalah untuk mendapatkan manfaat yang kemudian diwujudkan dengan spesialisasi.

Dengan perdagangan internasional mendorong masing-masing negara ke arah spesialisasi dalam produksi barang, yang mana ini merupakan keunggulan komperatifnya masing-masing.

  • Mengoptimalkan Penghasilan Devisa

Aktivitas pajak impor dan ekspor membuat pendapatan negara dapat bertambah dengan signifikan, oleh sebab itu perdagangan internasional dapat mengoptimalkan penghasilan devisa.

  • Meningkatkan Kualitas Produk

Karena perdagangan internasional membuat terciptanya kompetisi antar negara, dengan begitu akan membuat negara untuk memacu industri dalam negeri untuk meningkatkan kualitas produknya.

Macam Macam Perdagangan Internasional

Berikut ada beberapa macam-macam perdagangan internasional yang dapat dilakukan oleh negara yaitu:

faktor pendorong perdagangan internasional
Sumber: everpro

Baca juga: Waspadai Ciri-Ciri Penipuan Paket Luar Negeri, Ini Tipsnya!

Apa Saja Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Nah, setelah mengetahui penjelasan dari manfaat dan macam-macam perdagangan internasional, selanjutnya kita akan membahas faktor apa saja pendorong perdagangan internasional.

Berikut adalah beberapa faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional:

1. Sumber Daya Alam

Perbedaan sumber daya alam dari suatu negara dapat menjadi salah satu faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional. Dengan begitu, negara dapat memenuhi kebutuhan akan barang dan ekspor apabila kelebihan jumlah produksi.

2. Permintaan Konsumen

Kemudian, permintaan konsumen juga menjadi faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional. Permintaan konsumen di suatu negara akan suatu produk yang tidak tersedia di negara tersebut mendorong terjadinya ekspor impor.

3. Infrastruktur dan Transportasi

Faktor pendorong perdagangan internasional selanjutnya yaitu infrastruktur dan transportasi. Infrastruktur yang berkualitas membuat perdagangan internasional dapat berjalan lancar dan baik.

Selain itu, transportasi yang baik juga mendorong lancarnya pengiriman waktu dan juga dapat mengurangi biaya logistik sehingga perdagangan internasional bisa berhasil.

4. Kualitas Sumber Daya Manusia

Kemudian, perbedaan kualitas sumber daya manusia juga bisa menjadi faktor pendorong perdagangan internasional.

Perdagangan internasional yang sangat kompetitif, membuat kualitas sumber daya manusia juga harus ditingkatkan agar dapat bersaing dengan negara lain.

5. Pendapatan Negara

Untuk meningkatkan pendapatan negara, negara dapat memaksimalkan kegiatan ekspor dan impor agar mendorong meningkatnya pendapatan negara.

6. Kondisi Ekonomi Global

Kondisi ekonomi global sedang dalam keadaan stabil, permintaan barang dan jasa antarnegara akan meningkat. Hal ini juga menjadi faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional.

7. Perjanjian Perdagangan Bebas

Faktor pendorong perdagangan internasional selanjutnya adalah perjanjian yang dibuat antar negara untuk mengurangi hambatan saat jual-beli seperti tarif dan kuota.

Contohnya seperti perjanjian perdagangan bebas TPP (Trans Pacific Partnership) dan NAFTA (North American Free Trade Agreement).

8. Perbedaan Iklim

Perdagangan internasional juga dapat terjadi karena perbedaan iklim dari suatu negara. Perbedaan iklim di setiap negara dapat mempengaruhi kegiatan produksi.

Produksi barang yang terhambat karena iklim suatu negara membuat negara tersebut dapat melakukan impor agar mendapatkan produksi yang terhambat tersebut.

9. Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah yang baik juga dapat menjadi salah satu faktor pendorong perdagangan internasional.

10. Perbedaan Ilmu dan Teknologi

Kemudian, perbedaan pada bidang ilmu dan teknologi membuat ini menjadi salah satu faktor pendorong perdagangan internasional.

11. Perbedaan Sosial dan Budaya

Perbedaan sosial dan budaya juga menjadi faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional. Seperti bahasa, kepercayaan, dan norma, hal-hal ini membuat negara harus menyesuaikan produk dengan aspek-aspek tersebut.

12. Hubungan dan Kerjasama Politik

Salah satu faktor pendorong perdagangan internasional yaitu adalah hubungan dan kerjasama politik antara suatu negara. Dengan hubungan dan kerjasama mendorong terjadinya perdagangan internasional antara negara-negara tersebut.

13. Biaya Produksi

Kemudian biaya produksi yang juga menjadi faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional. Jika ada kendala pada biaya produksi, maka suatu negara dapat memutuskan untuk melakukan ekspor.

14. Jangkauan Target Pasar

Untuk mendorong tingkat kesuksesan perdagangan internasional, maka negara harus bisa menjangkau target pasar yang lebih luas. Dengan memproduksi barang dan jasa yang berkualitas tinggi membuat pendapatan negara akan bertambah.

15. Investasi Asing

Faktor penghambat perdagangan internasional yang terakhir adalah investasi asing. Dengan pendanaan dari asing dapat membuat suatu negara meningkatkan produksi dan kegiatan ekspor.

Demikianlah akhir dari artikel terkait perdagangan internasional. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda.

Share artikel ini ke media sosial Anda dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya