everpro

Cara Beriklan Menggunakan Instagram Ads

instagram ads

Instagram Ads -Jadikan Bisnis Anda Menarik untuk Target Pasar Anda.

Pernahkah anda berpikiran membuat iklan sendiri melalui media sosial? Ternyata melakukan promosi melalui media sosial juga sangat efektif. 

Hanya saja, jika hanya sebatas menggunakan media sosial kita tentu target pasarnya cenderung lebih beragam sehingga kurang efisien. 

Hal ini sering menjadi permasalahan umum para pebisnis pemula, mereka masih awam dengan metode periklanan. 

Padahal kini sudah banyak media sosial yang menawarkan periklanan agar bisa lebih merata pada target pasar yang tepat. 

Selain facebook ads dan youtube ads, kini ada juga media sosial yang menyediakan fitur periklanan, yaitu instagram ads.

Di lansir dari situs semesta akademik, pengguna media sosial Instagram pada tahun 2018 saja mencapai 60 juta pengguna dan menempatkan Indonesia sebagai pengguna Instagram terbanyak ke 4 di dunia. 

Karena jumlah yang fantastis ini munculah fitur periklanan Instagram ads, apalagi Indonesia juga punya banyak pebisnis online. Tentunya akan lebih efektif bukan? 

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara beriklan menggunakan Instagram Ads? Pastinya anda bisa tahu caranya melalui artikel ini. Maka dari itu simak sampai habis! 

Pengertian Instagram Ads 

apa itu Instagram Ads
Sumber : Pexels.com

Instagram ads adalah sebuah platform iklan di media sosial. Kehadiran dari fitur baru ini maka iklan yang kita buat bisa mendarat pada target-target pasar yang tepat. Sehingga kemungkinan produk anda bisa lebih cepat laku. 

Kelebihan dari fitur Instagram ads adalah anda bisa membuat iklan feed dan Instagram stories. Maka tampilan dari produk-produk anda bisa jauh tertata rapi dan cantik. 

Produk instagram di akuisisi oleh Facebook pada tahun 2021. Lantas itu baik Instagram maupun Facebook ads mempunyai tahapan yang hampir serupa dalam membuat iklan. 

Namun untuk memulai beriklan di Instagram Ads anda harus membuat halaman facebook terlebih dahulu. 

Keuntungan Instagram Ads 

Instagram ads
Sumber : Pexels.com

1. Indonesia adalah Pengguna Instagram Terbanyak Ke 4 di Dunia. 

Seperti yang sudah di bahas sebelumnya. Instagram adalah media sosial paling banyak di gunakan di Indonesia saat ini. Oleh karena itu potensi pasar di sini akan besar dan lebih cepat mendapat untung. 

Terutama pengguna terbanyak instagram adalah generasi muda mulai 18 tahun hingga 34 tahun. Tidak heran Instagram Ads akan jauh lebih efektif di banding media iklan lainnya. 

2. Tertata Cantik dan Penyajian Produk yang Lebih Menarik 

Biasanya orang-orang di Instagram akan selalu menampilkan fotonya yang terbaik bukan?  Supaya terlihat lebih rapi dan enak di pandang. 

Sehingga instagram ads juga sama yaitu akan menapilkan foto-foto produk anda serapi dan secantik mungkin. Hal ini akan meningkatkan daya tarik pelanggan pada produk anda. 

3. Peluang Produk Dilirik Lebih Besar. 

Di lansir juga dari accurate.id sebanyak 45% pengguna di Indonesia cenderung tertarik melakukan pembelian produk setelah melihat berbagai produk di media sosial, termasuk Instagram. 

Di tambah lagi kehadiran fitur instagram ads bisa kita tentukan sendiri target pasar yang sesuai mulai dari umur, kegemaran, gender hingga domisili. Sehingga promosi bisa lebih merata dan lebih cepat. 

Cara Menggunakan Instagram Ads

Instagram ads
Sumber: Pexels,com

1. Masuk Ke Manager Facebook Ads Manager 

Langkah pertama untuk menggunakan Instagram Ads adalah dengan masuk ke laman Facebook Ads terlebih dahulu. Tentunya dengan akun facebook yang sudah terintegrasi dengan Instagram. 

2. Klik Pembuatan Iklan Terpadu

Selanjutnya anda klik pembuatan iklan terpadu. Di bagian ini anda akan di minta untuk memilih iklan yang sudah di sediakan oleh Facebook . 

Pilihannya ada dua yaitu “Pembuatan iklan terpadu” dan “pembuatan iklan cepat”. Namun agar dapat menjangkau target pasar yang lebih luas, utamakan pilih “iklan terpadu” agar iklan anda terlihat lebih spesifik. 

3. Tentukan Tujuan Iklan 

Tahap ketiga adalah menentukan jumlah iklan yang anda tuju. Ada tiga pilihan yaitu “pertimbangan”, “kesadaran” dan “konversi”. 

Jika anda memilih “pertimbangan” maka anda bisa meningkatkan jumlah kunjungan ke website anda atau banyak pengguna aplikasi anda. 

Pilihan ini bisa jadi tepat jika anda memang ingin mendapat interaksi kiriman, like halaman dan tanggapan pada postingan yang anda publish. 

Lalu jika anda pilih “kesadaran” di Instagram Ads, maka ini akan meningkatkan brand awareness dan menjangkau orang-orang yang tertarik dengan usaha anda. 

Pada pilihan ini juga akan menampilkan iklan anda di jumlah maksimal dari orang yang sesuai dengan anggaran anda. 

Dan yang terakhir jika anda memilih konversi maka ini akan meningkatkan jumlah orang yang berbelanja dengan melakukan pembelian produk pada website anda. 

Pilihan konversi akan sangat terasa dampaknya apabila jika anda memang memiliki toko offline. Tentunya bisa meningkatkan pelanggan mengunjungi toko anda. 

4. Pilih Jenis Iklan

Facebook menyediakan dua jenis iklan yaitu uji split dan pengoptimalan anggaran. Pilihan ini hanya bisa memilih satu saha dan tidak menggunakan keduanya bersamaan. 

Untuk jenis Uji split anda akan di minta membuat konten yang miripyang kemudian keduanya akan di bandingkan berdasarkan paling menarik. 

Hanya saja pilihan ini membutuhkan dana yang cukup besar. Namun jenis iklan ini cocok untuk pemula. 

Pada pengoptimalan iklan, anda bisa bebas tentukan anggaran iklan anda di facebook Ads. 

5. Tulis Nama Iklan dan Tujuan Trafik 

Everpro
Sumber : Niagahoster.com

Setelahnya anda akan di minta menulis iklan dan anda juga bisa cek iklan-iklan di Instagram Ads. 

Selanjutnya anda bisa pilih tujuan trafik yang ingin anda arahkan, baik itu ke website, aplikasi, messenger atau WhatssApp. 

6. Tampilan Promo 

Everpro
Sumber : Niagahoster.com

Pilihan ini sebenarnya opsional untuk Instagram Ads. jika anda memang sedang menyelenggarakan promo anda bisa centang pilihan promo untuk menampilkan promo. 

7. Tentukan Target Pasar

Everpro
Sumber : Niagahoster.com

Seperti yang sudah di bahas, bahwa instagram ads memang bisa menentukan sendiri target pasar anda. Maka pililah target pasar yang sesuai dengan kegemaran orang-orang pada produk anda. 

8. Tentukan Penempatan 

Everpro
Sumber : Niagahoster.com

Pada bagian ini tergantung kebutuhan anda. Apabila anda memang ingin mengiklankan langsung di berbagai kanal maka bisa pilih “penempatan otomatis”. 

Namun jika anda hanya ingin mengiklankan di instagram saja, maka anda bisa pilih “edit penempatan” lalu pilih “instagram” saja. 

Everpro
Sumber : Niagahoster.com

9. Tentukan Jadwal

Everpro
Sumber : Niagahoster.com

Kelebihan lainnya di Instagram ads anda bisa pilih jadwal tayangnya. Maka tentukan tanggal mulai hingga berakhirnya iklan anda. 

10.  Hubungkan dengan Akun Instagram

Everpro
Sumber : Niagahoster.com

Langkah ini anda wajib hubungkan akun instagram anda dengan halaman facebook anda. Akan lebih baik jika anda punya akun tersendiri untuk bisnis. Baik instagram maupun facebook. 

11. Pilih Tampilan Iklan. 

Everpro
Sumber : Niagahoster.com

Dari sini anda bisa tentukan mau jenis format iklan apa saja yang sesuai. 

12. Buat Teks

Selanjutnya untuk membuat Instagram ads adalah membuat deskripsi iklan anda. Buatlah deskripsi yang singkat, padat dan jelas namun menarik agar target pasar anda tahu tujuan iklan anda ini. 

13. Pilih Gambar, Tulis Judul dan Masukan Tautan

Selanjutnya anda akan di minta untuk menulis judul dan gambar produk anda. Pilihlah gambar produk yang menarik agar semakin menambah daya tarik pada konsumen. 

14. Lakukan Pembayaran 

Everpro
Sumber : Niagahoster.com

Setelah melewati rangkaian proses, kini anda di minta untuk membayar Instagram Ads anda. Pembayaran bisa di lakukan secara kredit atau debit. 

Lalu anda bisa melihat review jenis iklan anda begitu selesai membayarnya. 

Demikianlah artikel mengenai Instagram Ads, semoga bermanfaat. Sebarkan artikel ini juga agar semakin bermanfaat. 

Nantikan dan jangan lewatkan artikel informatif lainnya terkait istilah digital marketing hanya di Everpro!

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?