everpro

Mengenal ETD dalam Kegiatan Logistik, Ini Penjelasannya!

Sedang mencari penjelasan ETD adalah apa? Tidak perlu bingung, karena artikel ini akan membahas tentang ETD. Simak selengkapnya disini!

Berbicara tentang dunia logistik tentu banyak istilah-istilah yang muncul. Istilah ini menggambarkan kondisi, situasi, atau proses dari suatu kegiatan.

Banyak dari istilah tersebut yang berbentuk singkatan dan dalam bahasa asing. Salah satu contohnya adalah ETD. 

Apabila anda berkecimpung di dunia pengiriman atau sering menggunakan jasa kirim, mungkin tidak asing lagi dengan kata ini. Jadi apa kepanjangan dan makna dari kata ETD?

Baca artikel ini sampai tuntas untuk mendapatkan penjelasannya.

Apa Itu ETD?

etd
Sumber: google.com

Melansir dari situs resmi Dictionary, ETD adalah singkatan dari kata Estimated Time of Departure. Berdasarkan terjemahan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, maka artinya adalah perkiraan waktu keberangkatan.

Selain dalam istilah pengiriman, kata ini juga terdapat dalam istilah penerbangan. Dalam penerbangan estimated time of departure memiliki arti perkiraan waktu keberangkatan pesawat.

Memang banyak sekali istilah yang menggunakan bahasa asing, salah satunya Bahasa Inggris. Maka anda perlu mengembangkan pengetahuan Bahasa Inggris, agar lebih mudah memahami istilah tersebut.

Baca juga: Penjelasan Est Beserta Contohnya, Simak Disini!

Dalam Istilah Pengiriman ETD Adalah?

etd
Sumber: pexels.com

Tak hanya dalam penerbangan, istilah estimated time of departure juga erat kaitannya dengan kegiatan pengiriman. Arti dari estimated time of departure menandakan perkiraan atau prediksi waktu berangkatnya suatu pengiriman barang. 

Mengutip dari Shiphub, dalam kondisi pengiriman, ETD adalah informasi mengenai hari kurir pengiriman meninggalkan pelabuhan atau bandara. Berkat hal ini, agen pengirim yang mengumpulkan paket ataupun pelanggan dapat melacak status paket.

Penerapan istilah ini biasanya berupa waktu yang menentukan berangkatnya suatu pengiriman, berupa tanggal. Semua hal yang berkaitan dengan pengiriman pasti akan menggunakan istilah ini.

Tujuan dari estimated time of departure adalah memperkirakan kapan barang mulai dikirim, dengan begitu pihak terkait bisa menyusun atau membuat keputusan selanjutnya terkait informasi ini.

Misalnya, suatu perusahaan yang memesan bahan baku kain dari vendor untuk memproduksi sepatu. Perusahaan akan meminta vendor untuk memberi ETD dari barang pesanannya.

Setelah vendor memberikan perkiraan waktu berangkat pesanan tersebut, maka perusahaan juga bisa mengestmasi kapan bahan baku tersebut bisa digunakan untuk proses pembuatan sepatu hingga selesai.

Baca juga: Arti End Pada Terjemahan Bahasa Indonesia

Arti Departure dan Arrival

departure dan arrival
Sumber: google.com

Arti Departure adalah keberangkatan, sedangkan arrival memiliki arti kedatangan. Kedua hal ini saling berkaitan dengan istilah estimasi.

Keberangkatan adalah hal-hal yang berhubungan dengan kepergian, mulai dari waktu, surat-surat yang diperlukan, hingga sarananya. Kedatangan menurut KBBI memiliki arti tiba di tempat yang dituju, dan merupakan segala perihal tentang ketibaan.

Istilah departure dan arrival juga sering digunakan dalam istilah penerbangan. Departure menandakan waktu dan tempat keberangkatan, sedangkan arrival menandakan waktu dan tempat kedatangan atau ketibaan.

Kata departure dan arrival dalam dunia transportasi ini sering menjadi singkatan ETA dan ETD.

Adapun kepanjangan ETA dan ETD melansir dari laman Shiphub adalah Estimated/Expected Time of Arrival dan Estimated/Expected Time of Departure.

Perbedaan ETD ETA

etd
Sumber: google.com

Salah satu yang berkaitan erat dengan estimated time of departure adalah ETA. ETA adalah singkatan dari Estimated Time of Arrival.

Berbeda dengan estimated time of departure, ETA memiliki arti perkiraan waktu kedatangan. Dalam pengiriman maksudnya perkiraan kapan barang sampai ke lokasi tujuan.

Jadi perbedaan antara ETD dan ETA adalah waktu perkiraannya. Estimated time of departure berfokus pada waktu keberangkatan. Sedangkan ETA menekankan pada waktu tiba atau kedatangan.

Demikian penjelasan dari istilah ETD yang sangat erat kaitannya dengan dunia logistik, khususnya pengiriman.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Simak artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya