everpro

Ini Cara Menghitung Harga Layanan Packing Kayu JNE, Terjangkau!

Berapa harga dan biaya packing kayu dari ekspedisi JNE? Simak artikel ini untuk mengetahui informasi seputar harga dan biaya kayu JNE!

Dalam pengiriman barang, proteksi dan keamanan barang yang dikirim merupakan salah satu faktor yang harus diutamakan. Oleh sebab itu, banyak orang yang melakukan packing se-aman mungkin agar hal tersebut dapat terwujud.

Salah packing yang aman dan terbukti dapat menjaga barang dengan baik adalah packing menggunakan kayu. Dengan packing kayu, paket yang terkirim dapat terproteksi dengan baik dari benturan dan juga goresan saat proses pengiriman.

Namun, ada hal yang harus dibayarkan jika kamu memutuskan untuk menggunakan packing kayu untuk paket yang hendak kamu kirim. Umumnya harga dan biaya packing kayu ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan packing biasa dari kardus, plastik dan bubble wrap.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas harga dan biaya packing kayu untuk jasa ekspedisi JNE. Mengapa JNE karena jasa ekspedisi ini merupakan salah satu yang populer di Indonesia.

So, daripada berlama-lama lagi yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Cara Packing Kaca Agar Tidak Pecah Saat Pengiriman

Mengapa Harus Packing Kayu?

harga packing kayu jne
Sumber: google.com

Seperti yang sudah kami singgung di atas, menggunakan packing kayu merupakan hal yang harus kamu lakukan jika ingin keamanan ekstra pada saat proses pengiriman. 

Packing kayu biasanya berguna untuk mengirim barang-barang yang mudah pecah belah, barang elektronik seperti hp dan laptop, dan barang berharga lainnya.

 Menggunakan packing kayu ini membuat barang yang kamu kirim terjaga keamanannya meskipun saat pengiriman ditumpuk, berbenturan, dan tergores. Jadi jika kamu menginginkan keamanan ekstra yang terjamin tidak ada salahnya menggunakan packing kayu.

Ketentuan Packing Kayu JNE dan J&T

harga packing kayu jne
Sumber: google.com

Sebelum kamu memutuskan untuk mengirim paket menggunakan packing kayu melalui JNE atau jasa ekspedisi lain seperti J&T, ada beberapa ketentuan yang berlaku agar layanan packing kayu dapat kamu maksimalkan.

  • Memastikan Barang Masuk Kategori Layanan

Ternyata tidak semua jenis barang dapat menggunakan packing kayu. Jadi pastikan barang yang hendak kamu kirim dapat menggunakan layanan packing kayu dari JNE.

  • Siap untuk Membayar Biaya Lebih 

Layanan packing kayu biasanya lebih mahal dari packing biasa. Oleh sebab itu, kamu harus menyiapkan biaya lebih untuk menggunakan layanan ini.

  • Memastikan Barang Sudah Terkemas dengan Rapi

Sebelum menggunakan layanan packing kayu, kamu harus memastikan dengan baik jika barang sudah terkemas dengan baik dan rapi. Kalo ingin lebih aman lagi, kamu bisa menggunakan bubble wrap untuk membungkusnya.

  • Memberikan Informasi Detail terkait Pengirim dan Penerima

Pihak cargo akan lebih mudah untuk mengirimkan barang, membantu kurir untuk lebih mengantarkan ke alamat tujuan serta perhitungan biaya layanan yang harus kamu bayarkan.

  • Memastikan Ukuran Packing Tepat

Packing kayu memang terjamin keamanannya, tapi apabila packing kayu tidak memiliki ukuran yang sesuai dengan barang yang dikirim seperti menyisakan ruang kosong hal ini dapat berujung kepada kerusakan barang.

  • Memiliki Label Khusus di Bagian Luar Barang

Karena barang yang biasanya dikirim menggunakan packing kayu barang berharga dan mudah rusak, maka sebaiknya diberikan 

  • Menggunakan Asuransi

Meskipun packing kayu merupakan bahan yang paling aman untuk kirim barang, bukan berarti kamu percaya penuh barang akan aman. Karena resiko dapat terjadi, oleh sebab itu menggunakan asuransi merupakan pilihan yang bijak.

Baca juga: Pasti Aman! Cara Packing Barang Pecah Belah selama Ramadhan 2024

Berapa Harga Jasa Packing Kayu JNE?

harga packing kayu jne
Sumber: google.com

JNE mematok harga yang cukup terjangkau untuk layanan jasa packing kayunya. Namun, tahukah kamu sebenarnya sebagai pengirim, kita dapat melakukan perhitungan sendiri, lho.

Perhitungan ini memiliki persamaan dengan jasa ekspedisi atau cargo lainnya. Tapi sebelum melakukan perhitungan, kamu harus mengetahui terlebih dahulu harga ongkos kirim dari JNE.

  • Berat 1 – 2 kg: Rp. 8.500
  • Berat 3 – 4 kg: Rp. 11.000
  • Berat 5 kg: Rp. 19.000
  • Berat 6 – 10 kg: Rp. 32.500
  • Berat 11 – 15 kg: Rp. 42.000
  • Berat 16 – 20 kg: Rp. 51.500
  • Berat 21 – 25 kg: Rp. 59.000

Perhitungannya menggunakan rumus : {(Panjang x Lebar x Tinggi):6000} x 1 kg x ongkos kirim/kg. Contoh perhitungannya seperti ini:

Contoh Cara Menghitung Biaya Packing Kayu

Barang berukuran panjang 50 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 10 cm. Biayanya adalah berat volume barang yaitu (50 x 30 x 10):6000 = 2.5 (berat volumetrik).

Berat volumetrik x berat barang = 2,5 x 1 = 2,5 kg. Maka ongkos kirimnya adalah Rp. 8.500 dan biaya dan harga packing kayu yang harus kamu bayar adalah 2,5 x Rp. 8.500 = Rp. 21.250

Apakah Packing Kayu Dihitung Berat?

Melansir dari Tokopedia, packing kayu dihitung beserta kemasannya (termasuk packing kayu). Oleh karena itu, penting untuk menulis berat produk beserta kemasannya agar tidak ada selisih ongkos kirim.

Bagaimana Jika Barang Rusak Meskipun Menggunakan Packing Kayu JNE?

Kamu dapat mengajukan klaim asuransi jika barang yang kamu kirim rusak meskipun sudah menggunakan packing kayu. Kamu dapat membawa beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti nomor resi, bukti resi asuransi, mengisi surat klaim, invoice pembelian dari barang tersebut.

Nah, agar kerusakan tidak terjadi selain menggunakan packing kayu, kamu juga harus memilih jasa ekspedisi yang tepat dan profesional. Karena dengan jasa ekspedisi yang profesional hal-hal semacam ini dapat diminimalisir.

Salah satu pilihan untuk kirim barang yang terjamin aman dan harga yang terjangkau adalah Everpro Shipping. Layanan pengiriman COD & Non-COD dengan fitur melimpah dari Everpro.

Apa saja fitur unggulan dari Everpro Shipping? berikut daftar lengkapnya!

Benefit Everpro Shipping

  • Kirim paket murah dengan Cashback hingga 35%
  • Gratis biaya retur paket
  • 15+ pilihan ekspedisi favorit ke seluruh Indonesia, bebas pilih!
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja)
  • Bebas tentukan jadwal dan lokasi penjemputan
  • Mendapat laporan aktivitas penjualan
  • Menyediakan fitur courier scoring, buyer scoring, WA checker

Yuk, mudahkan aktivitas pengiriman produk dan perluas jangkauan bisnis Anda dengan mendaftar ke layanan Everpro Shipping sekarang!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan