Promosi adalah kunci sukses dalam menggerakkan roda penjualan dan memikat perhatian pelanggan. Pemilik bisnis bijak memahami pentingnya menghadirkan promosi yang tepat pada waktu yang strategis.
Daftar Isi:
ToggleApa itu Promo
Promo adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan, membujuk, dan mempengaruhi calon konsumen agar tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.
Promosi dapat dilakukan melalui berbagai macam media offline maupun online seperti iklan, promosi penjualan, publisitas, dan hubungan masyarakat.
Fungsi Promo untuk Penjualan
Meningkatkan Brand Awareness
Promosi dapat membantu calon konsumen untuk mengenal merek dan produk atau jasa yang ditawarkan.
Menciptakan permintaan (demand)
Promosi dapat mendorong calon konsumen untuk tertarik dan ingin membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Meningkatkan penjualan
Promosi dapat membantu meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan.
Mempertahankan pelanggan (customer retention)
Promosi dapat membantu mempertahankan pelanggan yang sudah ada agar tetap loyal terhadap merek dan produk atau jasa yang ditawarkan.
15 Contoh Promo Bisnis
Berikut adalah 15 ide promosi yang tidak hanya menarik, tetapi juga mampu meningkatkan penjualan dengan karakteristik dan manfaat uniknya.
1. Promo Diskon atau Cashback
Diskon adalah promo yang paling umum gunanya untuk adalah menarik pembeli. Tawarkan potongan harga menarik untuk produk tertentu atau pembelian dengan jumlah tertentu.
Sedangkan cashback adalah pengembalian dana setelah melakukan pengembalian, keduanya hampir sama hanya saya bentuk komunikasinya yang berbeda.
Saat ini diskon memiliki banyak bentuknya yaitu bisa berupa Flash Sale yang biasanya ada pada marketplace. Karakteristiknya diskon itu bisa digunakan dalam berbagai bidang usaha sederhana, langsung, dan mudah dipahami customer.
2. Kode atau Voucher Promo
Beri pelanggan kode atau voucher khusus untuk mendapatkan diskon tambahan.
Biasanya promo ini disebarkan lewat email marketing untuk beberapa device dan customer tertentu yang akan mendapatkan kode atau voucher id yang bisa digunakan.
Fungsinya untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan membangun eksklusivitas.
3. Happy Hour Online
Promo ini sering disebut juga Harbola yaitu penawaran promosi dengan menentukan jam atau tanggal kembar “Happy Hour” dengan penawaran istimewa.
Contohnya adalah promo vouche belanja 11.11, atau 12.12 pokoknya gunakanlah angka-angka cantik bisa untuk membuat promosi. Promo ini bisanya banyak berseliweran di marketplace dan e-commerce.
Karakteristiknya waktu terbatas dan fungsinya untuk menciptakan urgensi, dan meningkatkan trafik pada periode tertentu.
4. Free Trial
Promo ini cocok untuk produk aplikasi ataupun beberapa produk yang mengharuskan customer mendaftar terlebih dahulu untuk bisa menggunakan produk tersebut.
Cara ini untuk mengistimewakan pelanggan baru dengan memberikan periode percobaan gratis. Fungsinya yaitu memperkenalkan produk, mengurangi risiko, dan meningkatkan peluang conversion dan juga meningkat penggunaan jumlah users.
5. Promo Sosial Media Giveaway
Jika Anda memiliki akun sosial media bisnis dan sedang mengalami penurunan secara engagement rate, bisa gunakan promo ini.
Adakan kontes di media sosial dengan aturan tertentu seperti komen dan ajak minimal 3 teman. Selain itu juga bisa mengajak untuk memposting sesuatu di akun sosial media pribadi dengan brief yang telah disesuaikan dan bahkan bisa mengajak untuk melakukan pembelian.
Fungsinya untuk meningkatkan eksposur merek, menjangkau audiens lebih luas dan membangun keterlibatan sosial.
6. Promo Buy 1 Get 1
Promo klasik yang tetap efektif yang sering ada yaitu beli satu produk, dapatkan yang lain gratis. Biasanya sering ada dalam bisnis usaha F&B, fashion, perlengkapan dan kebutuhan rumah tangga.
Fungsinya untuk meningkatkan volume penjualan dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan.
7. Paket Bundling
Berikutnya adalah promo gabungkan beberapa produk dengan harga spesial sebagai paket hemat. Fungsinya untuk meningkatkan nilai transaksi dan menghilangkan stok yang lambat terjual.
8. Free Gift
Promo dengan tawarkan hadiah gratis dengan pembelian tertentu juga bisa digunakan . Fungsinya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memacu pembelian impulsif.
9. Program Royalty atau Membership
Sesuai dengan namanya program royalty maka fungsi utamanya untuk membangun loyalitas pelanggan terhadap produk Anda.
Selain itu juga berdampak pada pembelian berulang karena customer termotivasi untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya.
Program ini bisa dilakukan semisal dengan pembuatan kartu yang nantinya memberikan poin atau diskon khusus untuk pelanggan setia yang bisa ditukarkan.
Data para customer yang sudah terdaftar juga bisa digunakan untuk bentuk promosi lain seperti email marketing.
10. Promo Khusus Hari-Hari Tertentu
Dalam satu tahun ada banyak hari nasional atau perayaan tertentu yang tentunya akan sudah diingat oleh masyarakat.
Indonesia sendiri sebagai negara dengan sebagian masyarakatnya yang multikultural makan ada banyak hari perayaan seperti hari raya idul fitri, hari kemerdekaan, imlek dan natal.
Hal ini bisa jadi peluang untuk melakukan promosi, caranya dengan menawarkan diskon atau paket spesial untuk hari-hari tertentu dalam jangka waktu tertentu contohnya Diskon Promo Ramadhan yang hanya berlamu 30 hari selama bulan ramadhan saja.
Fungsinya meningkatkan penjualan pada hari-hari sepi dan juga meningkatkan eksposur.
11. Gratis Ongkir
Saat ini ada banyak sekali proses transaksi yang terjadi secara online, dampaknya memerlukan proses pengiriman ataupun pengantaran, yang nantinya memerlukan biaya tambahan, dan terkadang bisa jadi pertimbangan pula ketika customer untuk membeli produk tersebut.
Maka memberi promo dengan gratis ongkir untuk pesanan di atas batas tertentu bisa jadi jalan untuk meningkatkan penjualan. Atau bisa juga dengan memberikan potongan harga untuk biaya pengiriman sebelumnya dengan klaim voucher yang stoknya terbatas.
Fungsi promo ini untuk menarik pelanggan yang sensitif terhadap ongkos kirim.
12. Program Referral atau Early Bird
Promo program referral biasanya berupa ajak pelanggan merujuk teman dengan imbalan diskon atau produk gratis. Sedangkan untuk early bird biasanya untuk mengisi sebuah kuota yang sudah ada agar bisa melakukan tindakan bisnis selanjutnya.
Kedua promo ini hanya bisa diterapkan pada saat awal-awal saja karena untuk menarik urgensi customer dengan berbagai imbalan penawaran terbaik agar segera mendaftar atau melakukan transaksi. Fungsinya memanfaatkan jaringan pelanggan dan membuka peluang baru.
13. Klaim Garansi
Promosi ini umumnya untuk produk elektronik, dengan menawarkan garansi perbaikan atau pengembalian uang untuk membangun kepercayaan pelanggan bahwa kualitas perangkat tersebut memang bagus.
Semakin lama masa garansinya maka perusahaan bisa mengklaim bahwa kualitas produk bagus dan tidak mudah cepat rusak, biasanya masa garansi yang berlaku itu kompetitifnya itu minimalnya 1,5 sampai 2 tahun pemakaian.
Fungsinya untuk menghilangkan rasa takut pelanggan dan meningkatkan kepuasan.
14. Black Friday
Promo satu ini jarang bahkan mungkin tidak ada di Indonesia, tapi wajib Anda tahu juga bahwa di luar negeri ada yang namanya fenomena black friday dengan penawaran spesial.
Pada hari promo ini berlaku merupakan hari belanja besar-besaran masyarakat sana. Maka tidak jarang jika Anda pernah menggunakan layanan atau aplikasi dari luar negeri sering mendapatkan email marketing promo ini.
Fungsi utamanya tentu saja memanfaatkan tren belanja musiman dan menciptakan euforia belanja.
15. Promo Reseller dan Dropshipper
Setelah tadi ada promo harga teman, maka promo ini ada untuk membuka kesempatan bagi reseller dan dropshipper yang bergabung akan mendapatkan potongan harga khusus. Fungsinya untuk memperluas jangkauan distribusi dan meningkatkan penjualan grosir.
Pilihlah promo yang sesuai dengan karakter bisnis Anda dan lakukan dengan timing yang tepat.
Dengan memanfaatkan ide-ide promo ini, Anda dapat menghadirkan dorongan signifikan pada penjualan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.