everpro

Cari Tahu Indikator Kepuasan Pelanggan, Bikin Usaha Semakin Laris!

Di dunia usaha, hal yang paling penting selain mendapatkan laba yang besar, mengetahui indikator kepuasan pelanggan pun juga sangat penting dan harus di perhatikan. Karena kepuasan pelanggan akan mempengaruhi kondisi usaha kedepannya. Untuk mendapatkan kepuasan pelanggan pun tak bisa di proses dengan instan. Yuk simak informasi selanjutnya disini.

Baca juga: Bisa Hitung Mandiri Nih! Inilah Cara Menghitung Bunga Pinjaman 

Apa itu Indikator Kepuasan Pelanggan?

Everpro

Indikator untuk mengukur kepuasan pelanggan, menurut Indrasari (2019:92), adalah:

  • Kesesuaian harapan, yaitu kepuasan tidak diukur secara langsung tetapi disimpulkan berdasarkan kesesuaian atau ketidaksesuaian antara harapan
    pelanggan dengan kinerja perusahaan yang sebenarnya.
  • Minat berkunjung kembali, yaitu kepuasan pelanggan diukur dengan menanyakan apakah pelanggan ingin membeli atau menggunakan kembali jasa
    perusahaan.
  • Kesediaan merekomendasikan, yaitu kepuasan pelanggan diukur dengan menanyakan apakah pelanggan akan merekomendasikan produk atau jasa
    tersebut kepada orang lain seperti, keluarga, teman, dan lainnya

Tips menjadi Pengusaha Sukses yang Punya Pelanggan Banyak

Untuk menjadi pengusaha yang sukses, kamu harus memiliki beberapa ciri-ciri wirausaha yang berhasil ini, antara lain:

Semangat Belajar

Tak ada satu pun aktivitas di dunia mana pun yang tanpa di dasari oleh ilmu. Pastinya semuanya pun akan berjalan sesuai dengan kebutuhan, misal ingin menjadi pengusaha sukses, maka banyak-banyaklah mencari kisah inspiratif, atau belajar secara lansgung kepada para pengusaha lainnya.

Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Jiwa kepemimpinan ini sangat penting, dimana seorang pengusaha harus mampu:

  • Mengarahkan para karyawan untuk  bisa melaksanakan jobjdesk dengan baik.
  • Mampu menganalisis tingkat perkembangan perusahaan
  • Mampu mengambil keputusan dengan tepat sasaran
  • Bisa menjadi contoh yang baik untuk karyawannya
  • Mampu menentukan maua yang terbaik untuk perusahaan dan mana yang bukan.

Selalu Optimis

Sikap ini harus senantiasa di pelihara. Karena dengan optimislah kita bisa berbuat baik dan tetap punya harapan positif untuk masa depan usahanya.

Berkeyakinan Tinggi

Hal utama yang harus diyakini adalah bahwa Allah SWT senantiasa memebrikan pertolongan pada setiap usaha kita.

Berani Mengambil Risiko

Bukan lagi disebut pengusaha jika dirinya tidak mampu untuk mengambil resiko dalam menjalankan usaha. Jatuh bangun atau bangkut dan kaya sudah menjadi hal lumrah bagi pengusaha, karena memang itukah resiko yang akan di hadapi.

Memiliki Pikiran Positif

Dengan berpikiran positif maka akan membantu pengusaha untuk memiliki hati yang tenang, tidak cemas dan juga tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan.

Siap Mental dan Fisik

Tak ada satupun di kehidupan ini yang tidak melelahkan, apalagi menjadi pengusaha yang begitu terasa aktivitasnnya. Untuk itu pengusaha harus mampu menguatkan mental dan kesehatan fisiknya dengan cara menyiapkan diri dengan berbagai cara, mungkin dengan memperbanyak ilmu, memperbanyak relasi dan juga menjaga kesehatan fisiknya.

Selalu Bersemangat

Hadapi segala sesuatu dengan semangat, karena akan berpengaruh terhadap suasana lingkungan kerja. Sehingga akan membangun kerjasama yang baik.

Rasa Ingin Tahu yang Besar

Kepo, tidak masalah untuk di lakukan, asalkan memiliki tujuan yang jelas dan juga memiliki dampak yang positif, seperti perhatian dan mensejahterakan karyawan atau mencari tahu cara untuk mengembangkan usaha.

Baca juga: Inilah 5 Cara Melacak No HP Penipu dengan Mudah dan Tepat! 

Bagaimana Cara Menjadi Wirausahawan yang Sukses?

Everpro

Menjadi wirausahawan yang sukses memang rasanya agak sulit karena tidak ada rumus pastinya. Namun, kamu dapat memiliki kemungkinan yang lebih baik jika mengikuti beberapa cara di bawah ini:

Melakukan Riset

Ada berbagai penelitian atau analisis yang harus dilakukan untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Oleh karena itu, cara pertama yang harus kamu lakukan adalah menjalankan riset, baik itu tentang pasar, kompetitor, produk, dan lain sebagainya.

Riset yang dilakukan harus relevan dengan jenis bisnis yang dijalankan. Dengan cara ini juga, kamu dapat mulai mencari tahu jenis produk apa yang dibutuhkan oleh orang-orang dan bagaimana cara menjualnya.

Membuat Rencana Bisnis

Setelah melakukan riset, maka kamu perlu membuat rencana bisnis dari data-data yang telah ditemukan. Rencana bisnis ini mencakup perencanaan keuangan, konsep bisnis, sumber daya yang diperlukan, dan masih banyak lagi. Perencanaan bisnis yang matang akan membuat kemungkinan kamu menjadi seorang wirausahawan yang sukses lebih besar.

Menyiapkan Modal Usaha

Setelah rencana bisnis disiapkan, selanjutnya kamu dapat menyiapkan modal usaha untuk memulai langkah menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Tanpa adanya modal, sebagus dan sematang apapun rencana bisnis yang sudah dibuat, bisnis tersebut tidak akan bisa dijalankan.

Demikian pembahasan kali ini mengenai indikator kepuasan pelanggan. Kini kamu bisa mencari produk termurah dari supplier tangan pertama di Everpro Product Sourcing! Banyak loh berbagai kemudahan yang bisa di ambil,

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Kirim Kendaraan

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Mobil

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Motor

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Kirim Minuman

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim minuman di Everpro.id. Temukan beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim minuman