Mengenal JNT: Sejarah Singkat dan Keistimewaan Layanannya

jnt

Sudah kenal jasa pengiriman yang identik dengan warna merah? Itu adalah Logo JNT. Agar tidak tertukar dengan brand lain, simak artikel mengenai JNT selengkapnya.

Semakin bergesernya aktivitas masyarakat dari yang dahulu tradisional dan sekarang semakin terdigitalisasi, membuat angka belanja online kian meningkat. Dengan begitu, kebutuhan jasa pengiriman tentu semakin tinggi juga.

Hadirnya jasa pengiriman membantu proses pendistribusian pesanan kepada konsumen. Hal ini juga dapat mempengaruhi kinerja bisnis terutama usaha online yang bisa menjangkau pasar lebih luas.

JNT menjadi salah satu jasa ekspedisi unggulan, yang telah bekerja sama menjadi mitra pengiriman. Layanannya sudah menjadi pilihan pengiriman di setiap marketplace.

Terkadang orang masih tertukar dengan jasa pengiriman pendahulu yang serupa dengan JNT. Untuk lebih mengenal perbedaannya simak artikel berikut ini sampai tuntas ya!

JNT Adalah?

jnt
Sumber: google.com

JNT adalah perusahaan logistik yang menyediakan jasa pengiriman di Indonesia. Perusahaan ini sudah resmi berdiri sejak 20 Agustus 2015, dan berkantor pusat di Jakarta (sumber: Wikipedia).

Founder sekaligus CEO pertama JNT, yaitu Jet Lee sebelum mendirikan perusahaan ini telah membangun jaringan Oppo Indonesia selama tiga tahun. Sehingga saat jasa ekspedisi ini mulai beroperasi, telah memiliki informasi mengenai jalur-jalur distribusi di Indonesia.

Tokoh berpengaruh lainnya adalah Robin Lo yang menjadi tangan kanan sang CEO. Beliau berperan sebagai Managing Director dan berkat strateginya, perusahaan ini telah berekspansi secara luas dan dikenal banyak masyarakat dalam waktu singkat.

Sejak perusahaan ini mulai beroperasi, mereka telah memiliki sebanyak 1.025 cabang, 10.000 kurir yang disebut Sprinter, dan 1.000 unit moda transportasi mobil di seluruh Indonesia.

Everpro

Salah satu pencapaiannya adalah JNT mendapatkan penghargaan Top Brand Award di tahun 2018. Dalam waktu singkat, tepatnya 3 tahun perusahaan ini telah menunjukkan kinerja yang luar biasa di pasar Indonesia. 

Bukan hanya cepat dikenal oleh masyarakat, perusahaan ini menjadi salah satu jasa ekspedisi unggulan untuk memenuhi kebutuhan pengiriman. Tak heran, perusahaan ini juga menjadi penantang serius bagi perusahaan logistik lain bahkan bagi pelopor jasa kirim serupa.

Baca juga: Bagi Pemula, Begini Cara Kirim Paket JNT Termudah

Mengenal Logo JNT

jnt
Sumber: google.com

Seperti yang kita ketahui Logo JNT berwarna merah, baik sebagai warna dasar atau warna tulisan ketika dasarnya berwarna putih. Logo yang identik dengan warna merah ini memiliki pengertian tersendiri, apakah anda sudah tahu?

Logo JNT memiliki huruf J dan T yang merupakan singkatan dari Jet (cepat) dan Technology (Teknologi). Jet & Technology ini melambangkan kecepatan pengiriman dengan dukungan teknologi sebagai basis sistemnya.

Sedangkan warna merah di logonya, secara psikologi memiliki makna semangat, berani, penuh aksi, dan hangat. Secara ilmiah, warna merah ini dapat meningkatkan metabolisme dan pacu jantung.

Berbagai emosi tersebut yang menjadi dasar dalam membentuk warna dalam logo JNT. Jadi, makna yang ingin disampaikan adalah jasa pengiriman ini ingin meluapkan semangat dan memuaskan kebutuhan pengiriman konsumen secara cepat (J) dengan bantuan teknologi (T).

Baca juga: Cara Mudah Cari Kantor JNT Terdekat, Bisa Lewat HP!

Keistimewaan Layanan JNT

jnt
Sumber: google.com

Pencapaian di tiga tahun sejak berdirinya menjadi ukuran keberhasilan perusahaan ini. Dalam upaya mempertahankan eksistensi dan meningkatkan kepuasan konsumen, jasa ekspedisi ini harus terus memberikan kualitas serta pelayanan terbaik. 

Berikut beberapa keistimewaan dari JNT sebagai salah satu jasa pengiriman unggulan:

1. Memiliki Relasi Kuat dalam Pembangunan Infrastrukturnya

Dalam membangunn infrastrukturnya, JNT telah bekerja sama dengan beberapa pihak. Hal ini sebagai upaya untuk mengembangkan usaha lebih cepat.

Berikut beberapa contoh kerja sama JNT dengan pihak lainnya:

  • Untuk melancarkan proses pengiriman via udara, JNT telah bekerja sama dengan Garuda Indonesia Cargo.
  • idEA yang merupakan singkatan dari E-Commerce Association telah berasosiasi dengan JNT.
  • Bekerja sama dengan Asperindo, yaitu asosiasi jasa pengiriman express di Indonesia.
  • Telah menjadi mitra bisnis marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan masih banyak lagi. 
  • Perusahaan ini telah berekspansi ke Vietnam dan Malaysia sejak Maret 2018.

Keberhasilan dalam melakukan kerjasamanya tersebut memberi dampak yang sangat positif dalam kemajuan perusahaan. Terhitung hasil dari kerjasama tersebut sudah mencapai 100% hingga 200% keuntungan.

2. Sistem Distribusi Sentralisasi yang Menjangkau Seluruh Wilayah Indonesia

Berbeda dengan sistem pendistribusian jasa pengiriman lain, yaitu dengan adanya franchise. JNT lebih berfokus pada sistem sentralisasi dalam proses pendistribusian dan penerimaan paket yang disebut drop point.

Dalam satu kecamatan maka akan tersedia satu konter atau drop point ini. Fungsinya adalah menjadi penghubung antara pengirim dan penerima paket. 

Dengan sistem ini, proses pengiriman lebih terkontrol dan mampu menjangkau seluruh wilayah konsumen di Indonesia tanpa perantara.

3. Sistem Pelacakan Real-Time

Melalui sistem pelacakan yang terintegrasi langsung dengan data base, dapat memudahkan konsumen dalam memantau kondisi pengiriman secara real-time.

Selain itu keterangan pengiriman yang lebih rinci juga dapat memberikan informasi jelas dan akurat dari setiap titik perpindahan kurir dalam proses mengirimkan paket.

4. Estimasi Pengiriman yang Cepat

Hal lain yang menjadikan jasa pengiriman ini unggul adalah estimasi waktu pengiriman yang cepat. Tidak hanya untuk layanan khusus seperti JNT Super, namun pada layanan regulernya pun tetap memberikan waktu yang cepat untuk paket tiba ke tujuan.

Dengan hal ini tentu memberi keuntungan bagi konsumen, karena dengan tarif reguler namun mendapatkan layanan premium.

Demikian penjelasan mengenai sejarah, logo, dan keistimewaan dari JNT sebagai jasa untuk memenuhi kebutuhan pengiriman anda.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. 

Simak artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?