everpro

Harus Tahu +7 Ide Jualan Online Tanpa Modal

jualan online tanpa modal

Mau berjualan tapi tidak punya modal? Sekarang anda tidak perlu bersedih akan hal itu, pasalnya kini anda bisa jualan online tanpa modal. 

Hanya bermodalkan smartphone atau komputer dan jaringan internet anda bisa mendirikan bisnis sendiri tanpa harus memikirkan modal. 

Hebatnya lagi anda tidak perlu sewa tempat atau mungkin menjajakan produk-produk anda keluar. Anda bisa lakukan dimana saja, dan kapan saja selama ada jaringan internet. 

Tapi jangan salah. Jualan online tanpa modal bukan berarti anda bisa jalankan bisnis anda semau dan seenak anda. 

Butuh kreativitas dan kegigihan agar bisnis anda mudah di jumpai banyak orang bahkan laris manis di kalangan masyarakat. 

Tentunya anda ingin bisnis anda laris manis bukan? Tapi bagaimana cara jualan online tanpa modal tersebut? Lalu apa saja rekomendasi jualan online tanpa modal yang mudah di lakukan? 

Tenang, anda tidak perlu bingung. Karena disini akan di sajikan beberapa rekomendasi ide jualan online tanpa modal yang laris sepanjang tahun. Mau tahu apa saja? 

Apa Itu Jualan Online Tanpa Modal? 

jualan online tanpa modal
Sumber : Pexels.com

Jualan online tanpa modal adalah salah satu jenis usaha  yang hanya mengeluarkan modal sedikit atau tidak sama sekali. 

Walaupun tanpa modal, sebuah tindakan ini bisa mendatangkan keuntungan karena kehadiran internet yang memudahkan segala kegiatan. 

Everpro

Anda hanya perlu internet, smartphone atau laptop. Dengan ini anda bisa memulai bisnis baik dengan menyediakan suatu produk ataupun jasa. 

Rekomendasi Ide-Ide Jualan Online Tanpa Modal yang Laris dan Mudah Dilakukan

1. Translator (Penerjemah Bahasa Asing) 

cara jualan online tanpa modal
Sumber : Pexels.com

Anda punya kemampuan bahasa asing tapi bingung menyalurkan bakat anda? Menjadi penerjemah lepas bisa jadi ide jualan online tanpa modal. 

Selain tanpa modal, jasa ini juga banyak dicari. Kenapa? Karena kini banyak perusahaan yang mengembangkan sayap bisnisnya hingga keluar negeri. 

Tapi terkadang keterbatasan dalam berbahasa lah yang menjadi penghalang jalannya bisnis. Maka ini bisa jadi kesempatan anda menjadi seorang penerjemah. 

Anda akan di minta untuk menerjemahkan banyak dokumen seperti jurnal, proposal, surat kesepakatan atau data apapun untuk keperluan perusahaan. 

Lalu sistem pembayarannya anda bisa hitung per lembar atau per paragraf. Sangat menguntungkan bukan? 

Lantas bagaimana agar jasa penerjemah anda di ketahui banyak orang? Cobalah dengan bergabung situs-situs freelancer yang banyak di Indonesia. 

Anda bisa juga buat portofolio terlebih dahulu yang akan berguna ketika anda melamar jadi seorang penerjemah. 

2. Fotografi 

Fotografi
Sumber : Pexels.com

Siapa yang punya hobi memotret? Dari pada foto-fotonya hanya di simpan dalam memori ponsel atau kamera anda, lebih baik anda jual foto-foto tersebut bukan? 

Betul, kini anda bisa menjual hasil jepretan anda di internet. Karena foto-foto yang bagus akan sering di jadikan background sebuah website ataupun lainnya. Maka dengan adanya foto-foto anda akan sangat membantu mereka. 

Yang menjadi pertanyaan saat ini, bagaimana cara menjual foto-foto anda? Anda bisa bergabung dengan shutterstock. 

Shutterstock adalah sebuah platform microstock terbesar yang bergerak di bidang bisnis kreatif dengan ribuan kontributor di seluruh belahan dunia. 

Tidak heran memulai jualan online tanpa modal ini adalah ide yang cemerlang. Apalagi karena pasarnya seluruh dunia, anda akan di bayar dengan mata uang dollar. 

3. Kursus Online 

kursus online
Sumber : Pexels.com

Karena serba internet, banyak orang yang memilih belajar di rumah saja. Maka ini bisa jadi kesempatan untuk anda memulai jualan online tanpa modal dengan mengajar kursus online. 

Tentu mengajar online tidak butuh banyak benda-benda bukan? Anda hanya butuh kamera ponsel serta internet. Maka anda siap mengajar. 

Anda bisa mengajar banyak hal sesuai dengan kemampuan, misalkan mengajar matematika untuk SD, bahasa Inggris atau mungkin jika anda punya ilmu khusus anda bisa membuat course online mengenai skill tertentu dalam pekerjaan nanti. 

4. Podcast 

podcast
Sumber : Pexels.com

Anda gemar bernarasi? Atau ingin membagikan kisah-kisah, tips, dan konten bermanfaat anda lewat suara? Maka tidak ada salahnya memulai podcast. 

Podcast juga salah satu ide jualan online tanpa modal. Anda hanya perlu perekam suara saja dan pastinya aplikasi tersebut ada dalam ponsel anda 

Lalu anda bisa buat akun di spotify atau cloud dan masukan podcast yang sudah anda edit kesana. Nantinya orang-orang bisa dengar topik yang di bicarakan. 

Jika topik yang di bicarakan seru pastinya mereka akan bersedia menonton lagi. Untuk episode selanjutnya anda bisa kenakan tarif berbayar. 

Dengan ini bisa jadi bisnis bukan? 

5. Jualan Barang Bekas

jualan barang bekas
Sumber : Pexels.com

Apakah anda punya barang yang masih bagus namun sudah tak terpakai? Tidak ada salahnya anda menjualnya kembali. Dari pada menumpuk bukan? \

Anda bisa jual barang bekas seperti buku, pakaian, sepatu dan lainnya. Apalagi barang yang anda jual merupakan barang branded . pastinya akan banyak yang mencarinya. 

6. Jualan Online 

jualan online
Sumber : Pexels.com

Seperti yang kita tau, berjualan sebenarnya memang membutuhkan tempat khusus yang berada di pusat keramaian. 

Tapi sekarang anda bisa lakukan itu semua di rumah, jadi anda tidak perlu menyewa tempat sehingga jadi lebih hemat. 

Untuk berjualan, anda hanya perlu foto-foto produk dan pasang foto tersebut di media sosial ataupun e-commerce. 

7. Mengisi Survey Online 

mengisi survey online
Sumber : Pexels.com

Jualan online tanpa modal selanjutnya adalah mengikuti survey berbayar. Karena sekarang sudah banyak situs-situs online yang akan membayar jika anda mengisi survey. 

Caranya tidak butuh modal, anda hanya perlu siapkan smartphone atau laptop dan kuota interner. 

Teknisnya anda tinggal ikuti beberapa survey yang disediakan kemudian kumpulkan poin sebanyak mungkin yang nantinya bisa di tukar dengan uang. 

8. Menulis Website atau Blog 

menulis website atau blog
Sumber : Pexels.com

Tertarik dengan pekerjaan menulis? Serta punya blog sendiri? Anda juga bisa memulai jualan online tanpa modal dengan menulis. 

Tuliskan informasi suatu topik yang sedang hangat di bicarakan dan juga berguna. Pertimbangkan juga untuk menaruh iklan dalam blog. 

Gunakan Google Adsense untuk menyertakan iklan. Dengan ini hobi menulis anda akan jadi bisnis yang sangat berpotensi. 

9. Jasa Konsultasi

jasa konsultasi
Sumber : Pexels.com

 Merasa sudah ahli dalam suatu bidang? Jika iya saatnya anda jual keahlian and. Misalkan jika anda lulusan ilmu hukum, maka anda bisa buka konsultasi hukum secara online. 

Atau mungkin anda lulusan psikologi? Anda juga bisa buka jasa konsultasi mengenai kesehatan fisik ataupun mental secara online. Dengan ini anda bisa menolong orang sekaligus menambah pundi-pundi anda. 

10. Agen Jual Properti 

agen jual properti
Sumber : Pexels.com

Apakah anda ahli di bidang marketing? Tidak ada salahnya anda menjadi agen jual properti. Bisnis ini juga termasuk jualan online tanpa modal serta resiko yang minim. 

Banyak sekali website yang menawarkan jasa agen properti yang bisa anda coba. 

Bagaimana Cara Jualan Online Tanpa Modal?

jualan online tanpa modal
Sumber : Pexels.com

 1. Kenali Potensi Anda 

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum jualan online tanpa modal adalah mengenali potensi anda. 

Apa yang bisa anda lakukan? Apa hobi anda? Dengan ini anda anda akan lebih tahu bagaimana hobi anda ini bisa bermanfaat bagi orang lain serta menguntungkan. 

Memiliki hobi yang di bayar akan sangat menyenangkan. Anda akan lebih menikmatinya. 

2. Riset Pasar

Baik menawarkan produk ataupun jasa, anda wajib melakukan riset pasar terlebih dahulu. Pasalnya dengan riset anda akan lebih tahu kebiasaan target pasar anda, mulai dari kebiasaan, kegemaran, apa yang mereka butuhkan dan sebagainya. 

Setelah anda mengetahui ini anda akan lebih siap menyiapkan apa saja yang sekiranya berguna dan di butuhkan oleh target pasar anda. 

3. Melihat Kompetitor

Namanya juga berbisnis, maka tidak akan lepas dari pesaing. Melihat pesaing terlebih dahulu juga adalah salah satu tindakan penting, karena anda bisa punya patokan tentang segala hal yang sudah atau belum di tentukan. 

Memperhatikan kompetitor juga harus mendetail. Mulai dari harga yang di tawarkan dan kualitas produk yang di pasarkan. 

Setelah mengamatinya, anda bisa pikirkan strategi tepat agar produk anda juga siap bersain. 

4. Manfaatkan Media Sosial

Selanjutnya agar jualan online tanpa modal anda terlihat banyak orang, anda wajib menmanfaatkan media sosial. Misalkan twitter, facebook dan instagram. 

Dari media sosial anda bisa iklankan bisnis anda pada teman-teman terdekat anda. Atau agar terlihat lebih profesional, anda juga bisa siapkan media sosial khusus untuk bisnis anda. 

Hal ini bertujuan sebagai brand awareness pada teman-teman anda. Yang nantinya bisa lebih luas lagi. 

5. Konsisten 

Dan yang terakhir adalah tentu saja anda harus konsisten dalam menjalaninya. Meski tanpa modal, yang anda jalani tidak akan berjalan sesuai rencana jika anda asal-asalan dalam menjalaninya. 

Demikianlah artikel mengenai jualan online tanpa modal, semoga bermanfaat. Sebarkan artikel ini juga agar semakin bermanfaat. 

Nantikan dan jangan lewatkan artikel informatif lainnya hanya di Everpro

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?