everpro

Upgrade Skill! 7 Layanan Kelas Digital Marketing Termurah

Temukan 7 pilihan jasa penyedia kelas digital marketing murah  dengan kualitas terbaik serta tips memilih kelas yang tepat sesuai dengan kebutuhan Kamu dalam artikel ini.

Teknologi yang berkembang pesat membawa perubahan besar dalam kehidupan, termasuk dunia bisnis.

Dahulu, pengusaha mengandalkan marketing offline seperti iklan di TV, radio, selebaran, dan poster. Kini, dengan semakin banyaknya pengguna smartphone, marketing online menjadi pilihan utama.

Marketing online menawarkan fleksibilitas, komunikasi dua arah, dan biaya terjangkau, serta memberikan hasil yang cepat dan akurat.

Untuk menjalankannya dengan efektif, Kamu perlu memahami digital marketing dan meningkatkan skill ini untuk mendukung pertumbuhan bisnis lewat pembelajaran kelas digital marketing online.

Artikel ini merekomendasikan lembaga pembelajaran yang menyediakan kelas digital marketing dengan harga murah  dan kualitasnya bagus  serta tips provider yang cocok untuk pebisnis dan pemilik UMKM.

Baca Juga : 3+ Jasa Google Ads Profesional yang Terbukti Terpercaya!

Pahami Perbedaan Marketing Offline dan Online

Sebelum mempelajari digital marketing, penting untuk memahami perbedaan antara marketing offline dan online.

Marketing offline dan online adalah dua strategi pemasaran yang berbeda dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut adalah tabel yang menunjukkan perbedaan utama antara keduanya:

Aspek Marketing Offline Marketing Online
Metode Iklan tradisional (TV, radio, cetak), pameran dagang, brosur, dll. Iklan digital (Facebook Ads, Tiktok Ads, Google Ads), SEO, Email Marketing, Content Marketing, dll.
Budget Biaya awal tinggi (produksi iklan, sewa tempat), biaya berkelanjutan rendah Biaya awal rendah (membuat website, akun media sosial), biaya berkelanjutan tinggi (iklan, konten)
Jangkauan Jangkauan audiens terbatas Menjangkau audiens lebih luas dan bisa lebih spesifik
Pengukuran Sulit untuk mengukur hasil secara akurat Mudah untuk mengukur hasil dengan analitik
Jenis interaksi Interaksi satu arah Interaksi dua arah (komentar, pesan)
Umpan balik Responnya lambat Responya cepat dan real-time
Fleksibilitas Kurang fleksibel, perubahan strategi membutuhkan waktu Lebih fleksibel, mudah untuk mengubah dan menguji strategi

Baca Juga : Ingin Belajar Digital Marketing? Berikut Bahasan Lengkapnya!

Tentang Digital Marketing

kelas digital marketing
Sumber. Freepik.com

Digital marketing adalah cara untuk mempromosikan dan menjual produk atau jasa Kamu secara online.

Cara ini menggunakan berbagai platform digital seperti website, media sosial, email, dan iklan online untuk menjangkau pelanggan potensial.

Terdapat berbagai jenis channel atau alat promosi yang bisa Kamu gunakan seperti untuk kebutuhan iklan online ada Facebook Ads, Google Ads, TikTok Ads  yang nantinya iklan akan tayang di media sosial, website media, dan platform online lainnya. 

Bahkan saat ini beberapa marketplace juga sudah yang menyediakan platform iklan sendiri-sendiri untuk mitra sellernya. 

Kemudian ada SEO (Search Engine Optimization) channel ini bisa Kamu gunakan ketika usahamu memiliki website, agar nantinya mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google ketika calon customer mencari sesuatu dengan kata kunci tertentu.

Kemudian untuk menargetkan customer potensial serta mempertahankan customer lama agar lebih royal lagi bisa menggunakan email marketing untuk mempromosikan produk atau jasa.

Terakhir Kamu bisa bangun akun sosial media bisnismu untuk membangun komunitas dan berinteraksi dengan pelanggan di media sosial.

Jadi Digital Marketing adalah cara yang efektif untuk membantu UMKM berkembang dan mencapai target pasarnya.

Dengan strategi yang tepat, Kamu dapat meningkatkan penjualan, membangun brand awareness, dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan.

Baca Juga : Kenali Lebih Dalam SEO Off Page, Definisi dan Cara Optimasinya

Kelas Digital Marketing Seperti Apa?

kelas digital marketing
Sumber. Freepik.com

Kelas digital marketing dirancang untuk mengajari Kamu keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk berhasil memasarkan bisnis secara online.

Kelasnya pun dapat bervariasi dalam hal format bisa video pembelajaran, kelas online ataupun offline, durasi, dan biaya, tetapi umumnya akan mencakup beberapa topik berikut:

  • Fundamental digital marketing, Kamu akan belajar tentang dasar-dasar digital marketing termasuk memahami berbagai saluran atau channel digital yang tersedia secara gratis (organik) dan berbayar (paid ads).
  • Strategi digital marketing, Kamu akan belajar cara mengembangkan strategi yang akan membantu  mencapai tujuan marketing  dan bisnis yang efektif dan tepat.
  • Parktek SEO (Search Engine Optimization) untuk membuat dan mengelola website, hingga penulisan artikel dan teknikal sehingga dapat ditemukan dengan mudah di mesin pencari.
  • Praktek pasang iklan berbayar, membuat targeting, bahan creative dan juga mengelola dan analisi iklan berbayar untuk meningkatkan brand awareness, penjualan, dan data customer potensial.
  • Membuat media sosial bisnis sehingga nantinya tahu cara menggunakan media sosial untuk terhubung dengan pelanggan dan mempromosikan produk atau jasa.
  • Analisis performa digital marketing sehingga Kamu tahu cara melacak dan mengukur hasil marketing campaign dan bisa dioptimalkan agar lebih baik lagi.

Baca Juga : Internet Marketing: Pengertian, Manfaat & Contohnya, Cocok Untuk Pemula!

7 Penyedia Layanan Kelas Digital Marketing Termurah

kelas digital marketing
Sumber. Everpro.id

1. Skill Academy by Ruangguru

Kursus online yang pertama adalah Skill Academy by Ruangguru, provider pembelajaran ini menyediakan kelas online Digital Marketing dengan format pembelajaran lewat kelas full time seperti bootcamp, webminar dan juga kelas kursus yang berisi materi seputar digital marketing.

Materi kursus ini mudah dipahami, instruktur berpengalaman, ada banyak pilihan kursus digital marketing khusus channel tertentu yang bisa disesuaikan kebutuhan.

Namun beberapa kursus tidak menawarkan sesi live mentoring. Harganya sendiri mulai dari  Rp 350.0000 an lebih per video kursus dan Kamu akan mendapatkan sertifikat.

Provider  ini cocok untuk para pemula yang ingin menambah pengetahuan dan skill digital marketing dasar untuk kebutuhan mencari kerja dan pemilik bisnis.

2. HabisKerja

Lalu kurus yang kedua adalah Habiskerja.com yang menyediakan kelas online Digital Marketing Masterclass, Social Media Marketing, Search Engine Optimization (SEO), Facebook Ads, TikTok Ads, Shopee Affiliate dan lainnya.

Materi kursus fokus pada praktik lewat rekaman video interaktif, instruktur berpengalaman, dan tersedia juga grup telegram untuk berdiskusi.

Kurus ini juga tidak menawarkan sesi live mentoring karena semuanya adalah video rekaman, Kamu juga akan menerima sertifikat, harganya relatif terjangkau yaitu mulai dari Rp 249.000an lebih mereka juga sering mengadakan diskon dalam event-event tertentu.

Kurus ini cocok untuk yang  ingin menambah skill digital marketing untuk kebutuhan mencari kerja serta untuk bisnis juga bisa karena ada grup untuk diskusi yang bisa digunakan untuk saling berbagi informasi.

3. My Skill

Kemudian ada My Skill, serupa dengan yang pertama mereka menyediakan berbagai macam kelas interaktif online untuk berbagai bidang.

salah satunya yang paling fovorit adalah Digital Marketing. Provider ini membagi kelas menjadi beberapa kategori belajar mulai dari Facebook Ads, Google Ads, Social Media Marketing, TikTok Ads, Search Engine Optimization (SEO), Copywriting.

Provider kurus digital marketing ini kemungkinan adalah yang paling termurah dan cukup terjangkau. Format pembelajaran lewat rekaman video interaktif, kuis dan juga beberapa tugas.

Materi kursus singkat dan padat dan mudah dipahami. Namun kurus ini cocok untuk pemula yang belum mempunyai pengalaman sama sekali di bidang digital marketing.

Karena kekurangannya untuk yang sudah punya pengetahuan basic materi terkesan singkat untuk beberapa topik.

Harganya mulai dari Rp 150.000 an dan jangan lupa mereka sering mengadakan promo besar-besaran untuk harga kelasnya yang cuma seharga Rp 12.000 untuk akses selama 12 bulan.

4. Qubisa

Lalu kelas online yang keempat ada Qubisa, format pembelajaran dan tipe materinya serupa dengan Skill Academy.

Ada banyak kelas digital marketing dengan para ahli yang berpengalaman.

Mereka juga memberikan kurus untuk peserta pelatihan Pra Kerja sehingga materinya akan cocok untuk para pemula yang ingin belajar digital marketing. 

Secara harganya cukup terjangkau mulai dari Rp 200.000 an per kelasnya serta materinya cukup jelas dan mudah dipahami oleh para pemula dengan contoh studi kasus. 

5. Cakap

Cakap adalah provider kursus online yang juga menyediakan kursus di bidang digital marketing untuk kebutuhan bisnis manajemen.

Mereka memiliki berbagai macam kelas dengan topik yang unik dan sesuai dengan berkaitan dengan digital marketing seperti strategi pemasaran untuk di sosial media, Strategi SEO untuk Optimasi Konten Media Sosial dan lain-lain.

Kurus ini cocok untuk yang sudah punya pengetahuan dasar soal digital marketing . Materi yang diberikan pun sangat lengkap dan juga Kamu mendapatkan akses selamanya.

Kisaran harganya cukup mahal mulai dari Rp 800.000an lebih karena pilihan kelas bervariasi, metode belajar interaktif.

6. Dibimbing

Kemudian ada Dibimbing.id yang kemungkinan ini bakal jadi kurusnya yang biayanya paling tinggi di dalam daftar ini. Mereka menyediakan kursus dengan nama full stack Digital marketing.

Jadi Kamu akan belajar semua saluran pemasaran online. Format pembelajaran lewat pertemuan zoom yang biasanya akan diberikan materi pembelajaran lewat para ahli.

Mereka juga akan memberikan tugas project secara real dan di akhir ada program penyaluran kerja dengan beberapa mitra bisnisnya.

Kursus ini cocok untuk Kamu yang ingin berkarir di bidang digital marketing. Harganya sekitar mulai dari Rp. 7.000.000 an tergantung jenis kursus yang kamu ambil.

7. Everpro Academy

Terakhir adalah Everpro, provider penyedia layanan untuk bantu mengelola bisnis dan usaha ini juga mempunyai program kelas digital marketing.

Format materi berupa video seputar fundamental digital marketing dan juga praktik pasang dan mengelola iklan Facebook dan TikTok Ads.

Mereka juga menyediakan grup diskusi untuk saling bertukar informasi terkait permasalahan dan saran yang bisa membangun bisnis.

Para ahli ini sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang digital marketing. Kursus ini memiliki harga yang sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp 250.000an.

Kursus ini cocok untuk para pemilik bisnis dan umkm yang berniat untuk menggunakan marketing online bahkan para wirausaha pemula yang ingin memulai bisnis karena mereka punya banyak benefit.

Baca Juga : Rekomendasi Kelas Facebook Ads Intensif untuk Pengusaha

Tips Memilih Kelas Digital Marketing Termurah

Berikut ini adalah beberapa tips untuk Kamu memiliki kelas digital marketing termurah yang cocok sesuai dengan kebutuhan dan kualitasnya bagus khusunya untuk para pemilik bisnis dan UMKM.

  1. Tentukan Tujuan dari apa yang ingin Kamu capai dengan mengikuti kursus. Apakah untuk meningkatkan penjualan atau mencari pekerjaan.
  2. Kursus digital marketing memiliki kisaran harga yang beragam jadi pilihlah yang sesuai dengan budget.
  3. Pertimbangkan format pembelajaran apakah lebih suka online, tatap muka, atau kombinasi keduanya.
  4. Pilih Materi yang Relevan karena tadi ada banyak kelas kelas tertentu. Jadi pastikan materi kursus sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.
  5. Cari tahu kredibilitas dan pengalaman provider kursus lewat review atau portofolio 
  6. Perhatikan Instruktur apakah memiliki berpengalaman di bidang digital marketing.
  7. Pastikan kursus menyediakan fasilitas dan dukungan yang memadai, seperti modul belajar, forum diskusi, dan mentoring.

Semoga tips ini membantu Kamu memilih kursus digital marketing yang tepat untuk meningkatkan bisnis! Jangan ragu untuk berinvestasi untuk pengetahuan dan skillset Kamu.

Bergabunglah dengan program Everpro Academy dan tingkatkan peluang usaha untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis dengan digital marketing dan nikmati banyak benefitnya!

Benefit Everpro Academy

  • Promo Spesial Hanya  Rp 250.000/ 3 Bulan 
  • Belajar dengan Ahli Profesional 
  • Lifetime Akses Ke 50+ Video Materi Pembelajaran
  • 70% Praktik Iklan Langsung
  • Akses Eksklusif Produk Bermargin Tebal
  • Gabung Komunitas Belajar Suportif

Bergabunglah dengan Everpro Academy dan Jadilah Digital Marketer Profesional Sekarang!

DAFTAR SEKARANG

Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya