everpro

Ini Cara Kelola Akun di Tokopedia, Cobain Yuk!

Kamu sering kesulitan ketika banyak orderan di Tokopedia? Atau toko kamu kurang menarik sehingga penjualan kamu sedikit? Nah, kami akan memberikan cara mudah untuk kelola akun toko kamu di Tokopedia.

Tokopedia memiliki fitur yang bernama Admin Toko, fitur ini dapat membantu kamu mengelola pesanan agar kamu tidak kesulitan lagi ketika banyak pesanan. Selain itu Admin Toko juga bisa bantu kamu menjawab pesan di Tokopedia kamu.

Mau tahu lebih lanjut soal fitur Admin Toko di Tokopedia ini? Simak terus artikel ini untuk mengetahui cara mengelola toko kamu di Tokopedia menggunakan fitur Admin Toko. Cek di bawah ini ya!

Peran Admin Toko di Tokopedia

kelola akun tokopedia
Sumber: Tokopedia.com

Fitur Admin Toko memiliki 8 peran yang berbeda-beda. Berikut adalah 8 peran dari Admin Toko di Tokopedia:

1. Peran Kelola Toko

Pertama, ada peran kelola toko. Pada peran ini tugas admin toko yaitu untuk mengatur detail toko dan produk. Peran ini juga memungkinkan admin toko untuk mengakses fitur seperti Dekorasi Toko dan Pengaturan Toko seperti COD, Jadwal Operasional Toko, Pengiriman, Catatan Toko,

Pada peran mengelola toko Admin Toko akan diberikan beberapa akses seperti Pengaturan Dekorasi Toko dan Informasi Toko dan juga melakukan pengaturan beberapa fitur di halaman Pengaturan Toko, kecuali Power Merchant.

2. Peran Atur Produk

Selanjutnya yaitu peran atur produk, pada peran ini tugas Admin Toko yaitu menambah produk baru pada toko. Fitur ini memungkinkan Admin Toko untuk menambah/mengedit produk, menambah/edit produk sekaligus, mengakses produk unggulan, dan etalase toko.

Peran ini juga memungkinkan Admin Toko untuk mengakses fitur di Pengaturan Halaman Produk seperti tambah/edit produk dan tambah/edit produk sekaligus.

3. Peran Ubah Stok Produk

Kemudian ada peran Ubah Stok Produk. Pada peran ini Admin Toko memiliki tugas untuk mengubah stok produk di toko kamu. Fitur yang dapat diakses oleh Admin Toko seperti Ubah Stok Produk dan Atur Stok Produk.

Pada peran ini Admin Toko akan diberikan akses hanya untuk mengubah stok produk dan mengatur Stok Produk.

4. Peran Membalas Pesan Pembeli

Berikutnya adalah peran membalas pesan pembeli. Peran ini membuat Admin Toko memiliki peran untuk membalas chat, diskusi dan juga ulasan. Pada peran ini Admin Toko dapat mengakses fitur Chat, Diskusi, dan Pengaturan Kata Pembeli yaitu Ulasan.

Adapun akses yang diberikan untuk peran ini yaitu dapat mengatur dan membalas pesan pada halaman Chat, Diskusi dan Ulasan.

5. Peran Kelola Pesanan Toko

Peran ini memungkinkan Admin Toko untuk mengelola pesanan melalui fitur Kelola Pesanan dan Tanggapi Komplain Pembeli. Admin Toko dapat mengakses fitur Pesanan yang meliputi menerima pesanan, menolak pesanan, memasukkan resi pengiriman.

Selain itu Admin Toko juga dapat mengakses fitur Pusat Resolusi, Balas Chat, dan juga Security Deposit (Khusus Official Store).

Akses yang diberikan pada Admin Toko pada peran ini meliputi menangani semua transaksi, mulai dari menerima pesanan, menolak pesanan, dan juga memasukkan resi pengiriman.

Selain itu juga dapat mengakses halaman Pusat Resolusi, dan dapat membalas chat dari calon pembeli/pembeli, dan khusus untuk Official Store dapat mengelola pemotongan Security Deposit.

6. Peran untuk Memantau Statistik

Pada peran ini tugas Admin Toko adalah untuk memantau statistik toko. Beberapa fitur yang dapat Admin Toko akses seperti Halaman Statistik, Wawasan Toko, Wawasan Produk, Wawasan Kunjungan, Wawasan Pasar, Wawasan Operasional, Wawasan Pembeli, Ringkasan Penjualan di Home.

Kemudian Admin Toko juga akan diberikan akses untuk memantau, men-download, dan mengatur seluruh halaman Statistik.

7. Peran dalam Pengaturan Iklan dan Promosi

Berikutnya Admin Toko memiliki peran dalam pengaturan iklan dan promosi. Pada peran ini Admin Toko akan bertugas dalam Pengaturan TopAds, Kupon Toko Saya, Flash Sale, Tokopedia, Broadcast Chat, Diskon Toko, TokoMember.

Pada peran ini Admin Toko memungkinkan untuk mengakses Halaman Iklan dan Promosi, TopAds, Kupon Toko Saya, Flash Sale Tokopedia, Broadcast Chat, Diskon Toko, TokoMember.

Admin Toko akan diberikan akses untuk dapat membuat promosi pada halaman Iklan dan Promosi sesuai dengan status keanggotaan Seller serta melakukan pemantauan terhadap campaign yang berjalan.

8. Peran Kelola Keuangan

Peran yang terakhir ini hanya khusus untuk Official Store. Pada peran Kelola Keuangan Admin Toko dapat mengakses fitur Halaman Saldo, Tarik Saldo dan Security Deposit.

Admin Toko dapat melakukan tugas seperti memantau dan menarik saldo penghasilan toko ke rekening terdaftar, memonitor saldo Security Deposit, dan dapat mengelola pemotongan Security Deposit.

Perbedaan Penggunaan Admin Toko Berdasarkan Jenis Toko

1. Official Store

Berhak untuk menggunakan 5 Admin Toko tanpa harus mengeluarkan biaya dan mendapatkan tambahan peran untuk Kelola Keuangan.

2. Power Merchant dan Power Merchant PRO

Jika jenis Toko kamu Power Merchatn dan Power Merchant PRO kamu dapat menggunakan 1 Admin Toko tanpa biaya tambahan.

3. Regular Merchant 

Dapat menggunakan sampai 10 Admin Toko namun dikenakan biaya tambahan.

Catatan: Jika kamu ingin menambah atau menggunakan fitur Admin Toko untuk kelola akun Tokopedia, kamu akan dikenakan biaya per Admin Toko. Untuk biayanya yaitu Rp 150 ribu dengan durasi 3 bulan. Harga ini berlaku kelipatan sesuai dengan periode yang kamu inginkan.

Cara Menggunakan Fitur Toko Untuk Kelola Akun Tokopedia

Fitur Admin Toko hanya dapat kamu akses melalui desktop di browser kamu. Berikut adalah cara pengunaan fitur Admin Toko:

1. Masuk ke laman Tokopedia Seller, lalu klik Pengaturan Admin dan Klik Tambah Admin.

Everpro
Sumber: Tokopedia.com

2. Kemudian pada laman ini, kamu harus mengatur beberapa hal sebelum melakukan pembayaran.

Everpro
Sumber: tokopedia.com
  1. Pilih periode akses admin toko dan jumlah Admin Toko yang ingin kamu gunakan.
  2. Kemudian, masukkan nomor HP admin tokomu sesuai nomor HP yang digunakan admin tokomu untuk akun Tokopedianya. Perlu kamu perhatikan jika kamu hanya bisa menambahkan admin yang sudah memiliki akun Tokopedia.
  3. Periksa kembali apakah nama dan email terdaftar admin kamu sudah sesuai.
  4. Pilih jenis akses yang ingin kamu berikan kepada Admin Toko kamu. Kamu dapat memilih lebih dari 1 akses.
  5. Selanjutnya klik Pilih Pembayaran untuk Admin Toko di luar kuota bebas biaya dari Tokopedia (Jika kamu memiliki kuota bebas biaya, maka kamu dapat melewati langkah ini dengan klik Kirim Akses).

3. Selanjutnya Masukkan kode OTP tokomu lalu klik Lanjut Bayar.

kelola akun tokopedia
Sumber: tokopedia.com

4. Kemudian cek kembali detail pesananmu, jika telah sesuai, klik Pilih Metode Pembayaran dan lakukan pembayaran dengan segera.

kelola akun tokopedia
Sumber: tokopedia.com

5. Terakhir, jika pembayaranmu berhasil, maka kamu telah sukses menambahkan slot admin toko untuk tokomu dan mengundang admin tersbeut untuk menjadi salah satu admin tokomu.

Catatan: Admin yang sudah kamu undang harus mengofirmasi undangan kamu terlebih dahulu sebelum bisa menjalankan tugasnya menjadi admin tokomu.

Demikianlah cara kelola akun Tokopedia kamu menggunakan fitur Admin Toko dari Tokopedia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mengelola tokomu di Tokopedia.

Nantikan informasi bermanfaat lainnya seputar bisnis hanya di Everpro.id!

Selain cara di atas kamu juga bisa menggunakan layanan dari Everpro Marketplace Enabler untuk bantuin kamu mengelola toko kamu di Tokopedia!

Benefit Everpro Marketplace Enabler

  • Optimasi toko
  • Jasa CS yang Cepat dan Tuntas
  • Toko Gampang Dicari Pembeli
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Ayo daftar sekarang untuk bikin toko online semakin berkembang!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya