Kenapa Pengiriman Cargo Lebih Murah? Ini Dia Alasannya!

Kenapa Pengiriman Cargo Lebih Murah

Kenapa Pengiriman Cargo Lebih Murah? Berikut Beberapa Alasan Pentingnya – Kita pasti pernah mendengar istilah cargo dan reguler dalam pengiriman barang. Namun tidak semua orang mengetahui perbedaan antara cargo dan pengiriman reguler, sehingga terkadang mereka salah memilih untuk menggunakannya. Jadi apa itu pengiriman cargo? Pengiriman cargo adalah proses pengiriman barang dalam jumlah besar ke lokasi dengan jarak yang relatif jauh dan harganya biasanya lebih murah. 

Sedangkan pengiriman reguler adalah sebuah pengiriman pengiriman barang dengan berat barang yang terbatas sesuai dengan daerah tujuan. Banyak orang bertanya apakah pengiriman cargo diantar ke rumah? Jawabannya tergantung ekspedisi atau jasa logistik karena ada yang dikirim ke lokasi tertentu seperti bandara, stasiun, shelter, agen atau tempat lainnya. Berikut adalah alasan Kenapa Pengiriman Cargo Lebih Murah yang perlu Anda ketahui sebelum memulai sebuah proses pengiriman paket.

Memahami Tentang Pengiriman Pengiriman

Sebelum ke pembahasan utama, mohon informasikan secara singkat kepada anda semua tentang jasa pengiriman, karena diyakini masih banyak orang yang belum mengetahui secara jelas dan detail. Terlebih lagi, setiap perusahaan jasa pengiriman memiliki banyak pengiriman yang sudah disediakan. 

Jadi jasa pengiriman adalah jasa dari suatu perusahaan yang dimana setiap konsumen dapat mengirimkan sebuah barang atau paket dari suatu daerah ke daerah lain ke seluruh Indonesia bahkan ke luar negeri sekalipun. Terlebih lagi, setiap perusahaan pengiriman menyediakan banyak pengiriman.

Apa itu Pengiriman Cargo?

Nah, cargo merupakan barang berukuran besar yang memiliki muatan yang banyak dan akan dikirim dengan jarak yang cukup jauh diantaranya antar kota, antar provinsi bahkan antar negara. Karena jarak yang harus ditempuh jauh. Jadi ada beberapa rute pengiriman yang bisa kamu pilih mulai dari jalur darat, laut dan udara. Jadi, cargo delivery adalah proses pengiriman barang berukuran besar ke tempat-tempat dengan jarak yang jauh. Sehingga membutuhkan ekspedisi cargo untuk melakukannya.

Kenapa Pengiriman Cargo Lebih Murah?

Apa itu Pengiriman Ekspedisi (Reguler)?

Pengirman Ekspedisi (Reguler) memiliki sebuah persamaan pengertian dengan pengirman cargo, yaitu sebuah pengiriman barang yang dikirim melalui udara dengan pesawat udara, laut dengan kapal laut, dan atau melalui darat dengan truk kontainer, mobil, dan sepeda motor. Dengan akses jangkauan, biasanya ekspedisi pengiriman hanya sebatas antar kota atau provinsi di dalam negeri saja.

Perbedaan Antara Cargo dan Pengiriman Reguler

Saat ini banyak orang yang lebih mudah mengirim barang dari skala kecil hingga besar dengan menggunakan fasilitas pengiriman. Namun, jasa pengiriman memiliki bagian dan fungsi tersendiri yang secara khusus memenuhi kebutuhan konsumennya. Pada pengiriman cargo Shopee atau JNE yang memberikan fasilitas yang sama seperti pengiriman reguler ke rumah. Jadi apa bedanya? Agar lebih jelas, simak perbedaan cargo dan pengiriman reguler, yang Kuriran.id rangkum di bawah ini.

Harga Pengiriman Cargo Lebih Murah dari Pengiriman Reguler

Hal yang paling pertama adalah ada sebuah perbedaan dari segi tarif pengiriman yang akan sangat mempengaruhi penilaian dari konsumen itu sendiri. Untuk pengiriman cargo, tarif akan dihitung berdasarkan berat paket minimal 10 kg, berbeda dengan paket reguler yang menggunakan perhitungan barang per 1 kg. Jika Anda melihat tarif pengiriman cargo, mereka lebih murah daripada yang biasa. 

Karena memberikan cakupan yang lebih besar dari berat barang. Sehingga dapat dikatakan tarif pengiriman cargo akan lebih murah apabila barang yang dikirim lebih dari 10 kg. Sedangkan jika mengirimkan barang dibawah 1kg maka pengiriman reguler dari perhitungan bisa lebih murah. Tergantung berat paket, Anda bisa memilih ongkos kirim terbaik agar tidak mengalami kerugian.

Everpro

Perbedaan Berat Paket

Untuk pengiriman cargo, paket yang dapat dikirim memiliki berat minimal 5kg dan maksimal 50kg atau 100kg. Berbeda dengan pengiriman reguler yang memiliki aturan berat mulai dari 0kg hingga 20kg. Pada umumnya pengiriman cargo membutuhkan berat minimal 5 kg, sedangkan reguler tidak memiliki batasan minimal. Kemudian pengiriman cargo juga memberikan pepengiriman khusus yaitu FTL (Full Truckload) dan LTL (Less Than Truckload) sehingga kapasitas barang bisa lebih banyak.

Alasan Kenapa Pengiriman Cargo Lebih Murah

Jenis Paket Berbeda

Perbedaan lainnya adalah dari segi jenis paket, umumnya mereka teratur mengirimkan barang berukuran kecil hingga sedang dengan bobot relatif ringan. Kemudian pengiriman cargo dikhususkan untuk mengangkut barang dalam jumlah besar atau banyak. Jenis paket untuk pengiriman reguler dapat berupa dokumen, makanan, pakaian, gadget, dan barang-barang kecil lainnya. Sedangkan pengiriman cargo dapat mengangkut sepeda motor, mobil, kebutuhan pokok, furnitur dan paket besar lainnya.

Waktu Pengiriman (Urgensi)

Seringkali durasi pengiriman menjadi hal penting yang harus diperhatikan saat mengirim barang. Untuk barang yang memerlukan pengiriman cepat atau express, seperti makanan atau bahan yang mudah rusak, pengiriman cepat menyediakan beberapa opsi pengiriman, seperti pengiriman reguler, express/express, atau same-day-service. Untuk pengiriman cepat pihak ekspedisi akan memproses barang melalui udara dengan pesawat agar lebih cepat sampai di alamat tujuan. 

Jika membutuhkan pengiriman reguler, tentunya bisa memilih pengiriman standar dengan harga yang lebih murah dibandingkan pengiriman express. Ini berbeda untuk pengiriman cargo. Karena sebagian besar cargo menggunakan transportasi darat berupa truk (untuk dalam pulau) dan kapal (untuk luar pulau) tidak menggunakan pemasaran digital, waktu pengiriman akan lebih lama daripada pengiriman ekspedisi reguler. Untuk pengiriman cargo reguler, durasi pengiriman berkisar antara 3 hingga 15 hari.

Beberapa cargo menyediakan pengiriman pengiriman udara, tetapi biaya yang dikenakan juga akan lebih mahal daripada pengiriman cargo biasa. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengirim barang berukuran besar/berat lebih dari 10 kg dan ingin menggunakan jasa cargo, sebaiknya rencanakan pengiriman Anda lebih baik dengan mempertimbangkan informasi durasi perjalanan yang diberikan oleh pihak cargo.

Perbedaan Pengepakan

Perbedaan lainnya yang mencolok adalah packaging atau pengemasan paket karena mempengaruhi proses pengiriman barang. Sebagian besar kemasan pada pengiriman reguler menggunakan plastik, paper bag, bubble wrap, dan karton kecil. Sedangkan pengiriman barang menggunakan sebuah kardus, karung, kemasan plastik jumbo, packing kayu dan penutup khusus untuk melindungi paket. 

Perbedaan Fasilitas

Perbedaan antara cargo dan pengiriman reguler dapat dilihat dari fasilitasnya. Pmumnya pengiriman cargo menyediakan jasa pengepakan untuk barang dengan penanganan khusus, sedangkan yang reguler tidak. Dalam hal fasilitas pengiriman, cargo dikirim ke bandara, stasiun, terminal, agen, atau kantor cabang. Sedangkan pengiriman reguler, semua paket akan diantar langsung ke alamat penerima.

Perbedaan Kantor Operasional

Pengiriman reguler umumnya memiliki lebih banyak kantor operasional dan agen pembantu di seluruh Indonesia. Sedangkan pengiriman cargo hanya memiliki kantor operasional di kota-kota besar. Itukah ulasan tentang Kenapa Pengiriman Cargo Lebih Murah? Semoga bermanfaat untuk Anda.

Nikmati beragam kemudahan dengan pengiriman paket melalui aplikasi Everpro

Everpro sebagai layanan Ekspedisi Terpercaya Untuk Kirim Paket Se-Indonesia. Kini Anda dapat kirim paket serba mudah dengan biaya termurah dengan beragam keuntungan berikut:

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paketmu kapan saja
  • Bonus Cashback 30%
  • GRATIS biaya return
  • Pencairan dana COD cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga!

Daftar Sekarang

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?