Sederet Alasan Pengiriman Kargo Lebih Murah, Simak!

Kenapa Pengiriman Kargo Lebih Murah

Kenapa Pengiriman Kargo Lebih Murah – Dengan perkembangan zaman dan pembangunan infrastruktur yang semakin merata ke seluruh pelosok Indonesia. Dan akses untuk dapat menjangkau daerah tersebut akan semakin mudah kedepannya. Hal ini ditambah lagi dengan kemudahan akses internet bagi masyarakat umum. Hal ini mendorong peningkatan signifikan bagi perkembangan industri logistik, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. 

Artikel terbaru ini akan memberikan alasan Kenapa Pengiriman Kargo Lebih Murah. Secara khusus, dalam beberapa tahun terakhir, meningkatnya jumlah konsumen di bidang pengiriman logistik, terutama untuk pengiriman kargo, juga telah menarik beberapa pemain baru untuk memberikan bantuan di bidang penyediaan layanan pengiriman, baik untuk skala besar, menengah, dan kecil. 

Ada begitu banyak konsumen yang ingin melakukan pengiriman, mereka tidak tahu siapa yang harus segera dihubungi atau bagaimana menemukan jenis layanan pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu perlu diketahui bahwa jenis pengiriman yang benar-benar dibutuhkan akan bergantung pada beberapa faktor, terutama yang berkaitan dengan berbagai jenis barang yang akan dikirim.

Perbedaan Pengiriman Kargo dan Pengiriman Ekspedisi

Pengiriman ekspedisi sering digunakan untuk menggambarkan jenis pengiriman dalam jumlah kecil, yaitu di bawah 5 kg. Dan untuk pengiriman cargo sendiri digunakan untuk pengiriman barang dalam jumlah yang begitu besar dan banyak yang biasanya beratnya lebih dari 10 kg untuk setiap paketnya. Untuk lebih memahami perbedaan antara keduanya, kita akan membahas tiga hal terpenting yang dijadikan dasar dan menjadi keputusan jenis pengiriman yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

1. Biaya Jasa Pengiriman Kargo Lebih Murah

Perbedaan pertama yang paling antara layanan pengiriman reguler dan pengiriman kargo adalah dari segi biayanya. Dapat dikatakan bahwa layanan kargo memiliki tarif yang lebih murah daripada layanan reguler. Namun, untuk pengiriman kargo biasanya ada batasan berat minimum barang.

Sehingga ketika Anda mengirimkan barang dengan berat di bawah minimum, maka biaya tersebut akan termasuk dalam tarif minimum. Adapun untuk layanan reguler, tidak ada minimal berat barang. Anda dapat mengirimkan barang dengan berat berapa pun. Dengan perhitungan biaya per satu kilo gram.

2. Faktor Jumlah, Berat dan Jenis Barang

Hal lainnya yang harus selalu diperhatikan oleh Anda semua adalah jenis, berat, jumlah barang yang akan dikirim. Untuk pengiriman biasanya akan menggunakan ekspedisi untuk pengiriman barang dalam satuan yang relatif ringan dengan jumlah yang tidak terlalu besar. Ekspedisi regular ini merupakan salah satu jenis ekspedisi yang paling sering dipilih oleh konsumen perorangan dengan menyesuaikan dengan kebutuhan pengiriman kecil karena memang tidak ada minimal berat yang tertera.

Biasanya ditujukan untuk pengiriman barang kecil hingga menengah, pengiriman ini paling sering digunakan para penjual online shop untuk mengirimkan barang ke pembelinya. Berikut beberapa barang yang biasa dikirim dalam ekspedisi yaitu pakaian, dokumen, makanan, perlengkapan rumah tangga dan untuk kebutuhan sehari-hari. Sedangkan untuk pengiriman kargo akan lebih ditujukan untuk pengiriman barang berat dengan partai besar dengan berat minimal yang telah ditentukan oleh pihak kargo. 

Misalnya dengan berat 10 kg atau 50 kg untuk jenis kargo tertentu. Oleh karena itu, kargo akan lebih sering digunakan untuk mengirimkan barang-barang besar seperti mobil, bahan industri, sepeda motor, dan lain-lain. Untuk penjual partai besar juga bisa menggunakan kargo untuk mengantarkan barang ke reseller dan distributornya. Sehingga akan muncul istilah Full Than Truck Load dan Less Than Truck Load.

Everpro

3. Waktu Pengiriman

Untuk durasi pengiriman bisa dikatakan merupakan hal penting yang akan menjadi pertimbangan dalam pengiriman suatu barang. Untuk berbagai barang yang memerlukan pengiriman ekspres seperti makanan atau bahan yang mudah rusak, pengiriman ekspedisi akan memberikan beberapa pilihan layanan, seperti layanan ekspres, reguler, dan sameday. Untuk melakukan pengiriman cepat tentunya pihak ekspedisi akan memproses barang tersebut melalui jalur udara menggunakan pesawat terbang. 

Agar lebih cepat sampai ke alamat tujuan. Jika Anda membutuhkan layanan standar saja yang memiliki harga lebih murah dibandingkan layanan ekspres. Hal ini akan berbeda dengan pengiriman kargo karena mayoritas untuk pengiriman menggunakan kargo akan menggunakan jalur darat berupa truk jika dalam pulau dan kapal untuk luar pulau. Oleh itu, pengiriman akan jauh lebih lama dari pengiriman biasa.

Biasanya pada kargo reguler akan memakan waktu sekitar 3 – 15 hari dan beberapa kargo akan memberikan pengiriman melalui udara tetapi yang pasti biaya yang akan dikenakan juga akan lebih mahal jika dibandingkan dengan kargo biasa. Jika anda akan mengirimkan barang yang beratnya lebih dari 10 kg dan berencana menggunakan cargo maka ada baiknya anda merencanakannya dengan sebaik-baiknya dengan mencari berbagai informasi durasi perjalanan yang telah disediakan oleh pihak kargo.

Tips Melakukan Pengiriman Kargo

1. Packaging yang Baik

Demi menjamin keamanan dan kondisi barang saat di perjalanan nantinya, pengemasan yang baik dan sesuai tentunya akan menjadi sangat penting. Untuk melakukan ekspedisi yang memiliki bobot ringan, pengiriman dapat dilakukan sesuai dengan jenis barangnya.Jika kita melakukan pengemasan dengan paper bag atau plastik, maka akan aman jika digunakan untuk mengemas pakaian atau barang yang tidak mudah pecah. Sedangkan untuk barang-barang yang mudah pecah seperti makanan. 

Termasuk barang-barang keperluan rumah tangga, Anda bisa mengemasnya dengan kardus dan bubble wrap untuk menambah keamanan barang dan untuk pengiriman menggunakan kargo juga bisa segera melakukan sebuah proses pengemasan dengan kardus atau karung plastik besar. Dan pastikan Anda menutupinya dengan plastik untuk menghindari kemungkinan basah, terutama saat musim hujan.

2. Mencari Kantor Cabang Ekspedisi yang Tepat

Mencari kantor cabang ekspedisi di Indonesia memang bisa sangat mudah karena tentunya di setiap daerah sudah banyak terdapat kantor cabang untuk ekspedisi. Sedangkan untuk kantor cabang kargo akan lebih sulit ditemukan karena tidak tersebar seluas kantor ekspedisi. 

Pengirim biasanya harus melakukan pengiriman barang untuk dikirim ke kantor cabang yang sesuai. Dan biasanya layanan penjemputan hanya akan tersedia di kantor-kantor tertentu saja karena tidak semua kantor akan memiliki armada yang cocok untuk dapat memasuki kawasan pemukiman penduduk.

3. Pelacakan dan Penerimaan

Setelah Anda berhasil melakukan pengiriman, jangan lupa untuk meminta bukti pembayaran dan nomor pengiriman. Jika Anda menggunakan ekspedisi, nomor resi yang tertera akan sangat berguna untuk melacak keberadaan barang Anda sekarang dari awal paket dikirim hingga sampai ke alamat tujuan.

Jika kargo akan menghubungkan pengirim dan juga vendor trucking untuk memudahkan dalam melakukan transaksi dan memenuhi kebutuhan logistik Anda. Itulah ulasan tentang Kenapa Pengiriman Kargo Lebih Murah? lengkap dengan alasan yang perlu diketahui.

Semoga bermanfaat untuk anda.

Layanan Ekspedisi Terpercaya Untuk Kirim Paket Se-Indonesia

Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket anda kapan saja
  • Bonus Cashback 30%
  • Pencairan Dana COD Cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan
  • Sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga!

Daftar Sekarang

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?