Mau Kirim Paket ke Luar Negeri? Cek Cara Mudahnya Disini!

kirim paket

Apakah anda sedang mencari cara kirim paket ke luar negeri? Berikut cara mudah kirim paket dengan tarif murah ke luar negeri.

Semakin maraknya jasa ekspedisi barang memudahkan kita dalam memenuhi kebutuhan kirim barang. Bahkan anda bisa mengirim barang ke luar negeri.

Saat ini sudah banyak jasa pengiriman yang menawarkan layanan untuk kirim paket ke luar negeri. Namun tentu anda ingin mendapatkan pilihan yang terbaik.

Untuk itu anda perlu mencari tahu terlebih dahulu mengenai jasa pengiriman tersebut. Anda bisa membandingkan tarif dan layanan yang tersedia dari setiap jasa ekspedisi sebelum memilihnya.

Setelah menentukan pilihan, baru lah anda bisa mulai mengirim paket tersebut. Tapi apa anda masih bingung bagaimana caranya?

Tidak perlu khawatir, karena artikel ini akan membahas cara kirim paket secara umum ke seluruh wilayah Indonesia juga ke luar negeri. Jadi, simak sampai tuntas untuk menemukan jawabannya.

Cara Kirim Paket

kirim paket
Sumber: pexels.com

Kini kemudahan transaksi online semakin terasa, anda dapat berbelanja secara online dan menerima paketnya dari rumah. Sebagai penjual tentu anda harus mengetahui cara kirim paket ke pelanggan anda agar barang yang dikirim sampai dengan kondisi yang baik.

Sebagai keperluan individual juga anda tetap bisa mengirimkannya. Namun jika anda belum pernah mengirimkan paket mungkin akan bingung dan terasa sedikit sulit.

Tapi sebenarnya kirim paket itu mudah. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum mengirim paket:

Everpro
  • Memastikan pengepakkan atau packaging sudah rapi. 
  • Menuliskan alamat dan detail penerima dengan benar.
  • Cek ongkir dan estimasi pengiriman terlebih dahulu untuk menentukan jasa ekspedisi yang akan anda gunakan.

Jika anda sudah menyiapkan barang yang akan dikirim, dan sudah menentukan jasa kirim paket apa yang akan digunakan, berikut langkah-langkah untuk kirim paket secara umum ke seluruh lokasi tujuan.

1. Kemas Paket Sesuai Standar

Hal yang penting anda lakukan sebelum mengirim barang adalah mengemas secara baik dan benar. Maksudnya, pastikan packaging sudah aman dan tidak rawan rusak jika bersatu atau tertumpuk barang lain. 

Misalnya, untuk barang yang rawan atau fragile anda dapat mengemas dengan melapisi bubble wrap dan melakban serapat mungkin. Untuk barang elektronik atau pecah belah anda dapat menggunakan kemasan kayu atau kardus untuk mencegah kerusakan.

Setelah barang selesai dikemas dengan rapi, tambahkan label “Pecah Belah” atau “Fragile” bisa juga “Jangan Dibalik” untuk memberi tanda agar barang dikirim dengan lebih hati-hati oleh kurir.

2. Menuliskan Informasi Penerima dan Pengirim Paket

Setelah anda yakin bahwa kemasan paket sudah aman dan rapi, selanjutnya tulis informasi mengenai penerima dan pengirim paket. Berikut format penulisannya:

  • Nama lengkap penerima, bisa juga menambahkan nama panggilannya.
  • Alamat lengkap penerima, mulai dari nama jalan, RT/RW, nomor rumah, desa/kelurahan, kecamatan, kota/kabupaten, provinsi, dan kode pos.
  • Menuliskan nomor telepon penerima. Anda harus mencantumkan nomor aktif penerima agar memudahkan kuris yang akan mengirim paketnya.
  • Tuliskan juga informasi pengirim seperti, nama dan nomor telepon.

3. Mendatangi Agen atau Kantor Cabang Terdekat

Setelah paket sudah siap untuk anda kirimkan, datanglah ke kantor agen terdekat untuk kirim paket tersebut sesuai pilihan anda sebelumnya. Ada banyak pilihan jasa kirim seperti JNE, JNT, SiCepat, Paxel, dan masih banyak lagi yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan pengiriman anda.

Untuk mengetahui lokasinya, anda dapat cek kantor agen terdekat melalui Google atau Google Maps. Dengan begitu anda akan mendapatkan rute tercepatnya, dan pastikan datang sesuai jam kerjanya ya.

4. Menyerahkan dan Membayar Biaya Kirim Paket

Setelah anda tiba di agen/kantor jasa pengiriman katakanlah anda hendak mengirim paket. Serahkan paket yang sudah anda kemas dan admin akan input data pengiriman ke sistem.

Jika anda diminta mengisi formulir pengiriman, maka isilah. Selanjutnya lakukan pembayaran sesuai tarif yang diinformasikan oleh admin tersebut. Simpan struk/resi tersebut agar anda bisa melacak kondisi paket yang sedang dalam pengiriman.

5. Cek Status Pengiriman

Ketika anda sudah mendapatkan nomor resi, maka berikan juga informasi tersebut ke penerima untuk memudahkannya dalam melacak paket. Anda juga bisa cek kondisi paket melalui layanan cek resi.

Ada banyak cara cek resi yang bisa anda lakukan, misalnya melalui website jasa kirim yang anda pilih dan bisa juga melalui fitur cek resi di Everpro. Dengan begitu anda bisa melihat kondisi terkini mengenai status pengiriman paket anda sampai barang tiba di tujuan.

Cara Kirim Paket ke Luar Negeri

kirim paket
Sumber: pexels.com

Kebutuhan mengirim barang kini tidak hanya bisa untuk pengiriman di dalam negeri, anda juga bisa mengirimkannya ke luar negeri. Sebenarnya cara kirim paket ke luar negeri sama seperti langkah diatas. Jadi anda bisa langsung mengikutinya.

Namun hal yang perlu anda perhatikan adalah menentukan jasa pengiriman paket terbaik ke luar negeri. Memang sudah banyak yang menawarkan layanan kirim paket ke luar negeri ini.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan diantaranya:

  • Memilih jasa pengiriman yang terpercaya dan sudah berpengalaman
  • Memastikan jasa pengiriman memiliki ongkir murah dengan layanan terbaik
  • Memastikan anda mendapat fasilitas pengurusan dokumen, bea cukai, dan asuransi
  • Pastikan jasa pengiriman memiliki jangkauan luas dan fasilitas tracking paket.

Tentu anda ingin mendapatkan pilihan terbaik terkait tarif dan layanannya. Berikut rekomendasi pilihan jasa kirim paket ke luar negeri paling murah dengan layanan terbaik:

  1. DHL Delivery
  2. FedEx
  3. JNE
  4. Tiki
  5. FWD Express
  6. Sicepat GO
  7. Pos Indonesia
  8. SAP Express Courier

Contoh Kirim Paket ke Luar Negeri Via Pos Indonesia

kirim paket
Sumber: google.com

Anda dapat kirim paket menggunakan Pos Indonesia dengan layanan EMS Indonesia ke 235 negara tujuan. Adapun estimasi pengirimannya yaitu H+3 sampai H+235.

Untuk memperjelas caranya dan anda mendapatkan gambaran cara kirim paket ke luar negeri, berikut contohnya:

1. Mengemas paket sesuai standar

Caranya yaitu dengan melapisi bubble wrap atau kardus. Rekat dengan menggunakan lakban agar tidak mudah lepas. Adapun ketentuan berat maksimal adalah sebagai berikut:

Dokumen: berat maksimum 2 kg. Berbentuk persegi panjang dengan ukuran minimal 90 x 140 mm (sama seperti ukuran minimal surat pos). Ukuran maksimal yaitu jumlah panjang, lebar, dan tinggi sisi-sisinya kurang dari 300 cm dan salah satu sisinya kurang dari 150 cm.

Kirim Barang EMS: berat maksimal 100 kg. Berbentuk persegi panjang dengan ukuran maksimal yaitu jumlah panjang, lebar, dan tinggi sisi-sisinya kurang dari 300 cm dan salah satu sisinya kurang dari 150 cm.

Volumetrik: diterapkan untuk kondisi berat aktual kecil (ringan), tapi ukurannya besar. Rumusnya yaitu Panjang x Lebar x Tinggi : 5000 x 1 kg = Y kg.

2. Mendatangi Lokasi Pengiriman

Saat paket sudah dikemas dengan baik dan aman, selanjutnya datangilah kantor cabang Pos Indonesia. Adapun lokasi yang menerima layanan EMS di Indonesia yaitu Jakarta Soekarno-Hatta, Batam, Medan, dan Denpasar.

3. Mengisi Formulir Pengiriman EMS Pos Indonesia

kirim paket
Sumber: google.com

Terdapat ketentuan mengisi formulir kirim paket ke luar negeri yang harus anda perhatikan, yaitu:

  • Mengisi formulir menggunakan Bahasa Inggris.
  • Seluruh kolom harus diisi dengan jelas. Meliputi, nama, alamat, dan nomor telepon penerima juga pengirim. Keterangan isi kiriman/customs harus diisi dengan detail (jenis barang, jumlah setiap jenis barang, berat setiap barang, bahan barang, nilai/harga setiap jenis barang, dan negara pembuat), selain itu mencentang kolom jenis barang (apakah barang pribadi, contoh, dokumen, atau barang dagangan).
  • Mencentang alternatif prosedur yang anda inginkan apabila kiriman tidak dapat diantar (kembali ke pengirim atau dianggap dilepaskan).
  • Menandatangani formulir pengiriman.

4. Membayar dan Meminta Nomor Resi Kirim Paket

Setelah semua formulir dan persyaratan sudah lengkap, bayarlah sesuai dengan tarif yang diberikan agar paket dapat segera dikirim. Simpan bukti pengiriman dan nomor resi yang tercantum untuk melacak kondisi pengiriman sampai ke tempat tujuan.

Demikian informasi lengkap mengenai cara kirim paket dan contohnya. Semoga artikel ini membantu dan memberi gambaran yang jelas untuk kebutuhan pengiriman anda ya.

Nantikan artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?