everpro

Kupas Tuntas Landing Page untuk Meningkatkan Penjualan, Simak!

Belum membuat landing page untuk bisnis anda? Sayang sekali! Faktanya, landing page atau halaman arahan dapat membantu meningkatkan penjualan.

Tapi, tunggu dulu… Mungkinkah anda belum mengetahuinya?

Jika belum, tidak perlu khawatir! Karena artikel kali ini akan mengupas tuntas tentang halaman arahan yang bisa meningkatkan penjualan.

Mulai dari pengertian serta manfaat, hingga jenisnya bisa anda dapatkan disini. Agar lebih memahami, anda juga bisa melihat contoh yang menarik untuk anda jadikan sebagai referensi.

Pada bagian terakhir terdapat penjelasan tentang cara membuat serta tipsnya, sehingga anda bisa langsung mempraktekannya.

Sudah siap? Yuk, langsung pelajari lebih lanjut mengenai landing page berikut ini.

Pengertian Landing Page Adalah

landing page adalah
Sumber: pexels.com

Melansir dari MailChimp, berikut adalah pengertian dari landing page:

Landing page adalah halaman web khusus atau mandiri yang dapat calon konsumen kunjungi saat mereka mengkliknya melalui email, iklan, atau lokasi digital lainnya.”

Jadi, halaman arahan atau  landing page adalah suatu halaman yang secara khusus dirancang untuk mendorong pengunjung melakukan tindakan tertentu, seperti mengisi formulir, mendaftar newsletter, maupun membeli produk atau layanan.

Biasanya halaman arahan memiliki tampilan yang sederhana dengan fokus pada satu tujuan saja. Hal ini juga bisa menjadi bagian dari campaign iklan, misalnya iklan PPC (pay-per-click), email marketing, atau campaign di media sosial.

Maka dari itu, membuat halaman arahan haruslah memiliki tujuan yang spesifik, pada waktu yang spesifik dari kampanye iklan untuk target audiens.

Baca juga: Retargeting: Strategi Efektif untuk Meningkatkan Penjualan

Perbedaan Landing Page dengan Homepage

Meski sama-sama berbentuk satu halaman, namun terdapat perbedaan karakteristik antara homepage dengan LP. 

Biasanya, homepage menyajikan informasi general dari keseluruhan bisnis. Sedangkan landing page lebih spesifik, karena desain yang khusus untuk target audiens tertentu yang sudah memiliki ketertarikan dari iklan yang mereka lihat.

Dengan membuat landing page, pengguna atau target audiens lebih berfokus pada suatu produk dan terdorong untuk melakukan transaksi melalui halaman tersebut.

Fungsi Landing Page

landing page
Sumber: pexels.com

Secara garis besar, terdapat dua fungsi landing page, yaitu sebagai sarana mengumpulkan data leads atau konsumen potensial. Sementara yang kedua adalah untuk mendorong terjadinya transaksi atau pembelian.

Lebih lanjut, berikut adalah beberapa fungsi lainnya dari landing page:

  • Mengkonversi Pengunjung Menjadi Pelanggan

Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahwa tujuan utama dari landing page adalah untuk melakukan konversi pengunjung menjadi leads (prospek yang berpotensi) atau pelanggan. 

Dengan CTA (call-to-action) yang jelas dan menarik, mendorong pengunjung untuk mengisi formulir di halaman tersebut, bahkan hingga melakukan transaksi.

  • Meningkatkan Relevansi dan Targeting

Membuat halaman arahan yang sesuai dengan iklan atau campaign tertentu dapat membantu meningkatkan relevansi serta targeting.

Tentunya hal ini juga membuat campaign iklan menjadi lebih efektif, karena pengunjung yang memiliki kriteria sesuai target akan lebih tertarik untuk melakukan tindakan yang anda inginkan.

  • Mengukur Performa Kampanye Iklan

Fungsi lainnya adalah dapat membantu dalam mengukur kinerja suatu campaign pemasaran. 

Dengan mengevaluasi jumlah konversi atau tindakan yang pengunjung ambil di halaman arahan, maka dapat mengetahui seberapa efektif kampanye pemasaran tersebut. Selanjutnya, anda bisa membuat perbaikan serta meningkatkan strategi dan konsep pemasaran.

  • Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Adanya testimoni atau ulasan pelanggan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen potensial untuk melakukan transaksi.

Dengan mencantumkan testimoni pada halaman arahan, anda dapat meyakinkan pengunjung terkait kualitas produk atau layanan bisnis. 

  • Meminimalisir Biaya Iklan

Pembuatan landing page yang efektif, dapat mengurangi biaya iklan. Pasalnya, halaman arahan yang memiliki tingkat konversi tinggi, dapat menutupi pengeluaran dari biaya iklan. 

Maka dari itu, membuat LP yang jelas dan menarik tentu akan mendorong terjadinya lebih banyak konversi.

  • Menjaga Fokus Pengunjung

Merancang landing page yang baik juga dapat membantu menjaga fokus pengunjung sesuai dengan tujuan yang anda inginkan. 

Dengan meminimalisir distraksi serta penawaran yang jelas dan menarik, tentu membuat halaman arahan tersebut dapat mendorong pengunjung untuk melakukan tindakan sesuai keinginan.

Jenis Landing Page

landing page
Sumber: pexels.com

Pada dasarnya, jenis landing page terbagi dalam dua kategori, yaitu lead generation dan click-through. Secara singkat berikut adalah penjelasan keduanya:

Lead Generation memiliki fungsi untuk memperoleh data calon konsumen (lead). Umumnya, data tersebut berisi nama serta alamat email. Kemudian data tersebut akan tersimpan untuk menjaga hubungan dengan konsumen potensial.

Sementara, click-through adalah jenis landing page yang biasanya terdapat dalam e-commerce atau untuk model marketing B2C. Pada jenis ini akan mendorong pengunjung untuk segera melakukan pembelian di situs web, dengan hanya memberikan satu tombol CTA.

Contoh Landing Page

contoh LP
Sumber: pexels.com

Setelah mengetahui pengertian serta fungsi dari landing page, tentu anda memahami bahwa banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dengan membuat halaman khusus ini.

Pada dasarnya, tentukan terlebih dahulu tujuan dari pembuatan halaman arahan, apakah untuk mengumpulkan data leads atau mendorong transaksi.

Maka dari itu, perlu membuat landing page menarik yang memiliki komponen sebagai berikut seperti dilansir dari Unbounce:

  • Unique Selling/Story Point (USP)
  • Conviction berupa testimoni atau social proof
  • Manfaat produk atau layanan
  • Conversion goal atau CTA
  • Gambar atau video utama

Agar memiliki gambaran bagaimana landing page yang menarik dan sukses, melansir daari Hubspot, berikut beberapa contoh landing page terbaik:

Contoh Landing Page Talkspace 

contoh landing page
Sumber: blog.hubspot.com

Talkspace adalah layanan terapi secara online, kepercayaan menjadi kunci utama yang harus calon konsumen bisa rasakan saat mengunjungi landing page.

Dengan apik, Talkspace mampu menyajikan informasi yang dapat membuat calon konsumen percaya dengan apa yang mereka tawarkan. Berikut adalah poin penting mengapa Talkspace merupakan contoh landing page yang bagus:

  • Dapat membangun kepercayaan dengan menyematkan logo HIPAA compliance yang menandakan bahwa sesi terapi terjamin keamanannya.
  • Menyajikan bukti sekaligus benefit dalam kalimat ajakan, yaitu “Bergabung dengan lebih dari 1 juta orang yang telah meningkatkan hidupnya bersama kami.”
  • Menyajikan nilai tambah dengan tersedianya artikel dan sumber-sumber terkait kesehatan mental pada halaman tersebut.

Webflow

contoh LP
Sumber: blog.hubspot.com

Contoh landing page terbaik lainnya berasal dari Webflow yang merupakan tool desain untuk para web developer. Beberapa faktor yang membuat LP dari Webflow ini menarik adalah:

  • Lebih banyak menampilkan daripada hanya memberitahukan. Dengan menyajikan penggunaan Webflow dapat membuat konsumen potensial menjadi lebih memahami apa yang mereka bisa dapatkan.
  • Pada beberapa bagian di halaman arahan tersebut, pengunjung diingatkan bahwa layanan tersebut gratis. Tidak ada uji coba, sehingga bisa memutuskan setelah membangun situs apakah akan mendaftar suatu paket atau tidak.

Baca juga: Campaign Adalah: Definisi, Fungsi, Jenis, Hingga Contohnya Ada Disini!

Tips Cara Membuat Landing Page

landing page
Sumber: pexels.com

Berikut adalah cara membuat landing page yang baik agar bisa mencapai tujuan:

  • Fokus pada Satu Tujuan

Agar landing page efektif, maka fokuslah pada satu tujuan saja. Jangan mencoba mempromosikan banyak produk atau layanan pada satu halaman, karena akan membuat pengunjung menjadi bingung.

Tentukan tujuan utama dan fokus pada tujuan tersebut.

  • Buatlah Visual yang Menarik

Hal pertama yang dapat memikat pengunjung adalah visual yang menarik. Dengan tampilan yang profesional dan menarik membuat pengunjung betah membaca lebih lanjut apa yang terdapat di halaman tersebut.

Pastikan desain serta penempatan atau layout di halaman sesuai dan terlihat profesional menyesuaikan dengan brand anda.

  • Menggunakan Headline yang Deskriptif dan Menarik

Selain visual, headline juga menjadi hal yang mencolok dan dapat memikat calon konsumen. Gunakan headline yang cukup singkat, deskriptif, dan menarik. 

Anda bisa mencantumkan USP dalam headline sehingga dapat mempertahankan perhatian pengunjung untuk membaca deskripsi lebih lanjut.

  • Buat CTA yang Jelas

Tindakan panggilan atau call-to-action (CTA) juga merupakan elemen penting dalam landing page. Karena dari sinilah anda akan mendapatkan konversi. 

Pastikan bahwa tombol CTA terlihat menonjol serta gunakan teks yang menyatakan tindakan yang anda inginkan, seperti “Daftar Sekarang” atau “Beli Disini”

  • Tambahkan Testimoni

Dengan mencantumkan social proof atau testimoni pada landing page dapat membangun kepercayaan pengunjung. 

Pengunjung menjadi lebih yakin bahwa produk atau layanan yang anda tawarkan layak dibeli. 

  • Jangan Meminta Terlalu Banyak Informasi

Hal penting lainnya adalah jangan meminta terlalu banyak informasi dari pengunjung. Pastikan anda hanya meminta informasi yang relevan, seperti email dan nama.

Karena jika meminta terlalu banyak informasi, membuat prospek menjadi tidak nyaman dan merasa terintimidasi.

  • Lakukan Uji Coba

Tips lainnya adalah pastikan untuk selalu melakukan uji coba pada landing page. Hal ini dapat membantu anda untuk mengetahui apa desain serta konten pada halaman tersebut efektif untuk mendorong konversi.

Itulah penjelasan mengenai landing page yang dapat meningkatkan transaksi bisnis anda. Setelah mendesain halaman arahan jangan lupa sematkan link pada kampanye iklan bisnis anda di media sosial, seperti Facebook.

Agar iklan di Facebook memberikan hasil yang optimal dan lebih banyak pengunjung di landing page, gunakan layanan Facebook Ads Support Everpro yang bisa memberikan berbagai manfaat seperti:

  • Edukasi Facebook Ads
  • Kemudahan Scale Up Iklan
  • Transaksi Terjamin Aman
  • Top Up Saldo Akun FB Lebih Praktis
  • Bisa Mendapat Akses FB Ads dengan minimal top up cuma Rp500.000. GRATIS semua biaya* sampai akumulasi top up mencapai Rp15.000.000

Siap beraksi untuk tingkatkan transaksi? Yuk, gabung dan rasakan manfaat dari Facebook Ads Support Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya