Sederet Tips Jualan Online di Lazada Agar Cepat Laku

lazada

Ingin dapat untung dengan berjualan di Lazada? Simak artikel ini yang akan membahas tips sukses jualan di Lazada Indonesia.

Semakin mudahnya kegiatan transaksi online menjadi salah satu dampak positif dari internet. Anda dapat dengan mudah berbelanja dari mana saja dan kapan saja.

Indonesia menjadi salah satu negara yang masyarakatnya memiliki minat tinggi dalam belanja online. Melansir keterangan dari Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan bahwa “Lebih dari 74% konsumen di indonesia memilih berbelanja secara online”.

Tentu hal ini menjadi alasan semakin berkembangnya platform belanja online di Indonesia. Kini sudah banyak tersedia marketplace sebagai platform belanja yang bisa anda pilih. Salah satunya adalah Lazada. 

Berdasarkan keterangan mengenai tingginya minat belanja online, tentu berjualan di Lazada online bisa menjadi peluang anda untuk mendapatkan cuan. Karena, Lazada ID menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia.

Penasaran bagaimana cara mendapatkan cuan dengan berjualan di toko Lazada? Baca lebih lanjut artikel ini.

Tentang Lazada Indonesia

lazada
Sumber: google.com

Lazada adalah perusahaan swasta yang berasal dari Singapura, didirikan oleh Rocket Internet pada tahun 2011. Website Lazada pada tahun 2012 telah launching di beberapa negara Asia yaitu Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Lazada pada Maret 2016 mengklaim sebagai marketplace terbesar, karena mencatat total senilai USD 1,36 miliar tahunan di enam pasar di Asia. Saat ini Lazada juga menempati posisi ketiga marketplace terbesar di Indonesia, dengan rata-rata kunjungan per bulan sekitar 132,77 juta.

Selain melalui Lazada web, anda juga dapat mengakses platform ini melalui aplikasi di smartphone android maupun IOS. Dengan begitu anda bisa lebih mudah menikmati Lazada shopping.

Everpro

Platform ini menjadi pusat belanja online yang menawarkan berbagai produk mulai dari fashion, peralatan elektronik, peralatan rumah tangga, kesehatan, otomotif, dan sebagainya. Semua itu bisa anda dapatkan melalui satu aplikasi.

Karena besarnya peluang, berjualan di toko Lazada menjadi cara yang baik untuk anda mendapatkan untung. Tapi apa sebenarnya kelebihan Lazada dibandingkan dengan marketplace lainnya? 

Berikut penjelasannya.

Baca juga: Mau Banjir Rupiah Dari Jualan Online? Yuk, Simak!

Kelebihan Berjualan di Lazada ID

lazada
Sumber: pexels.com

1. Memiliki Basis Pengguna yang Besar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa Lazada merupakan marketplace dengan pengguna terbesar ketiga di Indonesia. Sudah jelas bahwa Lazada online shopping memiliki basis pengguna yang besar.

Hal ini tentu bermanfaat untuk besarnya potensi penjualan yang bisa anda dapatkan. Dengan strategi pemasaran yang tepat, akan mendatangkan keuntungan yang berlipat apapun produk yang anda jual.

2. Memiliki Fitur Seller Center

Tersedianya fitur-fitur di Lazada memudahkan para penjual untuk melakukan aktivitas berjualan dari mana dan kapan saja. Salah satunya yaitu adanya fitur Seller Center.

Dalam fitur ini anda dapat memiliki kemudahan dalam mengatur pemesanan, mengatur data dan inventory, mendapat laporan dan analisa real-time, serta push notification.

3. Mendapatkan Bantuan Pengiriman In-House

Anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki gudang, karena tersedia fasilitas penyimpanan stok persediaan barang dagang dengan harga sewa yang terjangkau. 

4. Memiliki Program Seller Rewards

Dalam mengapresiasi para penjual yang mendagangkan produknya melalui toko Lazada, telah diadakannya program Seller Rewards. Bentuknya yaitu pemeringkatan terhadap seller oleh konsumen, dengan ini anda mendapatkan tampilan produk yang lebih baik.

Dari program ini, penjual dengan peringkat tinggi akan mendapatkan perpanjangan akses atas layanan pengiriman, partisipasi dalam campaign, subsidi harga, dan perpanjangan akses ke program yang anda inginkan yaitu seller premium atau prioritas.

Cara Berjualan di Toko Lazada

lazada
Sumber: google.com

Dari sekian keuntungan yang bisa anda dapatkan, tentu bisa menjadi alasan untuk anda memulai usaha dengan membuka toko di Lazada. Berikut langkah-langkahnya:

1. Mendaftarkan Toko Anda di Lazada

Hal yang pertama harus anda lakukan adalah melakukan pendaftaran akun. Siapkan dokumen seperti scan KTP atau Surat Izin Bisnis, dan scan rekening buku tabungan atau rekening koran terlebih dahulu.

Selanjutnya anda masuk ke website Lazada yaitu: lazada.co.id. Kemudian klik “Daftar” dan ikuti proses pendaftaran sampai selesai.

2. Menandatangani Kontrak

Setelah melakukan proses pendaftaran anda harus menandatangani kontrak sebagai bentuk kerjasama antara toko anda dan pihak Lazada. Jangan lupa, perhatikan poin-poin yang terkandung dalam kesepakatan sebelum menandatanganinya ya.

3. Mengunggah Foto Produk

Jika proses daftar dan tanda tangan selesai anda selangkah lebih dekat untuk bisa berjualan di Lazada shopping. Tentu untuk dapat menjual produk harus ada foto yang anda unggah ke platform ini.

Siapkan foto-foto produk anda dan pastikan foto tersebut tampak dengan jelas. Anda juga bisa mengedit sebelum mengunggah agar lebih menarik.

Berikutnya anda tinggal mengunggah sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh pihak Lazada, dan berikan deskripsi terkait produk tersebut.

4. Mulailah Berjualan

Saat semua proses sebelumnya sudah berhasil anda lakukan, kini toko anda sudah siap berjualan. Tunggulah sampai mendapat pembeli.

Mungkin awalnya terasa sedikit sulit karena tidak langsung mendapatkan pembeli, tapi anda tidak perlu khawatir karena ini hal yang wajar.

Anda bisa mencoba mempromosikan di media sosial juga melalui keluarga dan teman anda agar toko anda lebih diketahui.

Tips Meningkatkan Penjualan di Lazada Online

lazada
Sumber: freepik.com

Saat memulai berjualan di Lazada shopping mungkin terasa sulit karena lama mendapatkan pembeli dan persaingan yang ketat dari banyaknya toko lain di platform ini. 

Berikut tips yang bisa anda lakukan agar dapat meningkatkan penjualan produk anda.

1. Mengoptimasi Lazada Melalui Fitur Customer Engagement Management (CEM)

Fitur ini merupakan fitur premium terbaru untuk mempermudah para penjual berinteraksi dengan pembelinya. Melalui fitur ini anda dapat menjadwalkan kirim pesan otomatis hingga membuat grup khusus untuk segmentasi konsumen.

Dengan begitu anda dapat mengoptimalkan strategi penjualan agar lebih berpotensi mendapatkan untung.

2. Melakukan Promosi

Seperti hal umum lainnya dalam berjualan, promosi menjadi strategi yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan penjualan anda. Dengan ini anda dapat menarik minat calon konsumen karena tergiur dengan promosi yang anda tawarkan.

Terdapat juga fitur promosi yang bisa anda gunakan seperi: Gratis ongkir, Flexi Combo, Voucher Penjualan, Bundles, dan sebagainya.

3. Tingkatkan Rating dan Ulasan

Toko anda akan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi bila sudah masuk kategori bintang 4 dan 5. Untuk meningkatkannya ada tiga cara optimasi yang bisa anda lakukan, yaitu Remind, Reward, dan Respond.

  • Remind: cara ini yaitu dengan mengingatkan kembali konsumen yang telah membeli produk anda untuk memberi ulasan maksimal 30 hari setelah waktu pembelian.
  • Reward: anda dapat mengapresiasi pelanggan dengan memberikan diskon khusus atau voucher pembelian produk, agar meningkatkan loyalitas dan ulasan yang bagus dari mereka.
  • Respond: anda dapat memberitahukan kepada konsumen yang membeli produk, bahwa setiap ulasan akan diterima dengan baik. Berilah komentar pada setiap ulasan yang diberikan.

4. Usahakan Selalu Fast Response

Agar pelanggan merasa puas dan melakukan pembelian lagi adalah dengan memberikan pelayanan yang baik. Salah satunya adalah dengan memberikan respon cepat atas pertanyaan atau request yang mereka lakukan.

Ketika pelanggan memberikan keluhan terkait produk atau toko anda, jangan menghindar begitu saja. Berilah respon yang baik agar konsumen juga merasa anda bertanggung jawab.

5. Memiliki Jasa Pengiriman Bervariasi

Salah satu hal yang diperhatikan oleh pembeli adalah biaya pengiriman dan estimasi sampai. Dengan banyaknya pilihan ekspedisi yang anda tawarkan, akan memberi keleluasaan kepada pembeli untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhannya.

Jadi itulah mengenai cara jualan di Lazada ID dan sederet tips yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan penjualan anda. Dengan ketekunan produk yang anda jual bisa menjadi laku keras.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Simak artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?