everpro

Merek Air Mineral Terbaik Favorit Masyarakat Indonesia

Ingin tahu merek air mineral terbaik favorit masyarakat Indonesia? Simak artikel ini untuk mengetahui jawabannya!

Air mineral kemasan adalah produk yang mudah ditemukan di mana saja, mulai dari supermarket, hotel, tempat makan, tempat wisata, hingga toko kelontong kecil di berbagai pelosok.

Ada berbagai macam merek air mineral kemasan yang beredar di pasaran, dengan kandungan mineral, rasa, serta strategi promosi yang berbeda-beda.

Berdasarkan survei data goodstats.id, ada 7 merek air mineral terbaik yang menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Artikel ini akan mencoba menganalisis mengapa beberapa air mineral tersebut bisa sukses menjadi favorit masyarakat.

Baca Juga : 10 Contoh Iklan Produk Minuman, Bisa Jadi Referensi Nih!

Usaha Air Mineral di Indonesia

Industri air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia telah mengalami perkembangan yang pesat dalam beberapa dekade terakhir.

Hal ini didorong oleh beberapa faktor, antara lain, peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan.

Perkembangan teknologi yang memungkinkan pengolahan air mineral menjadi lebih efisien dan higienis. Serta meningkatnya daya beli masyarakat Indonesia.

Dikutip berdasarkan data dari Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan Indonesia (Aspadin), produksi AMDK di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 35,5 miliar liter, meningkat 8,4% dari tahun sebelumnya. 

Peningkatan produksi dan penjualan AMDK ini didorong oleh meningkatnya permintaan dari berbagai kalangan, mulai dari rumah tangga, restoran, hingga industri.

Hal ini menunjukkan bahwa AMDK telah menjadi bagian yang penting dari kehidupan masyarakat Indonesia.

Merek Air Mineral Terbaik Favorit di Pasaran 

Berikut ini adalah beberapa merek air mineral yang ada di pasaran, mulai dari yang harganya ekonomis sampai yang cukup price.

Lalu proses produksi dan pengemasan yang sudah teruji secara klinis dan bersertifikat BPOM dan Halal.

1. Aqua

merek air mineral
Sumber. Google.com/bersosial

Aqua adalah merek air minum terbaik di Indonesia yang telah menjadi top of mind masyarakat Indonesia. Sehingga possible produk air kemasan ini menduduki peringkat pertama sebesar 74,9 %.

Merek ini merupakan pelopor air kemasan yang berasal dari sumber mata air terpilih dengan berbagai kemurnian dan kandungan mineral alami.

Proses pembuatan Aqua higienis karena melalui lima tahapan tes geologi serta hidrologi untuk memastikan kualitas air mineral produk ini. 

2. Le Minerale

merek air mineral
Sumber. Google.com/bersosial

Le Minerale menduduki peringkat kedua dengan perolehan sebesar 62,1%,  yang merupakan produksi PT Mayora dan diolah dari sumber mata air pegunungan.

Strategi promosi dengan rasa segar dan ada manis-manisnya langsung jadi favorit masyarakat, mengalahkan kompetitor.

Kandungan air mineralnya ini pun sangat beragam, yaitu Magnesium (Mg+) yang membantu proses pencernaan protein, Kalsium (Ca+) yang menjaga ketahanan tulang dan gigi, serta Sodium (Na+) untuk mengatur keseimbangan tubuh.

3. Nestle Pure Life

Nestle Pure Life menduduki peringkat ketiga dengan 23,6%, yang secara kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi dengan melewati 12 tahapan proses air yang ketat dan telah teruji di pusat lab Nestle di Prancis.

Setelah berhasil melewati 12 proses tadi, air mineral ini  tidak mengandung zat berbau ataupun bakteri yang membahayakan masalah pencernaan.

Nestle Pure Life juga telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Paroduk ini mungkin lebih banyak digunakan oleh masyarakat kelas menengah sampai keatas karena salah satu produk FMCG terkenal.

4. Vit Air Mineral

merek air mineral
Sumber. Google.com/bersosial

Vit menduduki peringkat keempat dengan 21,6%,  air mineral produk Indonesia ini  telah memenuhi standar ISO 9001 dan SNI 01-3553-2006-AMDK yang bisa dilihat pada kemasannya.

Hal ini dibuktikan dengan hasil uji kimia, fisika, dan mikrobiologi yang telah dilakukan. Selain itu, Vit juga menerapkan standar HACCP di semua pabriknya untuk meningkatkan jaminan keamanan air minum yang diproduksi.

Sebelum masuk produksi, air Vit difiltrasi secara terkontrol untuk menjadikannya lebih bersih. Vit Air Mineral juga telah di ozonisasi untuk menghilangkan bakteri.

5. Crystalline

Air mineral kemasan merek Crystalline menempati posisi kelima dengan perolehan suara 17,3%. Crystalline diproduksi oleh PT Tirta Maharani dan berasal dari sumber mata air pegunungan di pegunungan Slamet, Jawa Tengah.

Merek ini menjadi familiar di kalangan masyarakat karena beberapa influencer seperti Tasyi Athasyia yang mempromosikan lewat konten daily vlog di youtube.

Crystalline memiliki kualitas yang terjamin dan telah teruji secara laboratorium. Air mineral ini juga mengandung mineral yang bermanfaat bagi tubuh, seperti kalsium, magnesium, dan kalium.

6. Cleo Oxygenated Water 

merek air mineral
Sumber. Google.com/bersosial

Cleo Oxygenated Water menduduki peringkat keenam sebesar 17,2% sebagai salah satu merek air mineral terfavorit di Indonesia. Produk ini menggunakan teknologi Oxygen Enhanced Combustion Technology dari Amerika Serikat untuk mengikat atom oksigen ke dalam air sehingga tidak lagi berbentuk gas.

Proses ini menjadikan air mineral Cleo lebih kaya akan oksigen dan memiliki berbagai manfaat, seperti memperbesar absorbsi vitamin dan nutrisi, mencegah stres, meningkatkan sistem imun, hingga mengurangi bahan beracun di dalam darah.

Untuk merek ini pun tidak jauh berbeda dengan merek sebelumnya yaitu produk yang kembali familiar dan dipertimbangkan oleh masyarakat.

Hal ini bisa jadi karena strategi promosi lewat konten dari Brand Ambassador Denny Sumargo yang memang sedang hype sehingga bisa memenangkan pasar.

7. Ades

Air mineral Ades menduduki peringkat ketujuh dengan perolehan 15,3%. Air mineral ini diproduksi oleh PT Coca-Cola Bottling Indonesia dan PT Akasha Wira International.

Merek air kemasan ini awalnya dikenal karena strategi promosinya yang mengajak konsumen untuk meremukkan botol sebagai ajakan untuk menjaga lingkungan.

Meskipun saat ini sudah jarang melihat iklan tapi image produknya  masih tetap teringat sebagai air mineral kemasan yang ramah lingkungan di masyarakat.

Strategi ini sukses melekat di pikiran masyarakat karena botol yang diremukkan memberikan lebih banyak ruang sehingga mengurangi volume sampah.

Baca Juga : Deskripsi Produk Adalah: Pengertian, Manfaat, Tips Membuatnya

8. Eternal Plus (E+)

Air Kemasan
Sumber. Google.com/bersosial

Eternal Plus E+ adalah air mineral murni dengan kandungan mineral alami dari pegunungan yang baik untuk mendetoks tubuh.

Proses pembuatan dan pengemasannya steril tanpa sentuhan manusia, memenuhi standar WHO, dan bebas dari kandungan berbahaya.

Eternal Plus E+ memiliki pH 8+ alami yang kaya akan kebaikan dari alam, seperti kalsium, magnesium, kalium, dan mineral lainnya.

Secara kemasan produk ini memiliki desain yang paling sederhana dan clear tidak seperti kemasan lainnya dan harganya juga yang cukup price dan juga produk hanya ada di beberapa tempat seperti indomaret dan alfamart.

9. Pristine 8+

Pristine 8+ adalah air mineral alkali yang diproses dengan teknologi Jepang. Teknologi ini menghasilkan air dengan pH 8.3-8.5 yang mampu menetralkan asam dalam tubuh.

Selain itu, Pristine 8+ juga memiliki molekul air yang kecil, sehingga mudah diserap oleh tubuh. Air mineral ini memiliki berbagai manfaat, seperti menjaga kesehatan tubuh, mengecilkan pori, dan membantu menghilangkan jerawat dan flek.

Namun, produk ini mungkin belum familiar di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya di kalangan menengah dan bawah.

Hal ini disebabkan oleh promosinya yang masih kurang melekat di pikiran masyarakat, harganya yang relatif tinggi, dan ketersediaannya yang terbatas di beberapa tempat saja.

10. Oxygenated Drinking Water

Air Super O2 Oxygenated Drinking Water adalah air mineral yang ditambahkan oksigen. Oksigen inilah yang menjadi struktur molekul terbanyak dalam air olahan tersebut.

Air Super O2 Oxygenated Drinking Water memiliki kadar oksigen 12 kali lebih banyak dari air mineral biasa.

Kadar oksigen yang tinggi dapat meningkatkan tingkat penyebaran oksigen ke seluruh tubuh.

Air oksigen juga mengandung ion utama yang dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang saat beraktivitas atau berkeringat.

Mungkin produk ini adalah yang paling jarang akan ditemukan karena hanya ada di supermarket saja. 

Diantara 10 produk air mineral terbaik ini ada 7 yang bisa memenangkan hati pembeli. Ini karena strategi promosi dan juga proses produk manajemen yang baik.

Oleh sebab itu Jika kamu ingin mempunyai usaha yang sukses gunakan strategi promosi yang benar. 

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa membaca artikel tentang bisnis, shipping dan lainnya di blog Everpro.id  dan bagikan artikel ini kepada teman-teman ke teman-teman Kamu.  

Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya