everpro

Ini Kumpulan Ide Nama Domain dan Penjelasan Lengkapnya!

Generator Nama Domain

Temukan nama domain yang cocok untuk usahamu disini!

Powered by DesignBro

Kamu ingin membuat website tapi belum kepikiran nama domain yang cocok? Simak artikel ini untuk mengetahui ide dan rekomendasi serta penjelasan lengkap terkait nama domain!

Domain sangat penting dalam pembuatan sebuah website. Nah, pada artikel ini kami akan membahas secara mendalam terkait domain mulai dari ide nama domain, contoh nama domain dan pengertiannya.

Buat kamu yang sedang membuat website tapi masih bingung dengan konsep domain, kamu tidak boleh ketinggalan informasi yang kami berikan di bawah ini!

Baca juga: Anda Kerja SEO? Wajib Tahu Domain Authority Page Authority

Apa itu Domain

nama domain
Sumber: pexels.com

Domain merupakan salah satu istilah yang digunakan dalam pembuatan website. Melansir dari Cloudflare, nama domain merupakan serangkaian teks yang dipetakan ke alamat IP alfanumerik.

Teks ini nantinya berguna untuk mengakses situs web dari perangkat lunak klien. Secara sederhana, nama domain merupakan teks yang diketik pengguna di jendela browser untuk mengakses situs web tertentu.

Misalnya, nama domain untuk Google adalah “google.com”. Namun, sebenarnya alamat sebenarnya dari sebuah situs web adalah alamat IP numerik yang kompleks (misalnya 192.0.2.2).

Karena adanya DNS, pengguna dapat memasukkan nama domain yang mudah untuk manusia dan setelah itu mereka akan di arahkan ke website yang mereka cari. Proses ini bernama pencarian DNS.

Komponen pada Domain

Domain umumnya memiliki dua atau 3 bagian yang dipisahkan oleh tanda dot (.). Ketika pengguna baca sebuah domain dari kanan ke kiri, maka domain tersebut akan berurutan mulai dari yang paling umum ke yang paling spesifik.

Bagian di sebelah kanan yang merupakan sebuah titik (dot) terakhir pada domain merupakan domain tingkat atas (TLD). Ini meliputi TLD generik seperti .com, .net dan .org, serta TLD khusus negara seperti .uk, id, .jp.

Kemudian di sebelah kirinya ada domain tingkat kedua (2LD) dan jika ada di sebelah kiri 2LD akan disebut sebagai domain ketiga (3LD). Berikut adalah contoh dari domain:

Google Indonesia
‘google.co.id’

‘com’ adalah TLD (paling umum)
‘.co’ adalah domain tingkat kedua (2LD)
‘google’ adalah 3LD (paling spesifik)

Pada contoh di atas 2LD menunjukkan jenis organisasi yang mendaftarkan domain (.co di Indonesia adalah situs yang didaftarkan oleh perusahaan).

Contoh nama domain yang digunakan untuk organisasi militer adalah tnial.mil.id dan juga contoh nama domain yang digunakan untuk pemerintahan adalah dengan menggunakan ekstensi go.id.

Fungsi Nama Domain

Mengutip dari Study, ada beberapa tujuan dan manfaat dari domain web yang meliputi:

  • Biasanya digunakan untuk sebuah website atau sebuah akun email.
  • Dapat membantu orang untuk lebih mudah mengingat alamat website, sehingga menarik pengunjung ke website.
  • Berguna sebagai sebuah link kepada pemilik sumber daya online tersebut. Domain yang dimasukkan ke dalam alamat web hanya akan mengembalikan informasi seputar situs web domain tersebut.
  • Dapat berguna untuk melacak lokasi fisik dari pengguna, hal ini karena domain berhubungan dengan IP adress.

Baca juga: Domain Hosting Server: Inilah Pengertian dan Fungsinya

Ide dan Referensi Nama Domain

nama domain
Sumber: pexels.com

Setelah sebelumnya kita membahas domain secara lengkap, pastinya kamu sudah mengetahui jika memilih domain tidak boleh sembarangan.

Oleh sebab itu, pada poin ini kami akan memberikan beberapa ide dan referensi yang bisa kamu gunakan untuk nama sebuah domain. Tidak perlu bingung lagi! Yuk, simak daftar lengkapnya di bawah ini:

  1. KilauKuantum.com
  2. ZenGadgetHub.com
  3. AeroHarmoni.com
  4. PixelPioneer.net
  5. SuryaSeni.com
  6. EcoInovasiHub.com
  7. AquaFiesta.com
  8. BioCraftersLab.com
  9. NeuroVistaTech.com
  10. StellarPabrikTeh.com
  11. RoboNektar.com
  12. LunaAnyaman.com
  13. TerraTechMingle.com
  14.  BeyondByteForge.com
  15. NovaFlicks.com
  16. HarmonyEthical.com
  17. VirtuosoSync.com
  18. BioPelabuhan.co.id
  19. SparkForgeNetwork.com
  20. KuantumQuasar.co.id
  21. NebulaDorong.com
  22. SolarBurst.com
  23. EcoSculptureLab.com
  24. PixelPulseTech.com
  25. NeuroNectarHub.com
  26. AquaQuotient.com
  27. BioBlendForge.com
  28. LunaLynx.com
  29. NovaNucleus.com
  30. VirtuosoVista.com
  31. NebulaNest.com
  32. AquaAlchemy.com
  33. TechVistaHub.com
  34. QuantumPulsa.net
  35. CodeCatalyst.com
  36. StellaInovate.com
  37. InnovateSparkle.com
  38. NovaNexusHub.com
  39. ByteBreezeTech.com
  40. TechTideHub.com
  41. OrbitalCrafters.com
  42. InfinitiHarmony.com
  43. SparkSynthesis.com
  44. InfinitiInnovate.com
  45. QuantumQuillTeh.com
  46. NovaNudgeHub.com
  47. TechTribeHub.com
  48. EchoSphereNet.com
  49. CyberEchoTech.com
  50. FutureFlare.com

Tips Cara Memilih Nama Domain Terbaik

nama domain
Sumber: pexels.com

Memilih nama domain merupakan hal yang sangat penting dalam pembuatan website, oleh sebab itu kami akan memberikan beberapa tips penting yang bisa membantu kamu.

Kami sudah merangkum beberapa tips yang berguna dalam proses pemilihan domain untuk website atau bisnis. Yuk, simak daftar lengkapnya di bawah ini:

1. Unik dan Relevan dengan Brand dan Bisnis

Tips pertama adalah dengan memilih nama domain yang unik. Nama yang unik tidak hanya bisa membantu website yang kamu buat jadi menonjol, lebih jauh lagi nama yang unik bahkan bisa meningkatkan pemasaran kamu dan membantu membangun brand kamu.

2. Memilih TLD Extensions dengan Hati-hati

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya jika TLD merupakan salah satu ekstensi yang penting pada komponen website. Contoh TLD adalah seperti .com, .org. and .net.

Di antara semua TLD, .com merupakan yang paling populer. Kamu harus memilih ekstensi ini secara baik dan relevan dengan bisnis yang kamu jalani.

3. Memasukkan Kata Kunci yang Kamu Targetkan

Tips selanjutnya kamu harus memasukkan kata kunci yang kamu targetkan. Hal ini berguna agar calon kustomer kamu dapat menemukan website kamu di Google Search.

Pilihlah keywords yang relevan dengan website dan menargetkan kepada audiens bisnis kamu. Jika kamu merasa kesulitan, kamu bisa menggunakan tools pencari keywords.

4. Pastikan Domain dapat Dieja dan Diucapkan

Kamu juga harus memperhatikan domain yang mudah dieja dan diucapkan. Domain tidak hanya harus estetik, pemilihan nama yang mudah diingat juga menjadi hal yang harus kamu perhatikan.

5. Menggunakan Domain yang Pendek

Mengapa demikian? Karena ini menjadi penting karena saat ini semakin banyak orang yang melakukan browsing melalui perangkat mobile. Dengan memilih domain yang pendek, maka dapat meminimalisir terjadinya blindsided karena auto correction pada pengguna.

Dengan demikian, memilih nama domain yang tepat memegang peranan krusial dalam membangun identitas sebuah brand dan bisnis online. 

Pastikan kamu mempertimbangkan aspek kreatifitas, relevansi dan daya ingat kepada para pengguna agar website kamu dapat mencerminkan bisnis atau brand yang kamu jalani.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang masih bingung konsep domain dan sedang mencari inspirasi nama domain yang cocok untuk bisnis kamu.

Share artikel ini di media sosial kamu dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di blog Everpro.id!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya