everpro

Ini Dia! On Process Artinya Dalam Jasa Pengiriman

on process

Sering melihat kata ‘on proses’ dalam berbagai kondisi? On process artinya apa sih? Yuk, simak penjelasan on process berikut ini.

Dalam kegiatan mengirimkan barang, tentu terdapat berbagai prosedur atau tahapan agar barang sampai ke lokasi penerima.

Untuk menjelaskan suatu kondisi atau prosedur tersebut, biasanya menggunakan istilah untuk menyederhanakannya. Contohnya adalah istilah on proses.

Istilah ini sering tercantum pada status pengiriman. Lalu, apa arti on process? Dalam kondisi seperti apa istilah ini muncul?

Simak pembahasan arti on proses berikut ini sampai selesai ya.

Pengertian On Process Adalah?

on process
Sumber: pexels.com

Istilah ini merupakan bentuk kata dalam bahasa asing. Maka, untuk mengetahui artinya adalah dengan menerjemahkan bahasa ini.

Menurut hasil terjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, on process artinya sedang dalam proses. Kata ini menggambarkan suatu kondisi yang sedang berjalan.

Berdasarkan KBBI, kata proses memiliki arti runtutan perubahan (peristiwa) dalam perkembangan sesuatu.

Arti on proses yang mengacu pada kata memproses adalah menyediakan (membuat, menyempurnakan, dan lain sebagainya) barang melalui berbagai proses.

Everpro

Baca juga: Apa Itu Consignee? Inilah Penjelasannya Dalam Kamus Bisnis

On Process Artinya Dalam Jasa Pengiriman

on process
Sumber: pexels.com

Dengan memahami arti kata ini secara bahasa maka akan lebih mudah mengartikannya dalam konteks jasa pengiriman barang.

Dalam layanan pengiriman barang, arti dari on process adalah barang masih berada dalam proses pengiriman ke lokasi tujuan.

Lebih rinci lagi, istilah ini merupakan suatu informasi untuk mengetahui posisi paket atau barang kiriman yaitu masih dalam proses.

On process artinya barang kiriman masih berada di beberapa tempat, seperti kantor jasa pengiriman, DC, warehouse, kota tujuan, atau dalam perjalanan ke alamat tujuan.

On Proses Artinya Pada Status Pengiriman

arti proses
Sumber: pexels.com

Kedatangan paket merupakan hal yang dinantikan, apalagi menunggu paket dari hasil belanja online. Dengan kecanggihan teknologi, kini tidak perlu was-was lagi dengan kondisi paket.

Karena semua bisa anda lacak dengan cara cek resi. Misalnya cek resi JNE, JNT, dan jasa pengiriman lainnya yang anda pilih sebagai metode pengiriman.

Dalam proses melacak paket, akan tampil status pengiriman. Salah satu istilah dalam status pengiriman yang sering muncul adalah ‘on process’. 

Jika melihat istilah ini dalam status pengiriman, maka artinya paket atau barang kiriman sedang dalam suatu proses terkait keterangan tempat yang ada. 

Misalnya, status pengiriman on proses JNE yaitu “ON PROCESS (KALIBATA, JAKARTA SELATAN)”. Arti on process JNE ini adalah paket sedang dalam proses pengiriman di Kalibata, Jakarta Selatan.

Meskipun istilah ini merupakan hal yang umum dan sering terdapat dalam status pengiriman, namun masih ada yang sedikit tidak suka karena telah menunggu cukup lama untuk menerima paket tersebut.

Lalu, kenapa hal tersebut bisa terjadi? Simak lebih lanjut alasan status masih dalam proses ini tidak berubah saat tracking paket.

Baca juga: Arti Loading Adalah? Penjelasan Dalam Konteks Pengiriman

Kenapa Status ‘On Proses’ Tidak Berubah?

status proses jne
Sumber: google.com

Gambar di atas, merupakan contoh dari status on proses JNE. Jika arti on proses JNE ini tidak berubah dalam waktu yang cukup lama, tentu wajar jika penerima merasa khawatir.

Lalu apa yang menyebabkan istilah pada status pengiriman ini mandek? Setidaknya, terdapat 2 (dua) kondisi yang menyebabkan status pengiriman masih dalam istilah on proses, yaitu:

  • Barang Masih Berada di Perjalanan

Alasan pertama mengapa status ini belum berubah, adalah karena barang masih berada dalam perjalanan menuju lokasi tujuan. Barang yang masih dalam perjalanan dalam waktu lama bisa terjadi karena jarak tempuh yang cukup jauh.

Selain itu, bisa juga terjadi karena ada kendala cuaca, proses pengiriman barang, dan hal lainnya yang mungkin terjadi dalam proses mengirimkan barang. 

  • Status Pengiriman Belum Ter-Update

Penyebab kedua status tersebut belum berubah karena informasi pada hasil tracking paket belum terperbarui (belum update).

Bisa saja, pihak jasa pengiriman belum memperbarui status tersebut padahal barang sudah berada di proses yang lain. Jika status belum terupdate, maka akan menimbulkan status yang tak kunjung berubah.

Untuk memastikan lebih lanjut, anda bisa menghubungi customer service pihak jasa pengiriman tersebut.

Jadi, itulah penjelasan mengenai on process yang sering muncul dalam status pengiriman. 

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak berbagai artikel informatif lainnya dari Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait