everpro

Apa Itu Consignee? Inilah Penjelasannya Dalam Kamus Bisnis

Consignee adalah nama lain dari Importer sebagai individu atau organisasi yang diberikan kepercayaan untuk menerima barang. Penerima barang atau Consignee harus tertulis dalam dokumen-dokumen perjalanan seperti Bill Of Lading (BOL), Packing List, dan Commercial Invoice, COO, PEB, dan PIB. Saat pengiriman barang terjadi, penerima barang atau Consignee pun melakukan interaksi dengan pengirim serta pengangkut barang kiriman.
consignee

Anda baru mendengar atau melihat kata maupun istilah Consignee? Untuk mendapatkan jawabannya, mari simak artikel ini hingga tuntas.

Bukan sekadar pengertian saja, namun artikel Everpro akan membahas secara lengkap hingga memberi contoh. Supaya Anda dapat lebih memahaminya.

Isi artikel terbaru ini berdasarkan dari pengumpulan data pada beberapa kamus dan subjek seperti ekspor, impor, perdagangan, bisnis, dan lainnya.

Pengertian Consignee Adalah

consignee
Sumber: google.com

Dalam Ekspor dan Impor maupun perdagangan. Consignee adalah nama lain dari Importer sebagai individu atau organisasi yang diberikan kepercayaan untuk menerima barang.

Penerima barang atau Consignee harus tertulis dalam dokumen-dokumen perjalanan seperti Bill Of Lading, Packing List, dan Commercial Invoice, COO, PEB.

Selain dokumen PEB (Pemberitahuan Export Barang), terdapat dokumen PIB (Pemberitahuan Impor Barang dalam proses pengeluaran barang dari Pelabuhan).

Bill of lading (BOL) berisi tentang nama penerima barang sebagai orang yang menerima barang atau pemilik dari barang kiriman tersebut.

Baca juga: Mengenal Istilah Pengiriman Barang : DC

Consignee Sebagai Penerima Barang

consignee
Sumber: google.com

Pada kebanyakan kasus, informasi lengkap penerima barang akan berada dalam surat kontrak pengantaran atau dalam dokumen perjalanan barang.

Everpro

Jadi penerima barang yaitu perwakilan resmi yang ditunjuk oleh pengirim barang untuk menerima secara utuh barang kiriman dari pengangkut.

Apabila penerima barang adalah perusahaan, maka pengirim harus menunjuk perwakilan penerima barang dan mencantumkan nama perusahaan.

Penerima barang bertanggung jawab atas pengajuan klaim dalam jangka waktu yang telah pengangkut tentukan. Biasanya 60 hari setelah kehilangan atau kerusakan.

Tugas Umum Consignee Barang

consignee
Sumber: google.com

Tugas Consignee bervariasi tergantung pada ketentuan perjanjian. Akan tetapi secara umum, tugasnya bertanggung jawab untuk mengambil barang dan mengatur transportasi.

Bahkan penerima barang bisa saja memiliki tanggung jawab untuk melakukan seluruh pembayaran selama proses pengiriman barang terjadi.

Saat pengiriman barang terjadi, penerima barang atau Consignee pun melakukan interaksi dengan pengirim serta pengangkut barang kiriman.

Baca juga: Arti Close di Online Shop dan Kode Status Pengiriman

Contoh Dari Peran Consignee

consignee
Sumber: google.com

Erikson merupakan seorang pengusaha di bidang tekstil yang memiliki beberapa toko besar dan terkenal di Jawa Barat. Di sini, peran Erikson sebagai pengirim barang.

Robert ditunjuk langsung oleh Erikson, sebagai perwakilan penerima barang di Kalimantan. Dalam hal ini, Robert sebagai Consignee atau penerima barang.

Sebelumnya, Erikson telah membuat kontrak dengan perusahaan pelayaran yang nantinya akan mengangkut barang tersebut kepada Robert.

Perusahaan pelayaran mengeluarkan dokumen Bill Of Lading (BOL) kepada Erikson, dokumen tersebut menyebutkan Robert sebagai penerima barang di Kalimantan.

Setelah barang kiriman sampai di Kalimantan, tugas robert yaitu mengambil barang lalu menjual barang tersebut. Apabila sudah terjual, Robert melakukan pembayaran pada Erikson.

Kesimpulannya, bahwa Erikson adalah pengirim barang dagangan yang melakukan kontrak dengan perusahaan pelayaran untuk mengangkut barang dagangannya.

Lalu peran Robert yaitu menerima, mengambil, dan melakukan penjualan barang dari Jawa Barat di Kalimantan atas nama Erikson.

Demikian artikel terbaru dari Everpro dengan pembahasan lengkap tentang Consignee sebagai penerima barang dalam kamus bisnis. Saat ini Anda sudah bisa memahami arti dari kata tersebut, sehingga dapat menjadi penambah wawasan mengenai bisnis.

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi. Terima kasih sudah membaca! Nantikan juga artikel Everpro berkualitas lainnya, yang pastinya membantu perkembangan bisnis Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?