everpro

Update yuk! Istilah Consignee pada Jasa Pengiriman

Anda baru mendengar atau melihat kata maupun istilah Consignee? Untuk mendapatkan jawabannya, mari simak artikel ini hingga tuntas.

Bukan sekadar pengertian saja, namun artikel Everpro akan membahas secara lengkap hingga memberi contoh. Supaya Anda dapat lebih memahaminya.

Isi artikel terbaru ini berdasarkan dari pengumpulan data pada beberapa kamus dan subjek seperti ekspor, impor, perdagangan, bisnis, dan lainnya.

Definisi Consignee Adalah

consignee
Sumber: google.com

Dalam Ekspor dan Impor maupun perdagangan. Consignee adalah nama lain dari Importer sebagai individu atau organisasi yang diberikan kepercayaan untuk menerima barang.

Consignee adalah nama lain daripada penerima barang yang harus tertulis dalam dokumen-dokumen perjalanan seperti Bill Of Lading, Packing List, dan Commercial Invoice, COO, PEB.

Selain dokumen PEB (Pemberitahuan Export Barang), terdapat dokumen PIB (Pemberitahuan Impor Barang dalam proses pengeluaran barang dari Pelabuhan).

Bill of lading (BOL) berisi tentang nama penerima barang sebagai orang yang menerima barang atau pemilik dari barang kiriman tersebut.

Baca juga: Mengenal Istilah Pengiriman Barang : DC

Definisi Consignment atau Konsinyasi

Agar lebih memahami istilah penerima barang, perlu memahami tentang konsinyasi. Consignment atau konsinyasi adalah suatu tindakan mengirim barang pada seseorang di lokasi lain, namun tetap memiliki status sebagai pemilik barang tersebut.

Dalam istilah consignment terdapat dua peran yaitu consignor atau pengirim (pemilik barang) serta consignee artinya penerima barang.

Jadi, prosesnya adalah pengirim membuat kesepakatan atau kontrak dengan penerima barang untuk mengirimkan barang dagangan ke pihak ketiga.

Dengan konsinyasi, pengirim tetap mempunyai status sampai pemilik barang sampai penerima barang dagangan tersebut menjualnya. Setelah barang terjual, penerima dapat mengurangi total pembayaran dengan komisi sesuai kesepakatan.

Apa Itu Consignee Sebagai Penerima Barang

consignee
Sumber: google.com

Pada kebanyakan kasus, informasi lengkap penerima barang akan berada dalam surat kontrak pengantaran atau dalam dokumen perjalanan barang.

Jadi penerima barang atau consignee adalah perwakilan resmi yang ditunjuk oleh pengirim barang untuk menerima secara utuh barang kiriman dari pengangkut.

Apabila penerima barang adalah perusahaan, maka pengirim harus menunjuk perwakilan penerima barang dan mencantumkan nama perusahaan.

Penerima barang bertanggung jawab atas pengajuan klaim dalam jangka waktu yang telah pengangkut tentukan. Biasanya 60 hari setelah kehilangan atau kerusakan.

Tugas Umum Consignee Barang

consignee
Sumber: google.com

Tugas Consignee bervariasi tergantung pada ketentuan perjanjian. Akan tetapi secara umum, tugasnya bertanggung jawab untuk mengambil barang dan mengatur transportasi.

Bahkan penerima barang bisa saja memiliki tanggung jawab untuk melakukan seluruh pembayaran selama proses pengiriman barang terjadi.

Saat pengiriman barang terjadi, penerima barang atau Consignee artinya bertugas dalam melakukan interaksi dengan pengirim serta pengangkut barang kiriman. Kemudian, consignee dapat menjual barang dagangan tersebut untuk mendapat komisi.

Baca juga: Arti Close di Online Shop dan Kode Status Pengiriman

Contoh Dari Peran Consignee

consignee
Sumber: google.com

Erikson merupakan seorang pengusaha di bidang tekstil yang memiliki beberapa toko besar dan terkenal di Jawa Barat. Di sini, peran Erikson sebagai pengirim barang.

Robert ditunjuk langsung oleh Erikson, sebagai perwakilan penerima barang di Kalimantan. Dalam hal ini, Robert sebagai Consignee atau penerima barang.

Sebelumnya, Erikson telah membuat kontrak dengan perusahaan pelayaran yang nantinya akan mengangkut barang tersebut kepada Robert.

Perusahaan pelayaran mengeluarkan dokumen Bill Of Lading (BOL) kepada Erikson, dokumen tersebut menyebutkan Robert sebagai penerima barang di Kalimantan.

Setelah barang kiriman sampai di Kalimantan, tugas robert yaitu mengambil barang lalu menjual barang tersebut. Apabila sudah terjual, Robert melakukan pembayaran pada Erikson.

Kesimpulannya, bahwa Erikson adalah pengirim barang dagangan yang melakukan kontrak dengan perusahaan pelayaran untuk mengangkut barang dagangannya.

Lalu peran Robert yaitu menerima, mengambil, dan melakukan penjualan barang dari Jawa Barat di Kalimantan atas nama Erikson.

Demikian artikel terbaru dari Everpro dengan pembahasan lengkap tentang Consignee sebagai penerima barang dalam kamus bisnis. Saat ini Anda sudah bisa memahami arti dari kata tersebut, sehingga dapat menjadi penambah wawasan mengenai bisnis.

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi. Terima kasih sudah membaca! Nantikan juga artikel Everpro berkualitas lainnya, yang pastinya membantu perkembangan bisnis Anda.

Picture of Nazma Fitria

Nazma Fitria

Nazma Fitria adalah seorang SEO Content Writer di blog Everpro dengan menulis artikel berbagai category seperti jasa ekspedisi, tips bisnis/usaha, glosarium pengiriman dan digital marketing.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Cara Kirim Barang Lewat Kereta Api

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik terakit topik mengirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih

Cara Kirim Paket JNE

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik cara kirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih mengerti