everpro

DC dalam Pengiriman Barang: Istilah dan Penjelasannya

DC atau Distribution Center adalah tempat atau lokasi penyimpanan yang berfungsi untuk menyortir paket berdasarkan tujuan kota. Terjemahan Distribution Center dalam Bahasa Indonesia artinya adalah Pusat Distribusi. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
dc

Pernah melihat kode pengiriman DC pada status pengiriman tapi bingung apa maksudnya? Simak penjelasan mengenai arti DC dalam istilah pengiriman berikut ini.

Keterlibatan jasa pengiriman dalam transaksi jual beli online menjadi hal yang penting. Karena, jasa kirim ini menjadi sarana dalam mendistribusikan orderan sampai ke tangan konsumen.

Saat ini banyak jasa pengiriman dari perusahaan yang paling lama seperti JNE dan TIKI hingga perusahaan ekspedisi baru telah menjadi mitra berbagai toko online dan marketplace. Berkat kerjasama ini, pembeli bisa dengan mudah berbelanja dan menanti kedatangan paket.

Dalam proses pengiriman, pihak jasa ekspedisi akan memberi update sudah sampai mana paket diantarkan. Anda juga bisa melihat langsung melalui platform marketplace yang anda gunakan untuk berbelanja, atau melalui website resmi jasa pengiriman terkait.

Terdapat istilah atau kode pengiriman yang menjelaskan kondisi pengantaran barang. Salah satu kodenya adalah DC. 

Namun, tak jarang yang masih bingung dengan arti kode pengiriman tersebut. Artikel ini akan membahas mengenai arti istilah pengiriman DC. Jadi baca sampai tuntas untuk memahaminya.

Baca juga: Penjelasan Istilah Pengiriman Barang – Arrived

Kepanjangan DC

dc
Sumber: pexels.com

Saat melihat status pengiriman seringkali muncul kode DC. terdapat beberapa pemahaman mengenai istilah ini. DC adalah singkatan dari Distribution Center atau Drop Center.

Tapi sebenarnya kedua istilah tersebut memiliki arti yang sama, yaitu merujuk pada tugas dan fungsi paket atau barang telah sampai ke lokasi tersebut.

Everpro

Apa Itu DC?

apa itu dc
Sumber: google.com

Arti DC atau Distribution Center adalah tempat atau lokasi penyimpanan yang berfungsi untuk menyortir paket berdasarkan tujuan kota. Menurut terjemahan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia DC artinya adalah Pusat Distribusi.

Pusat Distribusi adalah sebuah tempat penyimpanan yang berada di di lokasi kota pengirim. Dalam proses pengiriman barang Pusat Distribusi ini bertujuan untuk menjadi tempat sortir paket berdasarkan lokasi tujuan sebelum melanjutkan pengiriman.

Penjelasan Cara Kerja Pengertian DC

dc
Sumber: google.com

Setelah mengetahui pengertian Distribution Center yaitu tempat khusus berupa gudang yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang atau produk dalam proses pengiriman.

Cara kerja dari pusat distribusi ini adalah pihak jasa pengiriman akan menyortir barang atau paket berdasarkan tujuan kota, kemudian hasil pengelompokkan barang tersebut langsung lanjut ke proses pengiriman sesuai dengan kota tujuan.

Status pengiriman ini biasanya terlihat setelah paket melewati status warehouse. Dalam konteks pengiriman, warehouse atau gudang merupakan proses bahwa jasa kirim telah mengambil barang dari penjual kemudian menyimpannya di gudang.

Jadi proses pengirimannya adalah pihak jasa kirim mengambil paket dari setiap penjual lalu akan menyimpannya di warehouse. Setelah dari warehouse maka pengiriman berlanjut ke Distribution Center. 

DC inilah yang kemudian akan mengelompokkan paket berdasarkan kota tujuan. Selanjutnya kurir akan membawa paket berdasarkan hasil pengelompokkan tersebut ke kota tujuan. 

Baca juga: Arti Close di Online Shop dan Kode Status Pengiriman

Jadi itulah penjelasan mengenai DC dalam istilah pengiriman barang.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?