everpro

DC Adalah: Penjelasan Istilah dalam Status Pengiriman

Pernah melihat kode pengiriman DC pada status pengiriman tapi bingung apa maksudnya? Simak penjelasan mengenai arti DC dalam istilah pengiriman berikut ini!

Keterlibatan jasa pengiriman dalam transaksi jual beli online menjadi hal yang penting. Karena, jasa kirim ini menjadi sarana dalam mendistribusikan orderan sampai ke tangan konsumen.

Saat ini banyak jasa pengiriman dari perusahaan yang paling lama seperti JNE dan TIKI hingga perusahaan ekspedisi baru telah menjadi mitra berbagai toko online dan marketplace. Berkat kerjasama ini, pembeli bisa dengan mudah berbelanja dan menanti kedatangan paket.

Dalam proses pengiriman, pihak jasa ekspedisi akan memberi update sejauh mana proses pengantaran paket. Anda juga bisa melihat langsung melalui platform marketplace yang anda gunakan untuk berbelanja, atau melalui website resmi jasa pengiriman terkait.

Terdapat istilah atau kode pengiriman yang menjelaskan kondisi pengantaran barang. Salah satu kodenya adalah DC. 

Namun, tak jarang yang masih bingung dengan arti kode pengiriman tersebut. Artikel ini akan membahas mengenai arti istilah pengiriman DC. Jadi baca sampai tuntas untuk memahaminya.

Baca juga: Penjelasan Istilah Pengiriman Barang – Arrived

Kepanjangan DC Adalah

dc
Sumber: pexels.com

Saat melihat status pengiriman seringkali muncul kode DC. Terdapat beberapa pemahaman mengenai istilah ini. DC adalah singkatan dari Distribution Center atau Drop Center.

Tapi sebenarnya kedua istilah tersebut memiliki arti yang sama, yaitu merujuk pada tugas dan fungsi paket atau barang telah sampai ke lokasi tersebut.

Apa Itu DC?

apa itu dc
Sumber: google.com

Arti DC atau Distribution Center adalah tempat atau lokasi penyimpanan yang berfungsi untuk menyortir paket berdasarkan tujuan kota. Menurut terjemahan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia DC artinya adalah Pusat Distribusi.

Pusat Distribusi adalah sebuah tempat penyimpanan yang berada di di lokasi kota pengirim. Dalam proses pengiriman barang Pusat Distribusi ini bertujuan untuk menjadi tempat sortir paket berdasarkan lokasi tujuan sebelum melanjutkan pengiriman.

Cara Kerja Pengertian DC

dc
Sumber: google.com

Setelah mengetahui pengertian Distribution Center yaitu tempat khusus berupa gudang yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang atau produk dalam proses pengiriman.

Cara kerja dari DC singkatan dari distribution center ini adalah pihak jasa pengiriman akan menyortir barang atau paket berdasarkan tujuan kota, kemudian hasil pengelompokkan barang tersebut langsung lanjut ke proses pengiriman sesuai dengan kota tujuan.

Status pengiriman ini biasanya terlihat setelah paket melewati status warehouse. Dalam konteks pengiriman, warehouse atau gudang merupakan proses bahwa jasa kirim telah mengambil barang dari penjual kemudian menyimpannya di gudang.

Jadi proses pengirimannya adalah pihak jasa kirim mengambil paket dari setiap penjual lalu akan menyimpannya di warehouse. Setelah dari warehouse maka pengiriman berlanjut ke Distribution Center

Disctribution center inilah yang kemudian akan mengelompokkan paket berdasarkan kota tujuan. Selanjutnya kurir akan membawa paket berdasarkan hasil pengelompokkan tersebut ke kota tujuan. 

DC Artinya dalam Status Pengiriman

distribution center
Sumber: google.com

Pusat distribusi merupakan tempat pengelompokkan paket untuk melanjutkan ke proses pengiriman selanjutnya.

Maka dari itu, anda akan sering menjumpai istilah ini sebagai kode dalam status pengiriman seperti pada gambar di atas.

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan DC serta bagaimana cara kerjanya, anda akan lebih memahami ketika kode ini muncul dalam status pengiriman.

Jadi, distribution center dalam status pengiriman artinya paket sedang berada di pusat distribusi untuk mengelompokkan sesuai lokasi tujuannya.

DC menjadi saah satu hal yang sangat penting untuk menjaga aliran barang agar tepat waktu dan efisien di dalam rantai pasok.

Dalam DC, barang-barang yang masuk akan diproses dan diklasifikasikan sehingga dapat dikirimkan ke lokasi tujuan dengan lebih efisien sesuai dengan jenisnya masing-masing.

Mengapa harus melewati proses di DC? alasannya karena DC dapat membantu menekan biaya operasional dengan meminimalkan biaya penyimpanan dan transportasi.

Sederhananya, DC merupakan faktor penting dalam menjaga keberlangsungan bisnis logistik dan menyediakan pengalaman yang baik bagi pelanggan.

Kegiatan pada DC

Di dalam DC, ada beberapa kegiatan atau proses yang dilakukan untuk memastikan bahwa barang-barang yang disimpan dan didistribusikan kepada pelanggan sesuai dengan kebutuhan serta standar yang diinginkan.

Berikut adalah beberapa kegiatan yang terjadi di DC:

  • Penerimaan Barang

Proses yang meliputi pemeriksaan barang yang diterima dari pemasok. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan bahwa barang yang akan diterima sesuai dengan dengan spesifikasi yang diminta dan dipastikan dalam kondisi yang baik.

  • Penyimpanan Barang

Selanjutnya, DC juga berguna sebagai tempat penyimpanan barang. Setelah barang diterima, kemudian akan disimpan dengan cara yang teratur dan efisien. Penyimpanan dilakukan berdasarkan kategori dan jenis barang untuk mempermudah proses pengambilan dan pengiriman.

  • Pengambilan Barang

Proses pengambilan barang juga terjadi di sini. Pengambilan biasanya dilakukan berdasarkan pesanan yang masuk dari pelanggan atau berdasarkan kebutuhan stok di toko online.

  • Pengemasan Barang

Setelah barang melalui proses pengambilan sebelumnya, barang kemudian akan dipacking dengan standar dan metode yang sudah ditetapkan. Tujuannya agar dapat meminimalisir risiko selama proses pengiriman seperti kerusakan dan kehilangan.

  • Pengiriman Barang

Setelah melalui proses pengemasan, barang selanjutnya akan di kirim menggunakan ekspedisi pengiriman yang telah ditentukan.

Baca juga: Arti Close di Online Shop dan Kode Status Pengiriman

Jadi itulah penjelasan mengenai arti DC  yang merupakan singkatan dari Distribution Center dalam istilah pengiriman barang.

Demikian penjelasan mengenai DC, selain jasa ekspedisi di atas, kini ada rekomendasi layanan pengiriman terbaik untuk teman-teman yang terpercaya dan bebas hambatan.

Dengan layanan ini, teman-teman bisa mengatur orderan dengan mudah dan cepat dalam sistem yang terintegrasi langsung ke pengiriman dengan fitur pengiriman di Everpro. 

Benefit Everpro Shipping

Mari gunakan layanan Shipping Everpro dengan benefit:

  • Kirim paket murah dengan Cashback hingga 35%
  • Gratis biaya retur paket
  • 15+ pilihan ekspedisi favorit ke seluruh Indonesia, bebas pilih!
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja)
  • Bebas tentukan jadwal dan lokasi penjemputan
  • Mendapat laporan aktivitas penjualan
  • Menyediakan fitur courier scoring, buyer scoring, WA checker

Oleh karena itu, tunggu apalagi? Yuk segera beralih ke layanan Everpro Shipping sekarang juga!

Daftar Sekarang

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya