everpro

11+ Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa, Sangat Dibutuhkan!

pekerjaan yang menghasilkan jasa

Ada banyak jenis pekerjaan saat ini. Apa sajakah pekerjaan yang menghasilkan jasa? Simak contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa berikut.

Di Indonesia, terdapat berbagai jenis pekerjaan yang membantu dalam memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat. Hasil pekerjaan tersebut terbagi menjadi dua, yaitu barang dan jasa.

Pekerjaan barang adalah suatu pekerjaan yang memproduksi barang untuk dijual. Pekerja atau pengusaha barang akan mendapatkan penghasilan dari produk yang terjual.

Berbeda dengan jasa, yang produk dari pekerjaannya adalah berupa layanan untuk membantu pelanggan atau konsumen memenuhi kebutuhannya.

Lantas, apa saja pekerjaan yang menghasilkan jasa? Simak pembahasan berikut ini lebih lanjut.

Pengertian Pekerjaan dan Jasa

pekerjaan yang menghasilkan jasa
Sumber: pexels.com

Melansir dari kemdikbud.go.id, pekerjaan adalah suatu jenis perbuatan atau kegiatan untuk mendapat imbalan atau upah. Maka, pekerjaan juga merupakan mata pencaharian atau pokok penghidupan.

Terdapat dua jenis hasil dari pekerjaan yaitu barang dan jasa. Seperti yang telah disebutkan, jenis pekerjaan barang adalah suatu kegiatan dalam memproduksi dan/atau menjual barang untuk mendapatkan upah atau pendapatan.

Sedangkan pengertian jasa mengutip dari KBBI, yaitu suatu perbuatan yang baik atau berguna serta memiliki nilai bagi orang lain, negara, instansi, dan lain sebagainya.

Dari pengertian jasa tersebut, dapat disimpulkan bahwa pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah suatu kegiatan atau aktivitas usaha untuk memperoleh upah dengan cara memberi layanan atau solusi yang berguna bagi pelanggan.

Everpro

Baca juga: 6 Cara Ekspor Barang, Panduan Lengkap dan Jelas!

Contoh Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

pekerjaan yang menghasilkan jasa
Sumber: pexels.com

Terdapat banyak contoh dari pekerjaan jasa. Untuk dapat mengidentifikasi suatu pekerjaan termasuk dalam kategori jasa, adalah dengan memahami arti dan cirinya.

Maka, kategori pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah jenis output berupa layanan atau solusi untuk pelanggannya. Adapun contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa dari berbagai profesi adalah sebagai berikut:

  1. Kesehatan: dokter, perawat, ahli gizi
  2. Hukum: pengacara, jaksa, hakim
  3. Keuangan: akuntan, bendahara, konsultan keuangan
  4. IT: developer, pembuat website, teknisi jaringan
  5. Kreatif: seniman, penyanyi, fotografer, desainer
  6. Keamanan: tentara, satpam, polisi
  7. Pendidikan: guru, dosen
  8. Perjalanan atau Traveling: agen perjalanan, pramugari/pramugara
  9. Kebersihan: OB, pembersih lingkungan
  10. Percetakan: operator percetakan

Itu hanyalah sepersekian dari banyaknya pekerjaan yang menghasilkan jasa yang ada saat ini.

Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa dan Banyak Dibutuhkan

pekerjaan yang menghasilkan jasa
Sumber: pexels.com

Sebenarnya ada banyak sekali profesi jasa yang dibutuhkan masyarakat. Jika masih bingung atau sedang mencari referensi untuk mulai berkarir di bidang jasa, bisa mencoba contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa.

Berikut adalah beberapa pekerjaan yang menghasilkan jasa yang banyak dibutuhkan saat ini:

  • Guru

Guru adalah sebuah profesi yang bertanggung jawab untuk mengajar serta menyampaikan pengetahuan kepada siswa di sekolah. 

Untuk menjadi guru perlu menyiapkan materi pelajaran, melakukan evaluasi siswa, serta memberi bimbingan agar siswa mampu mencapai kompetensi sesuai harapan.

  • Dokter

Profesi dokter adalah pekerjaan yang memiliki tanggung jawab untuk memeriksa, mengobati, serta merawat kesehatan pasien. 

Pekerjaan dokter meliputi proses diagnosis pasien, memberi perawatan medis, serta menyarankan pengobatan yang sesuai untuk pasien. Untuk menjadi dokter, harus menempuh pendidikan di perguruan bidang kedokteran terlebih dahulu.

Setelah lulus dari sekolah kedokteran, barulah bisa mendapatkan lisensi untuk bekerja sebagai dokter.

  • Personalia atau HR

Pekerjaan personalia atau human resource (HR) adalah suatu profesi yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola sumber daya manusia (SDM) di perusahaan. 

Profesi ini memiliki tugas pekerjaan meliputi rekrutmen, pengembangan karir, pengelolaan gaji, membuat peraturan perusahaan, dan pelatihan karyawan.

  • Pilot

Pilot adalah sebuah profesi yang memiliki tanggung jawab untuk mengoperasikan pesawat udara dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Untuk menjadi pilot, perlu memiliki lisensi dari pemerintah serta harus mengikuti pelatihan yang ketat dan mengikuti uji kompetensi serta evaluasi rutin.

  • Pemadam Kebakaran

Profesi pemadam kebakaran memiliki tugas atau tanggung jawab untuk memadamkan kebakaran serta melindungi masyarakat dari kerugian yang mungkin terjadi. 

Tak hanya itu, tim pemadam kebakaran juga merupakan tim tanggap darurat. Jadi selain kebakaran, pemadam kebakaran juga akan membantu dalam kondisi darurat lainnya seperti bencana alam gempa, dan lainnya.

Untuk menjadi pemadam kebakaran, haruslah memiliki kondisi fisik dan mental yang baik serta mengikuti pelatihan yang ketat. Selain itu, perlu juga memiliki keterampilan terkait penanganan kebakaran dan situasi darurat.

  • Apoteker

Apoteker adalah suatu profesi yang memiliki tanggung jawab untuk membuat serta menyediakan obat-obatan kepada pasien. Untuk memiliki profesi ini, harus berhasil lulus menempuh pendidikan di bidang farmasi terlebih dahulu.

  • Kurir

Pekerjaan yang menghasilkan jasa lainnya adalah kurir yang merupakan profesi untuk mengantarkan barang atau dokumen dari pengirim ke lokasi penerima.

Untuk menjalankan tugasnya, seorang kurir harus memiliki SIM aktif dan kemampuan dalam mengendarai kendaraan baik itu milik sendiri maupun perusahaan tempatnya bekerja. 

Kurir dapat bekerja di berbagai perusahaan jasa pengiriman.

  • Driver 

Profesi driver maupun ojek adalah pekerjaan yang memiliki tanggung jawab untuk mengantar penumpang dari satu tempat ke tempat lain sesuai tujuan penumpang tersebut. 

Umumnya, untuk menjalankan profesi ini perlu menggunakan kendaraan pribadi. Tentunya pengemudi harus memiliki SIM aktif serta kemampuan berkendara yang baik. 

Tak hanya itu, menjadi kurir yang handal juga perlu memiliki pengetahuan berbagai rute lokasi sesuai ruang lingkup pekerjaan. 

  • Pekerja Bagian Pemasaran

Pekerjaan yang menghasilkan jasa di bidang pemasaran adalah suatu profesi untuk meningkatkan penjualan dan citra perusahaan melalui promosi serta strategi yang efektif.

Dalam menjalankan pekerjaan ini seorang marketer harus memahami tentang pasar serta konsumennya dengan kemampuan analisis dan strategi pemasaran yang baik. 

  • Teknisi

Teknisi adalah sebuah pekerjaan yang menghasilkan jasa dengan tanggung jawab untuk menyelesaikan masalah teknis serta memperbaiki peralatan atau sistem yang mengalami gangguan maupun rusak.

Tugas-tugas seorang teknisi meliputi perbaikan dan pemeliharaan, mengidentifikasi masalah, memberi solusi terkait masalah yang dihadapi, serta melakukan tes dan inspeksi. 

Pekerjaan ini terdapat dalam berbagai industri seperti teknologi informasi, elektronik, mekanik, listrik, konstruksi, dan lain sebagainya.

  • Web Engineer

Web engineer adalah suatu profesi yang memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan serta mengoperasikan website dan aplikasi web. 

Adapun tugas seorang web engineer meliputi mengembangkan dan mengoptimalkan website, merancang desain serta layout website, menganalisis dan menyelesaikan masalah teknis, serta bekerja sama dengan tim untuk mencapai tujuan proyek.

Untuk bisa menggeluti profesi ini, perlu memiliki kemampuan dalam menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, JavaScript, dan lainnya. 

  • Polisi

Pekerjaan yang menghasilkan jasa selanjutnya adalah polisi yaitu suatu profesi yang bertanggung jawab untuk menjaga keamanans serta ketertiban masyarakat dan menegakkan hukum.

Untuk menjadi seorang polisi, perlu menempuh pendidikan di sekolah kepolisian terlebih dahulu. Seorang polisi harus memiliki fisik dan mental yang mumpuni, kemudian harus juga memahami peraturan dan prosedur keamanan yang berlaku.

Baca juga: Waspadai Ciri-Ciri Penipuan Paket Luar Negeri, Ini Tipsnya!

  • Tentara

Tentara adalah sebuah profesi yang memiliki tanggung jawab untuk melindungi masyarakat dan negara dari ancaman baik itu yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Untuk menjadi seorang tentara wajib menempuh pendidikan dari sekolah tentara dengan pelatihan yang ketat. 

Selain itu, seorang tentara harus mempunyai kondisi fisik dan mental yang kuat, serta kemampuan dalam memahami peraturan dan prosedur yang berlaku di bidang militer.

Demikian penjelasan dari pekerjaan yang menghasilkan jasa beserta contohnya.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak berbagai artikel informatif dan menarik lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait