everpro

Rekomendasi 3 Pelatihan Digital Marketing Terbaik

Anda belum memiliki keahlian di bidang digital marketing namun tertarik terjun di bidang tersebut? Yuk, simak artikel lengkap ini bagi Anda yang ingin mengikuti pelatihan digital marketing online dan bebas biaya alias gratis!

Dunia kerja sedang banyak mencari para spesialis digital marketing, mungkin ada bisa menjadi salah satunya dengan cara mengambil kesempatan emas ini untuk membangun karir.

Pelatihan Digital Marketing Gratis

Kini pelatihan online semakin mudah dan praktis bagi Anda yang ingin belajar digital marketing, jadi jangan bingung lagi ya. Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa pelatihan digital marketing bebas biaya di Indonesia masih sangat terbatas, sehingga rekomendasi pelatihan di bawah ini berasal dari luar negeri.

1. Pelatihan Digital Marketing di LinkedIn

pelatihan digital marketing
Sumber: google.com

Layanan yang diberikan ini benar-benar gratis! Anda bisa mempelajari dunia digital marketing secara terstruktur dari pakarnya.

LinkedIn menjadi salah satu sosial media profesional yang banyak digunakan oleh para fresh graduate, pengusaha, para petinggi perusahaan nasional hingga internasional. 

Untuk mendapatkan sertifikat, Anda harus menyelesaikan hingga tuntas setiap materi dan menjawab beberapa kuis dari materi tersebut. Berikut cara mengakses pelatihan LinkedIn:

  • Kunjungi LinkedIn via website atau aplikasi

Jika Anda belum memiliki akun LinkedIn maka bisa download aplikasinya di Playstore dan Appstore, lalu registrasi dengan cara memasukan email dan password atau email yang sudah terhubung.

  • Pilih menu Kerja yang terletak di pojok kanan atas

Lakukan pelatihan menggunakan laptop dengan jaringan internet yang stabil. Pada menu kerja berada dekat profil Anda dengan ciri logo kotak-kotak.

  • Setelah itu, klik Learning untuk mengakses berbagai pelatihan

Tersedia ragam pelatihan yang bisa akses secara gratis dan ada pilihan kategori pada bahasa, tipe format materi, durasi pembelajaran, dan level kesulitan materi.

  • Ketik digital marketing certification di kotak pencarian

Karena ada ribuan materi yang tersedia, Anda bisa mencari pelatihan digital marketing dengan cara mengetik program yang ingin diikuti dan hasilnya akan ke luar secara cepat.

  • Ikuti semua materi untuk menambah ilmu dan mendapatkan sertifikat

Durasi video hanya hitungan menit saja namun dibagi menjadi beberapa bagian. Biasanya per 5 video akan ada 1 mini kuis dari pembelajaran materi sebelumnya, Anda cukup mengisinya dengan benar dan sertifikat muncul ketika berhasil mengisi semua mini kuis.

Baca Juga: Rekomendasi Terbaik Kursus Digital Marketing untuk Anda!

2. Pelatihan Resmi dari Google

pelatihan digital marketing
Sumber: google.com

Google Digital Garage merupakan pelatihan digital marketing yang diresmikan oleh Google bagi pemula. Menyediakan materi mulai dari Search Engine Optimization sampai Google Ads, sangat lengkap kan?

Bagi Anda sebagai pemula di dunia digital marketing tak perlu khawatir ya! Karena materi ini sangat cocok bagi Anda yang sama sekali belum memiliki pondasi pengetahuan di bidang tersebut. Yuk simak cara mengikuti pelatihan digital marketing di Google Digital Garage:

  • Masuk ke website resmi Google Digital Garage

Setelah berada di beranda silahkan pilih Get Started dan tunggu beberapa saat maka ratusan pelatihan akan muncul. Anda bisa memilih pelatihan digital marketing, Data and Tech, sampai Career Development. Lengkap sekali kan?

  • Pilih pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Tersedia kategori mulai dari durasi, tingkat kesulitan, hingga tes di suatu lembaga sesuai kebutuhan Anda. Metode pembelajaran bisa melalui video, modul, mini kuis, dan ujian akhir.

  • Pelajari semua materi untuk mendapatkan sertifikat

Setelah berhasil menyelesaikan materi pembelajaran, Anda akan mendapatkan sertifikat. Jangan lupa mengisi nama lengkap dan silahkan download sertifikatnya!

3. Pelatihan di SEMRush Academy

pelatihan digital marketing
Sumber: google.com

SEMRush Academy merupakan salah satu vendor ternama di dunia untuk tools SEO atau Search Engine Optimization. Pelatihan digital marketing ini sangat cocok bagi Anda yang tertarik terhadap mesin pencarian.

Perlu Anda tahu bahwa sertifikatnya memiliki batas waktu alias kadaluarsa, jadi Anda harus memperpanjang kembali dalam kurun waktu tertentu.Nah, ikuti langkah-langkah ini untuk mengikuti pelatihan dari SEMRush Academy:

  • Masuk ke website SEMRush Academy

Pembelajaran dalam format video yang sensasinya seperti sedang diskusi mendalam langsung dengan pakarnya, pelatihan 100% bebas biaya, dan sertifikat ternama pendukung karir Anda.

  • Lakukan registrasi agar bisa login

Masukan email pribadi dan password atau bisa langsung log in dengan Google. Jika Anda sudah memiliki akun, langsung pilih saja Sign up yang terletak di bawah tombol Log in.

  • Pilih menu Courses untuk mengakses program pembelajaran

Materi beragam dari SEO fundamental, Technical SEO, Content Marketing, PPC (Pay Per Click), SMM (Social Media Marketing), Competitive Research, dan Sales.

  • Klik menu Certification exams setelah selesai semua materi

Tersedia pilihan ujian sesuai materi pembelajaran yang telah Anda pilih. Jumlah soal exam mulai  dari 7 hingga 34 dengan durasi pengerjaan sampai 40 menit.

Demikian penjelasan pelatihan digital marketing terbaik yang recommended, semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi. Apapun pelatihan yang Anda pilih, tetap perhatikan materi pembelajaran dan mentor dari pelatihan tersebut agar mendapatkan hasil yang maksimal. Semangat!

Picture of Nazma Fitria

Nazma Fitria

Nazma Fitria adalah seorang SEO Content Writer di blog Everpro dengan menulis artikel berbagai category seperti jasa ekspedisi, tips bisnis/usaha, glosarium pengiriman dan digital marketing.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan