Bingung Perbedaan Gosend Sameday dan Instant? Ini Penjelasannya

Perbedaan Gosend Sameday dan Instant

Apa Perbedaan Gosend Sameday dan Instant? Berikut Adalah Penjelasannya GoSend merupakan salah satu dati jasa pengiriman yang paling banyak digunakan karena sangat cepat dengan ongkos kirim yang sangat terjangkau. Dari layanan tersebut, kita harus mengetahui perbedaan antara GoSend Sameday dan Instant. Anda juga dapat memesan layanan melalui aplikasi sehingga lebih mudah. GoSend Instant dan Same Day telah tersedia di aplikasi Gojek serta layanan ekspedisi di berbagai marketplace.

Keunggulan GoSend jika dibandingkan dengan ekspedisi umum adalah paket akan langsung dijemput oleh driver Gojek dan diantar ke alamat tujuan sehingga tidak perlu menunggu lama. Berbeda dengan ekspedisi lain yang membutuhkan transit atau singgah di fasilitas pengiriman. Namun, tidak semua wilayah Indonesia mendukung pengiriman menggunakan GoSend Same Day dan Instan, berikut penjelasannya yang perlu Anda ketahui sebelumnya.

Perbedaan Antara GoSend Sameday dan Instant

Anda juga dapat mengirim berbagai jenis barang kecuali barang yang telah pecah belah, mudah hancur, hewan atau barang terlarang. Namun, sebagian orang masih merasa bingung memilih pengiriman GoSend sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Baik GoSend Instant maupun Same Day masing-masing memiliki perbedaan yang signifikan. Jadi mana yang tercepat atau termurah? 

1. GoSend Instant 

GoSend Instant adalah layanan pengiriman yang dapat digunakan secara instan di area yang sama. Sementara itu, GoSend Same Day adalah layanan pengiriman multi pick up atau multi drop off untuk efisiensi pengiriman paket di hari yang sama. Dari pelayanannya terlihat bahwa Instant mengutamakan kecepatan untuk sampai ke tempat tujuan. Sedangkan untuk Same Day harus menunggu kurir mengantarkan paket sesuai urutan pengiriman, sehingga akan memakan waktu sedikit lebih lama.

2. Gojek Sameday

Sistem pengiriman ini cukup populer. Pasalnya, pengiriman Sameday Gojek memiliki beberapa keunggulan yang dinilai cukup memenuhi kebutuhan banyak orang untuk saling mengirimkan barang. Di bawah ini ada beberapa penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan Gojek Sameday:

Apa Perbedaan Sameday dan Instant? Lalu Apa Saja Penjelasannya?

Gojek Sameday

Kelebihan

  • Jarak maksimum pengiriman barang adalah 40 km.
  • Waktu penjemputan cukup lama, mulai pukul 9.00 – 16.00. Jika lewat dari waktu tersebut, barang akan diambil keesokan harinya. 3) Harga pengiriman barang relatif murah yaitu Rp. 15.000 untuk 15 km pertama.

Kekurangan

  • Karena pengaturan pengiriman dilakukan untuk beberapa item sekaligus, waktu pengiriman tidak dapat ditentukan. 2) Berat maksimum barang adalah 7kg dengan dimensi 40cm (L) x 40cm (L) x 17cm (T).
  • Untuk metode pembayaran layanan ini, Anda hanya dapat menggunakan Gopay.

Gojek Instan

Gojek Instan juga memiliki keunggulan yang bisa dibilang cukup unggul dibandingkan Gojek Sameday. Mengingat ada beberapa keuntungan yang tidak akan Anda dapatkan selain menggunakan sistem jasa pengiriman ini. Dan berikut penjelasan apa saja kelebihan dan kekurangan Gojek Instan:

Kelebihan

  • Jarak tempuh maksimum 40 km.
  • Waktu penjemputan cukup lama, mulai pukul 9.00 – 16.00. Jika lewat dari waktu tersebut, barang akan diambil keesokan harinya.
  • Harga dihitung berdasarkan jarak antara lokasi penjual dan pembeli dan dihitung berdasarkan km.
  • Waktu pengiriman jauh lebih cepat, karena setelah pesanan berhasil diproses, barang langsung diambil oleh Gojek.
  • Berat barang maksimal hingga 20kg dengan dimensi 70cm (L) x 70cm (L) x 50cm (L).
  • Anda dapat melakukan pembayaran melalui Gopay atau tunai.

Kekurangan

  • Jika dibandingkan dengan Gojek Sameday, opsi pengiriman Gojek Instan hampir sempurna dari semua sisi.

3. Waktu Pengiriman

Pada layanan GoSend Instan yang satu ini, para driver Gojek hanya bisa membawa satu pesanan saja, sehingga barang bisa lebih cepat sampai. Sedangkan di GoSend Sameday, para driver Gojek bisa menerima pesanan dari paket lain, sebelum semua pesanan terkirim, sehingga membutuhkan waktu lebih lama. Selain kedua layanan tersebut, Gojek juga memiliki Intercity Delivery, layanan kerjasama dengan Paxel, berupa layanan dati pengiriman barang dari Jadetabek ke Bandung, atau sebaliknya. namun meski begitu gosend sameday dan instan bisa sampai di hari yang sama. 

Apa Saja Perbedaan Gosend Sameday dan Instant?

Jika Anda memesan barang di toko online kemudian memilih pengiriman melalui GoSend agar bisa sampai di hari yang sama, maka pertimbangkan jam operasional toko online yang Anda pilih. Pengemudi Gojek bisa mengantarkan paket keesokan harinya jika terlambat. Perhatikan ukuran paket, jangan ukuran paket terlalu besar. Memang sudah ada ketentuan dimensi paket maksimal dari Gojek. Namun, tak jarang pengemudi Gojek rela membawa barang berukuran besar, melebihi batas ukuran paket.

1. Perbedaan Jarak Pengiriman GoSend Instan dan Same Day

Jarak maksimum untuk menentukan pengiriman Instan adalah sejauh 40Km sedangkan Same Day adalah sejauh 15Km. Bisa dikatakan bahwa pengiriman Instan cakupannya jauh lebih luas dari Same Day karena bisa menjangkau luar kota atau luar provinsi, selisihnya hampir 3 kali jarak pengiriman.

Everpro

2. Ukuran Maksimum Item GoSend Instan dan Same Day

Jika Anda telah memilih untuk menggunakan sebuah layanan Instan dalam mengirim, maka paket yang dapat dikirim memiliki dimensi maksimal 70 x 70 x 50 cm. Sedangkan Same Day memiliki dimensi kemasan yang lebih kecil dengan ukuran 40 x 40 x 17 cm yang cukup terlihat perbedaannya.

3. Berat Paket Maksimum

Saat Anda menggunakan layanan Instan yang satu ini, maka Anda dapat mengirim barang dengan berat maksimum hingga 20 kg dan jauh lebih jika dibandingkan dengan Same Day. Jika memilih Same Day maka berat maksimal 5 kg, sehingga barang yang harus dikirim menggunakan jasa lebih kecil.

4. Tarif GoSend Instan dan Hari yang Sama

Kemudian ketika bicara tarif, keduanya telah menerapkan sebuah hitungan per kilometer namun memiliki perbedaan yang mencolok berdasarkan dengan kota operasi. Jika dilihat baik-baik, GoSend Instant dinilai murah untuk pengiriman jarak jauh, sedangkan Same Day diunggulkan untuk jarak dekat.

5. Perbedaan Area Jangkauan

Hingga saat ini, GoSend Same Day hanya tersedia di wilayah Jabodetabek dan juga Surabaya. Sedangkan layanan Instan memiliki jangkauan yang lebih luas terutama di kota-kota besar di seluruh Indonesia.

6. Batas Waktu GoSend Instan dan Hari yang Sama

Hal yang sangat berbeda adalah dari segi waktu operasional maksimal layanan. GoSend Instant beroperasi 24 jam, sedangkan Same Day lebih terbatas karena hanya aktif dari pukul 08.00 hingga 15.00.

7. Perbedaan Penjemputan Kurir

Kurir Instan GoSend akan mengambil paket dan kemudian mengirimkannya kepada pelanggan. Kurir Same day akan mengambil paket dari beberapa tempat kemudian mengirimkannya ke beberapa tujuan sekaligus. Jadi Same Day pengiriman paket lebih lama karena kurir akan mengambil dan mengambilnya dahulu. Meski begitu, kedua layanan tersebut tetap unggul hingga hari yang sama.

Itulah ulasan tentang Apa Perbedaan Sameday dan Instant, berikut dengan Penjelasannya. Semoga bermanfaat untuk Anda. sebarkan juga artikel pada orang-orang terdekat anda. jangan lewatkan artikel bermanfaat lainnya di Evermos. bagi anda yang berminat menjadi reseller tanpa ribet melakukan pengemasan bisa bergabung dengan kami. kami juga menawarkan keuntungan 30% di setiap produknya. 

Nikmati beragam kemudahan dengan pengiriman paket melalui aplikasi Everpro

Everpro sebagai layanan Ekspedisi Terpercaya Untuk Kirim Paket Se-Indonesia. Kini Anda dapat kirim paket serba mudah dengan biaya termurah dengan beragam keuntungan berikut:

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paketmu kapan saja
  • Bonus Cashback 30%
  • GRATIS biaya return
  • Pencairan dana COD cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga!

Daftar Sekarang

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?