everpro

Cari Tahu! Perbedaan Landing Page dan Homepage

Pentingkah mengetahui perbedaan landing page dan homepage? Untuk kamu yang masih penasaran dan belum tau bahkan artinya, yuk simak selengkapnya tentang pengertian, perbedaan dan manfaatnya di sini.

Baca juga: Biar Makin Kece! Dapatkan Google Ads Certification

Apa itu Landing Page?

perbedaan landing page dan homepage
Sumber: Google.com

Landing page adalah halaman khusus yang di buat untuk tujuan tertentu, yaitu mengarahkan pelanggan untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli, memesan, atau mengisi formulir.

Biar lebih jelas, sebagai contoh,  kamu membuat landing page yang berisi tulisan “Subscribe Now!”, maka, dapat di katakan bahwa tujuan landing page tersebut adalah mendorong pengunjung agar men-subscribe informasi dari website-mu.

Oleh karena itu, Landing page yang di desain untuk menghasilkan konversi, link di landing page lebih sedikit di banding homepage yang di desain agar pengunjung membuat keputusan pembelian, sign up, atau subscribe newsletter.

Homepage itu Apa?

Halaman utama dari halaman depan sebuah website di sebut homepage. Saat membuat website, home page adalah halaman utama yang di lihat pengunjung saat mereka mengunjungi URL website Anda. Biasanya, URL laman depan adalah nama domain tingkat dasar situs.

Sedangkan homepage di desain untuk pengunjung agar bisa memahami bisnis Anda secara keseluruhan. Mereka bisa menjelajah website dan mengeksplor halaman-halaman seperti About Us, Contact Us, Our Product, Sign Up, hingga halaman karir.

Apa saja Perbedaan Landing Page dan Homepage?

perbedaan landing page dan homepage
Sumber: Google.com

Landing page dan homepage adalah dua elemen penting dalam sebuah situs web, tetapi mereka memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda. Berikut adalah perbedaan antara landing page dan homepage:

Perbedaan Landing Page dan Homepage
Kriteria Landing Page Homepage
Untuk mengarahkan pengunjung menuju tindakan tertentu, seperti membeli produk, mengunduh konten, mendaftar newsletter, atau mengisi formulir. Landing page biasanya di ciptakan dengan fokus pada konversi dan memiliki satu tujuan utama yang jelas. Memberikan gambaran umum tentang situs web dan membantu pengunjung menavigasi ke bagian-bagian yang berbeda dari situs tersebut.
Konten dan Fokus Konten di landing page seringkali sangat spesifik dan relevan dengan kampanye pemasaran atau promosi tertentu. Landing page cenderung memiliki sedikit distraksi dan fokus pada mengarahkan pengunjung ke tindakan yang diinginkan. Homepage harus mencakup gambaran umum tentang situs web, mungkin dengan daftar fitur utama, kategori konten, atau navigasi menu. Karena memiliki tujuan yang lebih umum, homepage mungkin memiliki lebih banyak informasi dan tautan menuju bagian-bagian yang berbeda dari situs.
Desain dan Tampilan Desain landing page biasanya lebih sederhana dan fokus pada elemen-elemen yang mendukung tujuan konversi, seperti judul menarik, deskripsi singkat, gambar produk, dan tombol tindakan (CTA). Homepage memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam desain karena harus mencakup berbagai informasi dan tautan. Desain homepage dapat lebih kompleks dengan tata letak yang berbeda dan lebih banyak konten.
Trafik dan Sumber Trafik yang di arahkan ke landing page sering berasal dari kampanye pemasaran, iklan online, atau tautan khusus. Pengunjung ini memiliki niat spesifik yang sesuai dengan tujuan landing page. Trafik yang tiba di homepage mungkin berasal dari berbagai sumber, termasuk pencarian organik, tautan luar, atau langsung mengetik URL. Pengunjung homepage mungkin memiliki tujuan yang lebih beragam.
Kustomisasi dan Pengujian Karena landing page biasanya di buat untuk kampanye khusus, mereka sering ditingkatkan melalui pengujian A/B untuk menemukan elemen terbaik yang menghasilkan konversi tertinggi. Homepage juga dapat di uji dan di optimalkan, tetapi perubahan pada homepage mungkin lebih kompleks karena harus mempertimbangkan gambaran keseluruhan situs.

Dengan demikian, landing page dan homepage memiliki peran yang berbeda dalam pengalaman pengunjung dan strategi pemasaran suatu situs web. Yuk saatnya optimalkan kembali iklan dengan menggunakan jasa iklan google ads. 

Mulai dari sekarang, tingkatkan penghasilan usahamu dengan cara mudah lainnya dengan mengoptimalkan performa iklan Google secara mudah, cepat, dan aman dengan akses Ads Account bersama Everpro dan dapatkan kenyamanan berikut:

  • Edukasi beriklan dari tim Everpro
  • Scale up iklan tanpa batasan budget harian
  • Transaksi dan Credential akun terjamin aman
  • Minimal top up Rp5.000.000

Jadi yuk manfaatkan segera fasilitas yang akan membantu teman-teman dalam mengaplikasikan Google ads pada bisnis impianmu!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya