everpro

Percobaan Pengiriman Paket Akan Dilakukan Kembali Besok, Ini Maksudnya!

Apa maksud dari percobaan pengiriman paket akan dilakukan kembali besok? Simak info status percobaan pengiriman paket gagal berikut ini.

Datangnya paket bagi sebagian orang menjadi suatu hal yang dinanti-nantikan. Beruntungnya, kini terdapat fitur pelacakan yang memudahkan pelanggan untuk memantau kondisi paket.

Jadi, tidak perlu khawatir lagi memikirkan sudah sampai mana proses pengiriman paket. Karena dari hasil pelacakan tersebut akan tampil status pengiriman.

Salah satu status pengiriman yang jarang namun mungkin terjadi adalah percobaan pengiriman paket akan dilakukan kembali besok.

Lantas apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Bagaimana cara mengatasinya?

Mari baca ulasan artikel ini hingga selesai ya.

Maksud dari Percobaan Pengiriman Paket Akan Dilakukan Kembali Besok

maksud percobaan pengiriman paket akan dilakukan kembali besok
Sumber: google.com

Status percobaan pengiriman paket gagal artinya adalah kurir telah berusaha mengantarkan barang namun tidak sampai ke penerima.

Hal ini dapat pelanggan temui pada status pengiriman, dan biasanya terdapat jenis status tambahan yaitu “percobaan pengiriman paket akan dilakukan kembali besok.”

Maksud dari percobaan pengiriman paket akan dilakukan kembali besok menunjukkan bahwa terjadi kegagalan pengiriman paket sebelumnya, sehingga pihak kurir menjadwalkan untuk mengirimkannya kembali ke alamat penerima keesokan harinya.

Adapun kegagalan pengiriman bisa terjadi karena berbagai hal, seperti alamat penerima yang tidak lengkap atau salah, penerima tidak ada di tempat, atau kendala lainnya.

Oleh karena itu, pihak pengiriman memutuskan untuk menjadwalkan ulang pengantaran paket ke penerima pada hari berikutnya. 

Baca juga: 9+ Jasa Pengiriman Barang Antar Pulau Terbaik 2023, Aman dan Murah!

Penyebab Percobaan Pengiriman Paket Gagal

percobaan pengiriman paket akan dilakukan kembali besok
Sumber: pexels.com

Munculnya status pengiriman yang tidak mungkin terjadi tanpa sebab. Terdapat beberapa faktor kemungkinan terjadinya hal ini.

Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan status percobaan pengiriman paket gagal muncul:

  • Telah Melewati Jam Operasional

Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah tidak dapat melanjutkan proses pengiriman karena telah melewati jam kerja atau jam operasional. 

Seperti yang kita ketahui, dalam proses mengirimkan barang, kurir membawa banyak barang untuk mengirimkan ke berbagai tempat. 

Ketika beberapa paket sebelumnya membutuhkan waktu pengantaran yang lama, bisa terjadi kemungkinan gagal mengirim paket ke penerima di hari yang sama.

  • Terdapat Masalah Teknis

Penyebab percobaan pengiriman gagal juga bisa terjadi karena adanya masalah teknis seperti kerusakan pada kendaraan kurir, gangguan jaringan, atau masalah perangkat pengirim paket yang menyebabkan kegagalan pengiriman.

  • Keterlambatan Proses Pengiriman

Adanya keterlambatan proses pengiriman dapat terjadi karena beberapa hal seperti kurir mengirimkan terlalu banyak paket, sehingga perlu menunda beberapa paket untuk menjadwalkan pengiriman kembali keesokan harinya.

Bisa juga terjadi karena terdapat masalah dalam sistem pengiriman atau masalah dengan pihak pengiriman. 

  • Penerima Tidak Berada di Tempat

Penyebab kegagalan pengiriman lainnya adalah penerima yang tidak ada di tempat, sehingga kurir tidak bisa menyerahkan paketnya.

Terkadang beberapa kurir juga menyiasatinya dengan menitipkan ke tetangga atau menyimpannya di halaman rumah. Tapi sebagian memilih untuk mengirimkan ulang keesokan harinya.

Maka dari itu, penerima harus senantiasa siaga, agar kurir bisa menghubungi dengan mudah.

  • Kurir Tidak Menemukan Alamat yang Tertera di Paket

Selanjutnya adalah kurir tidak dapat menemukan alamat sesuai dengan yang tertera di paket. 

Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti, pengirim tidak mencantumkan alamat yang jelas dan lengkap, terjadi kesalahan proses input sistem, atau bahkan kurir sulit menemukan karena tidak ada patokan yang jelas.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk menghindarinya adalah pengirim harus menuliskan alamat dengan jelas dan lengkap serta menambahkan patokan jika ada.

  • Penerima Menolak Paket Kiriman

Status percobaan pengiriman paket gagal juga bisa terjadi karena penerima menolak untuk menerima paket. 

Hal ini kerap terjadi pada sistem COD, penerima menganggap bahwa paket tidak layak atau rusak, sehingga menolak untuk menerimanya. Dengan adanya penolakan dari penerima menyebabkan munculnya status gagal mengirimkan paket.

  • Pengiriman Overload

Hal yang mungkin terjadi lainnya adalah terjadi overload pada pengiriman baik di ekspedisi maupun tempat belanja online, sehingga kurir tidak dapat menyerahkan paket ke penerima tepat waktu.

Biasanya hal ini terjadi pada event tertentu seperti hari raya, akhir tahun, atau tanggal cantik yang terdapat diskon besar di berbagai marketplace.

  • Kurir Tidak Dapat Menghubungi Penerima

Berikutnya percobaan pengiriman bisa gagal karena kurir tidak dapat menghubungi penerima. Nomor yang tidak aktif atau masalah jaringan bisa menjadi faktor tidak dapat menghubungi penerima.

Terlebih ketika penerima tidak ada di tempat atau kurir kesulitan menemukan alamat, maka memerlukan konfirmasi dari penerima. Ketika kurir sulit menghubungi, sebagian memutuskan untuk mengirimkan kembali besok.

  • Masalah Terkait Packing

Pengemasan barang yang tidak sesuai standar dapat mempengaruhi proses pengiriman. Misalnya, kemasan menjadi rusak, sehingga pihak pengiriman perlu mengemas ulang untuk kembali melanjutkan prosesnya.

  • Kurir Salah Mengirimkan Paket

Penyebab selanjutnya adalah kurir yang salah alamat, sehingga membutuhkan waktu lebih untuk mengirimkan ke alamat yang benar. 

Karena kurir harus mengambil paket yang salah kiri baru mengantarkannya lagi ke alamat tujuan yang benar. Hal ini mungkin terjadi karena titik alamat di maps yang berbeda atau penerima telah pindah alamat.

  • Perubahan Jadwal Kirim

Percobaan pengiriman gagal selanjutnya juga bisa terjadi karena kantor cabang ekspedisi merubah jadwal pengiriman, sehingga gagal mengirimkan paket dengan jadwal hari tersebut. 

Kurir akan melanjutkan mengirim paket dengan jadwal yang baru, biasanya pada keesokan harinya.

  • Kejadian Tak Terduga

Faktor lain yang mungkin terjadi adalah adanya kejadian tak terduga seperti cuaca buruk, bencana alam, pihak ekspedisi salah memasukkan kode pengiriman, atau paket hilang.

Cara Mengatasi Status: Percobaan Pengiriman Paket Akan Dilakukan Kembali Besok

cara mengatasi status barang dikirim besok
Sumber: pexels.com

Saat anda melihat status percobaan pengiriman paket akan dilakukan kembali besok, berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan:

  • Periksa Kembali Informasi Pengiriman

Pastikan telah mengisi informasi pengiriman seperti alamat penerima, nomor telepon, dan detail paket dengan benar. Jika ada kesalahan, maka hubungi pihak jasa pengiriman untuk memperbaiki alamat yang benar.

  • Cek Jadwal Pengiriman Ulang

Cara selanjutnya adalah dengan memastikan kembali jadwal pengiriman ulang kepada pengirim atau pihak kurir. Pastikan bahwa kurir akan mengantarkan kembali paket pada keesokan harinya.

  • Hubungi Pengirim

Penerima juga bisa langsung menghubungi pengirim untuk menanyakan jadwal pengiriman ulang, atau langkah selanjutnya.

  • Menghubungi Pihak Jasa Pengiriman

Jika kegagalan pengiriman berasal dari pihak pengiriman, maka bisa langsung menghubungi customer service di kontak call center yang tersedia di situs resminya. Tanyakan keberadaan posisi paket.

  • Kunjungi Kantor Agen Terdekat dari Jasa Pengiriman Tersebut

Apabila belum mendapatkan jawaban atau respon dari customer service, anda bisa langsung mendatangi kantor jasa pengiriman terdekat.

Tanyakan kepada petugas terkait keberadaan paket dan jadwal pengiriman paket. Bahkan jika kurir telah menyerahkan kembali di agen tersebut, anda bisa langsung membawanya.

Baca juga: Kenapa Paket Tidak Bergerak? Berikut Alasan dan Solusinya!

Itulah penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi status percobaan pengiriman paket akan dilakukan kembali besok.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif dan menarik lainnya dari Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya