15 Rumus Excel Lengkap yang Sering Digunakan, Harus Tahu!

Ingin mengetahui rumus excel lengkap untuk manajemen data atau analisis data? Simak artikel ini untuk mengetahui semua rumus excel lengkap!

Excel merupakan salah satu software yang sering kita gunakan untuk keperluan penting seperti bekerja, sekolah sampai bisnis. Software ini dapat membantu kita untuk manajemen data serta analisis data.

Namun, untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan penting menggunakan Excel membutuhkan formula atau rumus di dalamnya. Rumus dan formula ini berguna untuk mempermudah kita untuk melakukan perhitungan, mengklasifikasikan dan lain sebagainya.

Tapi tahukah kamu jika terdapat ratusan rumus dan formula yang pastinya susah untuk kamu ingat dengan baik. Nah, pada artikel ini kami akan memberikan solusi bagi kamu beberapa rumus penting yang sering digunakan di Excel.

Penasaran apa saja rumus dan formula tersebut? Simak terus informasinya sampai habis ya!

Apa itu Microsoft Excel

rumus excel lengkap
Sumber: google.com

Microsoft Excel atau sering diucapkan Excel saja, merupakan program yang Microsoft ciptakan yang menggunakan format spreadsheets untuk mengorganisasikan nomor dan data dengan formula dan fungsi.

Aplikasi ini digunakan dimana-mana di seluruh dunia dan digunakan oleh bisnis dari semua ukuran untuk melakukan analisis keuangan. Excel ini biasanya digunakan untuk mengorganisasikan data dan melakukan analisis keuangan.

Program ini digunakan hampir di seluruh fungsi bisnis dan di perusahaan dari skala terkecil sampai terbesar. Microsoft ini menggunakan beberapa data fungsi, formula dan juga shortcuts yang bisa pengguna gunakan untuk membantu dan meningkatkan fungsionalitasnya.

Fungsi dan Kegunaan Microsoft Excel

Kegunaan utama dari Excel meliputi:

  • Data Entry
  • Data Management
  • Accounting
  • Financial Analysis
  • Charting and Graphing
  • Programming
  • Time Management
  • Task Management
  • Financial Modeling
  • Customer Relationship Management (CRM)
  • dan Semuanya yang perlu untuk bisnis organisasikan!

Dengan fungsi dan kegunaan yang banyak tersebut menjadi alasan mengapa Excel banyak digunakan oleh banyak pengguna terutama bisnis.

Kumpulan Rumus Excel Lengkap

rumus excel lengkap
Sumber: google.com

Berikut kami kumpulkan beberapa rumus Excel yang sering bisnis gunakan untuk keperluan penting seperti di atas:

1. Rumus Persentase Excel

Rumus yang pertama yaitu rumus persentase Excel yang bisa pengguna gunakan untuk menghitung persen seperti potongan diskon dan lainnya yang menggunakan simbol persen. Kamu dapat melihat rumus persen ini melalui artikel Cara Menghitung Rumus Persentase Excel.

2. Rumus Vlookup Excel

Kemudian, ada rumus vlookup Excel yang berguan untuk membaca dua atau lebih tabel yang mempunyai data yang saling dihubungkan secara vertikal. Kamu dapat melihatnya melalui artikel Rumus Vlookup Excel.

3. Rumus Standar Deviasi

Selanjutnya ada rumus standar deviasi yang berguna untuk menghitung simpangan baku berdasarkan seluruh populasi yang diberikan sebagai argumen. Kamu dapat melihatnya di artikel Rumus Standar Deviasi Excel.

4. Rumus Excel jika Cell Kosong

Selanjutnya ada rumus jika cell kosong yang bisa kamu gunakan untuk mengolah data. Kamu dapat mengetahui rumus Excel jika cell kosong pada artikel Rumus Excel jika Cell Kosong.

5. Rumus Akar

Kemudian ada rumus akar pada Excel yang berguna untuk menghitung akar kuadrat dari suatu bilangan. Kamu bisa mengetahu rumus ini pada artikel Cara Menghitung Rumus Akar.

6. Rumus Pengurangan

Rumus pengurangan adalah rumus yang berguna untuk melakukan perhitungan pengurangan di Excel dengan mudah. Untuk rumusnya kamu bisa melihatnya melalui artikel Rumus Pengurangan Excel.

7. Rumus SUMIF Excel

SUMIF adalah rumus yang berguna untuk melakukan penjumlahan dengan kriteria tertentu. Rumus ini dapat kamu terapkan untuk menjumlahkan nilai dalam satu rentang yang memenuhi kriteria yang telah kamu tentukan. Simak cara menggunakannya pada artikel Rumus SUMIF.

8. Rumus IF Bertingkat

Selanjutnya ada rumus IF bertingkat yang berguna untuk menyebutkan penggunaan lebih dari satu fungsi IF. Kamu dapat mengetahui rumus lengkapnya pada artikel Rumus IF Bertingkat.

9. Rumus Ranking Excel

Rumus selanjutnya yang harus kamu tahu dari Excel adalah rumus ranking Excel. Kamu dapat melihat rumusnya melalui artikel Rumus Ranking Excel.

10. Rumus Pembulatan Excel

Rumus ini berguna untuk membulatkan sebuah bilangan pada Excel. Simak artikel Rumus Pembulatan Excel untuk mengetahui rumusnya.

11. Rumus Kuadrat di Excel

Selanjutnya ada rumus kuadrat yang juga sering digunakan pada bisnis. Kamu bisa mengetahui rumus kuadrat melalui artikel Rumus Kuadrat.

12. Rumus COUNTIF Excel

COUNTIF adalah salah satu fungsi statistik untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi kriteria. Contohnya seperti menghitung berapa kali kota tertentu muncul dalam daftar pelanggan. Kamu bisa mengetahui rumus ini di artikel Rumus COUNTIF.

13. Rumus IF

IF adalah rumus selanjutnya yang akan sering kamu gunakan untuk berbagai kepentingan pada bisnis dan juga pekerjaan. Ini merupakan rumus untuk membuat perbandingan yang logis antara nilai dan perkiraan. Lihat rumus IF di artikel Rumus IF.

14. Rumus Perkalian Excel

Rumus perkalian merupakan salah satu rumus yang pastinya sangat penting untuk menghitung perkalian. Kami memiliki artikel yang membahas khusus tentang rumus perkalian ini di artikel Rumus Perkalian Excel.

15. Rumus Rata-rata Excel

Rumus rata-rata juga cukup penting dan akan sering bisnis gunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu data. Kamu bisa mengetahui rumus rata-rata melalui artikel ini Rumus Rata-rata.

Demikianlah beberapa rumus yang sering digunakan pada bisnis yang harus kamu ketahui. Pastikan melakukan praktik langsung supaya kamu dapat mengingat rumus-rumus di atas di luar kepala.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini di media sosial kamu. Nantikan informasi menarik dan bermanfaat lainnya hanya di blog Everpro.id!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Cara Kirim Barang Lewat Kereta Api

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik terakit topik mengirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih

Cara Kirim Paket JNE

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik cara kirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih mengerti

Menu
© 2024 Everpro by Evermos.