everpro

Sales Representative Adalah: Pengertian, Tugas, Kualifikasi & Gaji

Sales representative adalah? Simak informasi selengkapnya di bawah ini untuk mengetahui jawaban seputar sales representative!

Salah satu posisi yang memiliki peranan penting dalam perusahaan adalah posisi sales representative. Secara harfiah posisi ini adalah orang yang bertugas sebagai perwakilan dari penjualan.

Maksudnya yaitu seorang yang bertugas untuk mewakili perusahaan untuk menjual barang atau jasa kepada pelanggan atau pihak lain. Posisi ini menjadi salah satu posisi yang paling banyak perusahaan cari untuk mengemban tanggung jawab tersebut.

Hal ini karena posisi ini memegang peranan penting untuk menentukan pemasukan perusahaan. Nah, pada artikel ini kami akan memberikan penjelasan lengkap terkait posisi ini untuk kamu.

Simak sampai habis ya karena banyak banget informasi bermanfaat bagi kamu, check it out!

Baca juga: Sales Advisor Adalah: Pengertian, Tugas, Kualifikasi, Gaji & Peluang Karir

Apa itu Sales Representative

sales representative adalah
Sumber: freepik.com

Sales representative atau perwakilan penjualan adalah seorang yang memiliki tangung jawab untuk menjual produk atau layanan kepada pelanggan.

Mereka biasanya bekerja di perusahaan besar atau kecil, dan tugas mereka dapat bervariasi tergantung pada industri dan jenis produk atau jasa yang mereka jual.

Mereka  memiliki tanggung jawab dan tugas yang cukup penting dalam perusahaan karena hal tersebut bergantung pada tangan mereka. Hal yang bergantung pada mereka seperti omzet tinggi atau rendah.

Oleh sebab itu, perwakilan penjualan dapat dikatakan sebagai ujung tombak bagi perusahaan untuk mencapai target penjualan.

Tugas Sales Representative

Sebagai seorang perwakilan penjualan di mana nasib perusahaan berada di tangannya, ada beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus mereka jalankan. Berikut beberapa tugas dan tanggung jawab dari seorang perwakilan penjualan:

  • Menggali Pangsa Pasar

Seorang tenaga penjualan memiliki tugas untuk mengeksplorasi pasar agar produk atau layanan perusahaan dapat lebih laris di masyarakat. Tim penjualan dapat menerapkan berbagai pendekatan dalam menggali pangsa pasar.

Sebut saja, melalui jejaring sosial, survei lapangan, atau bahkan kunjungan pintu ke pintu.

  • Perkenalkan Produk kepada Publik

Tugas tim penjualan juga melibatkan pengenalan produk kepada masyarakat. Mereka harus memahami produk atau layanan yang mereka tawarkan secara mendalam, agar mampu mengkomunikasikannya kepada masyarakat.

Semakin banyak warga yang memahami produk atau layanan ini, maka semakin besar peluang untuk menjualnya.

  • Memenuhi Target Penjualan

Penjualan tidak sekadar menjual produk, melainkan juga mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. Setiap perusahaan memiliki sasaran yang beragam. Tim penjualanlah yang harus mencapainya dalam menjual produk atau layanan.

Mereka juga diharapkan mampu meningkatkan angka penjualan dari waktu ke waktu.

  • Menjaga Hubungan dengan Pelanggan dan Menjaga Reputasi Perusahaan

Tenaga penjualan berfungsi sebagai penghubung antara konsumen dan perusahaan. Karenanya, salah satu tanggung jawab tim penjualan adalah menjaga hubungan positif dengan para pelanggan. Sebab, pelanggan adalah mata pencaharian.

Selain itu, tenaga penjualan juga berkewajiban untuk merawat citra baik perusahaan. Perusahaan adalah tempat berkumpul. Dengan sebaik-baiknya, perwakilan penjualan harus berbicara dengan santun, baik dalam interaksi langsung maupun di dunia maya.

  • Memastikan Lancarnya Seluruh Proses

Ketika produk atau layanan berhasil terjual, tugas tim penjualan belum selesai. Mereka tetap bertanggung jawab untuk memastikan kelancaran proses pengiriman.

Hal yang sama berlaku jika ada pengembalian produk. Apabila ada hambatan, tugas perwakilan penjualan adalah mencari solusi untuk mengatasinya.

Baca juga: Sales Associate Adalah: Pengertian, Tugas, Kualifikasi, Gaji & Peluang Karir

Kualifikasi Sales Representative

sales representative adalah
Sumber: freepik.com

Dalam dunia penjualan, kualifikasi seorang perwakilan penjualan adalah hal yang sangat penting. Mereka memiliki peran kunci dalam memastikan produk atau layanan perusahaan sukses di pasar. Berikut adalah beberapa kualifikasi penting yang perlu dimiliki oleh seorang perwakilan penjualan:

  • Pengetahuan Produk yang Mendalam

Seorang perwakilan penjualan harus memiliki pemahaman mendalam tentang produk atau layanan yang mereka jual. Mereka perlu tahu segala detail, fitur, manfaat, dan keunggulan yang dimiliki produk tersebut.

Pengetahuan yang mendalam ini memungkinkan mereka untuk menjawab pertanyaan pelanggan dengan jelas dan meyakinkan.

  • Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Kemampuan berkomunikasi yang baik sangat penting dalam pekerjaan penjualan. Seorang perwakilan penjualan harus dapat berbicara dengan lancar, meyakinkan, dan persuasif. Mereka juga harus mendengarkan pelanggan dengan baik untuk memahami kebutuhan dan keinginan mereka.

  • Keterampilan Berhubungan

Hubungan baik dengan pelanggan adalah kunci keberhasilan dalam penjualan. Seorang perwakilan penjualan harus dapat membangun dan merawat hubungan baik dengan pelanggan. Mereka harus menjadi orang yang bisa dipercaya dan bersahabat.

  • Kemampuan Memahami Kebutuhan Pelanggan

Seorang perwakilan penjualan perlu mampu mengidentifikasi dan memahami kebutuhan pelanggan.

Mereka harus dapat mengajukan pertanyaan yang relevan dan mendengarkan dengan teliti untuk menentukan bagaimana produk atau layanan mereka dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

  • Kemampuan Menyusun Rencana Penjualan

Seorang perwakilan penjualan harus dapat merencanakan strategi penjualan yang efektif. Mereka perlu tahu kapan dan bagaimana mendekati pelanggan potensial, serta bagaimana menangani penolakan atau hambatan.

  • Kemampuan Beradaptasi

Dunia penjualan selalu berubah. Seorang perwakilan penjualan harus dapat beradaptasi dengan perubahan dalam pasar dan persaingan. Mereka perlu selalu belajar dan meningkatkan keterampilan mereka.

  • Etika Kerja yang Tinggi

Etika kerja yang tinggi sangat penting dalam penjualan. Seorang perwakilan penjualan harus jujur, adil, dan profesional dalam semua interaksi mereka. Mereka juga harus menjaga kerahasiaan informasi pelanggan.

  • Motivasi dan Kemandirian

Menjadi seorang perwakilan penjualan seringkali memerlukan motivasi internal yang kuat. Mereka harus mandiri dan memiliki tekad untuk mencapai target penjualan mereka.

Kualifikasi-kualifikasi ini membantu memastikan bahwa seorang perwakilan penjualan dapat berhasil dalam pekerjaan mereka dan memberikan nilai tambah kepada perusahaan.

Dengan kombinasi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang benar, mereka dapat menjadi aset berharga dalam dunia penjualan.

Baca juga: Sales Consultant Adalah: Pengertian, Tugas, Kualifikasi dan Peluang Karir di Indonesia

Gaji Sales Representative

Gaji seorang sales representative di Indonesia bervariasi, tergantung pada beberapa faktor seperti berikut:

  • Jenis atau jasa yang ditawarkan
  • Ukuran perusahaan
  • Lokasi
  • Pengalaman
  • Keterampilan

Melansir dari data dari situs lowongan kerja Indeed, kisaran gaji posisi sales representative di Indonesia yaitu di kisaran Rp. 2.500.000 sampai Rp. 6.000.000 per bulan. Gaji tersebut merupakan gaji pokok yang belum termasuk beberapa tunjangan seperti:

  • Tunjangan transportasi
  • Tunjangan makan
  • Tunjangan kesehatan
  • Tunjangan hari raya
  • Bonus penjualan

Gaji seorang sales representative umumnya di bagi menjadi dua yaitu gaji pokok dan komisi penjualan. Kemudian, Gaji pokok merupakan gaji yang perusahaan bayarkan tiap bulannya sedangkan komisi penjualan adalah persentase dari penjualan yang dicapai sales representative.

Bagaimana, kamu mulai tertarik menggeluti bidang sales dan ingin berkarir menjadi sales representative?

Demikianlah akhir dari artikel terkait posisi sales representative yang bisa kami berikan. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin menggeluti dan berkarir menjadi sales representative.

Kamu bisa share artikel ini secara gratis melalui media sosial kamu dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya