everpro

Cara Daftar Seller JD ID Bagi Pemula, Lengkap dan Mudah!

cara daftar seller jd id

Ingin meraih penghasilan dengan daftar seller JD ID? Simak panduan cara menjadi seller JD ID serta tips jualan untuk raih banyak cuan.

Berjualan secara online menjadi salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan penghasilan. Pasalnya dengan berjualan online anda dapat menjangkau konsumen dari mana saja.

Untuk mengembangkan usaha anda bisa memanfaatkan berbagai marketplace dan e-commerce agar potensi penjualan juga semakin tinggi. 

Salah satunya adalah dengan membuka toko online di JD ID. Dengan menjadi penjual di platform ini anda bisa menjangkau konsumen lokal hingga internasional.

Menarik bukan? Jadi anda berkesempatan mengembangkan usaha hingga mancanegara. Baca artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan informasi serta panduan cara jadi seller di JD ID.

Sekilas Tentang JD ID

perusahaan jdid
Sumber: google.com

PT. Jingdong Indonesia Pertama atau JD.ID adalah anak perusahaan ritel raksasa dari Tiongkok (JD.com), yang menjadi platform perdagangan elektronik. Perusahaan ini telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2015.

Pada awalnya, perusahaan ini hanya berfokus menjual produk elektronik dan gadget saja. Namun, seiring perkembangan dan meningkatnya pengguna marketplace, perusahaan ini memperluas berbagai kategori produk jualan seperti sepatu, pakaian olahraga, kesehatan, hingga kecantikan.

Sebagai upaya meningkatkan perkembangan bisnis di Indonesia, perusahaan ini juga turut mendukung UMKM untung mengelola penjualan dan berinteraksi dengan konsumen melalui platform online seperti aplikasi dan website.

Baca juga: Daftar Seller Lazada untuk Cuan Berlipat Ganda, Cek Disini!

Everpro

Keuntungan Menjadi Seller JD ID

daftar seller jd id
Sumber: google.com

Melalui slogan “Make JOY Happen”, JD.ID melambangkan JOY sebagai mimpi tentang kekuatan, tenaga, keindahan, dan kesempatan untuk melarikan diri dari rutinitas yang monoton. Baik itu untuk pembeli maupun penjual yang menggunakan platform ini.

Bagi pembeli, platform ini menjamin akan mendapatkan “JOY” dari produk yang original. Sedangkan “JOY” untuk penjual bisa didapat dengan berbagai keuntungan menjadi seller JD ID berikut:

  • Proses Pendaftaran Cepat

Keuntungan pertama adalah cepatnya proses pendaftaran yakni cukup dalam 1 menit saja. Dengan cara menjadi seller JD ID yang mudah anda bisa langsung mendaftar dan mulai meraih keuntungan dari berjualan di platform ini.

  • Komisi 2% Untuk Semua Kategori

Daftar JD ID seller memberikan anda keuntungan dengan tingkat komisi rendah yaitu hanya 2% untuk seluruh kategori dalam 2 bulan pertama. Dengan begitu anda bisa meraup penghasilan yang lebih besar.

  • Gratis Biaya Penjemputan dan Ongkir

Keuntungan lainnya dengan mendaftar jadi seller JD ID adalah anda bisa mendapatkan gratis biaya pengiriman meliputi penjemputan paket dan pengantaran ke konsumen. Hal tersebut tentu dapat menjadi daya tarik agar banyak yang membeli di toko anda.

  • Dapat Menjual Kategori Apapun

Pada awalnya memang platform ini hanya menjual produk elektronik dan gadget, namun sekarang penjual mendapat kebebasan untuk menjual kategori apapun tanpa ada batasan jenis produk.

  • Dapat Mengikuti Campaign Gratis di JD ID

Keuntungan terakhir dengan mendaftar menjadi seller JD.ID adalah anda berkesempatan untuk mengikuti program campaign secara gratis seperti Super8, 11.11, dan lainnya.

Dengan mengikuti campaign anda mendapatkan peluang penjualan yang lebih besar, karena pembeli akan lebih mudah melihat produk dari toko anda.

Cara Menjadi Seller di JD ID

cara daftar seller jd id
Sumber: google.com

Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan mendaftar sebagai seller JD ID. Hal tersebut dapat memudahkan anda untuk mengembangkan bisnis.

Cara menjadi seller JD ID cukup mudah dan cepat, anda bisa langsung mengakses situs resmi atau aplikasi platform ini. Sebelumnya persiapkan dahulu data berikut agar proses pendaftaran berjalan lancar:

  1. Alamat email dan nomor telepon aktif
  2. KTP
  3. NPWP

Karena proses pendaftaran secara online jadi siapkan berkas tersebut dalam bentuk hasil scan yang jelas. Tentukan juga apakah anda akan mendaftar sebagai penjual lokal atau cross border (global). Kemudian ikuti 2 cara pendaftaran berikut ini.

Cara Jadi Seller JD ID Lokal

  1. Masuk ke situs resmi JD ID di www.jd.id
  2. Pada halaman utama klik seller dan pilih Daftar Sebagai seller
  3. Kemudian anda akan diarahkan ke laman seller Center, lalu klik Daftar Sebagai Penjual Lokal
  4. Masukkan informasi nomor HP serta alamat email, pastikan menggunakan nomor telepon dan email aktif, kemudian klik Next
  5. Selanjutnya anda perlu melengkapi data diri dan toko meliputi nama lengkap, nama toko, kategori toko, jenis toko (perusahaan atau perorangan), nomor KTP, scan KTP, scan NPWP, serta scan NPWP
  6. Pastikan telah mengisi dengan lengkap dan sesuai, lalu konfirmasi perjanjian pendaftaran sebagai penjual
  7. Setelah itu klik Daftar dan lanjutkan proses verifikasi.
  8. Setelah proses verifikasi selesai maka anda telah berhasil menjadi seller JD ID lokal.

Cara Daftar JD ID Seller Cross Border

  1. Buka situs resmi JD.ID
  2. Di halaman utama pilih menu Seller dan klik Daftar Sebagai Seller
  3. Kemudian klik Daftar Sebagai Penjual Cross Border
  4. Selanjutnya lakukan registrasi melalui nomor telepon atau email. Lalu klik Kirim Kode, dan anda akan mendapatkan kode verifikasi.
  5. Masukkan kode verifikasi yang anda dapatkan, lalu klik Daftar
  6. Lalu baca semua Syarat dan Ketentuan serta Perjanjian dengan cermat. Apabila anda menyetujui, klik Submit
  7. Kemudian masukkan informasi mengenai toko dan perusahaan, serta lengkapi juga semua dokumen yang diperlukan, lalu klik Next
  8. Pastikan anda membaca perjanjian dengan baik lalu centang keterangan “Saya telah membaca dan menyetujui perjanjian dengan cermat.” kemudian klik Submit for Application
  9. Selanjutnya anda masuk ke tahap Audit yang merupakan Pending Trial. Apabila toko anda telah melewati proses ini, maka akan menerima pemberitahuan melalui email untuk melihat status toko dan masuk ke akun anda.
  10. Proses audit berkisar antara 2 – 3 hari kerja. Apabila pendaftaran disetujui, maka anda akan mendapat konfirmasi bahwa toko telah aktif. Kini anda bisa mulai berjualan di JD ID!

Pencairan Dana JD ID Seller

pencairan dana jd.id
Sumber: google.com

Penghasilan dari aktivitas berjualan di JD ID akan tersimpan di JD Balance yang kemudian bisa anda cairkan ke rekening bank sesuai yang anda cantumkan saat proses pendaftaran.

Prosesnya pencairan dana di JD Balance mudah dan cepat, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi JD.ID di device anda kemudian masuk ke menu Akun Saya, lalu klik JD Balance
  2. Pilih menu Withdraw/Tarik Saldo pada tampilan JD Balance di akun anda.
  3. Kemudian masukkan nominal saldo yang ingin anda tarik, dan masukkan nomor rekening tujuan.
  4. Lengkapi semua data yang diperlukan meliputi: nominal saldo yang akan anda tarik, nama pemilik dan nomor rekening, nama bank serta cabangnya.
  5. Pastikan anda telah  mengisi semua data dengan lengkap dan benar, kemudian klik Submit/Kirim.
  6. Selanjutnya pilih metode verifikasi baik itu melalui email atau nomor telepon, kemudia anda akan mendapatkan Kode OTP sebagai kode verifikasi.
  7. Setelah itu masukkan Kode OTP yang anda terima lalu konfirmasi, maka proses pencairan dana sudah selesai. Selanjutnya anda hanya perlu menunggu pihak JD ID mentransfer dana pencairan ke rekening anda dalam waktu 1 – 3 hari kerja.

Baca juga: 13 Cara Mengaktifkan Akun Seller Lazada, Siap Banjir Rupiah!

Cara Login Seller JD ID

cara daftar seller jd id
Sumber: google.com

Apabila anda sudah berhasil mendaftar jadi seller JD ID anda bisa dengan mudah login ke akun hanya dengan menggunakan username dan memasukkan password. Agar lebih jelas berikut adalah langkah-langkah mudahnya:

  1. Masuk ke aplikasi JD ID atau ke situs seller.jd.id.
  2. Kemudian masukkan nomor telepon atau username JD account atau email sesuai dengan yang anda daftarkan di kolom yang tersedia.
  3. Lalu masukkan juga password akun anda. Apabila anda lupa password, klik “Forgot Password” dan ikuti instruksi untuk membuat kata kunci baru. 
  4. Setelah itu klik Login.
  5. Selesai, anda telah berhasil login ke akun seller JD ID. 

Tips Jualan di JD ID

tips jualan jdid
Sumber: google.com

Anda bisa mengembangkan bisnis dan memaksimalkan keuntungan dengan berbagai tips jualan di JD ID berikut ini:

  • Mengunggah Foto Produk Berkualitas Tinggi

Gunakanlah foto produk yang memiliki kualitas tinggi (HD) untuk anda upload di etalase agar menarik dan terlihat jelas. Karena saat berbelanja online visual menjadi hal pertama yang menarik perhatian, jadi pastikan anda menggunakan foto produk yang berkualitas tinggi dan bagus.

  • Memberikan Deskripsi Secara Rinci

Selanjutnya berikan deskripsi produk secara rinci agar memudahkan calon konsumen untuk memahami informasi dari produk yang anda jual.

  • Selalu Mengikuti Promo Campaign dari JD ID

Terdapat berbagai promo campaign di platform JD ID yang bisa anda manfaatkan untuk menarik banyak pelanggan baru membeli dari toko anda. Seperti promo diskon, gratis ongkir, dan sebagainya.

Demikian penjelasan mengenai cara daftar seller JD ID dan tips jualan agar keuntungan maksimal.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya dari Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?