everpro

2 Cara Mengaktifkan Akun Seller Lazada 2024, Siap Banjir Rupiah!

Sudah tahu kan bahwa ada banyak cara untuk jualan online, salah satunya dengan menjadi seller di marketplace. Lalu, bagaimana cara mengaktifkan akun seller Lazada? Anda bisa mengikuti panduan lengkap seputar cara jadi seller Lazada melalui artikel ini.

Menjadi seller adalah salah satu cara untuk memulai bisnis online. Bahkan tanpa modal sekali pun alias gratis! Anda bisa menjadi seller mulai dari bisnis fashion sampai makanan. Maka dari itu, salah satu jualan online terlaris yakni lewat marketplace seperti Lazada.

Dilansir dari Product Mint bahwa marketplace adalah penghubung pembeli dan penjual pada satu platform yang terpusat melalui sistem. Selain itu, membantu pembeli dan penjual offline menjadi seller Lazada dalam transaksi jual beli barang secara online.

Baca juga: Lazada Seller: Cara Menggunakan Fiturnya Biar Makin Untung!

Bagaimana Cara Mengaktifkan Akun Lazada Seller?

cara mengaktifkan akun seller lazada
Sumber: google.com

Lazada merupakan platform online shopping mall terkemuka di Indonesia yang menjadi perintis online shop di beberapa negara. Dengan pertumbuhan tercepat di dunia lewat tawaran pengalaman belanja online cepat, aman, dan nyaman dari beragam produk berkualitas.

Mulai dari produk dalam kategori fashion, elektronik, peralatan rumah tangga, mainan anak-anak, hingga peralatan olahraga. Lazada memberikan metode berbelanja dan transaksi pembayaran yang menarik bagi pelanggan, dalam mendapatkan pengalaman belanja online.

Masyarakat dapat memanfaatkan peluang dari Lazada untuk memasarkan dan menjual produk secara online dengan menjadi seller Lazada. Anda dapat dengan mudah mendapatkan penghasilan tanpa harus terikat waktu kerja. Berikut cara daftar Lazada seller.

Persyaratan Cara Membuat Akun Lazada Seller

cara mengaktifkan akun seller lazada
Sumber: google.com

Terdapat beberapa persyaratan yang perlu Anda lengkapi, sebelum mulai mendaftar cara membuat akun Lazada Seller atau cara mengaktifkan akun seller Lazada. Syarat marketplace terbagi menjadi perorangan, perusahaan, distributor resmi, maupun pemilik brand atau distributor tunggal.

Syarat Marketplace Perorangan

Persiapkan dokumen penting seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), nomor telepon aktif, memiliki akun rekening bank, memiliki usaha perorangan, ataupun bisa sebagai reseller lazada.

Syarat Marketplace Perusahaan

Perusahaan harus memiliki surat resmi izin usaha dari lembaga OSS (Online Single Submission) maupun surat izin usaha perdagangan. Sebagai bukti fiksi bisnis yang sedang Anda jalani.

Syarat Distributor Resmi

Anda wajib memiliki surat izin usaha dari OSS, memiliki akun rekening bank, mempunyai surat distributor, dan memiliki website. Kemudian aktif di media sosial dan memiliki 3 toko retail.

Syarat Pemilik Brand

Mempunyai surat izin usaha, akun rekening bank, memiliki sertifikat merek, mempunyai website, memiliki 1000 pengikut di media sosial, dan sudah terdaftar di minimal 3 toko retail.

Tutorial Cara Membuat Akun Lazada Seller

cara mengaktifkan akun seller lazada
Sumber: google.com
  1. Kunjungi akses pendaftaran di alamat https://sellercenter.lazada.co.id
  2. Masukan Nomor Telepon dan klik tombol Selanjutnya
  3. Selanjutnya, masukkan Kode Verifikasi melalui sms dan klik Verifikasi
  4. Pilih Jenis Akun, atur Kata Kunci, dan klik tombol Selanjutnya
  5. Pada halaman beranda, silahkan lengkapi Alamat Toko secara detail
  6. Masukkan Alamat Gudang, Verifikasi Akun Bank, dan Upload Foto Produk
  7. Jika sudah lengkap, maka Anda bisa langsung mulai berjualan di Lazada

Cara Mengaktifkan Akun Seller Lazada di HP

cara mengaktifkan akun seller lazada
Sumber: google.com

Untuk mulai meraih penghasilan berjualan online adalah dengan mendaftarkan akun penjual di Lazada. Kini cara daftar Lazada menjadi lebih mudah karena bisa melakukannya lewat HP.

Aplikasi Lazada telah tersedia untuk perangkat smartphone. Untuk membuat akun seller, instal terlebih dahulu aplikasi Lazada Seller melalui Play Store maupun App Store.

Melansir dari laman resmi Lazada, berikut adalah cara mengaktifkan akun Seller Lazada Seller di HP:

  1. Buka aplikasi Lazada Seller Center yang telah terpasang di perangkat smartphone 
  2. Kemudian pilih opsi Have a shop for free
  3. Selanjutnya masukkan nomor handphone anda yang masih aktif, lalu klik Pesan
  4. Setelah menerima kode OTP melalui sms,, masukkan 6 digit kode OTP tersebut pada kolom Kode Verifikasi
  5. Lalu klik Lanjut
  6. Kemudian masukkan alamat email, lalu pilih Individu
  7. Masukkan kata sandi untuk akun penjual anda
  8. Selanjutnya masukkan nama toko dan pilih ketentuan layanan penjual
  9. Lalu tekan Daftar
  10. Apabila berhasil, akan muncul keterangan Berhasil Terdaftar
  11. Maka layar akan beralih ke halaman Login, masukkan email dan password yang anda daftarkan sebelumnya

Cara Mengaktifkan Seller Lazada di Web

cara mengaktifkan akun seller lazada
Sumber: everpro.id

Melansir dari laman resmi Seller Center Lazada, berikut cara membuat akun dan menjadi penjual aktif di Lazada:

  1. Masuk ke website resmi di sini https://www.lazada.co.id/
  2. Setelah masuk, klik menu Menjadi Seller
  3. Pada tampilan awal, silahkan klik tombol Daftar Menjadi Penjual Sekarang
  4. Terdapat pilihan sebagai Penjual LazMall, Penjual Lazada, Penjual LazGlobal
  5. Setelah Anda memilih, lengkapi Form Pendaftaran dan klik tombol Daftar
  6. Tunggu sebentar untuk Verifikasi Akun dan Anda sudah bisa mulai berjualan

Bagaimana Cara Mengaktifkan Kembali Akun Lazada Seller?

Dalam berjualan online di platform ini, pihak Lazada memiliki ketentuan untuk menontaktifkan akun penjual. Dengan akun yang nonaktif maka penjual tidak bisa menerima pesanan lagi.

Adapun penyebab Lazada menonaktifkan akun penjual melansir dari sellercenter.lazada.co.id adalah:

  • Penjual menerima minimal 1 pesanan pada 2 minggu yang lalu, namun masih belum memproses pesanan satupun sampai seminggu sebelumnya.
  • Terjadi pelanggaran 12 pon atau lebih dan akan mengalami pembatasan.
  • Jika dalam kurun waktu 7 hari kerja poin pelanggaran mencapai 48 atau lebih akan pihak Lazada non aktifkan
  • Terjadi pelanggaran berat meskipun belum mencapai 48 poin

Mengutip dari laman sellercenter.lazada.co.id berikut cara mengaktifkan akun seller Lazada yang dinonaktifkan:

  1. Cek email terkait status akun toko di Lazada. Jika terdapat email bahwa status non aktif, perhatikan link untuk melakukan banding
  2. Ajukan banding melalui Halaman Kesehatan Toko di akun Seller Center Lazada

Bagaimana Cara Menjadi Seller Lazada Tanpa Modal?

cara mengaktifkan akun seller lazada
Sumber: google.com

Jika Anda berminat untuk mencoba cara menjadi seller Lazada tanpa modal, sama halnya seperti menjadi reseller Lazada. Sebagai salah satu marketplace asal Singapura yang berada di Indonesia, Lazada sudah berdiri sejak tahun 2012 dan terus berkembang hingga saat ini.

Istilah reseller sudah tidak asing lagi pada dunia online shop. Reseller adalah orang yang menjual kembali produk milik pihak pertama atau produsen. Cara berjualannya bisa menggunakan modal sedikit ataupun tanpa modal sepeserpun, hanya menjual saja.

Kelebihan lazada yaitu adanya cashback, promo diskon, gratis ongkos kirim, dan masih banyak lagi yang membuat konsumen semakin rajin untuk berbelanja online di sini. Cara menjadi seller Lazada tanpa modal itu mudah, cukup ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Tutorial Cara Menjadi Reseller Lazada Tanpa Modal

cara mengaktifkan akun seller lazada
Sumber: google.com

Memiliki Akun Toko Lazada

Langkah pertama yakni tentunya Anda harus mempunyai akun toko Lazada terlebih dahulu. Dengan cara menyiapkan dokumen berupa KTP, buku rekening, dan minimal umur 18 tahun. Setelah Anda membuat akun toko, langkah selanjutnya memilih supplier terpercaya. 

Memilih Supplier Terpercaya

Jika Anda sudah mengetahui jenis produk yang akan dijual kembali, maka carilah supplier yang menerima sistem dropship atau reseller. Apabila pihak supplier hanya bersedia untuk sistem dropship maka tanyalah alamat toko, daftar harga, dan foto barang tersebut.

Mengganti Alamat Toko

Seperti penjelasan sebelumnya, jika supplier menggunakan sistem dropship maka ubahlah alamat toko. Sesuai dengan alamat tempat Anda memesan produk atau alamat supplier. Cara mengganti alamat toko ada pada pengaturan di Lazada seller center.

Mengunggah Foto Produk

Setelah semuanya sudah siap, persiapkan foto produk terbaik dan jangan lupa tidak usah menggunakan watermark atau identitas dari supplier toko Anda. Saat mengunggah foto, tambahkan juga detail barang pada kolom deskripsi produk.

Bagaimana Cara Jadi Seller Lazada Terpercaya?

cara mengaktifkan akun seller lazada
Sumber: google.com

Dunia bisnis online semakin berkembang setiap harinya, ada saja sistem atau teknik baru dalam berbisnis di luaran sana yang dapat Anda gunakan untuk mencari keuntungan. Salah satunya adalah teknik berjualan online di marketplace Indonesia yang banyak peminatnya.

Seller Lazada menjadi pilihan banyak orang untuk berbisnis, karena dinilai mudah dan memiliki waktu fleksibel, bahkan menjadi salah satu kerja sampingan. Sebagai pemula, tentunya Anda ingin mengetahui cara jadi seller Lazada terpercaya agar dapat bersaing di marketplace.

Salah satu tantangan saat menjadi seller yaitu banyak kompetitor yang lebih kreatif dan aktif dalam menarik perhatian calon pembeli. Sehingga Anda perlu juga menganalisa potensi pasar dari produk, supaya konsumen tersebut jadi loyal dan dapat melakukan pembelian berulang

Setelah anda berhasil mengikuti cara mengaktifkan akun Lazada Seller dan status sudah aktif kembali. Tingkatkan penjualan dengan strategi menjadi penjual di Lazada berikut.

Strategi Cara Menjadi Seller di Lazada

cara mengaktifkan akun seller lazada
Sumber: google.com

Cantumkan Informasi Detail

Informasi di toko online merupakan hal pertama yang akan terlihat oleh calon pembeli. Karena itu, impresi penjual yang baik seharusnya mencantumkan informasi toko produk dengan baik dan profesional. Meliputi berbagai aspek utama yang jelas seperti tampilan desain produk, kontak seller, spesifikasi produk, dan pemilihan foto barang jualan yang jernih.

Seller Cepat Tanggap

Seller yang recommended tentunya akan memberikan memberikan layanan terbaik dalam merespon atau menanggapi pembeli. Seperti halnya pada kecepatan, kesigapan, hingga keramahan. Seller yang cepat tanggap dan komunikasinya ramah memiliki potensi besar dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pembeli untuk melakukan pembelian berulang.

Variasi Transaksi Pembayaran

Cara menjadi seller Lazada yang recommended yaitu menyediakan beberapa opsi cara transaksi pembayaran dalam jual beli online antara penjual dengan pembeli. Cara pembayaran bisa dengan cara menyetorkan dana langsung secara tunai, transfer bank, penggunaan payment processor, dompet digital atau e-wallet, dan penggunaan rekening bersama.

Testimonial atau Review

Review dari pelanggan sebelumnya merupakan nilai lebih bagi penjual, sehingga menimbulkan reputasi seller. Testimonial atau komentar dari konsumen mampu menunjukkan sikap seller dalam menanggapi maupun menjalin hubungan baik dengan pembeli. Sehingga pembeli bersedia untuk memberikan testimonial terhadap kualitas produk dan kualitas pelayanan.

Fitur Verified Seller

Beberapa platform jual beli online memiliki fitur verified member untuk para seller yang ingin serius berjualan di Lazada. Status verified didapatkan karena pengelola terus menerus melakukan transaksi. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa status tersebut bisa menjadi sebuah penipuan. Jadi berhati-hatilah dalam memilih seller di marketplace.

Baca juga: Sederet Tips Jualan Online di Lazada Agar Cepat Laku

Semoga artikel cara mengaktifkan akun seller Lazada memberikan manfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi. Terima kasih sudah membaca! Nantikan juga artikel Everpro berkualitas lainnya, yang pastinya membantu perkembangan bisnis Anda.

Nazma Fitria

Nazma Fitria

Nazma Fitria adalah seorang SEO Content Writer di blog Everpro dengan menulis artikel berbagai category seperti jasa ekspedisi, tips bisnis/usaha, glosarium pengiriman dan digital marketing.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Kirim Kendaraan

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Mobil

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Motor

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Kirim Minuman

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim minuman di Everpro.id. Temukan beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim minuman