everpro

Kenali Smart Goals pada Bisnis. Pasti Lancar!

Smart Goals

Smart Goals pada umumnya di miliki oleh semua orang namun ada yang sudah tertata sesuai dengan rencananya atau bahkan tidak tau menggunakannya.

Biasanya istilah ini sering di gunakan ketika akan membangun atau bahkan saat sedang menjalankan bisnis.

Setiap orang memang kenyataannya punya cara tersendiri untuk bisa membangun bisnisnya sesukses mungkin.

Maka perlulah mempelajari Smart goals sedini mungkin sebagai latihan untuk masa depan dalam mengembangkan bisnis secara mandiri.

Berikut beberapa penjelasan mengenai smart goals di bawah ini:

Baca juga: Beginilah cara membatalkan pesanan di lazada melalui HP!

Smart Goals itu apa sih ?

Smart Goals
Sumber: Pexels.com

Smart Goals adalah salah satu konsep di dunia bisnis dimana berupa singkatan yaitu:

S = Specific = Signifikan, Meregangkan, Sederhana

M = Measurable = Bermakna, Memotivasi, Dapat di kelola

Everpro

A = Achievable = Tepat guna, Dapat di capai, Bisa di sesuaikan, Berambisi, Selaras, Aksi-focus

R = Reasonable = Hasil-Berdasarkan, Hasil-berorientasi, Sumber, Resonan, Realistis

T = Timely = Kerangka waktu, Berjangka waktu, Berdasarkan waktu, Waktu-di batasi, waktu-Spesifik, Terjadwal 

Tak hanya sampai di situ, terkadang banyak orang yang menambah dua huruf yaitu E & R, sinbgkatannya berupa:

E = Enjoyable

R = Relevant

SMART Goals dengan kata lain juga di sebut sebagai metode umum yang di gunakan untuk menetapkan rencana karier ataupun bisnis agar berhasil mencapai targetnya.

Uraian dari SMART Goals

Sudah mengetahui artinya namun belum memahami makna dari Smart Goals apa saja?

Seperti yang di kutip dalam Buku yang berjudul Attitude is Everything oleh Paul J. Meyer, beliau menjelaskan beberapa penjelasan mengenai karakteristik yang S.M.A.R.T dalam menetapkan target. Yuk cari tahu penjelasannya di bawah ini:

  • Specific

Smart Goals
Sumber: Pexels.com

Merupakan kata pertama yang bertujuan secara spesifik memiliki peluang yang lebih besar untuk di capai. 

Sehingga dalam menentukan tujuan harus di jelaskan sedetail mungkin dan sejelas mungkin.

Misalnya dalam seminggu pabrik obat harus bisa memproduksi 1000 tablet.

Penargetan yang spesifik akan sangat mudah di pahami apalagi jika di sampaikan dengan bahasa yang lugas.

Cobalah untuk membuat target secara mendetail dengan menyebutkan berapa jumlah dan kapan harus tercapai.

Agar bisa menyampaikan tujuan secara spesifik, ada hal yang harus di sampaikan kepada tim kerja atau karyawan seperti 5W (What, Why, Who, Where, and Which).

Contoh kalimat 5W dalam penggunaan kalimat spesifik dalam membahas target:

  1. What : Apa yang ingin di capai dalam 1 bulan ini?
  2. Why : Mengapa harus di capai, adakah keuntungannya?
  3. Who : Siapa yang akan terlibat untuk mencapai target?
  4. Where : Dimana target bisa tercapai?
  5. Which : Manakah hal yang bisa menghambat atau menunjang untuk mencapai target?
  • Measurable

Artinya adalah terukur, hal ini untuk menentukan tujuan yang telah terukur sehingga jadi lebih nyata dan mudah untuk di raih.

Mengukur perkembangan kemajuan tim sangat di perlukan, karena sebagai atasan pun harus bisa mengukur kemampuan tim nya.

Sehingga ikut merasakan apa yang tim rasakan, seperti merasakan semangat kerjanya, sanggupkah menepati tenggat waktu dan euforia saat berhasil mencapai target.

Biasanya akan sering menggunakan kalimat:
How Much : Berapa banyak target yang sanggup di capai ?

How do : Bagaimana cara mengetahui target telah di capai?

Baca juga: SPPKP Adalah: Pengertian, Fungsi, Hingga Cara Memperolehnya

  • Achievable dalam Smart Goals

Kata yang menunjukkan bahwa mencapai target itu harus di lakukan dengan usaha yang realistis dan dapat di capai.

Target tidak perlu di buat mudah ataupun terlalu sulit untuk di gapai.

Karena yang paling penting dalam usaha adalah proses yang di laluinya secara bertahap.

Kalimat yang berhubungan dengan Achievable yaitu: How : Bagaimana cara mencapai target tersebut?

  • Relevant

Relevan atau di sebut juga kemampuan untuk mempertimbangkan kemampuan dalam mencapai target.

Contohnya seperti membuat donat 100 pcs harus sudah selesai sebelum jam 3 sore.

Sehingga target ini bisa di sanggupi oleh karyawan lainnya.

Target yang relevan, jika tercapai, akan mendorong tim, departemen, dan organisasi lebih maju. 

Sebuah target yang mendukung atau selaras dengan target-target lainnya akan di anggap sebagai target yang relevan. 

Sebuah target yang relevan akan memberikan jawaban ‘ya’ untuk semua pertanyaan ini:

  1. Apakah target ini layak di perjuangkan? 
  2.  Apakah target ini ada di waktu yang tepat? 
  3.  Apakah target ini sesuai dengan kebutuhan dan target yang lain?  
  4. Apakah karyawan tersebut adalah orang yang tepat untuk mengejar target ini?
  • Timely

Waktu sangat penting untuk di perhitungkan dalam setiap perencanaan.

Sehingga akanmenekankan pentingnya menepatkan target dengan kerangka waktu, yaitu memberikan deadline pencapaian target.

Komitmen kepada deadline akan membantu tim untuk tetap fokus menjalankan pekerjaan untuk memenuhi target tepat waktu, atau bahkan lebih cepat. 

Ini adalah bagian dari filosofi SMART yang melindungi target dari serangan krisis sehari-hari yang biasa terjadi dalam organisasi. 

Target dengan tenggat waktu akan menimbulkan urgensi.

Target dengan tenggat waktu akan menjawab pertanyaan berikut:  

  1. Kapan targetnya akan tercapai?  
  2. Apa yang bisa saya lakukan (selesaikan) dalam 3 bulan dari sekarang? 
  3.  Apa yang bisa saya lakukan (selesaikan) dalam 4 minggu dari sekarang?  
  4. Apa yang bisa saya lakukan (selesaikan) hari ini? 

Sekian penjelasan mengenai keseimbangan pasar, semoga bermanfaat!

Nantikanlah artikel yang informatif dan inspiratif lainnya di Everpro.id! 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait