everpro

Strategi Pemasaran Produk: Penjelasan, Tujuan dan Contohnya

Ingin tahu strategi pemasaran produk yang efektif untuk bisnis Anda? Simak artikel ini untuk mengetahui beberapa strategi pemasaran produk yang bisa Anda contoh!

Pemasaran merupakan salah faktor penting yang dapat menentukan suksesnya suatu bisnis. Dengan strategi pemasaran yang dipersiapkan secara matang, bisnis dapat memaksimalkan penjualan.

Dengan pemasaran yang baik dan juga efektif, sebuah bisnis dapat memasarkan produk mereka kepada konsumen.

Apabila pemasaran yang Anda lakukan tidak efektif atau tidak dapat diterima pelanggan, besar kemungkinan bisnis Anda tidak dapat menjangkau potensi pasar. Hal ini menjadi salah satu momok menakutkan ketika berbisnis.

Karena jika pemasaran Anda tidak efektif, maka bisnis Anda akan mengalami kerugian bahkan lebih buruk lagi sampai gulung tikar.

Nah, daripada nyesel karena pemasaran Anda kurang efektif, kami akan memberikan beberapa strategi pemasaran yang bisa Anda coba lakukan pada bisnis Anda.

Simak beberapa strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis selengkapnya di bawah ini ya! Akan ada banyak informasi yang sayang banget Anda lewatkan!

Baca juga: Rencana Pemasaran: Ulasan Lengkap dan Cara Membuatnya

Penjelasan Tentang Strategi Pemasaran Produk

strategi pemasaran produk
Sumber: unsplash.com

Strategi pemasaran produk merupakan salah satu kegiatan bisnis dengan tujuan mengembangkan bisnis dan penjualan dengan cara memasarkan produk, barang atau jasa dengan cara tertentu.

Melansir dari HubSpot, pemasaran produk merupakan sebuah proses memasarkan produk ke pasar. Hal ini meliputi menentukan posisi dan pesan dari produk, meluncurkan produk dan juga memastikan para sales dan calon pembeli mengerti tentang produk tersebut.

Nah, untuk memasarkan produk, kita tidak bisa melakukannya dengan sembarangan karena hal ini dapat berdampak kepada keuntungan dari sebuah bisnis.

Dibutuhkan strategi dan juga persiapan yang matang untuk memasarkan dan menjual produk atau jasa tersebut. Dengan adanya strategi tersebut, Anda akan lebih mudah untuk mengetahui laris tidaknya produk Anda.

Jika menggunakan strategi ini, Anda juga bisa lebih mudah untuk mempertemukan produk Anda kepada audiens yang tepat. Dengan begitu, produk Anda berpotensi untuk dibeli oleh mereka.

Tujuan Strategi Pemasaran Produk

Nah, setelah mengetahui penjelasan dari strategi pemasaran produk yang lebih mendalam, mari kita bahas apa tujuan dari strategi pemasaran produk dan mengapa ini menjadi penting bagi bisnis.

Pemasaran produk memiliki tujuan untuk mendorong meningkatkan permintaan dan penjualan untuk produk tersebut. Hal ini sangat penting bagi bisnis karena dengan begitu, pendapatan dan keuntungan dari bisnis tersebut dapat meningkat.

Selain dari segi keuntungan tersebut, strategi pemasaran produk juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas koordinasi pada tim, terkhusus tim marketing. 

Kemudian, strategi pemasaran juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi jika terjadi perubahan pada proses pemasaran, dan sebagai acuan dalam mengambil keputusan.

Jadi, untuk memasarkan produk atau jasa yang Anda punya, Anda harus membuat merancang strategi yang baik agar produk tersebut dapat diterima oleh target audiens.

Konsep Strategi Pemasaran Produk

Konsep strategi pemasaran produk adalah suatu kerangka kerja yang digunakan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang efektif untuk produk atau jasa.

Berikut beberapa elemen yang ada dalam konsep strategi pemasaran produk:

  • Segmentasi Pasar

Elemen yang pertama pada konsep ini yaitu segmentasi pasar, ini merupakan proses membagi pasar menjadi kelompok-kelompok yang homogen berdasarkan kebutuhan, keinginan, atau karakteristik lainnya.

  • Pemilihan Target Pasar

Setelah Anda melakukan segmentasi pasar, selanjutnya Anda harus memilih target pasar dari segmen-segmen yang akan Anda targetkan untuk memasarkan produk

  • Menentukan Posisi Pasar

Kemudian, Anda harus menentukan posisi pada pasar yang Anda pilih tersebut. Posisi pasar merupakan citra atau persepsi yang pelanggan miliki tentang produk atau jasa pada suatu bisnis.

Mengapa perlu menentukan posisi pasar? Jawabannya karena dengan menetapkan posisi pasar untuk produk atau jasa yang Anda punya, bisnis Anda dapat bersaing dengan para kompetitor.

  • Strategi Produk

Strategi produk meliputi beberapa hal seperti keputusan tentang fitur, kualitas, kemasan, merek, dan garansi produk. Bisnis Anda harus mengembangkan strategi produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar.

  • Strategi Harga

Selanjutnya, Anda juga harus memperhatikan strategi harga. Strategi ini merupakan keputusan tentang harga yang akan Anda tetapkan untuk produk atau jasa.

Bisnis perlu menetapkan harga yang sesuai dengan nilai produk atau jasanya, serta persaingan dengan pasar.

  • Strategi Promosi

Terakhir, Anda harus memperhatikan strategi promosi yang juga tidak kalah pentingnya dengan elemen lain. Strategi promosi ini dapat meliputi beberapa hal penting. 

Antara lain seperti keputusan tentang iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung.

Baca juga: Harus Paham! Komunikasi Pemasaran: Pengertian, Fungsi dan Model

Contoh Strategi Pemasaran Produk

strategi pemasaran produk
Sumber: unsplash.com

Ada beberapa strategi pemasaran yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis Anda. Kami akan memberikan beberapa contoh strategi pemasaran produk yang bisa Anda contoh dan jadikan referensi.

Berikut adalah beberapa contoh strategi pemasaran produk yang dapat Anda gunakan pada bisnis:

  • Social Media Marketing

Salah satu strategi yang harus Anda manfaatkan adalah strategi social media marketing. Strategi ini merupakan salah satu saluran pemasaran yang sangat efektif pada era digital saat ini.

  • Marketing melalui Influencer

Selanjutnya ada strategi marketing yang dapat Anda lakukan melalui influencer. Strategi pemasaran ini merupakan marketing yang memanfaatkan pengaruh orang-orang populer di media sosial.

Mereka akan mempromosikan produk atau jasa yang Anda ingin pasarkan melalui kerja sama. Namun, pemilihan influencer harus relevan dengan target pasar guna menjangkau lebih banyak orang.

  • Content Marketing

Content marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang berfokus pada pembuatan dan penyebaran konten yang menarik dan informatif untuk menarik perhatian pelanggan.

Bisnis dapat menggunakan berbagai jenis konten, seperti artikel blog, video, e-book, atau podcast untuk menyampaikan pesannya kepada pelanggan.

  • Email Marketing

Email marketing merupakan strategi pemasaran yang menggunakan email untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Bisnis dapat menggunakan strategi ini untuk mengirim promosi, berita, atau informasi lainnya kepada pelanggan.

  • Pemasaran Langsung

Strategi pemasaran  yang terakhir yaitu dengan melakukan pemasaran langsung atau direct marketing. Pemasaran langsung merupakan strategi pemasaran yang melibatkan kontak langsung dengan pelanggan.

Bisnis dapat menggunakan berbagai metode pemasaran langsung, seperti telemarketing, surat langsung, atau pemasaran door to door.

Demikianlah akhir dari artikel seputar penjelasan strategi pemasaran produk dan contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan nantikan artikel bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya