everpro

Kenali Segera! Sunk Cost Adalah: Definisi, Penyebab dan Tips Pencegahannya

Sunk Cost – satu kata ini pasti tidak semua orang memahaminya, namun akan sangat kecewa jika mengalaminya.

Bagi teman-teman yang tidak ingin terjebak dalam dunia bisnis, yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Worth It! Incremental Cost Adalah: Pengertian, Metode, dan Penerapannya

Apa itu Sunk Cost?

sunk cost
Sumber: pexels.com

Biaya tenggelam atau Sunk cost adalah biaya yang sudah di keluarkan dan tidak dapat di kembalikan. Ini adalah biaya yang sudah terjadi dan tidak dapat di ubah. Sunk cost seringkali menjadi masalah dalam pengambilan keputusan karena orang cenderung untuk terus berinvestasi dalam proyek atau usaha hanya karena mereka sudah mengeluarkan banyak uang di awal.

Namun, terus berinvestasi dalam proyek atau usaha yang tidak berhasil hanya karena teman-teman sudah mengeluarkan banyak uang di awal akan menjadi kontraproduktif.

Informasi Penting!

Beberapa hal yang perlu di ketahui tentang sunk cost adalah:

1. Sunk Cost Tidak Dapat Diubah

Dampak ini mengacu pada biaya yang sudah terjadi dan tidak dapat di ubah. Artinya, uang yang sudah di keluarkan tidak bisa di kembalikan atau di ubah.

2. Sunk Cost Tidak Relevan dalam Pengambilan Keputusan

Ketika membuat keputusan investasi, hal ini tidak relevan dan tidak boleh menjadi faktor dalam pengambilan keputusan. Sebaliknya, keputusan harus di dasarkan pada informasi yang tersedia saat ini dan prospek keuntungan masa depan.

3. Berinvetasi Terus Menerus dengan Sunk Cost

Terus berinvestasi dalam proyek atau usaha yang tidak berhasil hanya karena kehilangan dana dapat memperburuk kerugian teman-teman. Kehilangan dana akibat investasi sebelumnya tidak boleh menjadi alasan untuk terus berinvestasi dalam proyek yang gagal atau usaha yang tidak berhasil.

4. Memutuskan untuk Berhenti dapat Menjadi Keputusan yang Lebih Bijaksana

Jika proyek atau usaha tidak berhasil, memutuskan untuk berhenti dan mengalihkan sumber daya ke tempat yang lebih produktif dapat menjadi keputusan yang lebih bijaksana. Ini dapat membantu teman-teman meminimalkan kerugian dan mengoptimalkan pengembalian investasi.

5. Sunk Cost dapat Mempengaruhi Emosi

Hal ini  dapat mempengaruhi emosi kita dan membuat kita terjebak dalam keputusan yang tidak rasional. Karena itu, penting untuk memahami konsep sunk cost dan tidak membiarkan emosi mempengaruhi keputusan investasi kita.

6. Sunk Cost dapat Dihindari dengan Perencanaan yang Baik

Oleh karena itu, hal ini dapat di hindari dengan perencanaan yang baik dan analisis risiko yang tepat sebelum memulai proyek atau usaha. Dengan memperhitungkan risiko dan memperkirakan pengembalian investasi yang realistis sejak awal, teman-teman dapat mengurangi kemungkinan terjebak dalam sunk cost.

Baca juga: PPC Adalah: Cara Kerja dan Jenis-jenisnya, Yuk Update Infonya!

Tips Terhindar dari Sunk Cost

sunk cost
Sumber: pexels.com

Berikut beberapa tips agar tidak mengalami sunk cost:

1. Lakukan Riset dan Analisis

Pastikan teman-teman memiliki pemahaman yang jelas tentang keuntungan dan risiko yang terkait dengan proyek atau investasi tersebut, sehingga memiliki rencana yang matang sebelum memulai proyek atau investasi.

2. Buat Rencana Bisnis yang Baik dan Realistis.

Rencana bisnis harus mencakup proyeksi keuntungan, biaya, dan risiko yang terkait dengan proyek atau investasi.

3. Stop Investasi Bodong

Jangan memaksakan diri untuk terus berinvestasi jika proyek atau investasi tidak berhasil. Lebih baik menghentikan investasi daripada membuang-buang uang dan sumber daya.

4. Belajar dari Pengalaman dan Pengetahuan

Gunakan pengalaman dan pengetahuan untuk memperbaiki proyek atau investasi yang tidak berhasil. Jika mungkin, cari solusi alternatif untuk mengurangi biaya dan meningkatkan pengembalian investasi.

5. Cari Opsi Selain Investasi

Pertimbangkan opsi lain sebelum menginvestasikan lebih banyak uang ke dalam proyek atau investasi yang tidak berhasil. Mungkin ada opsi lain yang lebih baik untuk investasi Anda.

6. Ambil Keputusan dengan Realistis

Jangan biarkan faktor emosional mempengaruhi keputusan investasi. Jangan terjebak dalam kerugian ini dan jangan biarkan kerugian yang sudah terjadi mempengaruhi keputusan investasi teman-teman di masa depan.

7. Pantau Perkembangan Pasar

Tetap mengikuti perkembangan dan perubahan pasar. Jangan terlalu lama berpegang pada proyek atau investasi yang tidak berhasil. Selalu evaluasi dan perbaharui strategi investasi sesuai dengan kondisi pasar yang berubah-ubah.

Dengan mengikuti tips ini, teman-teman dapat mengurangi risiko terjebak dalam sunk cost dan membuat keputusan investasi yang lebih baik dan matang.

Daripada berinvestasi ke tempat yang belum tentu mendapatkan feedback, yuk manfaatkan dananya untuk menambah wawasan dan bisnis teman-teman akan di bantu hingga sukses dengan layanan Iklan Google Ads.

Optimalkan performa iklan Google secara mudah, cepat, dan aman dengan akses Ads Account bersama Everpro dan dapatkan kenyamanan berikut:

  • Edukasi beriklan dari tim Everpro
  • Scale up iklan tanpa batasan budget harian
  • Transaksi dan Credential akun terjamin aman
  • Minimal top up Rp5.000.000

Ayo gabung sekarang juga, klik pada halaman berikut ini!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Cara Kirim Barang Lewat Kereta Api

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik terakit topik mengirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih