everpro

Apa Saja System Lion Parcel dan Fungsinya? Simak Disini!

system lion parcel

Apa saja sistem yang menunjang operasional jasa pengiriman Lion Parcel? Simak penjelasan artikel tentang system Lion Parcel ini selengkapnya.

Saat ini peran jasa pengiriman terbilang vital, karena menjadi sarana dalam mendistribusikan barang dari satu titik ke titik lainnya. Tak hanya untuk kegiatan belanja online, perusahaan juga membutuhkan jasa pengiriman untuk membantu proses bisnisnya.

Sebagai contoh, perusahaan mengirimkan sampel kepada klien melalui jasa pengiriman agar lebih efektif dan efisien. Tentunya barang kiriman tersebut juga sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Untuk menunjang operasional pengiriman agar efektif, efisien, dan terintegrasi jasa ekspedisi perlu menggunakan sistem informasi. Sistem tersebut terkait hal-hal yang mempengaruhi proses pengiriman seperti jenis layanan, metode, dan alur pengiriman.

Lion Parcel sebagai jasa pengiriman berbasis teknologi juga memiliki sistem untuk menunjang operasionalnya. Apakah system Lion Parcel dan fungsinya?

Baca artikel ini sampai tuntas untuk mendapatkan penjelasannya.

Apa Itu System Lion Parcel?

system lion parcel
Sumber: google.com

Sebelum membahas tentang system Lion Parcel, sebaiknya pahami terlebih dahulu mengenai pengertian sistem dan tujuan penggunaannya. Berdasarkan pengertian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sistem artinya:

  1. Perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan satu sama lain, sehingga membentuk suatu totalitas.
  2. Susunan yang teratur dari pandangan, teori, asas, dan sebagainya.
  3. Metode. 

Kesimpulannya sistem adalah suatu hubungan harmonis dan teratur antara setiap bagian dalam satu kesatuan dan hubungan yang dapat berupa: aturan, prinsip, dan prosedur yang telah disepakati bersama.

Terdapatnya sistem dalam suatu organisasi merupakan hal yang penting. Karena sistem dapat diartikan sebagai gabungan dari standar dan prosedur untuk menjalankan suatu organisasi.

Everpro

Secara umum, fungsi sistem adalah untuk mempermudah pekerjaan melalui komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

System Lion Parcel adalah suatu rangkaian standar, prosedur, dan komponen lainnya dalam menunjang jalannya operasional bisnis untuk memudahkan setiap pihak terkait dan mencapai tujuan organisasi.

Baca juga: 3 Cara Praktis Cek Lokasi Lion Parcel Terdekat, Akurat Hasilnya!

Tentang Jasa Ekspedisi Lion Parcel

sistem lion parcel
Sumber: google.com

Lion Parcel dengan nama perusahaan PT. Lion Express adalah perusahaan di bidang logistik yang menyediakan berbagai layanan pengiriman. Perusahaan ini resmi berdiri sejak tanggal 14 Februari 2013.

Jasa pengiriman ini mampu melayani proses pengiriman first, middle, dan last mile untuk mengirim barang dengan tujuan domestik dan internasional. Sebagai salah satu unit dari Lion Group, jasa ekspedisi ini memiliki jaringan infrastruktur yang luas.

Proses pengirimannya dapat menjangkau 98% kecamatan di 34 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal tersebut berkat dukungan tersedianya lebih dari 7.000 agen, 3.000 armada, dan 15.000 kurir pengiriman.

Dengan begitu Lion Parcel mampu mengirimkan paket kemanapun tujuannya tanpa batasan jarak juga waktu, serta dapat memberikan tarif yang terjangkau.

System Lion Parcel juga menyesuaikan dari nilai-nilai perusahaan sebagai berikut:

  1. Rise to Every Challange, setiap tantangan merupakan kesempatan untuk semakin berkembang.
  2. Show Honest Results, memiliki integritas dan menjunjung tinggi kejujuran terhadap setiap hal yang dilakukan.
  3. Innovation Through Collaboration, semangat berkolaborasi untuk menciptakan inovasi dalam menjawab tantangan.
  4. Trust The Team, keterbukaan antar anggota dalam berkomunikasi serta saling percaya untuk menciptakan hasil kerja tim yang efektif.

Jenis Layanan Pengiriman dari Lion Parcel

system lion parcel
Sumber: google.com

Saat ini layanan Lion Parcel terdiri dari lima jenis layanan pengiriman. Kelima layanan ini dapat menjadi jawaban untuk memenuhi kebutuhan pengiriman anda.

Berikut penjelasan dari setiap layanan pengiriman Lion Parcel:

  • ONEPACK

ONEPACK merupakan layanan pengiriman paket ekspress dengan jaminan sampai keesokan hari setelah pengirim menyerahkan barang pihak kurir Lion Parcel. 

Apabila waktu sampai lebih dari estimasi pengiriman, maka anda bisa mendapatkan kembali biaya ongkir yang anda keluarkan.

  • JAGOPACK

Layanan pengiriman ini mengandalkan tarif ekonomis dengan estimasi sampai 2 hingga 5 hari. Anda bisa mengirimkan paket ke 40.000 wilayah Indonesia, dengan jaminan uang kembali bila telah sehari.

  • REGPACK

Layanan paket reguler dari Lion Parcel ini tersedia untuk pengiriman ke seluruh Indonesia, dengan estimasi waktu sampai 2 hingga 3 hari. Terdapat juga jaminan penggantian ongkir jika telah dari estimasi.

  • BIGPACK

Anda juga bisa mengirimkan paket dalam skala besar yaitu minimal 10 kg menggunakan layanan BIGPACK. Dengan layanan ini anda dapat mengirim paket besar dengan harga yang lebih hemat.

  • INTERPACK

Anda juga bisa mengirimkan paket atau dokumen dari Indonesia ke Luar Negeri dengan layanan paket Internasional ini. Estimasi waktu sampai adalah 3 sampai 5 hari dengan tarif ongkir yang terjangkau.

Informasi Seputar System Pengiriman

system lion parcel
Sumber: google.com

Dalam menjalankan proses pengiriman melalui layanan-layanan yang tersedia, Lion Parcel menggunakan sistem tertentu untuk memudahkannya. Secara umum, saat ini terdapat dua sistem dalam mengelola manajemen pengiriman:

  1. Paradigma Lama: menentukan target penjualan dalam setiap alur pengiriman yang lebih disesuaikan oleh produsen. Pihak prinsipal memiliki wewenang dalam menyusun dan melaksanakan permintaan mitra bisnis terkait pengiriman barang/jasa.
  2. Paradigma Baru: penentuan permintaan dan penjualan berasal dari kebutuhan pelanggan. Jadi pihak prinsipal adalah sarana untuk memenuhi sejumlah kebutuhan sesuai permintaan konsumen.

Melihat dari penjelasan kedua sistem tersebut, dapat kita simpulkan bahwa Lion Parcel menggunakan sistem Paradigma Baru. Karena setiap layanannya berfungsi untuk menjadi sarana pemenuhan kebutuhan pengiriman konsumen.

Adapun tahap-tahap dari proses pengiriman system Lion Parcel adalah sebagai berikut:

  • First Mile

Tahap ini merupakan langkah awal dari proses rantai pasok. Prosesnya yaitu terjadi perpindahan barang atau paket dari produsen/pabrik ke gudang pusat atau distribution center untuk melakukan tahapan sortir.

  • Middle Mile

Tahap kedua adalah setelah barang selesai disortir di gudang pusat, yaitu melanjutkan ke distributor melalui berbagai jalur pengiriman baik darat, laut, maupun udara.

Dari distributor kemudian akan lanjut menyalurkan barang ke toko-toko yang mengajukan permintaan.

  • Last Mile

Tahap terakhir dari proses pengiriman yang dapat dijalankan Lion Parcel adalah Last Mile. setelah barang selesai dikirim ke toko-toko, Lion Parcel dapat mendistribusikannya ke tujuan akhir yaitu pelanggan.

Baca juga: Apa itu Genesis Lion Parcel? Pengetian, Fungsi, Cara Penggunaan

System Lion Parcel Beserta Fungsinya

system lion parcel
Sumber: google.com

Terdapat system Lion Parcel untuk menjalankan proses bisnis dalam mencapai tujuan dan memberikan manfaat terbaik kepada para penggunanya. Berikut beberapa sistem dari Lion Parcel:

Genesis System

system lion parcel
Sumber: google.com

Genesis merupakan sistem terbaru dari Lion Parcel untuk menggantikan sistem terdahulu yaitu Elexys. System ini bertujuan untuk memudahkan juga membantu performa setiap agen dan POS Lion Parcel.

Selain itu, terdapat juga aplikasi-aplikasi pendukung UMKM untuk membantu proses pembukuan sebagai agen dari Lion Parcel, aplikasi tersebut sudah tersedia di Play Store.

Fitur-fitur yang tersedia untuk membantu penggunanya meliputi: create booking, cek ongkir, pembuatan laporan, shipment, outgoing shipment, dan masih banyak lagi. Akan terdapat fitur lain yang proses rilisnya secara bertahap.

Pakket Design System

system lion parcel
Sumber: google.com

System Lion Parcel juga berguna untuk menunjang kinerja tim, salah satunya Tim Desain.

Pakket merupakan Design Language System untuk memenuhi kebutuhan development, dokumentasi design, serta standarisasi design sebagai sarana komunikasi antar tim serta untuk kebutuhan brand kit dari Lion Parcel.

Pengguna dari Pakket Design System adalah sebagai berikut:

  1. Product & Design Team, untuk mempertahankan konsistensi pekerjaan.
  2. Engineering Team, yang dapat memanfaatkan system ini untuk meningkatkan kecepatan dan kualitas engineering.
  3. Digital Marketing & Lion Parcel Team.
  4. Pihak Internal Lion Parcel lainnya yang membutuhkan Brand Kit Lion Parcel.
  5. Pihak Eksternal dengan keterbatasan ruang lingkup akses.

Demikian penjelasan mengenai system Lion Parcel mulai dari pengertian dan jenis system yang digunakan.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Simak artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?