Everpro

Berapa sih Ukuran Landing Page Website? Ini Jawabannya!

Ingin buat landing page untuk bisnis kamu tapi belum tahu ukuran landing page website yang ideal? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Membuat landing page tidak boleh sembarangan karena laman tersebut menjadi salah satu jalan kustomer untuk dapat melakukan konversi. Kamu harus membuat landing page yang menarik, oleh sebab itu tata cara pembuat landing page yang ideal harus kamu terapkan dengan baik. Ini karena landing page dapat membantu meningkatkan conversion rate pada bisnis.

Nah, salah satu tata cara yang sangat penting dalam membuat landing page adalah ukuran dari landing page itu sendiri. Ukuran sangat penting dan menjadi salah satu faktor keberhasilan dari landing page yang dibuat untuk keperluan bisnis.

Tapi berapa sih sebenarnya ukuran landing page itu? Ini mungkin ditanyakan oleh beberapa orang yang baru ingin membuat landing page. Daripada bingung mendingan kamu cari tahu jawabannya di bawah ini, karena kami akan memberikan informasi seputar ukuran dari landing page.

Baca juga: 10 Struktur Landing Page yang Baik, Raih Conversion Rate Tinggi!

Pentingnya Ukuran Landing Page

ukuran landing page website
Sumber: pexels.com

Ukuran pada landing page menjadi salah satu faktor keberhasilan dari landing page itu sendiri. Oleh sebab itu, memilih ukuran landing page yang ideal harus menjadi prioritas kamu jika ingin landing page berhasil. Menurut studi yang dilakukan, landing page dengan ukuran yang lebih panjang lebih berpotensi menghasilkan konversi lebih baik daripada yang pendek.

Ini menjadi hal yang penting karena tujuan membuat landing page pastinya untuk mendapatkan konversi pada bisnis. Selain itu, memuat informasi yang terlalu banyak juga cenderung menurunkan minat beli dari pengunjung. Jadi, pastikan kamu tidak terlalu banyak memuat informasi ya!

Berapa Ukuran Landing Page yang Ideal untuk Bisnis

Sebenarnya tidak ada ukuran landing page website yang ideal atau yang efektif. Ini kembali lagi kepada kebutuhan akan bisnis dan tujuan yang ingin dicapai. Hal ini juga tergantung pada beberapa faktor penting. Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi ukuran landing page:

  • Jenis produk yang ditawarkan
  • Industri bisnis
  • Target Audience
  • Keyword
  • Jenis Tindakan yang ingin Pengunjung ambil
  • Informasi yang dimuat
  • Produk atau layanan yang ditawarkan

Faktor di atas merupakan beberapa faktor yang cukup terlihat dan masih banyak faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi namun tidak terlihat. Nah, oleh karena itu jawaban dari pertanyaan ini kembali lagi kepada faktor-faktor tadi.

Namun, melansir dari HubSpot landing page yang memuat 1.200-1.500 kata memiliki peluang konversi tertinggi. Lanjutnya, landing page yang memuat 2.000 kata dapat menghasilkan konversi yang lebih rendah.

Bagaimana Menentukan Ukuran Landing Page Website yang Tepat dan Ideal

ukuran landing page website
Sumber: pexels

Ukuran landing page ada yang ukurannya panjang dan juga ada yang pendek. Keduanya sama-sama bisa kamu gunakan untuk mencapai tujuan konversi pada bisnis. Namun, kapan waktunya kita harus menggunakan salah satunya? Berikut pertimbangannya:

Landing Page Panjang

Landing page berukuran panjang biasanya digunakan ketika memuat banyak informasi yang berkaitan dengan bisnis, produk atau layanan. Ini mengacu kepada kompleksitas dari bisnis, produk atau layanannya tersebut.

  • Lead Nurturing

Lead Nurturing adalah proses dimana kamu ingin membangun hubungan yang lebih dekat dengan calon pelanggan. Landing page yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah landing page yang panjang karena bisa mengakomodir informasi yang komprehensif dan bisa kamu gunakan untuk memuat penawaran menarik yang berpotensi meningkatkan konversi.

  • Membangun Rasa Percaya

Membuat landing page untuk bisnis juga ternyata bisa bertujuan untuk membangun rasa percaya. Kamu bisa menyertakan beberapa elemen penting untuk mendorong lahirnya rasa percaya dari para pengunjung seperti testimoni. Dengan begitu kamu juga bisa meningkatkan kredibilitas dari bisnis yang kamu punya.

  • Mendapatkan Target Audiens yang Berkualitas

Landing page yang berukuran panjang sangat cocok untuk meyajikan informasi terkait bisnis seperti manfaat, spesifikasi, fitur atau apapun yang detail. Hal ini bisa kamu lakukan jika kamu ingin menggapai target audiens yang berkualitas sesuai dengan tujuan bisnis kamu sendiri.

Landing Page Pendek

Landing page pendek memiliki kesempatan yang lebih besar untuk meningkatkan angka konversi pada bisnis kamu. Kamu bisa mempertimbangkan landing page pendek untuk beberapa tujuan berikut:

  • Mengumpulkan Data atau Feedback Pelanggan

Landing page yang berukuran pendek bisa digunakan untuk tujuan untuk mengumpulkan data atau feedback pelanggan. Data ini nantinya berguna untuk meningkatkan layanan atau untuk merumuskan strategi bisnis kedepannya. Dengan landing page yang lebih pendek, pelanggan bisa lebih tertarik untuk mengisi form yang kamu lampirkan.

  • Promosi

Ukuran landing page yang pendek dan singkat juga sangat efektif untuk memuat konten promosi. Namun, pastikan lagi jika pengunjung sudah mengetahui produk atau layanan yang kamu tawarkan ya. Landing page yang singkat dapat berpotensi yang besar untuk konversi yang tinggi.

Baca juga: Tips Jitu dan Cara Optimasi Landing Page, Performa Auto Bagus!

Dimensi yang Tepat untuk Landing Page

ukuran landing page website
Sumber: pexels

Landing page yang responsive merupakan faktor landing page yang baik untuk kamu tayangkan. Mengoptimasi landing page merupakan salah satu hal yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan efektivitas dan mengoptimalkan angka konversi untuk bisnis kamu. Berikut dimensi yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan landing page:

  • Ukuran Laptop dan Desktop yaitu 1920 x 1080 dengan minimal resolusi 1280 pixel.
  • Ukuran Tablet yaitu 1024 x 768
  • Ukuran Mobile yaitu 320 x 568

Tips Memilih Ukuran Landing Page Website yang Tepat dan Ideal

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat ukuran landing page yang ideal:

  • Mempertimbangkan tindakan yang ingin diambil pengunjung
  • Tentukan informasi yang ingin kamu sertakan
  • Mempertimbangkan kompleksitas produk atau layanan yang kamu tawarkan
  • A/B testing

Demikianlah akhir dari informasi yang kami berikan seputar ukuran landing page yang ideal untuk meningkatkan konversi bisnis. Pastikan untuk mempertimbangkan beberapa faktor penting di atas agar landing page kamu menjadi efektif.

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi kamu. Share artikel ini di media sosial kamu secara gratis dan nantikan informasi bermanfaat lainnya seputar bisnis hanya di blog Everpro.id!

Ingin membuat landing page kamu menjadi lebih efektif dan efisien untuk bisnis yang kamu punya? Serahkan aja sama Everpro Funnel karena layanan ini punya Landing Page Builder yang canggih!

Gak hanya itu aja nih, Everpro Funnel punya banyak keuntungan yang berguna banget buat bisnis kamu seperti berikut:

  •  Mudah Buat LP Dari 0, TERBUKTI BISA SELESAI DALAM 3 MENIT
  • Tersedia RATUSAN Template LP Siap Pakai
  • GRATIS Hosting & Custom Subdomain
  • LOADINGNYA CEPAT, GTMetrix Grade Pasti Upper-A
  • Terintegrasi Langsung dengan Ekosistem Everpro

Ayo daftarkan segera untuk merasakan keuntungan dari Everpro Funnel untuk bisnis kamu!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya