everpro

Usaha Toko Plastik Modal Kecil: Modal Kecil Untung Besar!

Ingin memulai usaha untuk mendapatkan keuntungan tapi belum tahu mau jualan apa? Simak artikel ini untuk mengetahui lebih dalam tentang usaha toko plastik modal kecil!

Memulai sebuah bisnis membutuhkan banyak unsur agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik. Nah, biasanya pebisnis mengalami kendala terkait modal bisnis yang kebanyakan membutuhkan modal yang cukup besar.

Karena keterbatasan ini banyak orang yang memilih untuk tidak berbisnis. Padahal ada banyak bisnis atau usaha yang bisa dilakukan dengan modal yang terbilang kecil. Salah satunya adalah usaha toko yang menjual berbagai macam produk yang terbuat dari plastik.

Usaha ini menjadi jenis usaha yang memiliki prospek yang cukup baik di Indonesia. Hal ini karena banyak aktivitas dari masyarakat Indonesia yang masih menggunakan produk dari bahan plastik. Namun, kamu harus memperhatikan hal-hal penting untuk memulai usaha ini.

Nah, pada artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap seputar usaha toko plastik sebagai salah satu usaha yang memiliki prospek di Indonesia. Yuk, simak informasinya sampai habis!

Baca juga: 7+ Cara Memulai Bisnis Thrift Shop Modal Kecil, Peluang Usaha Menjanjikan!

Alasan Mengapa Usaha Toko Plastik?

usaha toko plastik modal kecil
Sumber: google

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, usaha toko plastik memiliki prospek yang cukup baik. Di bawah ini kami akan menjelaskan alasan mengapa usaha toko plastik bisa kamu pertimbangkan. Berikut 4 alasan mengapa usaha ini kamu pilih:

1. Modal Dapat Disesuaikan

Memulai usaha toko plastik cukup fleksibel bagi mereka yang baru pertama kali memulai bisnis. Permasalahan karena modal bisnis yang minim tidak berlaku untuk bisnis yang satu ini. Modal bisa kamu sesuaikan dengan budget yang kamu punya.

2. Minim Risiko Rusak dan Kadaluwarsa

Produk yang terbuat dari bahan plastik umumnya sangat kuat dan tahan banting. Berbeda dengan usaha makanan atau bisnis lainnya, bisnis ini minim risiko rusak dan kadaluawarsa. Ini merupakan poin yang cukup penting.

3. Tingginya Permintaan di Masyarakat

Banyak barang yang kita gunakan sehari-hari yang terbuat dari plastik. Mulai dari perabotan rumah, barang di kamar, dapur dan lainnya. Karena diferensiasi dari produk yang terbuat dari plastik tersebut membuat usaha ini memiliki permintaan yang tinggi di masyarakat luas.

4. Pengelolaan Mudah dan Tidak Membutuhkan Strategi Pemasaran

Barang dari bahan plastik tidak memerlukan pengelolaan yang khusus atau spesial. Pengelolaannya termasuk sederhana dan lebih mudah dari bisnis lainnya seperti bidang kuliner dan fashion. Selain itu, bisnis juga belum terlalu banyak sehingga kompetisinya tidak terlalu ketat.

Rincian Modal untuk Memulai Usaha Toko Plastik

usaha toko plastik modal kecil
Sumber: google

Berikut ini kami akan memberikan rincian modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha toko plastik. Kami ingatkan jika rincian harga di bawah ini tergantung kepada kebutuhan dan seberapa besar skala bisnis yang kamu inginkan. Angka di bawah ini merupakan perkiraan yang bisa kamu jadikan acuan.

  • Sewa toko: 15 juta per tahun
  • Etalase kaca: 2 juta
  • Rak kayu: 4 juta
  • Gaji karyawan: 2 juta per bulan
  • Tagihan air dan listrik: 500 ribu per bulan
  • Biaya transportasi: 500 ribu
  • Modal produk plastik: 20 juta
  • Alat tulis: 100 ribu

Baca juga: 30+ Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing di Tahun 2024

Cara Memulai Usaha Toko Plastik Agar 

usaha toko plastik modal kecil
Sumber: google

Berikut beberapa tips dalam memulai usaha toko plastik aga usaha plastik dapat berjalan dengan baik dan meminimalisir kerugian:

1. Riset Lingkungan Sekitar

Meskipun termasuk ke dalam usaha yang tergolong mudah, usaha atau bisnis juga perlu kamu persiapkan dengan matang. Pastikan untuk melakukan riset dan observasi lingkungan daerah sekitar lokasi tempat kamu berjualan.

Cari tahu apakah akan ada target pasar kamu di lingkungan tersebut agar bisnis kamu dapat mendapatkan keuntungan. Selain itu carilah pedagang-pedagang yang menggunakan dan membutuhkan plastik untuk berjualan. Dan jangan lupa untuk mencari apakah ada kompetitor terdekat atau tidak.

2. Menyiapkan Modal Usaha

Modal usaha merupakan faktor penting untuk keberlangsungan dan keberhasilan sebuah bisnis. Untuk bisnis ini, kamu bisa menyesuaikan budget yang kamu punya. Tapi tidak perlu khawatir dan takut usaha plastik ini akan membutuhkan modal yang cukup besar.

Usaha plastik ini sebenarnya tidak membutuhkan modal usaha yang terbilang besar, bahkan modal usaha ini dapat kamu sesuaikan dengan budget. Bisnis ini juga cenderung bisnis yang fleksibel dan tidak memerlukan modal yang besar di awal karena kamu dapat mengembangkannya seiring berjalannya waktu.

3. Menentukan Lokasi Strategis

Selain modal, lokasi sebuah usaha juga penting dan sangat berpengaruh dalam kesuksesan usaha itu sendiri kedepannya. Oleh sebab itu, kamu harus bisa berusaha untuk memilih lokasi usaha yang strategis.

Pastikan untuk memilih lokasi yang memiliki akses yang mudah dan dapat diakses oleh banyak orang. Dengan lokasi yang strategis, usaha yang kamu jalani memiliki potensi besar untuk dapat sukses.

4. Memilih Supplier Terpercaya 

Memulai bisnis produk, biasanya kita akan bekerjasama dengan berbagai pihak salah satunya adalah supplier. Nah, dalam kasus usaha plastik ini, kamu harus memilih supplier yang terpercaya untuk menyetok barang yang kamu jual.

Mengapa demikian? karena supplier ini memegang peranan yang krusial pada bisnis kamu nantinya. Kamu harus cerdas memilih supplier yang memiliki produk yang variatif dan harga yang yang murah. Selain itu, komunikasi kamu sebagai pengusaha juga harus baik dengan supplier.

5. Promosi Ketika Awal Buka

Saat awal-awal toko buka, kamu harus gencar melakukan promosi. Hal ini untuk menarik pelanggan dan agar pelanggan mengetahui jika ada bisnis plastik yang kamu jalani. Promosi yang kamu jalankan tidak harus besar-besaran dan menggunakan modal yang besar, lho.

Kamu bisa melakukan promosi kecil-kecilan tapi langsung ke target pasar kamu. Manfaatkan juga teknologi seperti media sosial dan platform digital agar usaha yang kamu jalani makin berkembang lagi.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan seputar usaha toko plastik modal kecil. Pastikan untuk melakukan beberapa informasi yang kami berikan di atas agar usaha kamu dapat berjalan dengan lancar dan kamu dapat meraup keuntungan.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu dan jangan lupa share artikel ini di media sosial kamu. Nantikan informasi bermanfaat lainnya seputar bisnis hanya di blog Everpro.id!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya