everpro

Cari Tahu! 12 Perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org

WordPress.com dan WordPress.org

Bagi para digital marketing mungkin membuat WordPress.com maupun WordPress.org adalah sesuatu hal yang biasa.

Namun perlu di ketahui untuk membuat blog atau website sendiri ternyata bisa dengan memilih salah satunya.

Untuk mengetahui mana yang lebih baik, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu sisi perbedaan kelebihan dan kekurangannya.

Oleh karena itu, yuk simak artikel di bawah ini.

Definisi WordPress.com dan WordPress.org

WordPress.com dan WordPress.org
Sumber: Pexels.com

WordPress.com dan WordPress.org adalah dua platform yang berbeda yang menggunakan perangkat lunak open source WordPress.

WordPress.com sendiri adalah layanan hosting yang dikelola oleh perusahaan yang sama dengan perangkat lunak WordPress.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola situs web tanpa harus mengelola aspek teknis seperti penginstalan atau pemeliharaan.

Namun, ada beberapa keterbatasan dalam hal pengaturan dan personalisasi yang dapat dilakukan di situs yang dibangun di WordPress.com.

Sedangkan WordPress.org adalah tempat di mana dapat mengunduh perangkat lunak WordPress secara gratis dan menginstalnya pada server web sendiri.

Everpro

Ini memberikan kontrol penuh atas situs yang di buat sendiri dan menawarkan lebih banyak fleksibilitas dalam hal personalisasi dan pengaturan. Namun, perlulah mengelola aspek teknis seperti instalasi dan pemeliharaan sendiri.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Perbedaan utama antara keduanya adalah:

  • Hosting

WordPress.com menyediakan hosting yang dikelola oleh perusahaan yang sama dengan perangkat lunak, sementara WordPress.org memerlukan untuk menyediakan hosting sendiri.

  • Kontrol

WordPress.com memberikan kontrol yang lebih terbatas atas situs web dibandingkan dengan WordPress.org, dimana memiliki kontrol penuh atas situs web yang telah di buat sendiri.

  • Personalisasi

WordPress.org memungkinkan untuk menginstal tema dan plugin yang tersedia di luar sana, yang memberikan fleksibilitas dalam hal personalisasi situs web sehingga semua fitur yang di tampilkan pada web bisa sesuai dengan selera yang membuat website.

Tak hanya itu websitenya pun akan lebih menarik sehingga terlihat lebih profesional.

Sementara itu di WordPress.com ada keterbatasan dalam hal pengaturan dan personalisasi yang dapat dilakukan di situs yang dibangun di WordPress.com.

  • Biaya

WordPress.com memiliki beberapa paket gratis dan berbayar, sementara WordPress.org adalah perangkat lunak gratis yang dapat diunduh dan digunakan tanpa biaya. Namun, harus mengeluarkan biaya untuk domain dan hosting jika menggunakan WordPress.org.

Namun tak di pungkiri juga jika hasil website berbayar lebih menarik dan lebih beragam fiturnya, sehingga menginspirasi para blogger lainnya.

Semakin banyak yang melirik website yang telah di buat meski harus mengeluarkan biaya, maka akan semakin memiliki peluang yang besar untuk menarik perhaatian google ads memasang iklan di web.

  • SEO dan Monetization

WordPress.org memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan situs web mereka untuk SEO dan menghasilkan uang dari situs web mereka melalui metode seperti iklan dan afiliasi.

Dengan adanya SEO atau disebut juga dengan Search Engine Optimization, memungkinkan halaman web bisa muncul pada halaman pertama hasil pencarian, sehingga peluang untuk di baca oleh banyak orang semakin besar.

Sementara itu, WordPress.com memiliki keterbatasan dalam hal ini, tidak bisa memasang plugin SEO.

Tanpa adanya SEO seperti All in One Pack SEO, Yoast SEO dan plugin SEO lainnya, pengguna WordPress.com hanya bisa mengandalkan konfigurasi dasar dari WordPress.

Oleh karena itu kecil kemungkinan halaman WordPress.com berada di peringkat tinggi di hasil pencarian.

Baca juga: SEO: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Kerjanya

  • Domain

Pada pembahasan biaya, wordpress telah menetapkan batasan untuk layanan gratisnya.

Penetapan pada domain jika menggunakan layanan gratis WordPress.com, ekstensi domain otomatis menjadi www.bloganda.wordpress.com.

Namun jika ingin memiliki ekstensi domain yang lebih variatif dan kreatif maka gunakanlah web berbayar yaitu WordPress.org.

Dengan memilih WordPress.org,  pengguna bisa memilih domain apapun yang di inginkan, seperti menggunakan ekstensi domain populer yaitu .com, .co.id, atau .net.

Bahkan bisa juga menggunakan domain-domain unik seperti .online, .website, .store, .site, atau .tech.

  • Tema WordPress.com dan WordPress.org

Penggunaan Tema bisa beragam jika menggunakan WordPress.org karena bisa bisa menggunakan tema dari pihak lain yang berbayar.

Sedangkan WordPress.com tidak memiliki fitur lain dan hanya bisa menggunakan tema yang telah di sediakan.

  • Plugin WordPress.com dan WordPress.org

Plugin berfungsi sebagai media untuk menambahkan berbagai fitur yang sangat bermanfaat untuk website atau blog.

Karena bukan web yang berbayar maka WordPress.com juga tidak mengizinkan untuk menginstall plugin sama sekali.

Biasanya plugin yang bisa di tambahkan pada WordPress.org  yaitu plugin SEO, plugin keamanan, plugin caching, hingga plugin media sosial.

  • Powered By

Kebanyakan pembuat website ingin menghilangkan kata powered by WordPress pada alamat link.

Hal ini hanya bisa di lakukan oleh WordPress.org..

Sedangkan WordPress.com tidak bisa menghilangkannya karena merupakan website versi gratis

  • Analytics

WordPress.com dan WordPress.org
Sumber: Pexels.com

Pemilik website pastinya akan membutuhkan alat untuk memantau perkembangan website tiap bulannya.

Hal ini di lakukan untuk mencari evaluasi tentang berpa jumlah pembaca, dan berbagai indikator lainnya.

WordPress.com hanya menyediakan analytics dasar sehingga  tidak bisa menganalisis secara mendalam.

  • Toko Online

Bila ingin membuat website toko online, WordPress.org adalah solusinya. WordPress bahan menyediakan plugin khusus gratis untuk toko online, yaitu WooCommerce.

Jadi bisa membuat website toko online dengan kualitas tinggi dengan menggunakan WordPress dan WooCommerce.

  • Iklan

Dengan menggunakan WordPress.com, tidak bisa menghasilkan uang dari iklan AdSense, padahal AdSense adalah platform iklan paling populer di dunia maya.

Anggap saja modal yang di keluarkan untuk hosting dan domain adalah investasi. Setelah itu Itulah penyebabnya bisa menghasilkan uang dari website, baik dengan membuat toko online, mendaftar iklan AdSense, atau endorsement.

Baca juga: Worth it! SEM sebagai Teknik Digital Marketing Terbaik

Manakah yang lebih baik WordPress.com atau WordPress.org

Tergantung pada kebutuhan dan tujuan baik WordPress.com maupun WordPress.org dapat menjadi pilihan yang baik. Namun, beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan adalah:

  • Jika ingin membuat situs web sederhana dan tidak ingin terlibat dalam aspek teknis seperti instalasi dan pemeliharaan, maka WordPress.com mungkin pilihan yang lebih baik.
  • Jika ingin memiliki kontrol penuh atas situs web dan ingin mempersonalisasi situs web dengan tema dan plugin tambahan, maka WordPress.org mungkin pilihan yang lebih baik.
  • Jika ingin mengoptimalkan situs web  untuk SEO dan menghasilkan uang dari situs web melalui metode seperti iklan dan afiliasi, maka WordPress.org mungkin pilihan yang lebih baik.
  • Jika ingin mengelola situs web dengan biaya yang lebih rendah, maka WordPress.org mungkin pilihan yang lebih baik karena gratis dan Anda hanya harus membayar untuk domain dan hosting.

Secara keseluruhan, kedua platform memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Namun, jika ingin lebih fleksibel dan lebih banyak kontrol atas situs web  maka WordPress.org mungkin pilihan yang lebih baik.

Cukup sekian informasi yang di bahas pada artikel kali ini. Nantikan informasi update lainnya di Everpro.id!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?