Apa Saja Kekurangan Pengiriman Kargo? Simak Penjelasan Berikut

kekurangan pengiriman kargo

 Apa Kekurangan Pengiriman Kargo? Simak Penjelasan Berikut – Untuk memenuhi permintaan konsumen, perusahaan harus selalu mengoptimalkan bisnisnya. Dalam hal ini, memilih metode pengiriman yang optimal sangat penting. Mengapa? Karena pengiriman akan memiliki dampak yang signifikan terhadap profitabilitas dan penyampaian layanan secara keseluruhan. Pengiriman pesanan tepat waktu harus menjadi prioritas utama saat memilih metode pengiriman.

Ada banyak pilihan dan metode pengiriman yang tersedia saat ini, pastikan Anda memilih metode pengiriman yang paling andal dan cepat. Setiap metode pengiriman kargo memiliki kekurangannya masing-masing dan hal ini tidak dapat di hindari,  Apa Kekurangan Pengiriman Kargo yang harus anda tahu? mari kita simak informasinya.

Apa Kekurangan Pengiriman Kargo Darat? 

kekurangan pengiriman kargo
Sumber : Pexels.com

Kargo darat adalah salah satu metode yang paling sering di pakai ketika pengiriman. Kebanyakan orang pasti tahu apa itu pengiriman kargo darat. Hal ini di karenakan kiriman ini banyak dijumpai di jalan raya sehingga di gunakan baik oleh masyarakat umum maupun perusahaan. Kerugian  pengiriman kargo darat meliputi: 

1. Tidak Cocok untuk Pengiriman Jarak Jauh

Moda transportasi jalur darat hanya cocok untuk pengiriman jarak pendek atau antar kota. Namun, dalam beberapa keadaan rute ini juga dapat mengirim barang ke negara lain.

2. Harus Menunggu Loading Barang

Kekurangan selanjutnya adalah barang Anda tidak bisa langsung dikirim karena harus menunggu loading dari pengirim lain. Hal ini di karenakan tarifnya yang relatif lebih murah, sehingga harus menunggu hingga kontainer terisi penuh.

3. Waktu Pengiriman Lebih Lama

Jika menggunakan jasa pengiriman melalui jalur darat akan memakan waktu lebih lama di bandingkan jalur udara dan laut. Faktor yang membuat prosesnya lama adalah kondisi lalu lintas dan infrastruktur seperti jalan yang tidak memadai. Oleh karena itu pengiriman via darat di sarankan untuk barang yang tidak mudah rusak dan tahan basi. Pengiriman makanan yang mudah rusak biasanya lebih aman menggunakan kargo udara atau laut.

4. Risiko Kerusakan Tinggi

Risiko kerusakan tinggi saat menggunakan pengiriman darat. Barang yang di kirim dapat rusak karena kondisi jalan yang tidak teratur. Tak jarang petugas yang mengemudikan truk kontainer kesulitan dengan lalu lintas di Indonesia.

Barang rapuh seperti barang pecah belah mungkin tidak aman jika tidak diberikan pengamanan yang lebih, seperti pengemasan menggunakan kayu dan bubble wrap. Apalagi jika pengiriman di lakukan dengan truk dengan punggung terbuka di mana barang bisa jatuh satu persatu jika melewati jalan yang tidak rata ditambah barang tidak di tambah dengan pengikat yang kuat.

5. Batasan Ukuran

Tergantung pada volume pengiriman, OTR mungkin tidak fleksibel. Namun, mungkin masih lebih efisien dan ekonomis untuk mengirim armada truk daripada di beberapa pesawat.

Everpro

Lalu Apa Kekurangan Pengiriman Kargo Kereta Api? 

kereta api
Sumber : Pexels.com

Transportasi kereta api memang lebih cepat di banding kargo darat, kargo kereta api adalah metode pengiriman umum yang dapat di gunakan untuk mengangkut berbagai macam barang. Dari kendaraan, hingga produk beku, transportasi kereta api menawarkan banyak keuntungan, tetapi memiliki keterbatasan. Kekurangan pengiriman kargo kereta api:

1. Tidak Fleksibel

Jalur kereta api tidak selalu melalui tujuan Anda, jadi transportasi antarmoda mungkin diperlukan untuk mengantarkan kiriman Anda ke tujuan Anda.

2. Batas Ukuran

Pengiriman terbatas pada batasan ketinggian berdasarkan persyaratan perjalanan.

Apa Kekurangan Pengiriman Kargo Udara?

kekurangan pengiriman kargo
Sumber : Pexels.com

Segala sesuatu di dunia pasti juga memiliki kekurangan tersendiri. Tak terkecuali kargo udara yang kekurangannya membuat sebagian pengguna harus berpikir dua kali sebelum menggunakannya. Memang, apa kekurangannya? Kekurangan Pengiriman Kargo Udara:

1. Biaya Mahal

Kekurangan yang pertama  adalah lebih mahal daripada jalur pelayaran lainnya. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, karena seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, kecepatan di jamin sehingga banyak tujuan yang bisa ditempuh menggunakan jalur udara. Ini mempengaruhi harga tarif. Beberapa poin dalam artikel mengenai kekurangan pengiriman kargo udara ini dapat membantu Anda untuk menentukan apakah barang tersebut cocok untuk dikirim atau tidak.

2. Kapasitas Terbatas

Seperti diketahui, pesawat terbang bekerja dengan cara terbang dan oleh karena itu berat sangat mempengaruhi kinerja. Kecelakaan dapat terjadi jika pesawat membawa beban berat melebihi berat maksimum. Juga, karena tidak ada banyak ruang di pesawat, mereka tidak dapat membawa barang-barang besar.

4. Tidak Cocok untuk Barang Tertentu

Pesawat tidak memiliki banyak ruang, sehingga tidak ideal untuk segala hal mulai dari bahan peledak hingga gas hingga baterai dan bahan bakar. Jika dilarang maka dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, jika ingin mengirimkan barang, disarankan hanya menggunakan pengiriman laut atau darat saja.

5. Pengiriman Kargo Jalur Udara Tergantung pada Cuaca

Pengiriman dengan pesawat, tentu saja, tergantung pada cuaca. Jika cuaca buruk pesawat tidak bisa terbang dan akan ada penundaan. Hal ini dapat mempengaruhi keterlambatan pengiriman di kemudian hari. Peraturan yang lebih ketat saat pengiriman melalui udara. Seperti bahan berbahaya, senjata api, dan juga beberapa bahan kimia tidak boleh digunakan saat pengiriman.

Apakah Ada Kekurangan Pengiriman Kargo Laut? 

Kekurangan pengiriman kargo
Sumber : Pexels.com

Pengiriman barang melalui laut memang lebih banyak dipilih oleh para pegiat bisnis dan perorangan. Beberapa alasan yang menjadi kelebihan dari jenis kargo ini adalah biaya pengiriman yang rendah dan kapasitas angkut yang lebih banyak yang juga menjadi alasan mengapa banyak yang menggunakan jasa ini, lalu kargo laut juga di pilih karena bisa kirim barang berat– Tetapi selain memiliki kelebihan ternyata ada juga kekurangan dari pengiriman kargo jalur laut. Berikut kekurangan pengiriman kargo laut:

1. Pengiriman Akan Memakan Waktu Lama

Bahwa pengiriman yang di lakukan melalui laut akan memakan waktu lebih lama di bandingkan dengan pengiriman melalui darat atau udara. Meski tidak banyak transit yang di lakukan oleh kapal ekspedisi, pengiriman tetap akan memakan waktu lebih lama dan lebih lama.

2. Risiko Tinggi

Ada potensi besar untuk peti kemas yang hilang di laut. Kondisi cuaca yang tidak dapat di prediksi, kelebihan muatan kapal, dan peristiwa bencana, termasuk pembajakan, telah menyebabkan lebih dari 1.400 kontainer hilang tanpa jejak setiap tahun.

3. Tidak Ideal untuk Produk yang Mudah Rusak atau Peka Suhu

Tanpa kemampuan untuk memantau kondisi di dalam wadah, sulit untuk memberikan jaminan kualitas yang andal.

4. Resiko Barang Tertukar karena Pengirimannya Tercampur dengan Milik Orang Lain

Jika pengiriman menggunakan jasa sewa full container, resiko ini mungkin minimal. Namun, jika pengirim menggunakan jasa peti kemas yang di campur dengan kiriman orang lain, akan ada risiko tertukar, meski hal ini mungkin sangat jarang terjadi.

5. Lingkungan yang Tidak Berkelanjutan

Meskipun pelayaran laut telah lama di pandang sebagai cara yang lebih ramah lingkungan, dengan jumlah kapal yang terus meningkat, para pecinta lingkungan mulai meningkatkan kekhawatiran tentang dampaknya terhadap kehidupan laut. Populasi paus, khususnya, sangat menderita akibat meningkatnya kebisingan di lautan, sehingga sulit bagi mereka untuk menemukan makanan.

Selain itu, jumlah kecelakaan di laut meningkat, beberapa di antaranya telah memasukkan polutan mematikan ke dalam air. Itulah yang dapat kami jelaskan mengenai Apa Kekurangan Pengiriman Kargo. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Nikmati beragam kemudahan dengan pengiriman paket melalui aplikasi Everpro

Everpro sebagai layanan Ekspedisi Terpercaya Untuk Kirim Paket Se-Indonesia. Kini Anda dapat kirim paket serba mudah dengan biaya termurah dengan beragam keuntungan berikut:

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paketmu kapan saja
  • Bonus Cashback 30%
  • GRATIS biaya return
  • Pencairan dana COD cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga!

Daftar Sekarang

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?