Bekerja sama dengan lebih dari 15 perusahaan ekspedisi profesional, Everpro menyediakan Layanan Kurir COD untuk mempermudah Anda mengembangkan Bisnis Online

Nikmati layanan kurir COD serba mudah dengan biaya termurah di Everpro.

Everpro
Everpro

Bekerja Sama dengan 15+ Ekspedisi Terpercaya di Indonesia, Everpro menyediakan kurir COD Hingga Kurir Reguler yang Siap Mengirim Paket Anda Sampai Tujuan dengan Aman.

mulai dari pengiriman instant, express, same day, reguler, hingga kargo, Everpro siap kirim paket Anda ke seluruh Indonesia.

everpro

Kurir COD, Owner, dan Pembeli Wajib Tahu Aturan COD Berikut Ini!

kurir cod

Daftar Isi:

Kurir COD – Dalam dunia jual beli online, atau penggunaan jasa ekspedisi untuk mengirim barang pesanan, dewasa ini ramai istilah COD atau Cash on Delivery.

Hal ini menjadi terobosan baru untuk para penjual barang secara online dan jasa ekspedisi untuk meningkatkan penjualan maupun penggunaan jasa ekspedisinya.

Di dalam sistem COD yang banyak digunakan masyarakat saat ini, ternyata banyak hal yang belum diketahui oleh banyak orang.

Mulai dari tata cara menggunakan sistem ini, aturannya, hingga SOP kurir cod yang mengantar barang sampai tujuan.

Daripada bingung, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Kurir COD? Apa yang Dimaksud COD?

kurir COD
Sumber: pexels.com

Istilah COD saat ini bukan lagi hal yang asing, apalagi bagi Anda yang sering terlibat dalam proses transaksi jual beli barang secara online.

Mengutip dari situs majoo.id COD dalam bahasa Inggris yaitu Cash on Delivery, artinya dalam bahasa Indonesia yaitu pembayaran di tempat.

Dahulu istilah COD hanya digunakan untuk pembelian barang yang dilakukan dengan cara penjual dan pembeli bertemu di suatu tempat. Kemudian pembeli melihat kondisi barang terlebih dahulu, jika cocok maka langsung bayar.

Namun saat ini istilah COD banyak digunakan dalam penjualan secara online lewat marketplace atau e-commerce. 

Sistemnya sama saja yakni bayar di tempat, namun jika di online shop barang yang diterima harus langsung dibayar tidak boleh ada istilah return atau pengembalian.

Kurir COD? Ekspedisi Apa Saja yang Bisa COD?

kurir COD
Sumber: google.com/bersosial

Jika Anda hobi belanja online atau membeli barang yang jauh di suatu tempat, Anda bisa menggunakan ekspedisi berikut ini yang menyediakan sistem COD.

1. J&T Express

Ekspedisi yang pertama adalah J&T Express. J&T sudah cukup lama mengadakan sistem COD ini, selain itu kurir COD juga bisa mengantar barang pesanan yang dipesan melalui Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan yang lainnya.

Hal itu karena J&T sudah bekerjasama dengan e-commerce atau marketplace tersebut. Terlebih lagi kurir COD yang ada di J&T sudah mengikuti prosedur pengiriman dengan baik.

2. Tiki

Kemudian selain J&T, ekspedisi yang menyediakan COD adalah Titipan Kilat atau Tiki. Sistem COD yang dikeluarkan Tiki yakni pada 2017.

Dan ternyata awal adanya sistem COD yaitu bermula dari Tiki, kemudian diikuti oleh ekspedisi lainnya.

Layanan ini khusus untuk pelaku bisnis yang sudah memiliki corporate account di TIKI. Online shop atau online seller yang ingin melakukan transaksi penjualan barang dapat menggunakan layanan COD dengan nominal harga barang maksimal Rp 3.000.000,-.

3. SiCepat

Selanjutnya ada SiCepat yang memiliki sistem pembayaran COD dan paket bisa langsung diantar oleh kurir COD.

SiCepat akan menjamin paket yang diterima hanya dalam kurun waktu 8 jam. Selain itu sudah tersedia di berbagai kota seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya.

everpro

4. JNE 

Selain J&T, Tiki, dan SiCepat, JNE juga melayani sistem pembayaran COD. Bagi Anda yang ingin mengaktifkan sistem COD tapi tidak mempunyai toko di marketplace bisa mendaftar program COD langsung di ekspedisi pengiriman JNE. 

Syarat umumnya adalah Anda harus mengisi form COD (PCRF) melalui website JNE, mencantumkan fotokopi KTP, fotokopi NPWP Seller/Badan Usaha, fotokopi Kartu JLC, fotokopi buku rekening yang tertera nomor rekening, dan mengisi Form CS3 (Customer Self Service System). 

Anda juga harus terdaftar sebagai member JNE Loyalty Card (JLC) selama minimal 1 bulan berjalan. Selain itu layanan COD hanya berlaku untuk jenis kiriman Reguler.

5. Pos Indonesia 

Kemudian bagi Anda yang memiliki online shop bisa menggunakan layanan COD di ekspedisi Pos Indonesia.

Namun Anda harus terdaftar terlebih dahulu di aplikasi Pos Pay yang bisa diunduh di Google Play Store.

Biasanya barang yang dikirim dengan sistem COD akan dikirim oleh kurir COD dan sampai 1 sampai 2 hari ke alamat penerima.

Fee dari COD ini untuk nilai barang hingga Rp150.000 adalah Rp. 1.500 per paket, sedangkan untuk barang yang harganya lebih dari Rp150.000 maka dikenakan biaya sebesar 1% dari nilai COD. Biaya akan dipotong langsung melalui Rekening Pos Pay.

6. Ninja Xpress

Ekspedisi yang terakhir yaitu Ninja Xpress. Ninja Xpress bisa menjadi rekomendasi Anda untuk mengirim paket dengan pembayaran COD.

Karena Ninja Xpress sudah menyebarkan kurir COD nya ke seluruh Indonesia, dengan kata lain sistem COD sudah tersedia di seluruh Indonesia.

Kemudian fee yang harus dibayar juga hanya 3 persen dan maksimal Rp 5000. Tak hanya itu, Ninja Xpress juga akan memberikan uang kepada owner atau seller atas pembayaran produk setiap hari jumat dengan  mendaftar di website Ninja Xpress.

Jadi, bagi Anda yang memiliki bisnis online atau Anda yang mau belanja online dengan sistem COD, Anda bisa menggunakan ekspedisi di atas karena banyak sekali keuntungan yang didapatkan.

Aturan Penting Sistem COD yang Harus Diperhatikan Kurir COD, Pembeli, dan Penjual

paket
Sumber: google.com/bersosial

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan COD dan ekspedisi mana saja yang menyediakan layanan COD, hal penting lainnya adalah aturan COD.

Ini sangat penting diketahui agar tak salah kaprah dalam menggunakan sistem pembayaran di tempat ini.

Bukan hanya calon penerima paket, penjual dan kurir COD pun harus mengetahui aturan ini agar paket yang diterima sampai dengan baik-baik saja.

Inilah aturan yang harus diperhatikan ketika menggunakan sistem pembayaran COD:

1. Kurir COD harus memastikan penerima ada di tempat

Hal pertama yang harus diperhatikan atau aturan COD adalah kurir harus memastikan bahwa penerima paket ada di lokasi pengiriman.

Jika tidak ada pastikan ada orang lain yang menerima dan membayar paket. Hal ini untuk mengurangi terjadinya RTS atau Return to Sender.

Karena yang rugi bukan hanya penjual, namun juga kurir COD tersebut.

2. Pembeli harus bayar terlebih dahulu

Kemudian sistem COD juga memiliki aturan yang wajib semua pembeli tahu, yakni pembeli tidak boleh membuka paket sebelum membayar.

Hal ini tentu akan membuat status paket diterima terlebih dahulu, jika ada ketidaksesuaian maka pembeli boleh melakukan komplain kepada penjual.

Ingat, ya, kepada penjual. Bukan kepada kurir COD. Karena tugas kurir hanya  mengantar dan memastikan barang aman.

3. Kurir COD harus melakukan proof of delivery

Kemudian jika selesai mengantar paket, kurir harus langsung melakukan proof of delivery dengan cara scan pada label paket.

Selanjutnya tanda tangan pembeli di atas label paket dan foto pembeli dengan barang yang diterima.

4. Pembeli dapat membuka paket setelah bayar

Aturan yang terakhir yaitu pembeli boleh membuka paket setelah membayar, dan mengecek apakah paket aman atau tidak dan sesuai dengan yang dipesan atau tidak.

Karena jika paket tidak sesuai dengan apa yang dipesan, pembeli bisa langsung melakukan pengembalian barang dan mengklaim pengajuan pengembalian barang.

Jangan lupa ketika membuka paket pastikan untuk merekamnya agar ada bukti kepada penjual bahwa paket tidak sesuai dengan yang dipesan.

Cara Mengklaim untuk Mengembalikan Paket yang Tidak Sesuai Pesanan

klaim paket
Sumber: google.com/bersosial

Jika paket yang Anda terima dari kurir COD tidak sesuai dengan yang Anda pesan, jangan marahi kurir COD apalagi sampai melakukan tindakan kekerasan fisik.

Tapi lakukanlah retur dan klaim pengembalian barang kepada pembeli dengan menyertakan foto atau video saat membuka paket.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi e-commerce yang kamu gunakan untuk membeli pesanan tersebut. 
  2. Klik daftar transaksi.
  3. Pilih transaksi yang sesuai dengan pesanan tersebut.
  4. Klik pesanan sudah diterima.
  5. Klik masalah produk tidak sesuai. 
  6. Tandai produk yang akan dikomplain. 
  7. Jelaskan keluhan yang dialami, sertakan foto dan video pendukung yang menunjukkan bahwa barang yang diterima tidak sesuai.
  8. Tunggu konfirmasi pengembalian dari penjual. 

Demikianlah ulasan mengenai kurir COD dan aturan yang harus diketahui sebelum menggunakan sistem COD.

Selain itu, nikmati layanan kirim paket serba murah dengan biaya termurah

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket anda kapan saja
  • Bonus Cashback 30%
  • Pencairan Dana COD Cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan
  • Sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi

Selangkapnya silahkan kunjungi everpro.id atau klik tombol di bawah ini.

Daftar Sekarang

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Artikel Terkait