Meskipun disediakan untuk meningkatkan penjualan, tapi menjalankan kampanye iklan dengan fitur GMV Max TikTok masih sering jadi tantangan banyak penjual online. Tak sedikit yang masih belum begitu paham cara kerjanya dan apa manfaatnya untuk penjualan.Â
Mengatur campaign agar ROI maksimal pun bisa bikin bingung, ditambah lagi kesulitan menyusun strategi kreatif yang efektif di TikTok.Â
Belum lagi kalau tidak ada waktu atau skill untuk monitoring dan optimasi harian. Alhasil, keinginan meningkatkan penjualan sering tertahan karena takut budget iklan terbuang percuma akibat setting yang tidak tepat.
Nah, untuk mengatasi berbagai tantangan tersebut, hadir TikTok Ads Whitelist dari Everpro yang memberikan akses eksklusif ke fitur GMV MAX TikTok!
Mengenal Apa itu GMV Max TikTok dan Cara Kerjanya
GMV Max adalah tipe kampanye iklan otomatis dari TikTok Ads dirancang untuk mengoptimalkan dan meningkatkan GMV (Gross Merchandise Value) atau pendapatan kotor pebisnis di TikTok Shop.Â
Cara kerja GMV Max TikTok yaitu dengan pakai kecerdasan buatan (AI) untuk kelola pengaturan kampanye, anggaran, hingga materi iklan secara otomatis. Penempatan iklan ini cenderung mendorong orang-orang untuk membeli produk seller.Â
Dengan mengoptimalkan penayangan organik dan traffic iklan berbayar untuk menaikkan pendapatan kotor di TikTok Shop, fitur ini bisa dipakai untuk toko reguler maupun saat livestreaming (Live GMV Max).
Manfaat Fitur GMV Max TikTok untuk PenjualanÂ
Secara umum, fitur GMV Max bermanfaat untuk meningkatkan penjualan. Namun, ada beberapa manfaat lainnya dari fitur ini, diantaranya:Â
- Bisa Pasang Iklan di Semua Penempatan Sekaligus: Kamu bisa tampilkan produk GMV Max yang dijual lewat feed TikTok, hasil pencarian, tab TikTok Shop, hingga Pangle TikTok hanya dalam satu langkah dengan format kartu produk atau video.Â
- Otomatisasi Kampanye Jadi Lebih Mudah: Penjual bisa membuat atau menjeda iklan secara otomatis, memilih materi iklan yang paling efektif, dan mengatur audiens yang lebih tepat sasaran.Â
- Bisa Optimalkan ROI dan Penjualan Produk: Mendorong tingginya ROI (Return on Investment)Â produk sekaligus mendorong penjualan untuk produk yang belum laku.
- Perhitungan GMV Lebih Akurat: Hasilnya kampanye lebih terukur karena pendapatan kotor akan dihitung dari pesanan di hari yang sama dengan periode atribusi satu hari.Â
- Cuma Produk yang Dipromosikan yang Dihitung: GMV hanya berlaku untuk produk yang kamu iklankan di kampanye GMV MAX, sementara produk lain tetap masuk omzet penuh untuk penjual.
Melalui manfaat di atas, GMV Max jadi solusi untuk para seller TikTok Shop dalam menyederhanakan proses beriklan, sehingga para seller bisa fokus meningkatkan penjualan tanpa kelola seluruh aspek kampanye pakai cara-cara manual.Â
Cara Membuat Iklan GMV Max TikTokÂ
Untuk membuat kampanye iklan dengan GMV Max, pengiklan bisa mengakses langsung fiturnya di Seller Center. Berikut cara membuat kampanye dengan GMV Max:
- Buka TikTok Seller Center, lalu masuk ke Shop Ads.
- Klik Buat Iklan GMV Max.Â
- Klik Promosikan Produk.Â
- Di bagian Produk, pilih produk yang mau kamu promosikan.Â
- Aktifkan opsi Promosikan Semua Produk di TikTok Shop jika seluruh produk mau dipromosikan, atau klik +Tambahkan Produk untuk pilih produk tertentu.Â
- Di bagian Tujuan Pengoptimalan, pilih target ROI.Â
- Di bagian Anggaran, tentukan anggaran harian kampanye iklan.Â
- Di bagian Jadwal, pilih tanggal dan waktu berjalannnya kampanye iklan.Â
- Setelah selesai, klik Tayangkan.Â
Nah, bagi pemula yang belum begitu paham, kamu juga bisa ikuti saran dari TikTok terkait tujuan pengoptimalan, anggaran, serta jadwalnya.Â
Tips Memaksimalkan Iklan GMV Max TikTokÂ
Untuk memaksimalkan iklan GMV Max TikTok, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti, diantaranya:Â
1. Buatlah Konten Iklan yang Kreatif dan Menarik
Salah satu kunci iklan kamu dilirik target pembeli adalah bisa menarik perhatian mereka. Karena itu, kreativitas penting saat menjalankan iklan GMV Max TikTok.Â
Kamu bisa pakai format video singkat dengan gaya storytelling, atau angkat tren TikTok supaya produk kamu lebih mudah muncul di akun audiens. Selain itu, buat juga konsep live shopping TikTok Ads yang menarik dan unik.Â
2. Pilihlah Produk yang Potensi Penjualannya Tinggi
Di awal menjalankan kampanye, fokuslah ke produk yang paling diminati, best seller, atau punya margin yang bagus. Dengan cara ini, pendapatan kotor atau GMV yang kamu dapatkan juga bisa lebih maksimal.
3. Targetkan Iklan ke Audiens yang Tepat
Percuma jika iklan menarik namun tidak menyasar ke audiens yang tepat. Karena itu, supaya iklan efektif dan lebih hemat, manfaatkan fitur audiens di TikTok Ads supaya kamu bisa menjangkau orang yang benar-benar relevan.Â
4. Pantau dan Optimasi Secara Rutin
Jangan biarkan kampanye iklan berjalan begitu aja. Kamu juga perlu cek performa kampanye setiap hari, lalu optimalkan aset kreatif, audiens, dan budget sesuai data performa yang ada.Â
5. Gunakan Akun TikTok Ads Whitelist
Supaya performa iklan makin maksimal, penting untuk memanfaatkan akses penuh pada fitur GMV Max TikTok. Nah, kalau belum punya akun resminya, kamu bisa pakai jalan pintas yang resmi yaitu dengan sewa akun TikTok Ads Whitelist.Â
Akun Whitelist adalah akun TikTok Ads yang sudah terdaftar/resmi di-approve oleh TikTok untuk menjalankan campaign tertentu, salah satunya GMV Max.Â
Selain untuk mengakses fitur yang lebih lengkap, beriklan dengan TikTok Ads Whitelis juga bisa mengantisipasi akun TikTok Ads kamu ditangguhkan.Â
Akun TikTok Ads Whitelist Everpro, Solusi Iklan yang Makin Gacor!
Nggak perlu bingung nyari platform untuk sewa akun TikTok Whitelist, karena Everpro hadir untuk bantu kamu! Kamu bisa sewa akun Whitelist TikTok dari Everpro Ads yang resmi sebagai TikTok Partner Indonesia, jadi nggak perlu khawatir dengan keamanan dan keampuhannya!
Selain bisa akses fitur ekslusif untuk kampanye iklan dengan GMV Max, ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan lewat fitur TikTok Ads Whitelist dari Everpro, yaitu:Â
- Akun TikTok Ads Whitelist jadi fitur utama sekaligus unggulan yang bikin iklan kamu jadi lancar dan minim risiko kena banned.Â
- Fitur Dashboard TikTok Ads untuk pantau seluruh performa iklan lengkap dengan feedbacknya.Â
- Punya seluruh data list saldo, histori top up, dan histori pindah saldo yang akurat dan bisa di cek selalu lewat Fitur Saldo Saya.Â
- Pakai Fitur Iklan Bermasalah untuk pantau iklan TikTok Ads yang mengalami kendala.
- Fitur Chat Customer Service adi solusi cepat tanggap untuk atasi masalah kamu.
Jadi, kalau kamu masih pakai fitur GMV Max yang terbatas, kesulitan atur budget iklan, hingga optimasi dan monitoring kampanye iklan, sewa akun TikTok Ads Whitelist jadi keputusan yang tepat!Â
Yuk, saatnya tingkatkan penjualan di TikTok Shop dengan mudah, cepat, dan praktis bareng Everpro!