Apa Keuntungan Facebook Ads?
Sumber: pexels.com
Selain bisa targetin audiens yang spesifik dan bisa pasang budget yang murah, ada banyak keuntungan lainnya dari beriklan di FB Ads, diantaranya:
1. Menjalankan Iklan Sesuai Kebutuhan
Untuk beriklan di FB Ads, kamu harus tahu dulu apa tujuan kamu menjalankan iklan berbayar. Ada tiga tujuan utama campaign, yaitu:
- Kesadaran (Awareness)
- Pertimbangan (Consideration)
- Konversi (Conversion)
Nah kalau kamu pakai FB Ads, kamu bisa nyesuain tujuan iklan sesuai kebutuhan bisnis kamu. Nantinya, format iklan kamu bakal menyesuaikan dengan tujuan iklan yang kamu pilih.
Misalnya, untuk meningkatkan brand awareness kamu dapat menggunakan jenis format gambar tunggal dengan gambar yang relevan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Dengan begitu kamu dapat membangun interaksi dengan calon klien, dan meningkatkan traffic bisnis.
2. Bisa Menjangkau Target Audiens yang Luas dan Spesifik
Saat kamu promosi berbayar Facebook, maka jangkauan pasarnya akan sangat luas karena media sosial ini merupakan memiliki pengguna aktif yang banyak.
Selain itu, iklan kamu bakal menjangkau audiens yang lebih spesifik. Beda sama promosi konvensional yang biasanya menjangkau target audiens yang kurang relevam.
Kamu bisa pakai fitur Audiens untuk menyortir kategorinya dengan lebih spesifik. Misalnya, menyesuaikan kategori berdasarkan lokasi, umur, jenis kelamin, hingga ketertarikan audiens.
3. Bisa Atur Budget Secara Fleksibel
Seperti yang udah dijelasin, meskipun FB Ads ini iklan berbayar, tapi pengiklan nggak perlu khawatir sama besarnya biaya iklan. Karena budget FB Ads bisa disesuaikan sendiri.
Biaya minimum yang perlu kamu keluarkan berkisar antara Rp 10 ribu sampai Rp 30 ribu per hari. Dengan dana terbatas kamu dapat mengoptimalkan konten dan melakukan pengaturan yang tepat, sehingga target yang diincar tetap bisa tercapai.
4. Bisa Lihat Hasil Ngiklan Secara Langsung
Tujuan penggunaan Facebook Ads tentu untuk mendapatkan hasil yang nyata dari promosi yang kamu lakukan. Layanan ini memberikan data terperinci mengenai hasil promosi kamu.
Data tersebut menjadi hal penting untuk menentukan strategi terbaik dalam mengoptimalkan promosi. Kamu dapat menganalisa data secara real-time dan memonitornya, sehingga dapat mengetahui apakah campaign iklan berjalan dengan sukses.
Analisa pengukurannya yaitu menggunakan hasil impression, reach, CTR, conversion rate, dan masih banyak lagi.
Bagaimana Cara Kerja Facebook Ads?
Sumber: pexels.com
Banyaknya keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari Facebook Ads membuat layanan ini menjadi salah satu sarana promosi yang efektif. Lantas, bagaimana cara kerjanya? Simak tahapan cara kerja FB Ads berikut ini.
1. Masuk ke Facebook Ads dan Buat Profil Promosi
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka layanan “Facebook Ads Manager“. Kemudian, carilah tombol “Create” yang biasanya berada di pojok kiri laman.
2. Pilih Tujuan Promosi
Langkah kedua setelah kamu menekan tombol “Create” adalah menentukan objective (tujuan) dari campaign yang akan kamu jalankan. Setidaknya, ada 11 objective FB Ads yang bisa kamu pilih.
Beberapa pilihan objective yang diberikan antara lain: brand awareness, reach, website traffic, engagement, conversions, store traffic, dan lain sebagainya.
Salah satu contohnya yaitu, jika iklan yang kamu buat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, maka yang kamu pilih ialah Awareness dengan poin pilihan Brand Awareness.
3. Memilih Audiens
Langkah ketiga yaitu pemilihan audiens yang dapat menentukan kesuksesan cara kerja Facebook Ads ini.
Kamu dapat menggunakan fitur “Audience Definition Gauge”, untuk membantu dalam menentukan audiens yang potensial.
Ada beberapa ukuran yang bisa kamu tentukan, seperti: tempat tinggal, usia, jenis kelamin, bahasa, status, pendidikan, pekerjaan, kondisi finansial, ketertarikan, dan lain sebagainya.
4. Menentukan Budget
Langkah keempat yaitu menentukan biaya dari iklan yang akan kamu tampilkan. Terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan yaitu daily budget dan lifetime budget.
Daily budget adalah biaya yang harus kamu keluarkan per hari. Sedangkan lifetime budget adalah biaya yang kamu keluarkan sesuai dengan waktu penayangan yang sudah kamu tetapkan.
5. Membuat Ads
Langkah terakhir setelah kamu menentukan objective, memilih audience dan budget adalah membuat Ads. Umumnya terdapat dua jenis Ads yang bisa kamu gunakan: Link dan Carousel.
Baik kedua jenis tersebut memiliki syarat dan ketentuannya sendiri. Misalnya, untuk link hanya menampilkan satu image ad. Sedangkan carousel kamu dapat menampilkan sampai 10 images dalam satu ad.
Jadi cara kerja Facebook Ads adalah dengan menampilkan iklan melalui format yang sudah kamu sesuaikan melalui tahapan diatas. Nantinya, iklan kamu akan muncul saat audience sedang scrolling ke bawah maupun dari sidebar halaman Facebooknya sendiri.